June 4, 2020

Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH

Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH. Saya ingin berbagi pengalaman mengenai email menyesatkan yang saya terima minggu lalu. Siapa tahu berguna bagi kamu yang tinggal di Jerman 😉 .

Seperti biasa pagi hari saya cek email. Saya kaget dengan satu email katanya saya ada tagihan yang belum dibayar sejumlah 93,54 Euro (kalau dirupiahkan sekitar Rp.1,4 juta). Tanggal jatuh temponya 8 hari kedepan. Kalau saya tidak segera melunasi, kasus akan dibawah ke pengadilan dan akan ada biaya tambahan untuk sidangnya.

Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH. Email Virus Trojan
Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH

Gila serem banget masah email pertama peringatan penagihan langsung seperti itu?. Saya pernah sekali dapat email peringatan penagihan (mahnung email) 3 tahun lalu katanya saya belum melunasi tagihan 2 euro saudra-saudara Rp.30.000 haha najong banget kan 30rebuuu hahaha dapat surat peringatan! 😆 .

Dapat email peringatan dari jasa cetak foto online, kan dapat kupon cetak 100 lembar gratis jadi hanya bayar ongkir saja. Nah saya salah menulis nomer tagihan saya, kurang 2 angka ditengah. Untung servis fotonya terima penjelasan saya, toh saya juga kirim scan bukti pembayaran yang saya lakukan.

Balik cerita ke email aneh nih ya. Saya memang sering sekali pesan macam-macam barang termasuk bibit/tanaman secara online, namun saya yakin seingatku tidak ada pesan online apapun yang baru belakangan ini. Kalau pesan online begitu barang datang saya bayar melaui bank transfer atau kadang langsung bayar dengan paypal suami.

Beneran saya sempat bengong terpaku beberapa detik sambil berpikir keras „memang saya pesan apaan ya?“. Isi emailnya serius sekali, ya bagaimana tidak serius kalau itu email dikirim dari kantor pengacara.

Saya punya 6 alamat email (banyak yaa? Haha). Email aneh ini saya terima di email pribadi saya yang memang khusus buat pribadi. Kalau email lain ada buat blog, ada email buat daftar berbagai newsletter dll kalau ada yang aneh masuk ya saya tidak kaget karena memang dikasih lihat ke publik.

Kotak spam saya aktif dan saya sangat amat jarang cek, kadang iseng cek isinya ratusan. Nah email aneh ini masuk ke inbox makanya nambah shock kan.

Nama pengacara yang kirim email David Wanner katanya dia diserahi tugas dari perusahaan Directpay24 GmbH untuk melakukan penagihan.

Informasi detail mengenai tagihan seperti no rek. Bank untuk transfer dan lainnya tertulis bisa dicek di lampiran email (file dalam bentuk zip). Nah untung kadar shock saya sudah sedikit mereda jadi sebelum saya membuka lampiran email, saya memutuskan untuk google dulu mengenai email ini.

Pertama saya email nama perusahaannya dengan kata kunci Directpay24 GmbH. Taraaa keluar banyak sekali informasi dalam Bahasa Jerman. Kasusnya ada dari tahun lalu tapi dihalaman pertama google banyak berita baru sejak bulan agustus 2017.  Untung belum buka attachment/lampiran emailnya. Ternyata isi filenya adalah Virus Trojan! 😯 .

 

  • Pembaca budiman hati-hati ya kalau kamu terima email dari orang tidak dikenal, eh bahkan dari yang kita kenal juga perlu waspada sih kalau misal terima email ada attachment/lampiran. Beberapa kali saya terima email dari teman yang emailnya dihack, jadi ada orang lain yang nulis berita seolah ybs adalah teman/orang yang kita kenal.
  • Biasanya orang yang kita kenal kalau mengirim lampiran misalnya foto ya bentuk .jpg atau word contohnya lainnya dan tidak dalam bentuk file .zip .com / .exe /.pif / .ico / .scr kalau lampirannya beberapa bentuk terakhir tersebut perlu curiga dan jangan dibuka ya.
  • Email palsu ada lampirannya begitu biasanya isinya adalah virus atau Phishing-Mail (mengambil data tertentu, misal kata kunci email kita).
  • Email yang meminta/mempengaruhi kita untuk mengklik link tertentu perlu diwaspadai. Biasanya kalau tidak dari komputer kita tidak bisa melihat alamat email si pengiriman jadi hanya nama tertera. Misal mengatasnamakan perush/bank terkenal, nah saya pernah dapat email penipuan mengatasnamakan bank tertentu, amazon palsu, paypal palsu juga pernah, kalau dari komputer baru ketahuan palsu pengirimnya.
  • Di Jerman kalau kamu dapat surat tagihan atau email peringatan lain (mahnung email) selalu dikirim juga versi cetaknya ke alamat rumah kita. Jadi kalau hanya terima versi online patut curiga.
  • Kalau sudah terlanjur buka lampiran atau klik link didalam emailnya secepat mungkin ganti kata kunci emailmu.
  • Pasang antivirus di komputermu untuk mencegah virus dan perbaharui secara berkala.

 

Bagaimana kalau ternyata sudah klik lampirannya?.

Biasanya .zip file ada proses tertentu membukanya dengan program tertentu, kalau kamu belum punya programnya misal winrar ya tidak perlu kuatir berarti komputer atau perangkat elektronikmu belum tertular virus. Tapi kalau sudah terdownload sampai 99% ya harus dihapus virusnya. Langkah pertama amankan dulu data-data penting di komputer, ganti kata sandi email, bank online dan social media.

Silakan cari cara hapus virusnya di google dengan kata kunci antara lain: cara menghapus virus trojan, cara menghapus virus trojan di hp android, cara menghapus virus trojan secara cepat, menghapus virus trojan di pc, cara menghapus virus trojan secara manual, cara menghapus virus trojan di laptop windows 10 dll.

Saat menulis artikel ini saya tersipu sendiri teringat 4 tahun lalu, ketika suami pulang kerja dimalam hari langsung saya lapor kalau saya dapat surat peringatan denda dari polisi yang terpampang dikomputer kita! Haha gokil abis diriku kala itu 😆 . Ceritanya silakan baca Aturan Internetan di Jerman .

 

Sumber bacaan:
Rechnung vom Anwalt verunsichert Internetnutzer
Windows-PC abhärten Schadsoftware erkennen und entfernen
Hilfesuchenden trojaner-board
Phishing-radar

 

Baca juga:
Catatan Tinggal di Jerman
Postingan lain Kategori Frauds/penipuan

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

10 thoughts on “Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH

  1. Waduuh untung blm diklik ya mba :D. Kalo soal2 email yg tidak dikenal begini, dr kantorku kyknya udah tiap minggu diingetin ,krn memang ancamannya virus. Makanya utk email pribadikupun, aku slalu hati2 jadinya. Kalo pengirimnya ga kukenal, pasti lgs aku masukin spam 😀

  2. Di spam emailku yang aktif juga ada beberapa dari direct pay ini mbak, tapi dah tak hapus langsung. Nggak baca isinya. Soalnya emailku kayaknya dah dijual *menurutku, dulu aku pernah disuruh ikutan link baby apa gitu dari temanku yang kalau kamu daftar bakal dapat hadiah kecil-kecil buat Wilkommen Baby nya. Nah dari situ tuh aku kasih email langsung deh spam suka ada iklan lotto atau kredit.

    1. Hai Elly, emailku yg lain banyak bangett terima email iklan2 Jerman, untungnya sih masuk spam melulu, paling 1-2 nyasar ke inbox. Iya semacam iklan lotto atau kredit haha parah yaa. Dulu pernah aku sering dapat telp juga gara2 iklan pop up katanya aku dapat hadiah, kuladeni deh kaish info2 email dan telp. Kapok kasih no telp lagi hehe. Oh ya klo untuk klub baby aku ikutan yg DM dan Hipp klo pergantian usia misal mau ke 6 bln, 1 thn dst ada aja hadianya atau kupon diskonan belanja 😀 .

  3. Aku nggak berani mba kalau sudah ada attachment aneh-aneh…
    Serem.

    fibertime.com is no longer available. The authors have deleted this site. Check Nov. 21.2018.

  4. Kaaakkk…
    Haiiis…
    Aku pernah juga dapat email aneh-aneh gitu kak, pake id si Bos pulak. Tapi karna aku gaptek aku buka dan bingung sendiri. Tapi untung nalar cepet jalan jadi langsung minta tolong kawan dari team IT kantor ngecek ulang email dan kompi aku.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: