Cara Terbaik Membalas Komentar Blog

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Cara Terbaik Membalas Komentar Blog. Pernahkan kamu kehilangan kata-kata saat ingin membalas komentar di blog?. Kalau saya iya, seringkali saya bingung, sulit mencari kata-kata yang baik, bagaimana membalas komentar di postingan saya.

Satu sampai dua tahun awal saya ngeblog (tahun 2009 – 2010), saya haus komentar. Secara saya nulis sendiri, baca postingan sendiri. Boro-boro ada yang komentarin hehe. Eh giliran sekarang blog saya sudah lumayan rame, saya sendiri malah bingung bagaimana merespon pembaca dengan cara yang baik. Bagaimana menjamu tamu yang sudah mampir, dan berharap mereka betah berlama-lama di blog saya, syukur-syukur buka lebih dari dua halaman di blog saya. Tambah bersyukur lagi kalau mereka (new visitor) tersebut follow blog saya atau join melalui email.

Setiap blogger pasti senang kalau ada yang mengomentari tulisan mereka, termasuk saya tentunya. Adanya komentar blog bisa menjalin komunikasi antara yang berkomentar dan pemilik blog. Sayangnya giliran mau balas komentar, terkadang saya sampai baca berulang kali komentar tersebut, iihhh gemes sama diri sendiri, susah sekali menyusun kata-kata yang manis. Paling mudah memang tinggal bilang „terima kasih ya buat komentarnya“. Kadang saya sudah tulis kalimat tersebut, saya hapus lagi. Saya mikir, „..yang kasih komentar sudah panjang lebar dan memang bagus isinya, masah cuma di respond „terima kasih!“. Biasanya kalau lagi hilang kata-kata, saya tidak balas dulu komentarnya, bisa 1 sampai 2 hari kemudian, semoga dapat kata-kata yang jitu baru balas komentar 😉 .

Gak perlu balas komentar blog?. Menurut saya kalau baru ngeblog sebisa mungkin HARUS deh balas komentar yang masuk. Mereka yang sudah menulis komentar sudah meluangkan waktu loh but hal tersebut. Bayangkan kamu bertamu ke rumah sesorang dan memuji si tuan rumah, tapi diacuhkan. Demikian juga dengan ngeblog, kalau komentar saya tidak pernah ditanggapi, ngapain juga komentar di blog itu lagi.

Gak punya waktu balas komentar blog?. Ditutup dong fasilitas komentarnya. Kaya saya hahaha. Jangan heran kalau seringkali postingan saya bertema gardening saya tutup. Kemungkinan besar saya lagi ada kerjaan menumpuk. Kemungkinan lainnya, saya lagi ingin memuaskan diri untuk mengunjungi blog tetangga (blogwalking). Pernah mikir ga kalau blogwalking entah jadi silent reader atau aktif berkomentar terkadang bikin ketagihan? 😛 . Aktifitas BW seringkali membuat saya lupa kalau blog sendiri malah ditelantarkan.

Eh tau ga sih ujung-ujungnya kalau rajin balas komentar blog bisa nambah trafik 😆 .

Kasih masukkan dong:
1. Bagaimana kamu membalas komentar dengan baik?, cukup ga sih hanya bilang “terima kasih?”.
2. Menurut kamu pentingkah membalas semua komentar blog?.
3. Kalau yang komentar UUD ujung-ujungnya promosi atau jualan, apa yang kamu lakukan sebagai pemilik blog?.

 

Baca Juga :
7 Cara Membuat Blog Cepat Terkenal.
Blogwalking Salah Satu Cara Bikin Blog Terkenal.
Job Online Apakah Harus Selalu Diterima?
Cara Mengatasi Komentar Blog Tidak muncul
Ditunggu Kunjungan Baliknya yaaaa
Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds
5 Tips Etika Berkomentar di Blog
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
Rayakan Pencapaian Blog Anda

Advertisements

74 Comments

  1. gutten tag Mbak Nella
  2. fee
  3. hidayat
  4. -n-
  5. MS
    • -n-
    • Gocioo
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: