Baru Kepikiran Masak Mpasi dengan Rice Cooker

Baru Kepikiran Masak Mpasi dengan Rice Cooker. Hai para mommy dan ayah yang sering menyiapkan mpasi untuk buah hati Anda, pernahkan kepikiran untuk membuat mpasi pakai rice cooker?. Sejak awal membuat mpasi sampai anakku 15 bulan, saya selalu bikin mpasinya masak pakai panci, eh setelah putriku usia 16 bulan ko ya baru kepikiran coba masak pakai rice cooker 😀 .

Baru Kepikiran Masak Mpasi dengan Rice Cooker

Ternyata mudah loh masaknya pakai rice cooker, segala macam bahan tinggal masukkin saja ke rice cooker nya lalu tekan tombol on, dan kalau matang ya akan pindah sendiri tombolnya kan yaa. Iya sih saya telat banget kepikiran cara mudah membuat mpasi dengan rice cooker ini hehe.

Padahal ya kalau mau bikin mpasi bubur bayi atau nasi tim bisa juga pakai rice cooker ini, sayangnya saya telat mencobanya. Saya kepikiran coba pakai rice cooker, karena kalau masak pakai panci, dan menunya tidak segera dimasukkan ke botol (wadah beling) agak jadi kelembekan gitu, karena kalau ada sedikit air sisa saat masak, cepat keserap dan jadi lodrok deh nasinya.

Pas pakai rice cooker hasilnya oke banget, saya tidak perlu terburu-buru masukkan menunya ke wadah botol beling, kapan saya sempat (dihari yang sama ya) barulah saya lakukan. Menu makanannya juga tetap bagus alias tidak jadi lodrok gitu. Rice cooker nya tetap nyala ya sampai siap mau dimasukkin ke wadah penyimpanan.

Kalau masak nasi buat saya sih, nasi doang butuh waktu 15 menit, nah karena menu mpasi macam-macam, selain beras ada beberapa sayurannya, maka butuh waktu 35 menit proses masaknya.

Baca juga: Lisa Marie Anakku yang Lagi Mogok Makan

Untuk lauknya saya pisahkan, tidak dimasak bersama beras dan sayuran. Menu lauknya bisa bikin 2 sekaligus, menu ikan dan menu daging. Kalau sudah ada waktu masukkin ke wadah penyimpanan barulah saya campurkan lauk dan menu dari rice cooker. Saya tuang/campur bersama di panci yang besar, sudah tercampur baik menu nasi dan lauknya, lalu tarulah ke wadah penyimpanan botol beling.

Untuk sayuran berupa daun seperti bayam, saya masak terpisah, tidak dimasukkan ke rice cooker, karena bakalan kematangan deh (belum pernah nyoba sih), saya lebih suka tumis sayuran bentuk daun, pas mau masukin ke wadah baru dicampur bersama.

Saat saya membuat video ini, usia Lisa Marie sudah 16 bulan, jadi menu makanannya tidak saya haluskan lagi, hanya menu lauknya yang saya buat kecil, misal ikan dan daging saya suir-suir, lalu campur dengan menu dari rice cooker.

Untuk sayuran seperti wortel, labu, batang seledri, buncis dll sayuran saya buat potongan kecil, jadi tidak perlu dihaluskan lagi kan. Anaknya sudah sering makan makanan dewasa, makanya ya tidak perlu dibuat bubur deh.

Video Mudahnya Membuat Mpasi dengan Rice Cooker

Tips nih daripada pakai air biasa untuk masak nasinya, supaya lebih gurih ganti deh airnya pakai air kaldu daging, hasilnya jadi enak dan anak lahap makan. Cara membuat kaldu daging bisa lihat video Cara Mudah Membuat Kaldu Daging Mpasi

Kalau para mommy dan ayah mau membuat mpasinya untuk bayi 6 bulan atau dibawah 1 tahun, setelah menu masakan dari rice cooker matang ya dihaluskan lagi ya 😉 .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Sampai disini dulu sharing pengalamanku membuat mpasi dengan rice cooker, kalau suka dan terbantu dengan video saya kasih like dong yaa hehe 🙂 .

Advertisements
Advertisements

10 Comments

  1. sandraartsense September 3, 2018
  2. Susleni September 3, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 4, 2018
      • Susleni September 17, 2018
  3. mawardi September 3, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 4, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 4, 2018
  4. mayang koto September 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 1, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: