Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Besar Bunganya

Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Besar Bunganya. Postingan ini dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya. Halo sobat berkebun, kala itu saya sedang berada di balkon depan. Saya bahagia surprise, terkejut, kaget kok bisa tanaman bunga mawar yang saya beli 2 tahun lalu bunganya kecil-keci,l sekarang bunganya menjadi besar.

Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Besar Bunganya

Lihat ya bunganya cantik dan besar. Kok bisa ya mawar yang kecil menjadi besar?. Nah Sebelum saya Jawab kenapa mawar yang kecil bisa menjadi besar begini, saya ajak kamu melihat mawar yang kebalikannya. Mawar yang awalnya besar menjadi kecil bunganya, mawar yang saya maksud ada di bawah di dekat pintu masuk ke rumah saya.

Baca juga: Tips Mengatasi Jamur Pada Tanaman Bunga Mawar

Nah ini dia mawar saya. Mawar yang ini lebih dulu saya beli dibanding mawar orange yang ada di balkon depan. Biasanya bunga mawar ini besar, namun tahun ini menjadi kecil. Nih yang sudah kering, padahal waktu itu saya pangkas saat musim semi.

Apa penyebabnya mawar yang awalnya besar menjadi kecil?:

  1. Media tanamnya tidak saya ganti. Saya lupa, malas juga atau tidak sempat. Media tanam ini sudah 1 tahunan digunakan dan pot nya kecil jadi nutrisinya kurang untuk tanamannya.
  2. Ada numbuh tanaman asing. Satu, lalu ini yang kedua sebelah sini. Karena saya penasaran, ini tanaman apa ya, saya pikir tanaman bunga pukul empat, lalu saya ingin pindahkan. Namun saya belum sempat.
  3. Kena matahari nya tidak maksimal, harusnya kena sinar matahari minimal 6 jam setiap hari, namun mawar ini hanya satu Jam saja.kena sinar matahari. Jadi tahun depan akan saya buat lebih baik supaya bunganya kembali menjadi besar.

Baca juga: Ini dia Bunga Mawar Koleksiku

Kembali lagi ke mawar yang kecil menjadi besar, nah bagaimana mawar yang mini menjadi besar kuntumnya:

  1. Mawar membutuhkan sinar matahari setiap harinya minimal 6 jam.
  2. Taruh di tempat yang sirkulasi udaranya baik.
  3. Siram secara teratur jangan sampai tanamannya menjadi kering.
  4. Dipupuk secara teratur. Kalau saya lagi ingin masak beras, air cucian beras nya saya siramkan ke media tanam mawar nya. Saya juga memberikan cincangan kulit pisang. Kandungan potasium di dalam kulit pisang bagus untuk tanaman bunga mawar.

Saya benar-benar kaget bunganya menjadi besar begini.. 2 tahun lalu bunga ini mawarnya kecil-kecil mini banget dan banyak jumlahnya. Nah sekarang bunganya besar dan jumlahnya juga banyak.

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Cakep ya surprise banget deh. Tidak ada wanginya ini namanya Hansestadt Rostock Orange (Rosen Tantau 2010) Floribunda Beeding Rose. Cantik Orange yaa. Saya tidak tahu apakah dari sini nanti akan tumbuh bibitnya. Mungkin tidak, karena ini masih kecil. Cantik sekali bunga mawar nya.

Video Takjub Mawarku yang Kecil Jadi besar Bunganya

 

Baca juga: Klik disini semua postingan kebun emaknya Benjamin

Demikianlah cerita saya mengenai Cara Merawat Tanaman Mawar Agar Besar Bunganya. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: