6 Tips Bagaimana Saya Mendapatkan 3000 Subscriber Youtube Dalam Setahun

6 Tips Bagaimana Saya Mendapatkan 3000 Subscriber Youtube Dalam Setahun. Disini saya ingin berbagi pengalaman, bagaimana saya mengembangkan saluran youtube berkebun saya dalam setahun terakhir.

Disclaimer: Bagi yang sudah mempunyai lebih dari 3000 subs, lebih baik lewati saja ya postinganku ini, karena tidak berguna lagi hehe.

6 Tips Bagaimana Saya Mendapatkan 3000 Subscriber Youtube Dalam Setahun

Saya tidak main subs for subs, itu loh mereka yang rajin komen dimana-mana minta youtuber lain untuk subs ke channel mereka. Buatku tindakan tersebut sama sekali tidak berguna dan hanya buang waktu, kamu bisa saja mendapatkan banyak subs, namun hasilnya subs kamu tersebut tidak nonton video-videomu, sehingga waktu tonton (watch time) kamu sangat rendah, tidak sebanding dengan subscriber yang kamu miliki.

Dalam waktu setahun terakhir, selain 3.000 an subscriber saya dapatkan, waktu tonton saluran youtube saya totalnya 1,4 jutaan menit (23.700 jam watch time). Untuk yang saluran youtubenya mau dimonetasi (menghasilkan uang lewat iklan), syaratnya masih sama yakni harus punya minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tonton dalam setahun.

Total Waktu tonton setahun terakhir saluran youtube kebun emaknya Benjamin

Total Waktu tonton setahun terakhir saluran youtube kebun emaknya Benjamin

Penasaran bagaimana cara cepat dapat subscriber di youtube (diimbangi dapat waktu tonton yang sesuai?. Lanjut ya baca postinganku ini sampai selesai πŸ˜‰ .

1.Konsisten

Upload video secara teratur, dari awalnya seminggu sekali, lalu bisa seminggu upload 2 video. Pas lagi banyak waktu luang, jadi bisa dua hari sekali, atau 3 video dalam seminggu. Lebih baik upload video terjadwal, walau bisa hanya 1-2 video saja per minggu, lebih baik begitu, dibanding upload video tiap hari, lalu kosong tidak upload apapun berbulan-bulan atau tahunan.

Kalau lagi banyak ide dan ada stok video sudah diedit, menurutku lebih baik jadwalkan terbit videonya, kalau saya sih istilahnya nabung video gitu.

2.Buat Thumbnail yang Menarik untuk diklik

Ini beneran loh, pernah tidak kalian gregetan karena thumbnailnya membuat penasaran, eh pas ditonton videonya ko tidak nyambung! dengan gambar thumbnailnya. Duuh kalau begitu sih klikbait judulnya yaa. Maksud saya disini adalah buatlah thumbnail yang menarik yang sesuai dengan isi video, baik dari segi gambar yang terang, juga judulnya dibuat besar. Sekali lagi jangan buat thumbnail klikbait ya!, karena kamu bakalan dibully penonton.

Kalau saya biasanya membuat thumbnail menggunakan canva.com dan fotojet.com. Latar belakang saya buat sama untuk saluran berkebun saya, hal ini saya lakukan supaya menyingkat waktu untuk proses editing dan juga sebagai branding. Subscriber saya jadi ingat, kalau lihat latar belakang tersebut ya milik saluran berkebun emaknya Benjamin.

Contohnya bisa lihatΒ Daftar Video Kebun Emaknya Benjamin/ All VideosΒ 

Saat menonton video youtube, apakah kamu sering memperhatikan sisi kanan deretan video?. Kalau video kamu sudah masuk dalam daftar tersebut bagus banget loh, namun apakah orang yang lihat daftar tersebut akan klik thumbnail videomu kalau gambarnya tidak menarik?. Kalau videomu masuk daftar sisi kanan tersebut, artinya kamu sudah direkomendasikan pihak youtube. 67% sumber trafik saluran youtube berkebun saya adalah dari video-video yang direkomendasikan youtube.

Kalau google menempatkan tulisan-tulisan seorang bloger di halaman pertama adalah berdasarkan SEO yang kuat, nah beda dengan youtube, tidak perlu ngerti SEO main youtube untuk pemula, karena ada juga youtuber terkenal yang saya lihat sama sekali tidak bikin tag video eh angka view videonya tinggi.

Semakin sering video youtube kamu diklik (ditonton) maka video kamu akan terus direkomendasikan, artinya video kamu berguna untuk orang lain, makanya penting sekali ya membuat thumbnail video yang menarik πŸ˜‰ .

Baca juga: 2 Kali Naik Banding Tuduhan Pelanggaran Hak Cipta Youtube

3.Durasi Video usahakan diatas 2 menit.

Bukan artinya video durasi pendek jelek ya, hal ini kembali lagi seperti point diatas, semakin sering videomu ditonton, maka akan sering direkomendasikan youtube. Buatlah durasi video diatas 2 menit, karena video yang panjang akan mendapatkan rangking yang lebih baik. Minimal usahakan video durasinya 5 menit.

Kalau ada seseorang mencari video menggunakan kolom pencarian youtube, ada 2 video serupa, satu durasi pendek dan satunya panjang maka, yang video durasi panjang lebih punya kekuatan, tampil diurutan teratas pencarian.

Untuk saluran yang sudah dimonetasi, semakin panjang video, maka iklan akan sering muncul, setiap 2 menitan kalau tidak salah. Jadi kalau videonya hanya durasi 2 menit, ya hanya sekali saja iklan munculnya.

4.Berikan emosi pada setiap videomu.

Hmm ini saya agak bingung membuat judulnya. Pernahkan kalian menonton video yang ngomongnya google robot?, ada suara pria ada pula wanita, nah tidak enak banget didengarnya, dan video semacam ini seringkali dibully penontonnya.

Beberapa kali saya mendapat pujian dari penonton video saya, katanya suara saya sexylah, enak didengar dsbnya. Sebenarnya hal tersebut karena saya mengatur intonasi suara saya, mengatur nada naik turun disesuaikan dengan tanda baca.

Saya pernah 5 tahun kerja sebagai call center, dulu bos saya bilang kalau saya tuh bicara bagus banget, tidak ketara kalau saya membaca, padahal saat saya bicara dengan customer di telepon, saya sambil baca kertas/draft dihadapan saya hehe.

Saya bisa terlihat/terdengar bicara natural, tidak seperti orang sedang baca, karena saya sudah mempelajari dan tahu pemenggalan tanda baca dari tulisan yang saya terangkan ke customer. Nah begitu pula di video youtube saya, saya sudah tahu apa yang mau saya bicarakan di video.

Ada 2 hal yang saya lakukan:

-Bicara langsung tanpa skrip. Kalau saya lakukan ini bisa cepat tinggal edit video saja. Kesulitannya kalau tanpa skrip, saya tidak boleh terlalu banyak jeda kosong didalam video, walaupun sebenarnya bisa dipotong saat pengeditan ko πŸ™‚ ; maka saya potong-potong apa yang mau saya bicarakan.

Misal mau bahas tips cara merawat tanaman tomat di pot agar berbuah lebat, maka saya bicara satu point dulu, lalu video saya matikan, mikir lagi untuk tips point kedua, lalu rekam lagi, begitu seterusnya sampai selesai.

Kalau saya kurang tahu pasti yang mau dibicarakan, biasanya saya riset dulu, dan bikin point yang mau diomongin dengan ditulis di kertas kecil. Pernah dong ada subscriber youtube saya komen, apakah saya seorang botani atau ahli tanaman, bisa ngomong lancar jelasin ini itu selama 10 menitan didepan pohon golden rain.

Dia tidak tahu kalau saya pegang kertas kecil, isinya daftar yang mau saya omongin, detailnya sudah nempel di otak saya, karena saya sudah belajar dulu sebelumnya, dan sudah riset sana sini dari mesin pencari. (saya sangat amat jarang munculin wajah di video, saya fokus merekam objek bunga/tanaman sambal ngomong).

-Bicara dengan skrip. Nah ini yang paling membuat saya pede, dan suara bisa bagus diatur intonasinya, karena saya baca dan rekam suara saya. Gambar atau video saya pakai yang sudah ada dan saya matikan suara videonya, lalu digabung dengan rekaman suara saja yang sudah saya lakukan terpisah.

Kekurangan cara ini adalah, saat saya sudah punya videonya (dengan atau tanpa suara), eh saya malas bikin skrip buat rekaman suaranya haha. Karena sudah sering kejadian, dan akhirnya video numpuk di folder saya, maka saya lebih menyukai cara pertama.

5.Komunikasi dengan penonton

-melalui komentar

Dulu sekali kolom komentar saya matikan untuk semua saluran youtube saya, karena saya bukan tipe youtube yang bisa nerima komen jahat gitu ya, cemen hahaha. Akhirnya kolom komen saya bukalah 2 tahun terakhir, toh apa sih yang mau dijahatin buat hobi berkebun?, lebih jago merawat tanaman?, ya silakan saja, toh tiap gardener punya keunikannya masing-masing yaa.

Jadi komunikasi disini, maksud saya, kalau ada komen masuk, ya dijawab. Ternyata menyenangkan loh bisa ngobrol, kenal dengan subsrciber saluran youtube kita, walau hanya lewat komen. 3000 subs sih masih kepegang ko, buat jawab komen-komen, entahlah kalau sudah 1 juta subs ya hehehe.

Oh ya kalau saluran youtube yang ada anak-anakku memang hingga saat ini saya matikan kolom komentarnya. Belum bisa fokus ngurusinnya, belum terjadwal juga mau upload, kalau ada banyak waktu baru disentuh tuh saluran.

-minta like dan subscribe

Misal dengan meminta mereka memberikan komentar kalau mempunyai pengalaman yang sama, lalu ajak/minta juga penonton untuk kasih like dan share. Banyak komen, sering ditonton, banyak like akan membuat rangking video jadi bagus πŸ˜‰ .

Meminta mereka untuk nge-like video kita, meminta mereka untuk subscribe ke saluran kita. Ternyata ya kalau penonton diminta tuh, banyak loh yang mau subscribe ke saluran kita, dulu saya mikirnya β€œiihh apaan sih minta-minta gitu, ogah ah”, ternyata kekuatan meminta/ngomong divideo kuat banget .

Jadi selain ngomong divideo minta penonton subs ke saluran saya, dimenit-menit terakhir video saya juga buat teks β€œTerima kasih telah menonton. Sukai, subscribe dan share membuatku bahagia”.

6.Lihat dan pelajari analitik saluran youtube kamu

No. 6 ini paling penting kalau kamu mau saluran youtubemu mendapatkan lebih banyak subscribe dalam waktu cepat, termasuk waktu tonton (watch time) nya tinggi. Lihatlah analitik youtube kamu. Apa sih yang membuat orang-orang pada suka nonton video-video kamu?. Topik/nichie apa yang disukai?. Lihat analitiknya bisa per 30 hari terakhir, 3 bulan, setahun terakhir, kalau tipe video itu-itu lagi yang ada diurutan 1 sampai 5, maka buatlah lebih sering topik tersebut.

Misalnya disaluran youtube saya, tema bunga anggrek dan bunga mawar adalah 2 topik tertinggi sepanjang masa. Orang-orang pada suka dua topik tersebut, makanya video-video saya dengan 2 tema tersebut sering ditonton karena sering sekali direkomendasikan oleh youtube.

Belakang saya mulai bisa konsisten posting video anggrek seminggu sekali, dan kalau ada waktu baru tema video lainnya saya upload. Kenapa melihat analitik penting buat saya?, karena saya jadi tahu mau buat video yang disukai subscriber dan penonton saluran youtube saya. Kalau saya masah bodoh dengan keinginan penonton, artinya membuang waktu saya.

Maksud saya kerjaan saya bukan main youtube saja, ada 2 anak kecil yang harus diurus setiap hari. Belum tentu setiap hari bisa edit video, belum tentu tiap minggu bisa buat video baru, banyak sekali gangguannya. Kalau saya hanya upload video-video yang saya suka dan tidak disukai penonton, artinya waktu tonton saluran saya akan minim.

Kalau saya upload video tema anggrek, dalam sehari bisa dapat 500 an penonton, nah tema lain angka segitu belum tentu dalam setahun tercapai. Beda halnya kalau saluran youtube yang sudah punya ratusan ribu bahkan jutaan subscriber, pemilik saluran upload tema apapun juga, pasti akan ada yang tonton, ya subscribernya yang nonton πŸ˜‰ .

Kalau pengen tahu darimana saya belajar yang saya bicarkan diatas, jadi ceritanya saat saya kepikiran mengembangkan saluran youtube saya, kala itu belum ada syarat 4000 jam tonton dan seribu subs, saya kepengen aja pengalamanku berkebun berguna dan bisa menjangkau banyak orang, lalu saya nonton banyak tutorial pengembangan youtube.

5 youtuber tutorial pengembangan youtube favoritku:

Backlinko. Umumnya videonya panjang, tidak masalah saya bisa tonton beberapa kali. www.youtube.com/user/backlinko/videos

Neilvkpatel. Suka sama youtuber ini video tipsnya durasi pendek. www.youtube.com/user/neilvkpatel/videos

NickNimmin. Duuh si Nick ini kalau ngomong cepat sekali, saya sampai perlu aktifkan subtitel/teks video supaya paham yang dia omongin. www.youtube.com/user/NickNimmin/videos

Robertoblake. Banyak videonya durasi pendek. www.youtube.com/user/robertoblake2/videos

Video Creators – Tim Schmoyer. Saya baru subs ke saluran si Tim. Walau umumnya durasi videonya Panjang, ya saya akan tonton beberapa kali. www.youtube.com/user/VideoCreatorsTV/videos

Sampai disini dulu cuap-cuap saya yaa. Terima kasih sudah membaca sampai selesai 6 Tips Bagaimana saya Mendapatkan 3000 Subscriber dalam Setahun. Kalau saya sudah dapat 10k subs saya bagi tips terbaru lainnya yaa, apalagi bisa tebus 1 juta subs?. Mimpi kali pada teriak ke saya! haha πŸ˜€ .

Dalam setahun dapat 3000 an subscriber tidak pakai subs for subs. youtube

Dalam setahun dapat 3000 an subscriber tidak pakai subs for subs. Video-videoku sering direkomendasikan pihak youtube, maka watch timenya juga bagus. Saluran youtube kebun emaknya Benjamin

Eh ga apa-apa ko bermimpi. Dulu saat subs saluran saya 100 melihat saluran lain yang punya 500-1.000 subs rasanya wah keren banget, lalu lihat saluran lain wah 2.000, 3.000 subs. mimpi kali ya kalau saya bisa begitu juga, caranya bagaimana yaa, eh ternyata bisaaa juga saya capai walau pencapaiannya naik perlahan-lahan dalam setahun.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers

 

Advertisements
Advertisements

28 Comments

  1. UMATE GUSTI November 7, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 8, 2018
      • UMATE GUSTI November 8, 2018
  2. baiqrosmala October 21, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 22, 2018
  3. niee September 26, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 29, 2018
  4. mayang koto September 19, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 20, 2018
      • mayang koto September 21, 2018
  5. lovelyristin September 10, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
  6. n1ngtyas September 9, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
  7. Nita Lana Faera September 8, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
  8. Arman September 8, 2018
  9. kayka September 6, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 7, 2018
      • kayka September 7, 2018
        • Emaknya Benjamin br. Silaen September 11, 2018
  10. girindra puspa September 6, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 7, 2018
  11. rayamakyus September 6, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 7, 2018
  12. Fiberti September 6, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen September 7, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: