Budidaya Tomat dalam Pot

loading...

Budidaya Tomat dalam Pot. Sahabat berkebun, saya mau pamer hasil kebun kecil saya, boleh ya 😀 . Kemarin panen terong 3 biji, Ketimun 1 biji besar sekali, 1 Zucchini dan lumayan banyak Tomat Koktail yang unik bentuknya, dan beberapa biji tomat lonjong.

Hore Panen dari Kebun Sendiri dong

Hore Panen dari Kebun Sendiri dong

Berkebun itu mengasyikan loh, senang sekali kalau bibit yang kita tanam tumbuh dan bisa menghasilkan buah & bunga (panen). Berkebun tidak harus di tanah yang luas, saya berkebun memanfaatkan area balkon karena saya tinggal di lantai satu. Semua tanaman saya tanam dalam pot.

Penampakan tanamannya sebelum panen:

Terong

Ketimun

Ketimunnya sudah siap dipanen nih

Ketimunnya sudah siap dipanen nih

Zucchini

Zucchini juga Siap di Panen. Enaknya dibikin apa ya

Zucchini juga Siap di Panen. Enaknya dibikin apa ya

Tomat

Saya kasih lihat yang tomat koktail dan tomat lonjong dulu nih yang sudah panen.

Tomat koktail ini namanya Radana, sepertinya jenis hibrida karena subur sekali dan tidak ada penyakitnya. Tidak terjangkit penyakit dari tanaman tomat disebelahnya juga, hebat deh si Radana 😎 . Saya beli bibitnya dari supermarket (sekarang sudah tidak ada), 1 kemasan hanya isi 5 benih Huh pelit banget hehe. Tanam 5 benih dan satu berhasil tumbuh subur.

Tomat lonjong, benihnya dari tahun lalu. Namun tomatnya tidak sesubur Radana. Si lonjong hanya menghasilkan beberapa tomat. Eh belakang ini sejak cuaca jadi adem, tanaman-tanaman jadi makin subur loh.

*****

berikut ini saya ingin share pengalaman saya dalam menanam tomat. Selain berdasarkan pengalaman sendiri ..

 

untuk ke halaman berikutnya klik ⇒ Next/Lanjut

Advertisements

107 thoughts on “Budidaya Tomat dalam Pot

  1. Saya berencana membuat sepetak rumah kaca utk budidaya hibrida / hidroponik,
    Jika saya tanam tomat, suhu yang cocok berapa ya !

  2. Dulu pernah iseng tanam tomat dipekarangan, sudah besar batangnya, tapi tidak sampai berbuah. mati karena ada warna putih2 didaunnya. itu kira2 kenapa ya mbak ?

  3. Mba Nellaaaaa…..
    Kangen euy udah lama ga blogwalking.Aku juga belum sempet posting apa2an padahal bahan udah numpuk.Itu tomatnya mantap2 bgt.Tanamanku masih belum jadi apa2 karena setelah kejadian dimakanin ayam,kemaren dirusak tikus 🙁 Ini baru semingguan pad disemai.Aku nanem bunga matahari,daisy dan poppy.Utk tanaman sayur dkk,aku tanam cabe (macem2 jenis),baby cucumber,terong,daun mint,kemangi,tomat (macem2 jenis).
    Semoga kloter ke-3 ini baik2 aja ya.Ntar aku update di postingan aaah.
    *Ngiler banget liat tomatnya…maaoooooooo*

  4. Naksir tomat yang berbentuk ‘buah pier’ nya Jeng Nella, lucu menarik. Untuk ajir penyangga tanaman menggunakan apa Jeng, kalau di lahan kita kan cukup bambu dan ditali. Salam

  5. Aaiiihhhhh seru sekali. Gambar tomatnya yg paling atas seger2 banget mba. Apalagi itu mie gorengnya kok uenak yooo. Nyam nyam

    Aku suka banget konsumsi tomat cherry buat campuran smoothies. Plus klo lagi iseng suka aku jadiin camouran sambal juga sie mba 🙂

  6. Mba, kalau kultur jaringan untuk sayuran pernah nyoba ngga? saya kepingin mencoba ngembangin cuma belum tau pengetahuannya..

    url ascomycotina.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 20.01.2017

  7. Wah… Aku baru lihat tomat retak. Aku nggak punya kebun mbak, maklum anak beton. Dulu pas di Malang, di rumah banyak tomat dari hasil biji yang dibuang serampangan di halaman. Hebatnya tanah negeri ini, buang biji langsung jadi.

      • Nah itu dia, aku punya pohonnya tapi gak tahu buat masak apa 🙁 Biasanya sih aku bagi-bagikan ke teman-teman aja, Mbak. Katanya sih kalau bikin garang asem pakai belimbing sayur ini.

          • ikut nimbrung walau terlambat, karena kebetulan lg pengen berkebun tomat juga..
            salam kenal para senior…
            betul mbak belimbing sayur buat pengganti asam, bisa dimasak sayur asem, asem-asem daging, garang asem, seger rasanya. lebih seger lagi ditambah sambel atau masukin aja cabe merah ato cabe rawit di sayurnya. 🙂

  8. Ngiler memandangi tomat-toma koktail dan lonjong itu, Mbak Nella..Subur sekali ya tanaman mu, sekalipun berkebunnya cuma di teras. Pasti yang merawat telaten )

  9. Tomat itu favorit saya Mbak…
    Jua tomat di siang hari membuat saya lbh segar, sedang tomat cherry enak sekali dibuat campuran salad….

    Senang sekali bisa memiliki kebun seperti Mbak, hasilnya bisa dinikmati dan juga menandakan Mbak orang yang telaten.

  10. mba nella kenapa ya Zucchini sy daunnya byk kutu2 hijau gt dan daun hijau tp disentuh kek krupuk n hancur gt…itu penyakit ya mba nella?? padahal tanamannya da gede bgt lo… 🙁

    • Kutunya semprot dengan air sabun. Klo ga mempan haluskan bawang putih trus rendam dan saring. Semprot deh ke kutunya. 1 mawarku juga lagi kena kutu nih 😥 . Waduhh klo daunnya ga tau aku, klo kepanasan pasti jadi coklat kan.

      • wah gt ya…bole coba nih…lagsung d nanti semprot…
        karena uda besar bgt jadi sayang kalau sempet matehok…
        awalnya subur bgt eh rupanya kena kutu daun dan byk semut kerubungi kutunya…stresss d gue…. 🙁
        thanks mba nella atas infonya….

  11. Itu foto mie goreng ya mbak? Menggoda sekali hihihi.
    Aku orangnya ga terlalu suka berkebun, tapi aku suka liat-liat kebun orang hihi. Tomatnya mba Nella seger-seger yaaa.. Trus itu timunnya gede juga ya mbaaa 😀

  12. Kami cuma punya jeruk purut (yg daunnya rajin diminta tetangga yg tukang bikin kue nastar sama tukang jamu yg lewat) dan cabe rawit , Nel. Ih Nel aku napsir semuanya, kecuali zuccini karena aku nggak tau juga resep masakan apa yang pake itu. Bahkan MPASI anakku yg biasanya jadi bahan percobaan aneh aja aku nggak pernah nemu resepnya. Aku lagi suka-sukanya makan tomat buat campuran salad, aduuh itu kayaknya cekris banget deh. Di sini kalo organik mihil banget, Nel. Tapi emang beda rasanya sama tomat biasa, ini manis gituh.

  13. Tomatnya kayak strawberry ya nel.
    Saya punya kebun nel, sdh psnen cabe, daun seledri, daun bawang, pohpohan, buncis dan kacang panjang menggunakan pupuk kotoran kambing saya sendiri.
    Oh ya, saya punya kambing 3 biang, 1 bandot. Dua biang baru saja melahirkan minggu lalu, yang satu anaknya kembar.
    Jadi saya sudah punya 7 ekor kambing. Seruuuu… nel
    Klo di pekarangan rumah ssya tambah cabe dan psre, tapi msh kecil2. Ada banyak pohon pepaya, daunnya untuk sayuran…… 🙂

  14. bentuk tomatnya lucu ya Kak Nel.. Rasanya sama gak kak?
    danaku baru tahu ternyata kalau tomat panen sebanyak itu yaaa..

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

  15. Jadi inget pelajaran pas SD dulu, ada yg namanya tambulapot. Tanaman buah dalam pot, hehe….

    Di belakang rumah saya ada kebun salak, tapi belum berbuah lagi…. Belum musimnya sih….

  16. ternyata perlu ketelatenan supaya tomat mulus ya. selama ini lihat hasil jadinya kok mulus n menggiurkan gitu.. jadi taken for granted gitu deh, hihihi

  17. segerr bangett kakk.. jadi pen bikin jus nya.. baru kli ini liat terong hitam kak.. Mantap deh kak hobinya bikin mata py selaluu berasa lebih segar walau lewat foto doang.

  18. Mba Nella ini rajin banget bertanam ya. Dari berbagai bunga sampe tomat. Salut banget mba, pantas ditiru juga bertanam di pot secara rumah saya tidak punya halaman yg luas dan bertanah.
    Itu mba, terong sama mie goreng ya? Ngiler lihat ya…

    Salam,

  19. Hmmm,,,,
    unik betul bentuk buah tomat & terung nx.:)
    oya mba’ low rasa buah nx, sm ga dgn tomat n terong yg biasa dijual dipasaran?
    Trus btuh wkt brp lama dr menanam smpai bs panen?
    Soal nx saya blm prnh menanam buah tomat.
    Hehehe…

    • Tomat yg kecil-kecil tdk seasam yg dipasaran. Tomat saya semai bibitnya ketika masih winter pada bulan Feb. Klo tgu sampai summer kuatir pas mau panen malah sdh winter 😆 . Jadi sejak februari hingga pertengahan april taruh dirumah, akhir april dikeluarkan. Klo summer cepat sekali pertumbuhannya pak 😉 .

    • Di sosial media aku join bbrp grup berkebun 😀 teman-teman yg suka tanaman juga sering email2an dg aku, trus rajin browsing juga termasuk beli buku berkebun klo pas diskon 😆 .

  20. luar biasa Ibu yang satu ini… pecinta tanaman sejati

    url angkringankusir.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  21. wah kalau teman aku nel Zucchini biasanya dia diletakkan di atas atau bawah daging atau ayam trus di panggang, tp aku blm pernah coba tp dia sering buanget kasih Zucchini di setiap masakanya.

Comments are closed.