Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Anggrek dan Cara Mengolahnya Sebagai Pupuk

Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Anggrek dan Cara Mengolahnya Sebagai Pupuk. Hai sobat berkebun, khususnya pecinta anggrek, saya ingin berbagi pengalaman mengenai cara membuat pupuk anggrek sendiri. Pupuk anggrek ini adalah pupuk organik atau dari bahan alami yang kerap kita jumpai didapur. Tahukah kalian kulit bawang dapat diolah menjadi pupuk tanaman loh!.

Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Anggrek dan Cara Mengolahnya Sebagai Pupuk

Postingan ini pindahan dari subdomain blog berkebun yang sudah dihapus domainnya.

Tulisan Terkini

Kalau bisa bikin sendiri pupuk anggrek kenapa harus beli kan?, apalagi pupuk alami untuk anggrek ini ramah lingkungan. Bahan untuk membuat pupuk anggrek ini gratis loh bisa kita temukan dari dapur atau minta dari pengepul bawang merah dikota kita.

Resep ramuan ajaib untuk menyuburkan anggrek saya baca dari forum Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia (BTPAI) bagi yang belum bergabung ayo daftar, klik joined ya. Masuk grup belajar anggrek ini gratis ko. Resep pupuk anggrek ini dishare oleh bu Bwin Muthmainah.

Cara mengolah kulit bawang merah untuk membuat pupuk alami anggrek:

  • Segenggam kulit bawang merah, sedikit kulit bawang putih direbus dalam 400-600 ml air.
  • Rebus kulit bmbp sampai mendidih dan cairan berwarna kemerahan.
  • Dinginkan.
  • Saring.
  • Simpan di botol atau wadah tertutup lainnya, simpan ditempat tidak kena matahari.
  • Bisa digunakan sampai kapanpun, tidak ada expired date, asal cairan masih jernih dan tidak berubah warna atau baunya.

Dosis pemberian pupuk anggreknya adalah 1 sendok makan untuk 1 liter air. Berikan pupuk anggreknya setiap 3 hari sekali. Siram ke media tanamnya

Kalau kalian siram anggrek setiap hari, maksimal berikan 3x dalam seminggu pupuk alami ini. Pupuk anggrek dari kulit bawang merah dan bawang putih ini merupakan pupuk anggrek alami agar anggrek sehat dan rajin berbunga.

Baca juga: Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Video Membuat Pupuk Anggrek Alami dari Rebusan Kulit Bawang Merah

Umbi dan kulit bawang merah mengandung perangsang tanaman alami atau zat pengatur tumbuh dikenal sebagai ZPT. Kandungan hormon pada bawang merah adalah auksin dan giberelin.

Auksin berfungsi untuk merangsang proses perkecambahan biji. Giberelin berfungsi sebagai pengontrol pertumbuhan pada seluruh bagian tanaman, termasuk juga merangsang proses perkecambahan.

Setiap tanaman sebenarnya punya hormon pertumbuhan alami sendiri, namun dalam jumlah sedikit. Dalam kondisi tertentu, mungkin karena stres tidak mampu memproduksi hormon secara maksimal, makanya diperlukan hormon tambahan atau ZPT.

Oh ya kalau ada yang nanya apa bisa pupuk dari kulit bawang merah ini dicampur air cucian beras (acb)?. Bisa!. ACB kaya vitamin B1 bagus untuk menyuburkan bunga anggrek. Kalau lagi ada air cucian beras, saya campur ke pupuknya.

Saya pakai air cucian beras yang segar atau kadang saya kumpulkan 2-3 kali masak nasi. Saya gunakan air cucian beras pertama saja.

Acb tidak saya campur ke pupuk biang hasil yang saya rebus tadi, karena kalau acb disimpan bermalam baunya sungguh menyengat! Haha.

Menyiram anggrek bisa 2 hari saya lakukan karena anggrekku lumayan banyak, saya malas kalau sampai lebih dari 1 jam ngurusin anggrek, bosan! haha.

Takaran atau resep membuat pupuk diatas kan dengan segenggam kulit bmbp, nah kita bisa juga ko membuat stok lebih banyak, misal 2-5x lipatnya. Hal tersebut saya lakukan kalau lagi banyak sekali kulit bawang merah karena saya sering bikin stok bawang goreng sendiri.

Cara menyimpan pupuk anggrek tersebut jika saya buat jumlah banyak adalah saya simpan dikulkas, kualitasnya terjaga baik berbulan-bulan. Saya pernah simpan di suhu ruang (botol tertutup) dalam beberapa hari timbul jamur (putih) di permukaan pupuk nya.

Baca juga: Air Cucian Beras Bagus Sebagai Pupuk Tanaman Begini Mengolahnya Agar Tidak Bau

Silakan dicoba pupuk anggrek alami dari kulit bawang merah ini dan lihat hasilnya setelah 2-3 minggu pemberian.

Video Hasil Penggunaan Pupuk Anggrek Alami dari Kulit Bawang Merah

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Manfaat Kulit Bawang Merah untuk Anggrek dan Cara Mengolahnya Sebagai Pupuk semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa jika sedang cari pupuk alami anggrek.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: