Cerita Pertama Kali Coba Clodi Popok Kain Buat si Kecil

Cerita Pertama Kali Coba Clodi Popok Kain Buat si Kecil. Saya ingin berbagi pengalaman setelah hampir 2 bulan menggunakan popok kain atau cloth diaper untuk putri kecilku Lisa Marie. Sebenarnya sejak anak pertama, saya sudah mau mencoba pakai clodi untuk anakku, namun ya ditunda melulu sampai akhirnya punya anak kedua hehe.

Cerita Pertama Kali Coba Clodi Popok Kain Buat si Kecil

Kenapa akhirnya saya memutuskan beli clodi popok cuci ulang ini adalah bukan karena supaya hemat ya, wong anak-anak di Jerman dapat tunjangan dari pemerintah. Jadi ceritanya setiap summer, panasnya gila banget dibulan Juli dan Agustus tuh kulit anakku terkadang kena ruam popok.

Saya juga malas survey sana sini kelamaan untuk mencari merek clodi yang bagus, jadi saya langsung buka amazon.de saja dan pilih yang penilaiannya bintang lewat bintang 3. Klak klik sana sini ko lihat harga satuannya membuat saya mikir.ย  Muahal ya bo yaa haha.

Tidak mungkin dong hanya beli 2 clodi saja. Bandingin beberapa merek, termasuk dengan harga pospak (popok sekali pakai) yang biasa dipakai anakku. Ya sudahlah kalau harganya segitu ya mau bagaimana lagi, pusing saya cari yang murahan malah nanti jelek saya juga yang kesel kan yahehe.

Saya beli Clodi Letechยฎ beli 3 dulu karena mau coba apakah Lisa juga mau pakai atau tidak. Beli 3 warna: biru pink, ungu biru dan warna kuning. Saya suka dengan motif clodinya yang berwarna dan kesannya ceriah dengan warna gejreng. Clodi popok cuci ulang bahasa Jermannya Stoffwindeln, Babywindeln.

  • Harga satuannya EUR 8,99 (Rp. 143.800)
  • Satu ukuran, untuk berat anak 9-15 kg.
  • Berat popok 72,6 gram
  • Bisa dicuci pakai mesin cuci 40 derajat c.
  • Banyak kancingnya mudah disesuaikan dengan ukuran bayi/anak.
  • Pada bagian paha ada karetnya, jadinya elatis tidak menggangu saat anak bergerak aktif.
  • Penilaian bintang 4 (8 review) pengguna amazon.de

Untuk ortu di Jerman perhatikan kalau mau beli apakah sudah termasuk lapisan popok atau belum, kalau ditulis (ohne Einlage) berarti keluar duit lagi beli lapisannya.

Pas saya terima, kaget dong saya ko tipis banget ya, apa tidak langsung bocor?, lah ini apa ko dibagian bawah ada lubangnya. Norak banget deh secara baru pertama kali lihat popok kain cloth diaper kan haha. Jadi saudara-saudara, ternyata clodi yang saya beli belum termasuk lapisan clodi nya dong. OMG keluar duit lagi deh dan harus survey sana sini lagi cari lapisan clodinya.

Saya tidak cerita panjang lebarlah ke suami nanti saya diceramahi tidak teliti sebelum membeli ๐Ÿ˜€ . Setelah ngubek-ngubek amazon.de lagi, akhirnya saya memutuskan membeli lapisan clodi Flower Cloth Pads. Lapisan clodi Bahasa Jermannya Stoffwindel Saugeinlagen.

  • Harga Euro 19,90 (Rp.318.400) untuk 12 lapisan clodi.
  • Berat 458 gram (isi 12 lapisan clodi).
  • 100 % Bahan wol.
  • Ukuran 34 x 11 cm.
  • Bisa dicuci pakai mesin cuci hingga 95 derajat c (saya sih paling panas sampai 60 derajat c saja).
  • Penilaian bintang 3,5 (33 review) pengguna amazon.de .

Pertama kali saya pakai 2 lapisan eh 2 jam sudah basah banget clodinya. Berikutnya saya taruh 3 lapis, cuma jadi agak ngendut gitu, awalnya Lisa merasa aneh kali ya, sekarang sih sudah biasa dia. Pakai Clodi begini jadi tidak perlu pakai celana atau rok luar lagi. Tuh clodinya sudah sebagai celana dan motifnya bagus-bagus.

clodi popok cuci ulang, clodi popok kain, popok kain cloth diaper

Suka banget dengan motif cerianya clodi. Pertama mencoba clodi popok cuci ulang buat si kecil

Clodi saya pakaikan saat dirumah saja, dan saat pagi hingga siang hari. Kalau malam belum pernah coba, saya ogah ah dibangunin bocah karena rewel karena basah. Tips nih, buat ortu yang masih mix pakaikan clodi dan pospak buat si kecil, entah deh ada yang setuju atau tidak, jadi saya pakaiakan clodi setelah anaknya pup/bab dipagi hari. Pernah dong bangun tidur langsung saya pakaian clodi gileee deh dia pup dan saya malas banget bersihkannya, kotor berantakan di clodinya hiks pengen langsung buang tuh clodi haha. Ya sudah terpaksa deh dibersihkan (makan waktu nih ya kalau begini).

Saya tidak pakai fleece liner di atas permukaan inner clodi, karena anak saya tidak saya pakaikan cream lagi, bukan malas sih, entah kenapa ya pas mau bikin tulisan ini ko dibahas mengenai cream pantat, sedangkan si Lisa entah kapan terakhir kali saya pakaian krem pantat, sudah lupa hehe. Oh, ya menurut medium.com kalau bayi/anak pakai krem pantat maka clodi perlu dilapisi, pakai fleece liner di atas permukaan inner. Clodi Fungsi liner ini untuk menghindari paparan cream pada inner clodi. Karena inner clodi yang terpapar cream / lotion akan bersifat repellent (menolak air) sehingga menyebabkan clodi menjadi bocor.

Video Coba Clodi Popok Cuci Ulang Buat si Kecil

Tadinya mau nanya ada tidak sih merek bagus clodi yang tahan sekitar 5 jam, ternyata hasil baca-baca maksimal clodi tahan 4 jam saja ๐Ÿ˜€ .

Sampai disini dulu cerita pengalaman menggunakan clodi untuk Lisa Marie. Kalau ada yang menarik buat diceritakan, atau mungkin saya tertarik membeli clodi lainnya, soalnya gambarnya bagus-bagus tuh bikin gemes kalau lihat Lisa pas jalan ๐Ÿ˜€ .

Lisa Marie lahir Maret 2017. Video diatas dibuat pada 31 Juli 2018, saat Lisa usia 16 bulan.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

โ†‘ Grab this Headline Animator

 

Baca juga:ย Unik Dengar Mainan Ayam Nyanyi Bahasa Jerman

 

Sumber bacaan:
โ€ข 8 Tips Agar Clodi Tidak Bocor
โ€ข Erfahrungen mit Stoffwindeln eltern.de
โ€ข Erfahrungen mit Stoffwindeln-babycenter.de

Advertisements
Advertisements

18 Comments

  1. Yos Adya September 9, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
      • Yos Adya September 12, 2018
  2. mayang koto September 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 1, 2018
  3. jessmite September 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 1, 2018
  4. rayamakyus August 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018
  5. Pypy August 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018
  6. ndu.t.yke August 31, 2018
  7. ndu.t.yke August 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018
      • ndu.t.yke August 31, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen September 1, 2018
  8. Melissa Octoviani August 31, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: