Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman

Benjamin dan Ayahnya – Perayaan Hari Ayah di Jerman . Bertepatan dengan hari ayah internasional yang diperingati 14 Mei ini, saya ingin menceritakan sedikit hubungan ayah dan anak, antara Benjamin dan ayahnya. Saya kalau cerita selalu bilang “babenya Benjamin”. Untuk yang penasaran mengapa saya tidak bilang suami tercinta, ayah, bapak dan bahkan tidak menyebut nama seperti dulu lagi sebelum ada Ben, jadi begini alasannya, dulu blog saya ada aplikasi (widget) untuk penterjemah. Babenya Benjamin senang baca-baca blog saya.

Nah lupa bulan apa tepatnya, penterjemahnya tidak aktif lagi. Di wordpress memang tidak dibolehkan pasang widget dengan html jadi ya hilang begitu saja tranlstornya. Suatu hari babenya Benjamin komplain karena dia tidak bisa mengerti lagi isi blog saya, ya bagaimana dong, masah gara-gara mau pasang penterjemah saya harus pindah ke blog self hosted?. Nah daripada yang diomongin salah paham kalau hanya bisa (mengerti) lihat nama dia saja, makanya lebih baik saya tidak menyebut nama langsung toh, jadi saya selalu nulis “babenya Benjamin” .

Huu saya kadang ngiri dengan blog yang bisa nulis dengan Bahasa Indonesia yang baik, namun saya juga senang kalau baca blog yang gaya bahasanya ringan, enak dibaca, ga perlu banyak mikir, gaya bahasa seperti bicara dengan teman. Jadi saya harus banyak belajar menulis dengan Bahasa Indonesia yang baik kalau nantinya ketemu widget penterjemah yang cocok dipasang di blog saya ini.

Sorry kepanjangan palagraf pembukaannya 😆 .

Ada yang tahu ga sih kalau di Indonesia hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November?. Hingga saat ini saya hanya tahu hari ibu di Indonesia diperingati 22 desember, namun banyak juga yang ikut-ikutan hari ibu internasional minggu kedua lalu kan hayoo ngaku 😀 .

Beginilah ayah jaman sekarang, disuruh jaga anak sambil main komputer. Hebat multitasking kan hehe. Benjamin usia 3 bulan

Beginilah ayah jaman sekarang, disuruh jaga anak sambil main komputer. Hebat multitasking kan hehe. Benjamin usia 3 bulan

 

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan.

Hari ayah (Vatertag) di Jerman juga merupakan hari pria (Männertag) adalah hari libur nasional, bertepatan dengan Ascension day (hari kenaikan Tuhan Yesus). Pada hari ini, sekelompok pria pergi hiking, pesta barbeque atau hanya kumpul-kumpul untuk tujuan mabuk. Mereka membawa gerobak kecil untuk membawa bir. Ada juga yang keliling-keliling naik mobil sambal nyanyi-nyanyi keras dan membunyikan klakson mobil. Di keluarga babenya Benjamin sendiri tidak ada kumpul keluarga seperti hari ibu minggu lalu.

Hiking tour on father's day, Vatertagswanderung, in Germany. Source Wikipedia

Hiking tour on father’s day, Vatertagswanderung, in Germany. Source Wikipedia

 

Belakangan hari ayah di Jerman tidak lagi menganut nilai asli yang fokusnya ke kumpul keluarga melainkan sekarang adalah hari dimana para pria ngumpul dengan sahabat-sahabatnya dan pergi ke kneipe (pub) untuk minum-minum.


Ketika Ben masih bayi kecil imut-imut hingga usia 3 bulan tidak ada hubungan ayah anak yang terlalu istimewa. Benjamin sering tidak bereaksi wah saat bersama babenya. Babenya juga ga bisa membuat Ben tertawa girang. Nah setelah lewat 3 bulan barulah ayah dan anak laki-lakinya lengket seperti perangko <3 .

Ben di gendong papa mau siap-siap kerja sudah rapih. Ben usia 2 bulan

 

Kalau saya bilang supaya babenya ngajak Ben main, tuh mainan misal ada 10 jenis bisa selesai dimainkan dalam waktu 5 menit, ga ada improvisasi sama sekali. Saya sudah ajarin begini begitu supaya 1 mainan bisa lama dimainkan, sebut warnanya, bentuknya, didekatkan ke anaknya, bikin drama singkat dll, besoknya tetap sama 5 menit sudah selesai! *cape deh 😀 .

Babenya Ben banyak sekali membantu saya untuk urusan rumah tangga, termasuk mengurusi Ben dong. Kalau ada suamiku tercinta dirumah, nah tugas dia mengganti diaper atau bajunya Ben. Dasar Ben selalu pecicilan tidak bisa diam di meja ganti. Baru ditaruh langsung tengkurap, mau pasang diaper susah, mau dikasih krem kulit sering adu gulat dulu, si bocah langsung diri dan berpengangan ke besi di tembok lalu joget-joget.

Benjamin tidur siang bareng bapaknya, Ben setelah imunisasi pertama badan Ben bukan panas melainkan jadi dingin. 22.10.2014

Benjamin tidur siang bareng bapaknya, Ben setelah imunisasi pertama badan Ben bukan panas melainkan jadi dingin. 22.10.2014

 

Menguji kesabaran banget. Karena saya sudah mengurusi Ben sejak bangun tidur pagi, terkadang saat malam sudah cape, gantian dong saya minta babenya Ben yang turun tangan. Iya dibantuin sih tapi selaluuu ya meja ganti berantakan seperti kapan pecah, baju kotor tidak ditaruh ditempatnya, asal lempar ke pojokan meja ganti, diaper bekas tergeletak di atas mesin cuci atau asal lempar ke wastafel, dikira ada babu cantik kerja 24 jam yang bisa beresin semuanya 😛 . Saya tuh inginyan supaya babenya Ben ini kerja rapih sedikit kek tanpa perlu mendelegasikan tugas dia lagi ke saya. Begitu lagi dan lagi, biarinlah saya sih ga pernah ngomel-ngomel karena dia toh sudah baik hati bantuin saya.

Nah saat babenya Ben turun tangan untuk urusan ganti mengganti, kan seringnya dia juga sudah cape pulang kerja, emosi jiwa sering dong. Saya paling dari ruangan lain nunggu kalau sudah ada kalimat Jerman yang lucu dengan nada tinggi baru saya datang sambil saya ketawa “butuh bantuan ga?” :mrgreen: .

Benjamin und sein vater. Benjamin dan ayahnya

Benjamin und sein vater. Benjamin dan ayahnya

 

3 kalimat kesal babenya kalau Ben tidak nurut :

zum kuckuck nochämol (damn it!)
zum kuckuck aberauch!
mensch bleibt locker! (take an easy, santaiiii dong)

siapa sih kuckuck disebut-sebut saat orang Jerman kesal? Der kuckuck adalah burung Kangkok (Cuculus canorus), lucu ya burung disebut-sebut saat kesal 😆 .

Babenya Benjamin tidak pernah mencium Ben, katanya cium mencium khusus cowo ke cewe atau sebaliknya. Jadi yang senang dilakukan babenya Ben adalah yang macho man gitu deh seperti adu jidat, adu kepala, adu hidung, angkat tinggi Ben dll. Saya kadang iseng nyuruh Ben cium babenya, apalagi dulu pas Benjamin saat-saat sering ileran hahaha ga mau babenya, katanya geli, jijik kena ludah haha. Saya bilang dong “.. ya ampunn cuma ludah ga sakit kali”, “ludah anak kecil ga bau kan!”, “ludah anak sendiri tau, masah jijik”. Tetap aja babenya ga mau kalau kena ludah Benjamin atau Ben meper gitu pas digendong 😎 .

Benjamin manis sekali, dia tidak ganggu bapaknya yang beneran lagi tidur pulas, cape pulang kerja. 27 april 2015. Benjamin

Benjamin manis sekali, dia tidak ganggu bapaknya yang beneran lagi tidur pulas, cape pulang kerja. 27 april 2015. Benjamin

 

Any man can be a father, but it takes someone special to be a dad.” —Anne Geddes

Benjamin and his father. The pics from Ben 4 days until 10 months old. Benjamin dan ayahnya. Foto dari Ben usia 4 hari sampai 10 bulan

Benjamin and his father. The pics from Ben 4 days until 10 months old. Benjamin dan ayahnya. Foto dari Ben usia 4 hari sampai 10 bulan


 

Apa di tempatmu merayakan hari ayah juga?. Ceritain dong satu hal yang lucu atau berkesan antara kamu dan ayahmu 🙂 .

 

Sumber:
http://de.wikipedia.org/wiki/Vatertag
http://german.about.com/od/holidaysfolkcustoms/a/vatertag.htm

 

Baca juga: Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Advertisements
Advertisements

88 Comments

  1. fanny fristhika nila May 23, 2015
  2. Rifai Prairie May 20, 2015
    • Rifai Prairie May 20, 2015
  3. Beby May 19, 2015
  4. cumilebay.com May 18, 2015
  5. Susleni May 18, 2015
  6. chris13jkt May 18, 2015
  7. Riri May 17, 2015
  8. prih May 17, 2015
  9. Nora Mayasari May 16, 2015
      • Nora Mayasari May 16, 2015
  10. Nora Mayasari May 16, 2015
  11. netty May 16, 2015
  12. alrisblog May 16, 2015
  13. eviindrawanto May 16, 2015
  14. Nandito Silaen May 16, 2015
  15. Razee May 16, 2015
  16. jayavo May 16, 2015
  17. rumahkubahagiaku May 16, 2015
  18. Arman May 15, 2015
  19. mamipapa May 15, 2015
  20. Wien May 15, 2015
  21. Pypy May 15, 2015
  22. dianryan May 15, 2015
  23. Sya May 15, 2015
  24. afiiarifiani May 15, 2015
  25. -n- May 15, 2015
  26. Puji May 15, 2015
      • Puji May 15, 2015
  27. nyonyasepatu May 15, 2015
  28. Nadia Khaerunnisa May 15, 2015
  29. febridwicahya May 15, 2015
  30. Yuliafitria May 15, 2015
  31. gegekrisopras May 15, 2015
  32. bawangijo May 15, 2015
      • bawangijo May 15, 2015
          • bawangijo May 17, 2015
  33. Dita May 15, 2015
  34. Dian Novita May 14, 2015
  35. dani May 14, 2015
  36. Habibi May 14, 2015
  37. Ria Angelina May 14, 2015
    • gegekrisopras May 15, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: