Kebun dibalkon di Bulan Terakhir Musim Panas

Kebun dibalkon di Bulan Terakhir Musim Panas. Hai sobat berkebun dan pembaca setia blogku, update lagi keadaan balkon saya yaa. Sudah bulan terakhir dimusim panas nih., semoga awal September bulan depan suhunya mulai sejuk, entah juga sih karena 2 tahun lalu sampai pertengahan September saja, masih suhunya musim panas, sampai 30 derajat C gitu. Berharap sih boleh aja ya, hehe soalnya sudah mulai bosan dengan cuaca panas begini πŸ˜€ .

Kebun dibalkon di Bulan Terakhir Musim Panas

Sebenarnya sudah mulai ada tanaman-tanaman yang harus dibongkar, seperti tanaman bunga morning glory grandpa ott, bunga lili yang sudah selesai berbunga dll, namun saya belum punya waktu buat berlama-lama di balkon, malas sekali berpanas ria beberes balkon.

Pernah di malam hari saya hanya menyapu tanah yang berantakan karena ulah dua bocah, tidak sempat merapikan tanaman-tanaman. Ramalan cuaca sering sekali tepat, dan benar saja besoknya hujan deras, untung saya sudah bersihkan balkonnya, kalau tidak bisa becek dah tanah berantakan bercampur air hujan.

Tanaman cabai-cabai semakin banyak buahnya. Kebanyakan adalah tanaman cabai rawit merah. Waktu itu saya beli cabai ditoko asia, lalu satu atau dua cabai saya keluarin bijinya, angin-anginkan, lalu ditanam.

Menanam cabai di pot

Tanaman Cabai ku banyak buah dan bunganya. Bibitnya saya ambil dari cabe pas mau bikin sambal.

Menanam bibit/biji cabainya di tray penyemaian atau wadah/pot kecil dahulu, kalau langsung sebar ke pot besar atau tanah, seringnya gagal. Paprikanya Benjamin proyek berkebun dari TK, mulai menguning buahnya, kalau nantinya sudah merah kita bisa bikin sayur atau buat campuran masak daging.

Menanam paprika di pot

Paprika hasil anakku nanam dari biji

Baca juga:Β  Tips Cara Menanam Bibit Benih Tanaman Ukuran Kecil

Tanaman-tanaman tomat sudah sekarat haha, kena hama spider mites. Tuh hama laba-laba warna merah yang ukurannya sangat kecil. Nyaris tidak bisa dilihat hamanya, kecuali kalau sudah parah, maka terlihat jelas sarang buatan hamanya.

Enek juga makan tomat hasil kebun, banyak sekali dikumpulin Benjamin. Karena tidak bisa sekaligus saya makan, maka saya cuci pakai campuran cuka dan air lalu dikeringkan pakai kain. Hal ini untuk menjaga tomat-tomat tetap baik kualitasnya, dan menghindari dihinggapi lalat buah. Lisa juga suka makan tomat, makanya bisa setiap hari Lisa dan saya ngemilin tomat πŸ˜€ .

Hasil panen tomat cherry

Hasil Benjamin panen Tomat di Akhir Juli 2018

Saya punya greenhouse baru, karena yang lama sudah hancur plastik bagian atasnya, kalau hujan ya bocor deh. Namanya greenhouse murah ya bukan terbuat dari kaca, makanya bisa bertahan 3 tahun saja sudah bagus menurut saya. Kalau di balkon depan masih tahan greenhousenya, karena tidak terlalu kena sinar matahari terik sepanjang hari. Tonton juga: Greenhouse Ambruk – Bencana di Kebun Balkonku

Dua pot anggrek cattleya sejak bulan Mei tahun ini saya taruh diluar rumah. Ini cattleya sejak dibeli 3 tahun lalu belum pernah berbunga lagi. Selama 3 tahun tersebut saya salah naruh tanamannya, disamping anggrek bulan yang suka adem, alhasil anggrek bulan setiap tahun berbunga, eh cattleya nya beranak pinak melulu dan tidak berbunga.

Merawat anggrek cattleya

Bunga Anggrek Cattleya suka tempat hangat

Setelah cattleya saya taruh luar rumah, kena matahari pagi, siram dengan air cucian beras dicampur bawang merah bawang putih (bmbp) yang dihancurkan, endapkan semalaman, saring, barulah siram ke anggrek cattleya nya seminggu dua kali, mulai terlihat perubahan drastis. Sudah terlihat dua amplop anggrek cattleya berisi, bulb nya juga gemuk, itu tandanya bakal keluar bunganya. Tidak sabar rasanya melihatnya berbunga kembali.

Balcony Garden Tour – Bulan Terakhir Musim Panas

Video seri balkon tour 2018:

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga:Β Lisa Marie Anak Kecil yang Suka Berkebun

Advertisements
Advertisements

20 Comments

  1. niee September 11, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
  2. Yos Adya September 9, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
      • Yos Adya September 12, 2018
  3. mayang koto August 30, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018
      • mayang koto August 31, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen September 1, 2018
  4. rynari August 25, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 31, 2018
  5. Susleni August 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 25, 2018
      • Susleni August 25, 2018
  6. girindrapuspa August 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 25, 2018
  7. Winny Marlina August 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 25, 2018
  8. riskanasution August 23, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 25, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: