7 Hal Mengenai Natal di Jerman

loading...

7 Hal Mengenai Natal di Jerman. Selamat pagi pembaca setia blogku, memasuki tahun keenam menetap di Jerman, berikut ini 7 ciri khas Natal di Jerman berdasarkan pengalaman saya:

1.Menjelang Natal saat orang-orang bertegur sapa diakhir kalimat mereka juga mengucapkan Frohe Weihnachten (Selamat Natal). Para petugas seperti petugas kantor pos, supir bus, kasir di supermarket, petugas bank, pegawai kantoran, pelayan toko dll termasuk juga para penumpang bus mengucapkan ke supir, atau ke sesama penumpang saat mau turun bus akan saling mengucapkan Frohe Weihnachten .

Kalau mendapat ucapan begitu kita bisa jawab balik kalimat yang sama juga Frohe weihnachten atau kita jawab “Ihnen auch” (buat Anda juga) atau gleichfalls (sama-sama).

Baca juga: Berbagai Ucapan Selamat dalam Bahasa Jerman

2.Para petugas/karyawan bank, kantor, supermarket dll saat hampir selesai melayani customer selain mengucapkan selamat Natal, juga memberikan hadiah kecil. Jangan dilihat dari nilainya, apalah arti sebungkus kecil permen karet, sekantong teh, coklat dan penganan manis lainnya, yang penting niat baiknya kan 🙂 .

Beberapa hadiah kecil yang saya dapat saat Natal. Saya dapat dari kasir supermarket, kantor pos dan lainnya. Ada permen jelly, teh, dan coklat atau penganan manis lainnya.

 

3.Saat Winter kita bisa merasakan wine hangat yang dikenal dengan nama Glühwein (bahasa Inggrisnya Mulled wine). Ada yang pakai alkohol dan tanpa alkohol . Glühwein keluar hanya saat musim dingin dan menjadi salah satu khasnya suasana Natal. Cara menyajikan glühwein dihangatkan dulu lalu diminum panas-panas. Harumnya glühwein pun sangat khas karena terbuat dari rempah-rempah. Kalau datang ke pasar Natal ya kita bisa beli jadi Glühwein ini.

Proses pembuatan Glühwein atau Mulled wine. Sumber foto: https://de.pinterest.com/pin/331859066276151911

Bahan penting pembuatan Glühwein antara lain:
• Buah jeruk
• Kayumanis
• Jahe (ginger wine) yakni jahe merah yang difermentasi dengan kismis
• Cengkeh
• Pala (Nutmeg)
• Kapulaga (Cardamom)
Echte Sternanis (Illicium verum) dalam bahasa Indonesia dikenal dengan nama kembang Lawang adalah rempah yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis

DIY pembuatan Glühwein atau Mulled wine. Sumber foto: https://de.pinterest.com/pin/127578601919781324

4.Gelap lebih panjang. Tidak enaknya suasana saat winter/Natal adalah sang mentari malas muncul dan terbenamnya cepat sekali, seakan-akan malas bersinar sangking dinginya cuaca. Pagi hari mulai terang jam 8.30 dan matahari sudah terbenam jam 16.30, malah kalau hujan sepanjang hari jam 16 sudah gelap gulita 🙁 .

5.Pohon Natal (Weihnachtsbaum) biasanya orang-orang Jerman beli yang pohon cemara asli. Bentuk dan ukuran tergantung selera kita. Selesai natalan akan ada hari khusus dimana warga bisa membuang pohon cemara ini, nanti ada petugas khusus dengan truk yang menjemput pohon-pohon cemara yang ditaruh ditepi jalan. Biasanya pohon-pohon cemara ini dikumpulkan pada minggu pertama Januari .

Perkebunan Pohon Cemara di Hanover dekat Lower Saxony. Sumber Photo DPA

6.Antusias warga menghias taman dan bagian luar rumah mereka dengan berbagai hiasan tema natal dan paling penting lampu hiasnya. Wah hal ini adalah salah satu yang membuat saya senang sekali saat bulan Desember kalau naik bus serasa dihibur dengan melihat rumah warga yang model begini.

7.Pasar Natal (Weihnachtsmarkt) adalah pasar malam yang diadakan diberbagai kota di belahan dunia Eropa saat menjelang Natal. Pasar Natal sangat menarik untuk dikunjungi, kalau saya tujuan utama kesana untuk melihat suasananya.

Melihat tenda-tenda para pedagang yang dihias dengan lampu-lampu yang berwarna-warni, melihat orang-orang yang ramai dengan busana-busana musim dingin yang mereka kenakan, melihat macam kue-kue khas natal, ornamen-ornamen khas natal, dan juga glühwein (wine hangat) yang sayang untuk dilewatkan karena kita bisa menikmati hal tersebut setahun sekali.

Tahun ini saya absen mengunjungi pasar Natal karena malas kalau hanya berdua saja dengan Benjamin ada saya bisa kehilangan dia karena si bocah yang lari melulu 😀 . Sayangnya pasar Natal tahun ini dibayangi dengan aksi teror, pertama di Ludwigshafen anak usia 12 tahun bawa bom di tas punggungnya, untungnya tidak meledak. Kedua aksi teror di Berlin yang menewaskan 12 orang 🙁 .

This slideshow requires JavaScript.

Perayaan Natal di lingkungan keluarga biasanya dilakukan pada malam Natal (Heiligabend) pada 24 Desember, dimana keluarga berkumpul dan makan bersama dan tentunya saling berbagi cerita sambil mendengarkan lagu-lagu Natal.

 

Frohe Weihnachten! 🙂 .

 

Artikel terkait:
5 Bunga Penyemarak Suasana Natal di Jerman
Natal Pertamaku di Jerman
Pasar Natal di Kota Tua Bad Wimpfen
DIY Hiasan Natal Pine Cone Wreath

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

34 thoughts on “7 Hal Mengenai Natal di Jerman

  • January 23, 2017 at 3:23 am
    Permalink

    Seruu bangettt kakkk.. eh tapi bagian yg gelap lebih panjang engga deh..

    Reply
  • January 21, 2017 at 5:56 pm
    Permalink

    penasaran ama minumannyaa… tp jangan yg pake alkohol :D…

    lah aku baru tau kalo ada teror bom di natal kemarin di jerman mba… udh lama ga mau nonton tv, krn beritanya suka bikin sebel , secara pilkada makin deket -__- .. mendekati natal aku jg paling seneng mba, krn nasabah biasanya udh ga banyak, pada pergi liburan… jd kerja lbh santai lah 😀 Target tiap desember itu jg ga tinggi, secara management juga ngerti, nasabah2 mah menjlang natal udh ga minat beli2 produk.. mereka pasti fokusnya liburan…

    Reply
    • January 21, 2017 at 9:51 pm
      Permalink

      Hai mba Fan, enak tuh Glühwein klo lagi cuaca dingin deh 😀 .
      Heheh iya ya nyebelin klo pilkada banyak yg pro kontra sama calon2nya, aku sdh ga fb an jadi ga terkontaminasi sama berita negatif haha :D.

      Reply
  • January 1, 2017 at 3:58 am
    Permalink

    ah template blognya kembali seperti semula 🙂 suka yang ini. .wah ya lebih baik dirumah saja hindari keramaian kalau masih ada ancaman…moga-moga situasi disana tahun ini lebih aman..selamat tahun baru mba Nel…

    Reply
    • January 1, 2017 at 5:55 pm
      Permalink

      Hai Fiberti iya nih akhirnya ketemu juga theme expound ini, aku sudah cari di daftar wp.org ga ada, eh ternyata bisa didownload 🙂 .
      amin amin semoga dunia ini di tahun baru makin sedikit ya para penebar kebencian/teror nya 🙂 .

      Reply
  • December 30, 2016 at 6:21 pm
    Permalink

    Oh,, glühwein,,,makasih ya mbak udah nulis resepnya…aku penasaran banget dari dulu gimana buatnya. 🙂 tulisan yang inspiratif… 🙂

    Reply
  • December 30, 2016 at 8:03 am
    Permalink

    Mbaa Nellaaa.. aku suka liatin yang Gluhwein ituu, unik aja kuliat komposisinyaa hehehe.. beteweh selamat natal mba Nella..

    Reply
  • December 30, 2016 at 1:38 am
    Permalink

    Selamat natal dan tahunbaru buat kalian semua.knpa blm ada salju ya?

    Reply
    • December 30, 2016 at 6:15 pm
      Permalink

      Kalau mau lihat salju mah ke gunung aja maaakk hehehe di kota begini sih ga tiap tahun turun saljunya 😀 . Siapa tahu Januari turun salju.

      Reply
  • December 28, 2016 at 9:43 am
    Permalink

    I wish you Nellaria and your Family good Christmas day’s

    Reply
  • December 27, 2016 at 6:24 am
    Permalink

    Wah, ternyata Natal punya bahasa yang beda beda ya ditiap negara..
    Di Indonesia natal, di Inggris Christmas dan di Jerman “Frohe”, mungkin?
    Btw, disana banyak Diskonan Boxing day nggak ya? hehe..

    Reply
    • December 28, 2016 at 12:07 am
      Permalink

      Hai Sofyan iya kalau di Jerman bilangnya Frohe Weihnachten 😀 . Banyak diskonan kalau sudah lewat hari raya, tapi saya males berburu pernak pernika natal krn cuma numpuk dirumah aja ga dipkai tahun berikutnya, laper mata lihat diskonan aja haha 😀 .

      Reply
  • December 27, 2016 at 4:16 am
    Permalink

    Seneng emang kalo udh suasana natal trus belanja ke toko pasti pada bilang Happy Holidays… Tp kalo disini gak dikasih hadiah apa apa hehehe

    Reply
  • December 26, 2016 at 5:30 pm
    Permalink

    Glühwein ini di orang Denmark bilangnya Glogg kak..suka minumnya…awal2 nggak enak..lama2 doyan…
    Selamat natal juga kak sayang 🙂

    Reply
    • December 28, 2016 at 12:12 am
      Permalink

      Kalau awalnya sih memang ga doyan lama2 suka ko apalagi klo pas minum di luar rumah saat dingin banget misalnya di pasar Natal 😀 . Selamat Natal juga Dewi 🙂 .

      Reply
        • December 30, 2016 at 6:19 pm
          Permalink

          Kabar baik Dew, aku sering ngantuk aja krn klo malam begadang mulu haha. Pas anakku tidur baru aku online. Pusing sama blog self hosted nih setelah pindahan banyak pritilan macem2 nya yg perlu dibenerin. Harusnya sih bikin blog baru aja kali ya hehe. Btw selamat menjelang tahun baru ya Dew 🙂 .

          Reply
  • December 26, 2016 at 1:57 am
    Permalink

    Zu spät, aber Frohe Weihnachten… Keren tulisannya… Sayang sampe sekarang belum salju di Bonn

    Reply
    • December 28, 2016 at 12:15 am
      Permalink

      Gruss dich Ezekiel, besser zu spät als gar nicht 😀 . Frohe Weihnachten! . Di tempatku juga ga ada salju nih mungkin Januari, eh tapi saya juga ga ngarep salju sih becek setelahnya haha.

      Reply
  • December 24, 2016 at 4:24 am
    Permalink

    selamat natal buat kak nela & keluarga

    Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: