Perkembangan Benjamin Usia 8 ke 9 Bulan

Perkembangan Benjamin Usia 8 ke 9 Bulan. Buat para penggemarnya Benjamin, saya kembali lagi mau menceritakan milestone Benjamin nih. Semoga kalian suka ya πŸ™‚ . Saya ingin cerita mengenai perkembangan Ben saat usia 8 bulan. Oh ya kecil-kecil Ben sudah punya banyak penggemar loh. Makasih buat yang sudah sering berkomentar mengenai Ben di blog saya termasuk yang mengirimkan email dan kasih peluk cium buat Ben. Saya selalu sampaikan ke Ben, dapat cium dari tante Lia di Tangerang, dapat peluk dari om Riga dll πŸ˜€ .

Paling top di akhir usia 8 bulan adalah akhirnya Ben numbuh gigi!. Saat Ben 6 bulan belum ada giginya keluarga di Jerman nih pada nanyain, ko gitu belum numbuh gigi?, kenapa begitu?, kenapa begini?. Saya cuma jawab meneketeheΒΉ haha. Perkembangan tiap anak berbeda-beda. Jadi jangan pernah ya membanding-banding satu anak dengan anak lainnya. Setiap anak adalah individu yang istimewa, biarlah mereka berkembang sesuai kemampuan tubuhnya masing-masing. Sebagai orangtua jangan langsung parnoΒ² juga, ko anak saya belum bisa ini, belum bisa itu. Tunggu saatnya pasti bisa ko. Yang perlu diwaspadai kalau memang terlambat sekali. Misal aja kalau sudah 2 tahun belum bisa jalan nah itu pasti ada apa-apanya dong. Orangtua sebaiknya memperhatikan tabel kemampuan bayi sesuai usianya.

Perkembangan Benjamin Usia 8 ke 9 Bulan. Akhir 8 bulan akhirnya numbuh 2 gigi. Susah nih bikin fotonya, bolak balik jepret cuma dapat 1 foto yg keliatan giginya Ben.

Akhir 8 bulan akhirnya numbuh 2 gigi. Susah nih bikin fotonya, bolak balik jepret cuma dapat 1 foto yg keliatan giginya Ben.

 

Mengenai tumbuh gigi, kadang ada anak.-anak yang tumbuh gigi pertama saat usia 1 tahun, atau bahkan lebih lama. Makin lama numbuh berarti makin lama gantinya dong πŸ˜€ .

tabel kemampuan bayi 7 hingga 9 bulan

tabel kemampuan bayi 7 hingga 9 bulan

Saat Benjamin usia 8 bulan, seperti berikut kelakuannya:
β€’ Senang pegang-pegang lidah sendiri dan dimainin, lalu gigit jempol, lalu merangkak, lalu pegang lidah lagi. β€žApa tidak sakit perut? Kan lantai kotor terus Ben pegang lidahnyaβ€œ. Sampai saat ini Benjamin baik-baik saja, belum pernah sakit yang bagaimana gitu. Selama anaknya bahagia, terserah mau ngapain aja, karena bayi/anak seumurannya Ben bahagia kalau bisa melalui proses tersebut.

Video Gaya Benjamin beraksi di tempat tidur

 

β€’ Babycenter.com menuliskan orangtua siap-siap jantungan deh ya saat anak usia 8 bulan an, karena sering sekali si anak jatuh bangun (bumps and falls). Awalnya saya shock kalau Ben tiba-tiba jatuh. Dia mau belajar jalan, jadi pengen berdiri tanpa berpengangan, lalu jatuh deh. Jatuh tidak hanya sekali. Tanggal 13 maret 2015 Benjamin 4 kali jatuh. 3 kali nangis kejer, sudah dibilangin kalau berdiri pengangan ya nak! Tapi ya gitu deh. Mana Ben ngerti toh hehe πŸ˜† . Ben akan nangis kejer kalau jatuhnya tiduran, kalau jatuh duduk masih ketawa dia. 28 maret jatuh 2 kali. Minimal dalam sehari jatuh sekali. Pada dua tanggal tersebut yang saya catat, lainya ya sudah biasa kalau jatuh. Makin lama makin jarang ko jatuhnya, dan saya sudah tidak terlalu sport jantung lagi. Kalau anaknya jatuh jangan di marahin, nanti malah tidak mau belajar jalan. Paling saya peluk erat dan menenangkannya dan kasih semangat, tidak lama Ben langsung ceriah lagi dan mengulangi berdiri hanya berpengangan satu tangan.

Video Benjamin Belajar berdiri dan pengen Jalan

 

β€’ Dari bayi sampai usia 8 bulan Ben senang sekali tidur tengkurap. Sampai sekarang jarang sekali saya lihat Ben tidur telentang. Saat tidur malam kamar tidurnya Ben gelap gulita. Jadi yang dulu pernah ngamuk 2 minggu (saat anak tantrum) sepertinya stres dia (ada yang di inginkan tapi babe dan emak nya tidak tahu keinginanya). Nah sama babenya coba ditidurin tanpa lampu, akhirnya anaknya bisa tidur. Jadi sejak saat itu Ben tidur tanpa lampu. “Gak takut? Gak jerit tengah malam?” Nga tuh πŸ˜€ . Tidurnya bablas sampai pagi. Jam 6 kan sudah terang, Ben langsung lihat atas kamar, ada jendelanya yang besar sekali menghadap ke langit biru, kalau saya ke kamarnya terkadang si bocah asyik pegang mainanya yang namanya kunkun sambil memandang langit biru sambil ngomong sendiri haha.

β€’ Usia 8 bulan ini besar keingintahuan Ben. Benda yang menarik perhatiannya akan dipegang, digoyang-goyang, dipukul, digigit atau bahkan dilempar.

β€’ Ngoceh (babbling) makin seru, tapi saya tidak mengerti Bahasa bayi. Babenya kadang meladeni ngomong asal aja. Babe Benjamin kira si Ben ngomong Bahasa Indonesia, padahal bukan haha. Saya ngerti hanya mamama dan papapa, sering juga ngomong β€œudah udah” saya pikir maksudnya β€œsudah” karena saya sering ngomong begitu. Babenya ikut-ikutan ngomong β€œudah” haha.

β€’ Di awal kan saya beritahukan kalau Ben suka sekali pegang-pegang lidahnya. Nah selain itu Ben suka memandangi balkon sambil berdiri berpengangan ke pintu kaca, jadi ke ceplak deh di kaca. “Kotor kacanya Ben sayang!”. Padahal saya paling bersihkan kaca tuh 3 kali dalam setahun, keceplak jari-jari Ben harus sering di bersihkan deh nih.

β€’ 8 April 2015 pertama kali Benjamin bisa tepuk tangan. Sejak itu jadi sering sekali jagoanku ini tepuk tangan.

Video Pertama kali Ben bisa tepuk tangan

 

β€’ Sudah bisa naik tangga. Baru tahu saat saya beberes di bawah, Ben tidak mau ditinggal sendiri, padahal dia bisa dengar suara saya dari atas. Tangga ditutupi kardus besar sebagai penghalangnya. Saya ajak Ben turun, lalu saya suruh naik, eh bisa hehe. Videonya singkat sekali karena saya sambil jaga Ben jadi tidak bisa lama pegang kamera.

Video pertama kali Ben naik tangga

 

β€’ Nambah usia nambah pintar dong. Nah saat 8 bulan ini Ben sukaaaa sekali pencet-pencet yang bisa dipencet. Stok kontak utama ke komputer dimatikan, penasaran dia lihat tombolnya ko nyala warna merah. Lalu sama babenya di taruhlah tuh stok kontak ke samping komputer mepet tembok, tidak terlihat Ben lagi.

Selesai perkara? Kagaaa. Kabel utamanya yang besar sekali dicabut dari tembok, padahal keras loh kalau mau narik. Selesai perkara? Kagaaaa jugaaaa huhuhu πŸ˜₯ . Tombol power di cpu di pencet-pencet. Tombolnya kan nyala ada warna putih terang jadi menarik perhatian. Jadi kalau saya males komputeran ya karena ada bos kicik yang membuat saya senewenΒ³. Saya sudah ngetik panjang tiba-tiba layar computer hitam, saya lagi nanggung jawab email tiba-tiba layar hitam, pengen nangis, pura-pura nangis eh malah Ben ketawa bahagia banget <3 .

Dilarang main komputer sama bos kicik. Kabelnya dicabut

Dilarang main komputer sama bos kicik. Kabelnya dicabut

 

Benjamin pintar juga pencet tombol power tv, tobatt deh. Dia pencet tombol, saya nyalakan pakai remote, dia matikan lagi saya nyalakan lagi. Saya nonton sambil makan, makanan jadi tidak nikmat loh karena ada gangguan teknis begitu hahaha.

Mama tersayang, selain gak boleh main komputer berlama-lama. Nonton tv juga jangan lama-lama yaa. Nih Ben matikan powernya ya

Mama tersayang, selain gak boleh main komputer berlama-lama. Nonton tv juga jangan lama-lama yaa. Nih Ben matikan powernya ya

 

Gaya Benjamin lainnya bisa dilihat pada foto berikut ini:

Ben lagi gaya pas hari Paskah nih ya

Ben lagi gaya pas hari Paskah nih ya

 

Ben pas besar nanti kamu mau jadi pemain bola yaaa

Ben pas besar nanti kamu mau jadi pemain bola yaaa

 

Ben suka banget lewat tempat sempit. Kolong meja, kolong bangku. Mungkin punya rasa petualangan sejati nih bocah

Ben suka banget lewat tempat sempit. Kolong meja, kolong bangku. Mungkin punya rasa petualangan sejati nih bocah

 

Dapat sikat gigit dan pasta gigi masing-masing 2 biji. Kalau dapat gratisan begini bikin testinya ya maaa

Dapat sikat gigit dan pasta gigi masing-masing 2 biji. Kalau dapat gratisan begini bikin testinya ya maaa

 

Terima kasih buat perhatian para pembaca blog saya, buat teman-teman yang sering berkomentar mengenai Benjamin dan juga mengirim email. Kalian mungkin merasa aneh ko Ben tidak dilarang pegang kabel colokan, gigit jari, gigit mainan, berdiri dekat tv, Ben belum sampai tahap manjat-manjat, merangkak bebas ke semua ruang, apa rumah dibersihkan tiap hari? dan berbagai komentar lainnya. Saya selalu ambil sisi postifnya walau kadang sebel sih hihi.

Ben kami jaga ko, suami dan saya membebaskan Benjamin melakukan banyak hal yang memang pantas dilakukan anak seumurannya, anak seumuran Ben lagi banyak rasa penasarannya pengen tahu banyak hal dan dia pengen dapat informasi hasil keinginan sendiri. Contoh simpel ko dibiarin pegang colokan?. Semua stok kontak listrik sudah dipasangi pengaman, jadi bolongannya tertutup, hayoo kalau di tanah air begini juga ga?.

Tiap hari Ben demen banget maen dikolong meja komputer. Kabel headset satu terpasang, satu lagi colok ke mulut Ben. Foto 07.04.2015

Tiap hari Ben demen banget maen dikolong meja komputer. Kabel headset satu terpasang, satu lagi colok ke mulut Ben. Foto 07.04.2015

 

Lagipula jari Ben tidak muat masuk lubangnya, kan lubang colokan kecil banget loh, kecuali kalau anaknya pegang jarum (atau alat dari besi/logam) lalu ditusuk tuh jarum ke colokan ya nyetrum deh. Tapi belum sampai sejauh itulah akal anak bayi. Kadang saya kuatir banyak hal, tidak boleh ini, tidak boleh itu, dan saya tanya Frank jadi malu hati sendiri, kenapa lagi jaman saya kecil tidak boleh ini, tidak boleh itu di Jerman malah hal normal yang dilakukan anak-anak.

Menurut saya anak-anak di Indonesia banyak dilarang tidak boleh ini, tidak boleh melakukan itu hanya buat menakut-nakuti. Sejak ada Ben saya rajin baca tulisan parenting dari ayah Edi, orang Indonesia ko. Ayah Edi pernah nulis jangan melarang anak terlalu sering, larang ini itu, anak malah jadi malas. Mana lebih bagus anak tidak bisa diam karena banyak gerak, banyak ingin tahu, atau kamu pengen anakmu hanya asyik diam tidak bergerak karena main gadget?. Mau cari artikelnya tidak sempat, nanti ya kalau ketemu saya kasih tahu.

Saya sudah kebanyakan ngoceh hehe 😳 jadi intinya sih biarkan anak melakukan banyak hal yang dia pengen tahu dan orangtua tetap mengawasi (mengawasi tidak pakai mulut tapi pakai mata ya haha). Siapa tahu Benjamin 20, 30 atau 50 tahun kedepan jadi peraih Nobel Prize kan karena menemukan sesuatu yang baru dijamannya, makanya suami dan saya membebaskan dia melakukan banyak hal yang membuat Ben penasaran.

Jalan-jalan alias window shopping. Sudah hangat tidak perlu pakai jaket winter lagi

Jalan-jalan alias window shopping. Sudah hangat tidak perlu pakai jaket winter lagi

 

Apapun yang dilakukan Benjamin si jagoanku yang ganteng, biarlah dia lakukan yang penting anaknya terpuaskan rasa keingintahuannya. Saya cukup bahagia mencatat macam-macem kelakukannya yang unik di blog saya ini. 5 tahun, 10 tahun atau bahkan 20 tahun lagi saya mungkin akan tertawa bersama Ben saat membaca milestone Benjamin.

Catatan kaki:
1. meneketehe = tidak tahu, tidak peduli, cuek. Masih sering tidak ya di Indonesia ngomong begini?.
2. parno (paranoid) bahasa gaul untuk menggambarkan bentuk ketakutan yang berlebih atas sesuatu.
3. Senewen = bingung, hilang akal, gugup, agak gila.

Facebook nya ayah Edi https://www.facebook.com/pages/Komunitas-AYAH-EDY/141694892568287

 

Baca juga: Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin

Advertisements
Advertisements

93 Comments

  1. Evan May 8, 2015
      • Evan May 11, 2015
  2. prih May 3, 2015
  3. fanny fristhika nila April 25, 2015
  4. Beby April 25, 2015
      • Beby May 5, 2015
  5. Info-Menarik.NET April 24, 2015
  6. Attar Arya April 24, 2015
  7. febridwicahya April 24, 2015
  8. Cut Isyana April 23, 2015
  9. winnymarch April 22, 2015
      • winnymarch April 25, 2015
  10. bebe' April 22, 2015
      • bebe' April 23, 2015
  11. cumilebay.com April 22, 2015
  12. rumahkubahagiaku April 22, 2015
  13. mamipapa April 21, 2015
  14. mylittlecanvas April 21, 2015
  15. evy doloks April 21, 2015
  16. Pypy April 21, 2015
  17. Ria Angelina April 21, 2015
  18. Bertha April 21, 2015
  19. wulanwahyudi April 21, 2015
  20. Bibi Titi Teliti April 21, 2015
  21. Nadia Khaerunnisa April 21, 2015
  22. Ana Leg April 21, 2015
  23. Arman April 21, 2015
  24. Riri April 21, 2015
      • Riri April 22, 2015
  25. NisadanChicco April 21, 2015
  26. dani April 20, 2015
      • dani April 20, 2015
  27. Rere April 20, 2015
      • Rere April 21, 2015
  28. Melissa Octoviani April 20, 2015
  29. christfridhobenz April 20, 2015
  30. gustina April 20, 2015
  31. -n- April 20, 2015
  32. dianryan April 20, 2015
      • dianryan April 21, 2015
  33. MS April 20, 2015
  34. Hana Chabiba April 20, 2015
  35. Puji April 20, 2015
  36. Ryan April 20, 2015
  37. joeyz14 April 20, 2015
  38. nyonyasepatu April 20, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: