Air Cucian Beras Bagus Sebagai Pupuk Tanaman Begini Mengolahnya Agar Tidak Bau

Air Cucian Beras Bagus Sebagai Pupuk Tanaman Begini Mengolahnya Agar Tidak Bau. Air leri atau air cucian beras dapat menyuburkan tanaman, nah kerap kali pecinta tanaman enggan menggunakannya jika ai leri sudah berbau, ada yang di komplain tentangga atau dikomplen pasangan atau anak kita bilang: “ .. mama apaan sih tuh?? Bauu banget!“.. iiih jijik kata anakku yang umur 5 tahun haha ..

Air Cucian Beras Bagus Sebagai Pupuk Tanaman Begini Mengolahnya Agar Tidak Bau

Padahal manfaat air cucian beras untuk tanaman tidak diragukan lagi bisa menyuburkan anggrek, tanaman buah dalam pot, pokoknya buat semua tanaman bagus sekali air bekas cucian beras ini.

Tulisan Terkini

 

Kandungan dan Manfaat Air Cucian Beras:

Kandungan air cucian beras, disebut leri, memiliki nutrisi yang berpengaruh positif pada pertumbuhan tanaman, oleh sebab itu, air leri biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan kompos, cara buat pupuk hayati, pupuk organik cair, maupun cara buat Mol.

Kenapa air cucian beras (leri) bisa menyuburkan tanaman?. Kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari. Sayangnya sebagian besar nutrisi pada kulit ari telah hilang selama proses penggilingan dan penyosohan beras. Sekitar 80% vitamin B1, 70% vitamin B3 , 90% vitamin B6, 50%mangan (Mn), 50% fosfor (P), 60% zat besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial hilang dalam proses membuat beras lebih “indah” untuk dimakan.

 

Misalkan fosfor (P), salah satu unsur utama yang dibutuhkan tanaman dan selalu ada dalam pupuk majemuk tanaman semisal NPK. Fosfor berperan dalam memacu pertumbuhan akar dan pembentukan sistem perakaran yang baik dari benih dan tanaman muda.

Nutrisi lainnya dalam air leri adalah zat besi yang penting bagi pembentukan hijau daun (klorofil) juga berperan penting dalam pembentukan karbohidrat, lemak dan protein. Selain itu kulit ari juga mengandung vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi.

Vitamin sangat berperan dalam proses pembentukan hormon dan berfungsi sebagai koenzim (komponen non-protein untuk mengaktifkan enzim).

Hal penting nih yang perlu di ketahui perawat anggrek pemula, yang mengatakan anggrek jadi mati setelah disiram air cucian beras atau pupuk organik lainnya. Bukan air cucian beras yang membuat anggrek busuk atau mati, melainkan karena penyiraman berlebihan yang membuat anggrek berakhir mati.

 

Perlu diingat ya kalau anggrek suka disiram jika medianya sudah hampir kering. Anggrek berasal dari hutan yang hanya mendapat air saat hujan, jika kamu menyiramnya terlalu banyak dan media anggreknya masih basah kamu siram, maka anggrek nya akan busuk.

Baca juga:Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Cara menggunakan air cucian beras (ACB) untuk anggrek :

  • Gunakan acb yang segar, begitu selesai cuci beras, segera disiramkan ke tanaman anggrek itu air lerinya. Siramkan langsung ke medianya ya, kalau kena daun anggrek akan menimbulkan bercak putih.
  • Gunakan air cucian beras bermalam. Acb bermalam karena sudah terjadi fermentasi makanya jadi bau, namun acb bermalam tersebut tidak masalah diberikan ke anggrek, malah bagus loh acb yang telah terfermentasi tesebut menghasilkan bakteri baik yang berguna untuk tanaman (anggrek).
  • Cara yang saya lakukan supaya air cucian beras tidak bau adalah dengan mencampurkannya dengan rebusan kulit bawang merah atau dicampur 1 siung bawang merah (yang telah dihaluskan), saring dan siramkan ke anggrek.
  • Cara lain adalah masukkan kulit bawang merah dan bawang putih ke dalam air cucian beras, biarkan semalaman. Keesokannya harinya disaring dan disiramkan poc tersebut ke anggrek (media nya).

 

Video Agar Tidak Bau Begini Ngolah Air Cucian Beras untuk Pupuk Tanaman

Di bagian atas tadi saya katakan kalau acb yang telah terfermentasi menghasilkan bakteri baik, nah hasil penelitian yang dilakukan Yayu Siti Nurhasanah mahasiswa IPB. Mengungkapkan bahwa air cucian beras merupakan media alternatif pembawa bakteri Pseudomonas fluorescens.

Bakteri tersebut adalah mikroba yang berperan dalam pengendalian patogen penyebab penyakit karat dan memicu pertumbuhan tanaman. Jadi jangan ragu ya menggunakan memberikan air cucian beras untuk menyiram tanaman anggrek dan tanaman lainnya.

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Air Cucian Beras Bagus Sebagai Pupuk Tanaman Begini Mengolahnya Agar Tidak Bau semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa mengenai manfaat air cucian beras untuk pupuk tanaman.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Sumber bacaan:

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: