Kebunku di Musim Gugur (Bagian 2)

loading...

Pagi tadi ketika bangun tidur, cek email ada yang bilang suka dengan postingan blogku tema tanaman dan bunga-bunga, cek sosial media terima pesan dengan isi yang mirip. Saya jadi senang kalau banyak pengunjung blogku suka juga ikutan berkebun deh ๐Ÿ™‚ . Nah saya jadi semangat mau kasih lihat bagaimana keadaan balkonku saat ini. Sebenarnya tidak ada yang terlalu istimewa lagi karena sudah banyak pot saya bongkar.

Mulai dari balkon depan dulu ya. Beginilah pemandangan dari balkon depan.

 

Tanaman-tanaman di balkon depan

 

Tanaman di bawah ini

Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks.

Stockrose (Alcea Rosea) Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Hollyhocks.

Stockrose (Alcea Rosea) paling kiri pot kecil itu saya tanam sendiri dari benihnya, akhirnya ada yang berhasil tumbuh. Dua pot besar beli tanaman jadi, ketika beli kecil sekali. Warna pink dan kuning, yang kuning sudah pernah berbunga, yang saya tanam sendiri belum berbunga karena masih kecil.

Akhir bulan lalu saya bongkar potnya dan ganti tanahnya, bagian bawah saya berikan kompos, tanaman-tanaman yang saya bongkar kan banyak daun-daunnya, saya hancurkan kecil-kecil kemudian taruh dibagian tengah pot lalu taruh deh Stockrose kemudian berikan tanah baru di bagian atas. Daun-daunnya banyak yang saya potong supaya mudah merawatnya. Kalau malam saya masukkan rumah, kuatir kalau tiba-tiba suhu udara minus, bisa tamat riwayat si Stockrose.

Kalau penasaran melihat bunganya, seperti dibawah ini ya. Ini ketika musim panas

Stockrose (Alcea Rosea) ini Berbunga pada musim Panas. Foto 30.07.2013

Stockrose (Alcea Rosea) ini Berbunga pada musim Panas. Foto 30.07.2013

 

Foto terakhir di balkon depan

 

Sekarang mari kita ke balkon belakang

 

Lanjut yaa ..

 

Masih ada ..

 

Satu tanaman cabe saya taruh dalam rumah. Beli growing lamp di amazon, jadi tanaman cabenya masih tumbuh subur sekali, malah tumbuh banyak bakal bunganya. Ini cabe Habanero, berhubung mahal beli bibit (biji) nya, jadi saya pertahankan sampai titik darah penghabisan hehe :mrgreen: .

Dalam Rumah nih Tanaman Cabe Habanero di berikan growing lamp tumbuh subur

Dalam Rumah nih Tanaman Cabe Habanero di berikan growing lamp tumbuh subur

Sampai disini dulu laporan kebunku ya, berikutnya akan saya sambung lagi.

Kebunku di Musim Gugur bagian I klik disini.

 

โ€œFlowers always make people better, happier, and more helpful; they are sunshine, food and medicine for the soul.โ€ โ€“ Luther Burbank-

You may also like:
โ€ข DIY Menghias Pot Bunga
โ€ข Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun
โ€ข Mencari Inspirasi Berkebun
โ€ข Bunga Mawar Koleksiku
โ€ข Bunga-bunga Dahliaku Bermekaran
โ€ข Mengunjungi Pameran Flora

Advertisements

98 thoughts on “Kebunku di Musim Gugur (Bagian 2)

  1. mba nella..yg cabe habanero itu ada di indonesia, di daerah toraja..disana namanya katokon..dan dijual agak sedikit mahal, 1/4 kg harganya 30.000 dan itupun hny dpt beberapa buah saja..terimakasih untuk foto2nya..saya tertarik sekali dengan artikel bunga tulipnya..kalo ingin memesan benih bunga tulip tersebut,bagaimana caranya iaa.??kebetulan tanah dirumah saya termasuk subur..terimakasih

    • Hai Senorhita, sama disini bibit Habaneronya saja mahal ๐Ÿ˜€ . Bibit tulip dan bibit bunga musim semi lainnya beredar lagi september hingga Desember 2014. Kalau saya masih buka toko akan saya email ya ๐Ÿ˜‰ .

  2. Tuhan bikin bunga-bunga
    setiap hari untuk apa, Ibu?

    Untuk jaga-jaga, Nak, kelak
    sesekali engkau akan butuh
    metik sesuatu, untuk seseorang,
    yang cantik, wangi dan berwarna.

    • Ga besar ko rumahnya, 70 M2. Aku mau pindah kesini, karena rumahnya punya 2 balkon, tadinya klo ga ada kebun/halaman ga mau, trus mikir lagi berhub. balkonnya besar ya mau coba berkebun di balkon ternyata bisa ๐Ÿ˜‰ .

      • hallo mbak nella, salam kenal dr dortmund. udah lama nyimak blog nya, terutama tentang sprachkurs ๐Ÿ™‚
        kebun di balkonnya keren banget. jd pengen ikutan berkebun di balkon. tp suka mikir, klo udah mulai dingin spt sekarang,kasian bunganya pada layu. ohh ternyata bunga musim panas harus disimpen krn ga kuat dingin ya ? di keller ya mbak nyimpennya ? ato di dalam rumah juga ok ? wah… harus byk belajar nih dr mb nella ๐Ÿ˜‰

        Sya.

        • Hai Sya salam kenal juga ya ๐Ÿ™‚ . Klo bunga spt gladiol dan dahlia (dan bunga betumbi lain) saya bongkar dan angin2kan umbinya, daun dan batangnya dibuang. Setelah umbinya kering, bungkus koran dan simpan digudang (keller) saya cuma punya gudang di loteng (dingin). Tahun depan diakhir maret atau awal april tanam lagi deh.
          Klo mawar tahan dingin, supaya daunnya ga rontok ya saya tutupi kain. Siram bisa 2-3 minggu, sedikit saja, jangan dipupuk.

  3. Mbak nella bunga hollyhockny berapa lama baru berbunga ya, oh iya hollyhock punya mbak beda ya dengan yg kubeli??

    • Hai mbak Netty yg hitam klo lihat gambarnya 1 lapis bunganya. Yg ku tanam nih lapisannya dobel. Thn kedua berbunganya, tp klo thn pertama tanamannya cepat besar bisa berbunga juga. Punyaku 1 berbunga, 2 pot lagi belum berbunga krn masih kecil.

  4. Halo mba Nella…
    Berbagai posting mba mengenai berkebun ini sungguh membuat saya berdecak kagum. Rajin dan telaten sekali mba ini merawat kebun hiasnya ini…

    Lanjut mba. Saya terus memantau perkembangan kebunnya.

    Salam,

  5. keren tuh yah kak Growing lamp nya.. itu memang sumber nya pake listrik tok, atau pake sinar matahari juga kak? trus yg dibungkus2 itu emang cuma akan ditaruh diluar bgitu atau akan dimasukin kedalam kak? Berkebun itu emang dibutuhkan orang yg telaten yah kak ๐Ÿ™‚

    • Paki listrik 18 watt. Yg dibungkus memang akan tetap diluar, gpp kena dingin. Aku pernah masukkin rumah, mawar yg kecil lah malah kena kutu, klo dingin kutu ga berani ๐Ÿ˜† .

  6. Kasian banget nasib tu dahlia, ๐Ÿ™
    Oh… stockrose nama nx, baru tau. hehehe…
    BTW, perlu berapa lama mbak merawat Stockrose sampai berbunga?
    liat bunga nx saya jadi suka sama stockrose coz mirip sm mawar. ๐Ÿ™‚

    • Hai pak Edi, umbi dahlianya aman ko daialam pot, sudah saya tidak siram lagi, masih malas bongkarnya hehe.
      Stockrose nama englishnya Hollylock, tahun kedua baru keluar bunganya, namun kalau ga kena musim dingin saya rasa tahun pertamapun sudah keluar bunganya. Tambah subur kalau ditanam di tanah langsung, bisa tinggi besar, bibitnya bisa kita dapatkan dari bunganya yang sudah kering. Stockrose ini masih keluarga mawar ๐Ÿ˜‰ .

      • Di Indonesia ada ga ya yg jual udah tumbuh?, coz low nanam dari biji banyak gagal nx daripada berhasil. ๐Ÿ™‚
        hehehehe…..

        • Iya nih saya nanam agak banyak, untung ada yg berhasil numbuh 1 ๐Ÿ˜€ tahun lalu 5 mati semua ketika dipindahin mungkin krn saya salah juga bongkar2 tanaman dimusim dingin ๐Ÿ™ . Benihnya disemai diwadah kecil dulu pak, misal bekas gelas aqua, setelah 4 daun baru dipindahkan. Oh ya tanah dari media awal disertakan ke media tanam berikutnya, jadi tanamannya tidak stress, stockrose rentan mati ketika dipindahkan. Untuk menghindari tanaman stress saat pemindahan, taburi vit. B1 (merek ipi murah deh tanya diapotek) .

          • Low gtu saya mo coba lagi ah ๐Ÿ˜€
            BTW. Gluckskee dr mbak kemaren malah mati gr2 keseringan dibongkar oleh si Catty kucing drumah ๐Ÿ™
            Trus bibit bunga matahari nx juga ikut mati, yang ada tinggal Malve n Gladiol yg ge berjuang hidup sampai2 daun Gladiol nx kuning karena harus mnghadapi cuaca yg agk ekstrem di daerah saya. moga2 aja bs bertahan.

          • Kalau bunga bawang2an spt Gluckskee, tulip dll iya musuhnya kucing dan tikus ๐Ÿ™ . Untungnya sekarang saya berkebun di balkon, jadi kucing tetangga ga bisa merusak kebunku lagi ๐Ÿ˜€ . Kalau panasnya ekstrim, siram tanamannya pagi2 sekali pak waktu matahari belum muncul, cuaca masih sejuk jadi tanamannya bisa menyerap air lebih banyak, sore disiram lagi ๐Ÿ™‚ .

  7. Rajin sekali mba nella ini..aku just ngangumin aja mba kalau disuru berkebun belum bisa pengen juga seperti mba or mamaku yang rajin dan telaten ngurus tanaman dirumahnya tapi rumahku gak ada halaman luas ataupun space lagi alesan

    Mba yang foto paling atas tanaman yg dibalkin depan itu tanamanya menjalar dikasih kawat ya? Atau memang dia tumbuh seperti itu?

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

      • mba kalau misalakn bukan tanaman yang menjalar tapi kita selipin di pagar2 gitu bisa menjalar gak sie mba.. aku ada beberapa tanaman yang kayanya dah kepanjangan tapi berhubung gak ada yang motong iseng aja kemaren aku masukin ke sela2 pagar..biar maksudnya bisa jd pagara yang ada tanaman gitu lho mba..( aku gatau istilahnya apa dan aku juga gak tau nama tanamanku ini apa ) sori ya mba klo nanya buat pusing mba nella hehehe

        Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

  8. Kayaknya sengsara berkebun di negara 4 musim, harus dibongkar tanem. Kalau kerja kantoran rasanya bisa terlantar tanamannya. Salut mba Nella bisa sabar ngerawat segitu buaaaaanyaknya tanaman
    Mba Nella, tahun depan jangan lupa ya update jualan bunga musim panas. Tadi saya liat ada update bunga musim semi,Wih ada yang baru! tahun depan rencananya mau beli leucojum barengan ama Hyacinth. Satu hyacinth pink yg saya beli mau dicoba ditinggalin di tanah. Kalau bener bisa numbuh tanpa cold treatment kayak orang Texas kasih tau nanti mau beli lagi.

    • Bongkar2 tanaman juga kalau saya lagi mood ko kalau pas males lamaaa baru diurusin lagi ๐Ÿ˜† . Tahun depan keluar bibit2 bunga musim panas mungkin maret atau april ๐Ÿ˜‰ .

      • Harap jangan kelamaan Mba……. bisa ngeces mulu nanti ngeliat koleksi tanaman mba Nella. BTW kalau semua tanaman dimasukin ke rumah apa nggak ada semut? saya pernah coba satu pot eh semut pada nyarang disana

  9. Mbak Nella, saya terinspirasi berkebun dari baca-baca blog mbak ini… pertama kali gak sengaja mampir waktu browsing ttg hydrangea, eh ternyata menarik sekali baca-baca disini…terus jadi kpengen punya kebun bunga sendiri… akhirnya sekali dua kali beli benih bunga online, dan ada beberapa yang berhasil numbuh seperti viola dan lavender, serta satu bunga yang saya gak tau namanya apa karena gak saya kasih tag…
    so inspiring,,, semangat ya mbak…:))

  10. Jeng Nella semakin saya menikmati sajian kebun 4 musim ini menjadi semakin menikmati pula kebun tropis yang menurut banyak orang monoton. Apresiasi dg Jeng Nella yang begitu menghargai sinar mentari dan berkebun dengan sangat terencana. Salam hangat

  11. Aku juga mo nanya pertanyaan yg sama dgn mas arman, tapi begitu klik gambar ada info ternyata utk antisipasi musim dingin, aaah ternyata kalo kedinginan mereka jg gk bisa numbuh sempurna ya mbak or mati?

  12. mantab koleksinya, buahny kykny nikmat bgt tuh..

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  13. Rempong + PR banget yaaa kalo bunga2 cantik itu saat musim dingin mesti di selimuti atau menyerah kedinginan. Bener2 pekerjaan extra ketelatenan, kl gw dah pasti gw acak2 males ngerjain nya ๐Ÿ˜‰

    Btw ada ngak sech, bunga asli sana yg tahan di berbagai musim tanpa selimutan ????

  14. mba nel selalu telaten banget ngurus tanaman2nya,,salut deh
    aku jarang dirumah sekarang jadi masih lidah buaya sm tanaman bunga yang berduri aja yang sempet aku tanam,,

Comments are closed.