Akismet Forever Goodbye, Biang Keladi Komen Tidak Muncul

Akismet Forever Goodbye, Biang Keladi Komen Tidak Muncul. Sebulan belakangan ini saya merasa para teman blogerku tidak lagi mau berkomentar di tulisan-tulisanku, padahal saya rajin meninggalkan komentar ditulisan mereka. Rasanya lagi lebih rajin saya blogwalking ketimbang menerbitkan tulisan di blog saya πŸ˜› .

Perhatian tulisan ini curhat panjang lebar ..

Saya pikir β€žya sudahlah memang sudah masanya orang-orang lebih suka jadi silent reader kali yaβ€œ batinku pada diri sendiri, alias menghibur diri sendiri hehe. Toh kalau tidak ada yang mau komen berarti saya punya banyak waktu untuk mengelola beberapa saluran youtube saya dan beberapa blog lain yang sedang saya rintis πŸ˜€ .

Namun saya merasa makin aneh saat beberapa teman bloger, kalau boleh saya bilang lingkaran teman dekat ya. Saya sendiri yang merasa menjadi teman mereka, atau mereka saya anggap teman, karena kita sangat sering berkomentar di tulisan-tulisan kita.

Saya tidak pasang target lagi harus menerbitkan 2 judul artikel per minggu. Terbit per 2 minggu saja sudah syukur, malah kadang dalam sebulan hanya ada satu postingan πŸ˜€ . Jadi saat saya blogwalking (berkomentar di blog lain) belum tentu saya baru menerbitkan tulisan dengan harapan blog yang saya komentari akan mau juga memberikan komentar di tulisan saya.

Saat saya berkomentar di blog-blog teman-temanku ini ya karena memang tulisan mereka menarik buat saya komentari, bukan karena melulu mengharapkan komen balik dari mereka ko. Namun saya merasa aneh saja saya bolak balik berkomentar di tulisan mereka, tapi ko mereka tidak mau lagi berkomentar di tulisan saya?.

Tulisan saya sebelum ini yang berjudulΒ Bikin Shock Email Tagihan Directpay24 GmbH belum 24 jam sejak diterbitkan sudah dibaca lebih dari 100 kali. Saya heran dong masah yang komen 1 orang saja???. Saya cek kotak spam-pun kosong tidak ada komen dari teman-teman bloger.

Kak Mondalah yang pertama kali menanyakan mengenai komen yang tidak masuk. Kak Monda menghubungi saya melalui form kontak blog. Saya cek kotak spam sama sekali tidak ada komentar dari si kakak. Padahal katanya kakak mengirimkan 3 komentar.

Ini saya masih rajin komen sana sini tanpa mikir kalau blog saya mungkin bermasalah. Selang beberapa waktu Arman yang komen di dua tulisan saya, katanya komennya hilang/tidak muncul. Lah saya cek kotak spam tidak ada ko. Komen sebelumnya yang tidak muncul ditulis dari HP, lalu komen yang muncul ini dari laptop.

Komen kak Monda masuk, nulis β€žtesβ€œ dulu. Iyalah komen tes dulu ya karena kesal dong kalau sudah nulis panjang ternyata komennya tidak muncul.

Saat saya berkomentar di blog lain, 2-3 bulan belakangan ini sangat sering komen saya tidak muncul. Jadi bisa saya dua kali atau tiga kali komen yang sama namun pakai id yang berbeda. Misalnya dengan id wp tidak masuk, saya coba id twitter lalu ada pula dengan id Google plus.

Video Caraku Menghindari Komentar Blog Tidak Muncul

 

Baca juga: Komen Masuk Spam Melulu Pengen Rehat BW Aja Kali yaaΒ 

Ada beberapa bloger baru yang follow blog saya, lalu saya follow balik dan saya berkomentar ditulisan mereka, ternyata komentar saya tidak masuk. Duuhh kalau baru ngeblog apa mereka pernah cek kotak spam ya?. Ya sudahlah saya pasrah πŸ™ .

Jadi masalah saya ada dua: saat saya berkomentar di blog lain, komen saya masuk spam dan ternyata komentar teman-teman bloger di tulisan saya juga tidak muncul. Lah ini jadi biang keladinya siapa, dan bagaimana menyelesaikannya? ..

Jadilah saya mulai ngerem berkomentar di blog lain. Saya mau cari penyelesaiannya!. Saya google dengan Bahasa Indonesia, tidak ada satupun artikel yang membahas/mempunyai masalah seperti saya. Yang banyak saya temukan adalah mengenai komen diblog lain yang sering masuk kotak spam.

Saya berganti mencari artikel dalam Bahasa Inggris. Akhirnya ketemu satu tulisan yang punya masalah yang persis seperti saya!. Blog self hosted ini kalau komen diblog lain selalu tidak muncul karena dianggap komen spam, dan komen-komen di blog dia juga tidak muncul.

Kalau tidak ketemu tulisan ini Β die akismet die mungkin masalah saya tidak akan pernah selesai.

Ternyata biang keladinya adalah plugin antispam Akismet!. Saya ditandai sebagai spammer sama Akismet dan hampir seluruh komen saya diblog lain dituduh sebagai komen spam!. Setelah tahu biang keladinya, saya hapus plugin Akismet dan mencari alternatif antispam lain.

Setelah membaca beberapa artikel saya putuskan mencoba pakai antispam WP-SpamShield. Dengan plugin ini kalau mau komen paling penting hanya tulis nama dan alamat email saja. Ada pula kolom url untuk menuliskan alamat blog bagi yang mempunyai blog.

Akismet Forever Goodbye, Biang Keladi Komen Tidak Muncul

Data Spam yang diblock Akismet akurasinya 99% tinggi banget ya. Padahal saya sudah pilih mau lihat komennya dulu di kotak spam tapi kebanyakan langsung digiring Akismet ke tempat mereka. Saya curiga yang Sept 2017 banyak komen yang bukan spam masuk data tersebut, saya tidak bisa lihat komennya kalau tidak masuk ke kotak spam dulu

Setelah membaca tulisan Ana di link yang atas, saya baru tahu keburukan plugin Akismet. Plugin tersebut menggunakan server dari pihak ketiga. Kalau kita berkomentar di web/blog yang pakai antispam ini maka data-data kita akan disimpan dan dikirim ke server pihak ketiga tersebut. Mulai nama, ip adress kita, email dll.

Mungkin bagi yang tidak peduli dengan keamanan data pribadi kita masah bodoh aja ya, namun saya jadi berpikir ulang. SudaH miriplah dengan orang Jerman yang hati-hati banget mengenai kerahasian data pribadi yang bisa diperjual belikan. Suamiku dia tidak mau pakai google karena dia bilang mesin pencari tersebut menyimpan cookies. Tidak juga pakai email yahoo karena katanya biodata kita dimata-matai Amerika haha, sudah seperti orang penting saja dia ya haha.

Pernah dengar tidak haters atau oknum yang komen tidak baik di sosial media tahu-tahu diciduk polisi?. Terbaru saya tahu sih kasus mahasiwa yang menghina ibu negara saat ini. Nah itu ketahuan dari ip address nya dia.

Saya pernah dapat komen tidak enak di blog saya mengenai bule, bukan langsung komen ke saya sih, namun komen ke komentator lain. Saya penasaran sama orang (cowo) yang ngomong kotor ini, lalu saya cek keberadaannya melalui ip address dia. Di dasbor blog bagian komen ada tuh ip address setiap yang komen.

Saya google dan ketemu alamat rumah dan no telp dia. Kalau saya intel dan orang ini komen sama orang penting kan gampang diciduknya haha. Tidak semua orang tahu cara menyembunyikan ip adress.Β  Makanya kalau komen harus bisa mempertanggungjawabkan komentar kalian juga.

Sorry ya ini tulisan jadi ngalur ngidul kemana-mana haha ..

Back to the topic ..

Saya tidak setiap hari cek notif blog. Saya kumpulin dulu sampai banyak. Tahu kan ya, notif di bagian kanan atas blog tuh. Kalau kita komen di blog lain jawaban pemilik blog bisa kita lihat dibagian notif ini.

Ternyata banyak bloger yang bilang komen mereka tidak muncul di tulisan saya. Saya absen nih ya:

Kak Monda di Indonesia
Mayang di Indonesia
Arman di LA

Shiq di Indonesia
Lulu di Jerman
Inly di NZ
Anna di Jerman

Saya kasih link blog mereka kali aja belum kenal silakan kenalan, semoga saya tidak ditandai spam lagi masukkin beberapa link begitu haha.

Saya bikin video khusus kalau mereka pada tulis komen di postingan saya tapi tidak muncul, tadinya saya mau kasih sebagai bukti ke team Akismet, tapi tidak jadi deh, saya sudah males sama Akismetnya.

Video Cara Mengatasi Komen Ditandai Spam Oleh Akismet

OMG saya pikir mereka tidak sudi lagi komen di blog saya. Ada beberapa bloger yang saya tahu persis kalau mereka menerbitkan tulisan baru pasti mampir komen ke blogku, karena biasanya saya pasti deh komen balik di blog mereka. Makanya saya merasa aneh banget pasti ada yang tidak beres, masa iya mereka tidak mau lagi komen di postinganku, tadinya saya mikir begitu loh! Haha sorry ya saya sudah mikir yang jelek aja hehe.

Shiq menyarankan saya menghubungi Team antispam Akismet nya di https://akismet.com/contact . Saya langsung ingat akhir tahun lalu pernah juga menghubungi team Akismet ini, namun saat itu saya masih di wp.com dan sekarang saya sudah di blog self hosted.

Beberapa hari saya email-emailan dengan beberapa orang Happiness Engineer, saya sudah dua kali mengisi form Akismetnya. Team Akismet mengatakan id atau nama saya tidak ditandai sebagai spam, harusnya tidak ada masalah kata mereka, termasuk saat saya disuruh tes komen di web/blog mereka, ternyata komen saya kena moderasi.

Karena pas saya tes komen kena moderasi jadi Team Akismet mengira saat saya komen diblog lain itu kena moderasi bukan masuk spam. Saya tahu ko bedanya komen dimoderasi dengan yang komen masuk spam, sudah 8 tahun ngeblog saya kan haha.

Karena team Akismetnya menyatakan tidak ada masalah dengan id saya, dan nama saya tidak ditandai sebagai spam, mereka hopeless atau ya mau bagaimana lagi sih? πŸ˜› .

Namun kenyataannya saya punya masalah besar kan.. gemes jadinya!. Tidak mungkinlah Akismetnya menyuruh β€œya sudah ganti antispam lain deh, ribet amat sih lu!” πŸ˜› . Setelah tahu biang keladinya, saya hapus plugin Akismet dan mencari alternatif antispam lain, kalau kamu punya masalah yang sama seperti saya kamu bisa gunakan antispam yang lain seperti yang saya gunakan misalnya WP-SpamShield lalu ganti lagi sih menjadi saat ini AntiSpam Bee πŸ˜€ .

 

Plugin Antispam alternatif selain Akismet antara lain:

Antispam Bee

WP-SpamShield

CommentLuv

GASP

 

Ganti antispam/plugin begini hanya bisa dilakukan untuk blog self hosted ya.

Video Akismet Forever Goodbye (email-emailan dengan Team Akismet)

Untuk antispam adalah sekaligus plugin untuk komentar ya.

Bedanya Antispam Akismet bawaan WordPress dengan Antispam alternatif apa sih?.

  • yang utama kalau mau komentar harus mengisi tulis nama dan alamat email (sama ko dengan Akismet), lalu ada kolom untuk menuliskan url web/blog yang komentar, namun url ini tidak wajib diisi kan tidak semua yang komen punya blog.
  • Saya menduga nih bedanya adalah kalau tidak pakai Akismet lagi maka komen balasan tidak muncul pemberitahuan/notifnya di wp dasbor yang pojok kanan atas blog kita tuh. Makanya tolong dong coba ya kalian komen, kalau saya balas nanti saya pengen tahu muncul di wp notif atau tidak.
  • Bisa juga kamu centang kotak kecil dibawah kolom komen, ada pilihan follow up komen via email. Jadi kalau saya balas akan ada infonya ke email kamu. Kalau misal sudah tidak butuh/ tidak mau tahu komen lainnya bisa di unsub dari email komen tersebut ko. Hal ini sama seperti kalau saya komen di blogspot, karena wp dan blogspot tidak ada kerjasama, ya saya kan penasaran jawaban pemilik blog, jadi saya centang kotak kecil dibawa komen tersebut.
  • Kalau komen Akismet dulu bisa langsung ganti mau komen pakai id WP, twitter, FB atau Gplus. Nah yang saya pakai saat ini tidak ada id social media, jadi hanya tulis nama dan email, kalau mau url blog juga.
  • Mamaku kan sering ikutan komen, nah pakai id FB melulu si mama, tidak ngeblog tidak punya email juga. Daripada si mama bingung tidak bisa komen di blog saya, maka saya tambahkan plugin komen FB (kolom komen FB adanya pas dibawah artikel). Nah tolong dong ya punya akun FB komen, saya mau tahu bagaimana kerjanya plugin baru ini.

 

Terima kasih banget ya buat ya sudah membaca sampai selesai πŸ˜‰ .


Dear all saya sudah nanya hosting saya. Please dong coba komen lagi karena saya sudah memperbaikin php komenku.Β Sepele banget loh yang saya lakukan. Nanti saya ceritain lagi ya πŸ™‚ .

 

Advertisements
Advertisements

46 Comments

  1. Dirman October 26, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 26, 2017
  2. sozan October 24, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 24, 2017
  3. just A October 17, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 18, 2017
  4. just A October 17, 2017
  5. Pypy October 16, 2017
  6. Fanny f nila October 15, 2017
  7. Yos Adya October 13, 2017
  8. Munasyaroh F. October 13, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 15, 2017
      • Munasyaroh F. October 15, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 15, 2017
      • Munasyaroh F. October 15, 2017
  9. Dewi Nielsen October 8, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 9, 2017
      • Dewi Nielsen October 10, 2017
        • Emaknya Benjamin br. Silaen October 15, 2017
  10. Fiberti October 7, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 9, 2017
  11. prih October 6, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 9, 2017
  12. arman September 29, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 1, 2017
  13. arman September 29, 2017
  14. Omar Ramlee September 29, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 1, 2017
  15. Omar Ramlee September 29, 2017
  16. shinta September 29, 2017
  17. ichsan Tirtonoto September 29, 2017
  18. monda September 29, 2017
    • monda September 29, 2017
      • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2017
  19. Berkebun Emaknya Benjamin September 29, 2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: