Bunga Mawar Koleksiku

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

153 Responses

  1. eza says:

    mbak saya perlybantuan ni, kenapa ya daun mawar saya pada mengering dan rontok? sampai2 yg tรฉtinggal hanya daun bagian atas

  2. ajenk wijayanto says:

    Mba, mau tanya dong… Yang bisa subur dikasih mecin itu tanaman apa aja ya mba? Kalo yang selain bunga2an (contohnya : tanaman hias yg cuma daun2an aja) bisa apa enggak ya? Trus tanaman sayur2an kalo dikasih mecin apa bisa juga?
    Seminggu ini saya rajin banget ngintipin blognya mba Nella, saya baru mulai tanam2 nih di rumah. Yg bikin deg2an itu nunggu benihnya berkecambah. Tiap 1 jam sekali saya tengok itu polybag (kali aja tiap jamnya ada perkembangan gitu…) ๐Ÿ˜€
    Btw, makasih buat tips2 yang udah di share ya mba. GBU.

    • Hai Ajenk mecin paling manjur buat mawar. Saya pernah kasih ke anggrek malah anggreknya layu, sptnya saya kebanyakan kasih. Selain ke mawar, klo mau kasih mecin sebaiknya dilarutkan dulu dalam air, misal 1 sendok teh untuk 5 L air, lalu siramkan ke tanahnya atau gunakan botol semprot.
      Nyemai benih tanaman ga usah ditungguin, paling cepat seminggu baru numbuh ๐Ÿ˜€ . Gbu juga ๐Ÿ˜‰ .

      • ajenk wijayanto says:

        Waduh… saking semangatnya dapet tips baru, tadi sore saya taburin mecin ke semua tanaman hias yg saya tanam trus saya siram tanaman2nya. Wkwkwkwk… Kita liat aja deh perkembangan selanjutnya, jadi subur apa malah metong itu nanti tanamannya yaaa?! Tinggal berdoa aja semoga ga malah pada layu deh. ๐Ÿ™

  3. neneng says:

    Mba Nell.. saya coba sambung batang mawar yang beda warna tp kenapa daunnya jadi layu ya… (“~)

    • Hai Neneng, setahu saya sih kalau nyetek bbrp waktu tanamannya akan stres deh, lama2 baru baik kembali. Terkadang saya pindah2in tanaman ke pot baru juga daun2nya ada yg rontok atau lalu.

  4. cha says:

    mba nella.. kalo mecinnya dilarutin ke air trus disemprot2… bisa ndak?

  5. cha says:

    berselancar disini bkin ngiler. ..

    sampe2 di status bbm saya tulis “andaikan saya di jerman”
    wkwjwkwkkkk….. ๐Ÿ˜€

  6. mimi says:

    mba, biasanya setelah mawar2 mba mekar, ada selang berapa lama sampai mekar kembali? ini kok mawar sy sprtiny lama mekarnya, sjak mekar kmrn udh sebulanan blm mekar2 lg…

    • Hai Mimi, tidak tiap bulan mekarnya. Punya saya dalam setahun ada yg subur sekali bisa 3-4 kali berbunga, tapi ada juga mawar lain yg hanya 2 kali bebrunga. Oh ya klo bunganya sudah rontok atau hampir layu, dipotong saja, supaya muncul tunas baru. Jangan lupa dipupuk secara berkala.

  7. dita says:

    Halo mbak, bagus2 bgt ya mawarnya. Tinggalnya di mana mbak? Mungkin ga bunga jenis2 di atas tumbuh di jakarta?
    saya msi newbie, mohon petunjuknya.
    Thank u ya. ๐Ÿ™‚

  8. Rachma says:

    Bunga-bunganya cantik. Saya penggemar bunga mawar. Dulu pernah punya mawar merah yg cantik tapi sayang sekarang mati saat mau dipindahkan ke rumah baru. Ada sih anaknya (hasil stek) tapi masih kecil. Salam kenal ya…

    • Hai Rahma salam kenal juga ya ๐Ÿ™‚ . Saya ada 2 mawar yg kecill hasil stek, susah ngerawatnya, di toko banyak bubganya, pas dirumahku mulai layu dan rontok. Lagi coba2 pindah2in lokasinya nih ๐Ÿ˜ณ .

  9. nadine says:

    bagus2 mbak mawarnya.aku jg punya di rumah warna putih dan pink,.kalo liat mawar jadi laper mata..

  10. Kartika Dewi says:

    saya d rumah ada 7 tanaman mawar kak.
    tapi satu per satu mati
    ๐Ÿ™
    kak, pasar khusus tanaman mawar ada ga sih?

  11. nalika says:

    Mbak nella, salam kenal.. mbak pernah nulis tentang segala hal saat menanam lavender? Aku lg nyoba nanam lavender di indonesia niy mbak.. kl pernah nulis, aku minta linknya ya mbak!
    Makasiii ^^

    • Hai Nalika, saya baru pernah coba sekali nanam benih lavender ga numbuh, karena sudah telat juga sih, sudah dingin cuacanya. Thn ini lavendernya saya beli jadi. Untuk bibit2 tanaman yg ukurannya sangat kecil spt pasir, coba tanam dimedia kecil dulu, diatas tanah berikan selapis tissu lalu taburi benih bunganya, semprot air perlahan hingga basah sempurna, timbun dg tanah kira-kira 1 cm.

  12. asti says:

    Haha, ganti uname ya Kak, aduh tadi lupa pas komen di artikel kaktus malah pake blog yang satunya. Itu blog isinya kpop semua padahal ๐Ÿ˜€ Aku juga punya mawar Kak Nell jenis mawar tunggal tapi nggak tau namanya. Bunganya warna oranye, tapi belum upload sih. Harganya murah cuman empat ribu. Pas beli ada dua kuncup bunga trus udah mekar. Sekitar dua bulan, yaitu sekarang udah muncul lagi kuncupnya, tapi baru satu. Harus sabar nih kalo mawar tunggal, satu tangkai ya bunganya cuman satu, nggak kayak yang jenis floribunda. Waktu maen ke Jogja waktu itu malah sepuluh ribu dapet empat untuk yang mawar tunggal, kalo yang jenis floribunda harganya sepuluh ribu. Pengen sih, tapi karna cuman naik motor, jadi aku sama temenku cuman beli kaktus masing masing dua. Mawarnya enggak beli. Di sini masih susah lah Kak Nell cari jenis mawar yang aneh aneh, pengen yang Kurfรผrstin sophie kayak punya Kakak, bagus banget. Kalo yang mawar corak beberapa warna, disini kayanya disebut mawar batik, soalnya belang belang gitu kemaren banyak juga tapi lupa harganya yang dua ribu apa sepuluh ribu ๐Ÿ˜€

  13. punyaliana says:

    mawar nya cantiiiikkkk….
    dlu aq punya mawar juga (faforit bunda ku)
    tapi mati ;(

    sekarang aq lagi mau nanem si cantik Morning Glory,,,
    mau aq posting juga ah,, biar seru

  14. lea says:

    keren mawarnya mba, stok untuk bibit mawar ada ga??

  15. mba.. ternyata bunga mawarnya bagus2 ya.. trutma si premium ituh.. hehe.. mirip kyk punya tetangga mba.. yg srg aq potoin tiap liat.. hehe.. jd tau namanya d.. ๐Ÿ™‚

  16. Pypy says:

    Iya, bener cantik kak yg Kurfรผrstin Sophie soale dia kek ngembang banget yah kebuka gitu.. ๐Ÿ˜€

  17. yuni says:

    hai mba salam kenal. aku suka baca blognya mba sambil ngebayin bunga2 disana.mba aku suka nanam bunga jg terutama bunga mawar merah,kuning, peach dan batik tp yg wangi cm yg merah. oya mba, aq suka guntingin bekas2 bunganya trus daunny aq rontokin beberapa utk merangsang bunganya. kadang aq kash air cucian beras.

    • Hai mba Yuni, iya biasanya mawar yang hampir rontok saya gunting, supaya muncul bakal bunga yang baru. Nah kalau air cucian beras saya bagi-bagi penyiramannya ke beberapa tanaman, karena jarang masak nasi ๐Ÿ˜€ .

  18. Tita Savitri says:

    mawarnya bagus2…… salam kenal ya mba Nella…..

  19. kasamago says:

    WAAH, amazing bgt koleksinya. tu mawar2 papan atas semua. klo ane punya mawar putih standar sis nela, tiap sebulan sekali mekar cantik di halaman rumah..

    url kasamago.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 17.01.2017

  20. prih says:

    Koleksi mawarnya cantik2 Jeng, suka sama yang kuning gading. Penambahan bumbu masaknya ok koq Jeng penambah asam amino bagi tanaman, sy juga pakai untuk suplir. Salam

  21. Gak enak klo dinyanyiin dangdut kak koleksinya…
    blm ada mawar merah…hehehe

  22. chris13jkt says:

    Wah cakep-cakep banget mawarnya, Mbak. Aku selalu pengen punya tanaman mawar, tapi rupanya gak berjodoh. Tiap mawar yang aku tanam selalu mati meskipun sudah disiram dan kena panas cukup ๐Ÿ™

    • Mati bgm Chris?, batangnya jadi hitam atau daun-daunnya rontok?. Mawar saya yg orange pernah juga hampir mati, rontok semua daunnya. Mungkin tidak cocok di pot baru, nah pas saya kembalikan ke pot awal (dari plastik) dan berikan tanah yang baru ehh hidup lagi, numbuh daun2nya dan berbunga terus.

      • chris13jkt says:

        Ya pertama memang daunnya menguning trus rontok gitu, Mbak. Habis itu kekeringan merambat ke batang-batangnya sampai betul-betul mati. aku sudah coba tanam di pot dan di tanah sama aja hasilnya begitu ๐Ÿ™

  23. Max Manroe says:

    Wah bagus-bagus mawarnya. Yang premium itu banyak banget kelopak bunganya ya, baru lihat ada bunga mawar seperti itu. Biasanya mawar itu kan ga sebanyak itu kelopak bunganya, dan warnanya 2 warna gitu ya, merah dan putih dalam satu bunga, keren.

  24. Silvie says:

    Saya nggak begitu suka mawar, tapi Kurfรผrstin Sophie luar biasa cantik. Jadi mau… dI Jakarta ada yang jual nggak yah?

  25. wah, pingin punya tanaman bunga mawar sendiri di rumah..
    soalnya bunganya cantik-cantik..

  26. ditter says:

    Lumayan dapat ilmu berkebun. Rupanya penyedap rasa/mecin bisa bikin mawar rajin berbunga, ya…. Mungkin bikin tanah dan air jadi kerasa enak kali ya mbak bagi para mawar, hehe….

    • Hai Ditter kalau penjelasan ilimiah sih Vetsin (Monosodium Glutamat atau MSG) adalah garam natrium dari asam glutamat. Dibuat dari proses hidrolisa tanaman tebu. Keampuhannya sebagai pupuk, tidak jauh beda dengan urea. Karena komponen kimia yang diambil tanaman adalah Nitrogen dan Nitrat, maka โ€œpupukโ€ ini lebih dipakai untuk tujuan pertumbuhan daun.

  27. abi_gilang says:

    Koq bisa sih mawar keracunan ampas kopi ? ๐Ÿ™‚

  28. giewahyudi says:

    Mawar Sophie itu keren ya, kok bisa ya merahnya ngumpul di tengah gitu. Sungguh indah nian..

  29. boyin says:

    bunga mawar di udara dingin bagus ya tumbuhnya….bagaimana dengan orchid..apakah orang sana suka juga…

    • Di lingkungan sejuk tanaman mawar masih bisa tumbuh, kalau winter akan rontok dan tumbuh kembali di musim semi.
      Bunga anggrek banyakkk sekali disini ๐Ÿ˜€ ditaruh didalam rumah, sebagai houseplant. Kalau saya perhatikan rata-rata rumah punya bunga anggrek, saya bisa tahu karena bunga anggrek selalu ditaruh didepan jendela jadi keliatan dari luar.

  30. Aura Ide says:

    koleksinya mantap, ampas kopi fungsinya untuk apa?

  31. ronal says:

    Aku baru tahu kalo ada mawar yg kayak gitu dan wrnanya kuning..
    soalnya aku tahunya cuma mawar yang merah…:D
    *sekuntum mawar merah..yg kau berikan kepadaku #nyanyi hehe

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

  32. liamarta says:

    yang favorite hits itu cakep ya mbak warnanya..

  33. multi says:

    ka nella Kurfรผrstin Sophie nya bagus seneng deh liatnya!
    โˆฉ__โˆฉ

  34. Suka yang sophie. Baguuus banget mba..

  35. evy doloks says:

    ka, ini ya kalo baca blog kk soal bunga-bungaan ini, membuat aku minder. secara aku wanita dan gak doyan banget ber-kebon meskipun suka ngeliat dan pegang-pegang bunga. hadeeehhh, makin merasa berdosa megetahui sebagai wanita aku tidak se-green thumb kk neh … ๐Ÿ™

    • Hehe saya nih cari kegiatan saja mengisi waktu luang. Orang-orang disini sebagian besar punya taman di halaman atau dibalkon, jadi tiap kalau berjalan kaki memandangi taman orang jadi pengen juga ๐Ÿ˜€ .

  36. fiona says:

    mba nella bagus bunga mawarnya… kok punya sy bisa keriting ya daunnya kek krupuk gt kl diremas… dan batang juga byk bercak2 jamur gt jd binggung gmn mau bahminya ๐Ÿ™ apa mba nella ada saran ya? kalo kasi meicin itu berpa byk ya 1 potnya? biar nga over dosis kan heeee dan mesti lobangin ato langsung tabur diatasnya aja?

    • Daunnya kepanasan tuh, dipindah-pindah klo pas mataharinya terik sekali. Nah yg berjamur krn media tanamnya terlalu basah. Bongkar potnya ganti atau campur dengan tanah yang baru. Saya cuma taburi secukupnya saja seminggu sekali, langsung taburi ditanahnya, lalu siram supaya terserap ke tanahnya.

  37. Jadi pengen juga nanam mawar di balkon *_*

  38. Diah Mitasari (Mita) says:

    Cantiknya mawarnya….secantik yang menanamnya ๐Ÿ™‚ …

    url diahmitasari.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  39. sondangrp says:

    Aku dulu pas merit pake mawar warna peach, kaget gitu Nel, soalnya selama ini ngiranya mawar itu wanrnya kalo gak merah ya putih atau pink. Hahahahah dikasih micin itu harus merk tertentu? aku ngikik nih bayangin dikasih micin

  40. nh18 says:

    Koleksi mawarnya bagus-bagus dan indah-indah …
    mungkin ini juga didukung oleh iklim yang pas ya Nel

    Salam saya

  41. wAAAAAA…!!!! bunganya bagus-bagus… T..T kepengen… ๐Ÿ˜ฎ besok aku bikin tulisan ganja-ganja koleksiku, (eh??) :p hehee

  42. ladeva says:

    Cantik-cantik banget Mbak mawarnya…daku mupeng ๐Ÿ™‚

  43. toeti says:

    mbak pernah nanam mawar dari biji dan berhasil blom?? huhuhu… aku coba gagal teruss

  44. Wah mbak blogger yg satu ini selalu menebar wewangian di postingnya, mana bagus banget lagi bunganya, I love Rose. Mbak ini pasti bertangan dingin, liat deh tanamannya pada tumbuh bagus semua ๐Ÿ˜€

  45. Memandang bunga mawar selalu terasa sejuk di hati, terlebih bunga mawar kuning.
    Selamat beraktivitas, Nella… ๐Ÿ™‚

  46. elam says:

    Saya gak terlalu paham mawar mbak, kadang bingung bedain ini mawar atau bukan. Kecuali kalau itu mawar merah biasa, atau dikasih tahu orang…
    Oh ya, mawar itu sebenarnya ada bau nya gak sih mbak kayak melati gitu?

  47. emmachan24 says:

    mba nel itu yang ditaburin mecin apanya??
    aku baru mulai tanam lidah buaya tadi pagi,,bibit bunga yang lain belum sempat diambil dirumah teman,,soalnya udah keburu kecapean ama kerjaan,,
    nanti kalau bibit bunganya udah ku ambil bagi2 tips yah mba nel biar bunga2ku tumbuh dengan sehat ๐Ÿ˜›

  48. Nisa says:

    Cantiknyaaaaaa

  49. Mbak….saya penyuka mawar…
    Dulupernah punya yang kuning, putih dan putih-pink tapi ditinggal gitu karena Bunda sibuk jadi mati deh….sekarang pingin tapi gak punya halaman ๐Ÿ˜€

  50. RY says:

    Aiihhh mawarnya cantik. Ibuku menanam mawar batik lho mbak, disana udah ada belum ?? hehehheh

  51. edy says:

    Cantik2 ya mba’ mawar nx. ๐Ÿ™‚

    m’f ya mba’ saya ga bs ksh solusi cr mrwat mawar soal nx
    saya & isteri juga penggemar bunga mawar, tp sayang nx mawar2 yg kami pelihara mlh bnyk yg mati ๐Ÿ™
    padahal udh cb rawat dgn baek. ๐Ÿ™‚
    tp untung nx msh ad dua lg yg hidup cuman hmpr botak.
    hehehe…
    Harapan saya & isteri sih, mdh2an aj tanaman mawar yg ad bs slmat & bnyk bunga nanti nx. ๐Ÿ™‚

  52. elfarizi says:

    Baru tahu mbak kalo bunga mawar itu ada mereknya ๐Ÿ˜€

  53. Messa says:

    Nggak bisa ngasih saran kak, bukan pakar soale ๐Ÿ˜€ tapi aku menikmati foto mawarnya ๐Ÿ™‚

  54. Mbak, itu bunga2 nya di jual juga atau hobby aja berkebun ??? temen ku yg di jerman punya toko bunga ๐Ÿ™‚

  55. mamayara says:

    hiks bikin ngiri…..!!!!

    Nelllaaaa… aku mau dong bibitnya…… yang gratis ya….!!!! *dilempat pot

  56. Ryan says:

    mba… mawarnya cantik-cantik. berlapis-lapis banget. saya suka yang pertama tuh.

  57. Erit07 says:

    Banyak ya jenis mawar…

  58. Arman says:

    wah yang kurfustin sophie itu cakep banget…
    gua suka tuh mawar yang pomponela itu. baru tau gua kalo namanya pomponela… lucu aja mawar model gini rasanya gemuk2. rada kayak peony tapi lebih kecil. ๐Ÿ˜€

  59. dyazafryan says:

    cakeppp… mawar warna kuning… ๐Ÿ˜€ sukaaa….

  60. monda says:

    Si Sophie cantik sekali lho…, kelopaknya bertumpuk2…
    Nella langganan katalog David Austin? dia jual bibit juga?

    aku nanam mawar nggak berhasil Nel, yang mau kembang cuma jenis lokal, ada juga yang nggak mau berbunga, tapi batangnya aja yang nambah panjang..
    kayaknya jadi patah arang sama mawar deh…..

    Floribunda itu dulu kukira bahasa Indonesia lho, soalnya ada nursery yang pakai nama itu di sini

    • Aku pernah sekali minta dikirimkan katalog David austin, ternyata klo ada edisi baru akan terus dikirim, padahal belum pernah beli ๐Ÿ˜€ . Ranting-ranting mawarnya coba potong kak, nanti numbuh tunas baru dari ketiaknya sekaligus kadang tumbuh bakal bunganya. Oh ya dipupuk juga trus coba taburi mecin deh ๐Ÿ˜‰ .

  61. wawawawawaaa…..mba nella..*teriak heboh ๐Ÿ˜› ..#apa sih nih orang aneh :D…
    aku suka mawar…love banget…tapi kenapa selalu gagal huhuhuuuu…mungkin karena tidak punya bakat terpendam kali yah buat nanem mawar…seddihhhhhh……aku suka banget sama yang namanya mawar putih mba…..dulu pernah coba tanam bunga mawar merah, putih, sama kuning…*sorry gag tau jenisnya apa, gag tau kenapa ehhh…malah mati, padahal kan udah dikasih obat, disiram pagi ma sore, trus bener yah mba katanya klo mawar itu gag boleh terlalu lsg kena matahari?
    padahal juga suka tulip…. ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ …suka banget ma tulisan-2xan mba nella, gag ngebosenin…..hehhehee….kemarin waktu mba nella buat tulisan gag ada comment-nya, huh…gag enak deh…padahal mo komen panjang lebar…*ini gag penting, tolong diabaikan.
    mba nella….mba nella…mba nella….ahhh udah lah manggil-2x mulu…hehehhee…
    sudahlah…see you next mba…bye… ๐Ÿ™‚

    • Hai Wenny, tanaman mawar harus kena matahari langsung, tahan panas ko. Klo cuaca panas sekali bisa siram pagi dan sore, klo ga tetlalu panas sekali saja disiram. Coba kasih mecin *penyedap rasa, bisa bikin subur mawar ๐Ÿ™‚ . Tulisan yg ini baru bisa lagi di komenin ๐Ÿ˜€ .

  62. Evi says:

    Mawar premium itu cantik sekali mbak Nella, kelopaknya rapat banget yah

  63. Ria angelina says:

    Setahu aku anggrek jg kalau dikasih micin jd berbunga, kamboja aku bisa ngak ya hahaha.
    wah harus dicoba nie.

  1. September 16, 2013

    […] dengan tukang minyak wangi kita akan tertular wanginya. Gara-gara berkawan dengan Mbak Dani, Mbak Nella, Mbak Ely dan si Peri Kebun, nama yang sudah terkenal sebagai penyuka tanaman, akhirnya saya […]

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: