May 28, 2020

Bunga Peony yang Mempesona

Biji/bibit Bunga Peony

Buah Peony, didalam cangkangnya adalah bijinya yang warnanya hitam
Buah Peony, didalam cangkangnya adalah bijinya yang warnanya hitam

 

yang hitam seperti tai Kambing itu semua biji bunga Peony yang sudah berjatuhan. Saya coba ambil beberapa ternyata kalau yang jatuh sudah kopong alias bolong
yang hitam seperti tai Kambing itu semua biji bunga Peony yang sudah berjatuhan. Saya coba ambil beberapa ternyata kalau yang jatuh sudah kopong alias bolong

 

Biji Bunga Peony. Jenis yang ini ukuran bijinya kecil tapi bunganya besarrr.
Biji Bunga Peony. Jenis yang ini ukuran bijinya kecil tapi bunganya besarrr.

 

Kalau kamu tertarik mencoba menumbuhkan bunga peony dari biji bisa cari informasi di internet bagaimana menumbuhkan biji bunga Peony, gunakan kata kunci “peony seed germination”.

Pada postingan berikutnya, saya akan berbagi pengalamannya Gita sobat berkebunku, dimana dia mencoba menumbuhkan biji bunga Peony 😉 .

2 tahun lalu saya beli umbi peony, eh mungkin lebih tepat disebut root. Saya tanam di pot sedang. Awalnya numbuh dan sempat ada daun-daunnya, ternyata layu dan mati 😥 . Lalu saya diamkan saja tanamannya, tidak diurus lagi, diacuhkan. Ketika musim gugur, rootnya saya pindahkan ke pot yang sangat besar, rootnya masih keras dan bagus.

Senangnya hatiku, ternyata tumbuh. Saya tidak berharap akan berbunga tahun ini, mungkin tahun depan ketika tanamannya makin lebat 🙂 .

Akhirnya Peony ku numbuh juga. Tidak berharap berbunga tahun ini karena masih kecil. No. 3 Foto pada 18 April 2014
Akhirnya Peony ku numbuh juga. Tidak berharap berbunga tahun ini karena masih kecil. No. 3 Foto pada 18 April 2014

Video Bunga Peony

 
Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Peony

 

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

54 thoughts on “Bunga Peony yang Mempesona

  1. pagi mbak, tanya2 nih..kalo mau tanam peoni di daerah kering,bisa? oh ya mbk…disana ada tanaman lithops ngg? itu tuh, yg kayak batu… 🙂

  2. Wowwww hamparan bunga peonynya luas banget dengan aneka warna. Malah sudah berbuah ya Jeng Nella. Mimpiii dulu ah supaya suatu saat bisa menikmati pesona peony seluas itu.
    Salam hangat

    1. Taman2 disini ada team petugas khususnya yg merawat. Mobilnya datang entah seminggu sekali atau bbrp kali dlm seminggu untuk menyiram taman dan merapikan tanaman2 makanya asri ya 😉 .

  3. Aku selalu suka liat bunga Peony, Mbak Nel! Tapi nggak pernah liat disini aslinya krn mahaaaalll dan jarang banget! Makin penasaran pas dibilang harum. Soalnya parfum Peony nya Sephora enak banget tuh wanginya. 🙂

  4. bagus banget bunganya mbak Nella 🙂

    (url: whysooserious.wordpress.com dihapus karena tidak aktif lagi whysooserious.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update admin 04.03.2018).

  5. Bunga peony cantik-cantik dan besar, kelopaknya bertumpuk,
    mana ada yang wangi lagi.
    tapi bijinya hitam dan kecil ya, perubahan yang menakjubkan.

  6. aaaaa cantiknya. bagi bijinya mbak nella 😀
    mba numbuhin bunga peonny susah ga sih? kemaren sharring ama haekal, katanya penanaman peonny ribet, ga boleh di ganggu gugat tanamannya kalau udah di tanam, ga boleh gini gitu, harus di tanam ada yang jenis penanaman 7 cm ada yg berapa cm, sy lupa. 😀
    waaa mba pengen banget deh. taun depan deh waiting list untuk root peonnynya 😀

    1. Iyaaa Chit ntar ku kasih kamu yaa.. Namamu sdh dekat untuk pengiriman pesananmu 😉 .
      Aku sudah siapkan postingan khusus menumbuhkan biji Peony (share dari sobat berkebun juga).

        1. Peony bebrunganya antara akhir musim semi hingga awal musim panas. Klo benar-benar pas musim panas daunnya yg lebat. Aku bingung bunga musim apa krn mekarnya diantara 2 musim 😀 .

      1. waaa thank you ya mba. 😀 penasaran banget sama bunga peonny. ^^
        penasaran juga sama numbuhinnya dari biji. 😀
        kemaren pernah beli di onliine shop indonesia, saya di kibulin. sebel deh mba, dia bilang itu bunga peonny, taunya bukan. bijinya kecil kecil gitu. Kayak biji peppermint.
        kapok belanja di sana mba, 😀
        semoga biji peonny dari mba nella bisa numbuh. ^
        ^

  7. Suka bunga ini….Sekilas mirip mawar (kalo dari jauh). Pernah lihat di Kebun Raya Cibodas. Disana sih bagus tumbuhnya. Mungkin di Indonesia cocoknya di dataran tinggi seperti itu kali ya…

  8. Hei..apa khabar Mbak Nela? Mudah-mudahan sehat ya Mbak..
    indah banget ya Mbak bunga peoninya…bunganya juga besar ukurannya jadi sangat outstanding…sayang nggak ada di Inodenesia..

  9. Wah mantep tu kalau dia dari asia berarti bisa tumbuh di indo yang panasnya sampai ke ubun ubun 😉

    ( selamat hari paskah ya nel buat kamu dan keluarga <3 )

    1. Disini juga kalau musim panas juga bisa sampai 40 derajat Ri, Peony tahan aja sih. Cuma bunganya tuh keluar dimusim semi atau awal musim panas. Pas summer daunnya yg lebatt 😀 .
      Thanks ya Ria, selamat Paskah juga 🙂 .

  10. bagus ya peony… disini jarang lho ada yang jual peony. padahal kalo ke seattle ama canada tuh banyaaak banget yang jual peony…

  11. Bunganya gede,bagus banget,,cakep tuh klo dtanam di taman dpan rumah.belum pernah liat bunga itu di indo.bunga peony bisa dtanam di indo ya?mbk nell ga jual umbinya?mau ikutan pesan doong…

    1. Ada ko di Indonesia, cuma masih jarang. Tanaman tsb tahan matahari.
      Sudah ga ada umbinya sis. Waktu itu ada 4 umbi (hanya 1 toko yg jual, toko lain harganya gila2an), saya lepas ke yg nanyain dari thn lalu.

      1. Gitu y mb,y udahlah gpp,tp klo lain waktu mb nell ad umbi peony sy jg mau…klo skrg y sy nunggu pesanan sy yg atas nama luchi terkirim semua dulu mb,,thanks ya..

  12. Wawwww…..akhirnya Peonynya nongol….aduh…aduh…gede banget bunganya…sebelumnya cuma tau peony dari foto dan lukisan cina klasik, tp gak pernah tau kalo bunganya juga wangi… 😀
    Kira2 wangi mana Peony sama Mawar sis? (Mau nyoba ngira-ngira nih)

    1. Bunganya bisa besar karena sudah ditanam bertahun-tahun 😀 . Aku juga nanam peony tp belum berbunga, klo kubaca dari Internet thn ketiga baru keluar bunganya.
      Peony dan warna miriplah ada yg wangi ada juga yg tidak 😉 .

          1. Saya merayakan juga (maksudnya ikut gembira…^^), kebetulan di keluarga ada campur2 jadi lebaran, natalan, imlekan ikut semua…asyik..rame…(gak ngerti banget deh sama orang2 yg ngeributin SARA) Paskah kan seru ya, liat anak2 asyik nyari telur rebus..hahahaha…

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: