6 Hal Terbaru Mengenai Pos Indonesia yang Baru Saya Ketahui

6 Hal Terbaru Mengenai Pos Indonesia yang Baru Saya Ketahui. Ceritanya saya lagi iseng buka FB nya pos Indonesia. Saya “like” akun ini 2 tahun lalu karena ada yang mau dikomplain “ko paket sudah 5 hari masih masih airport landing melulu statusnya?” . Kalau buka fb pos indo ini saya sering senyum-senyum karena dari 2 tahun lalu sampai saat ini komplainnya buanyak banget. Pos nya posting berita atau produk apapun pasti cepat banget ada yang komen nanya berbagai status paket.

Berikut 6 hal yang saya baru tahu ceritanya 😀 :

1. Petugas pos yang jawab komen (kita sebut CS aja ya) para komentator panggil kakak (kalau yang nanya perempuan) dan mas kalau yang nanya cowo. Lebih bagus begitu kalau menurut saya daripada bilang “bapak ibu” eh ntar banyak yang komen: “.. saya belum bapak-bapak, belum jadi ibu“. Saya keki banget kalau ada komen begitu. Dulu saya 4 tahun jadi call center, sama bos hanya boleh menyapa customer dengan bapak atau ibu karena itu sapaan resmi bahasa indonesia toh?.

2. Sekarang CS Pos Indonesia nya lebih banyak (rajin) menjawab komen. Memang tidak 100% komen (komplain/nanya status paket) dijawab, namun yang saya perhatikan tahun ini lebih baiklah banyak yang dijawab. Minggu lalu saya ada nanya status kiriman. Masah dijawab jam 02.30 wib loh, lah adminnya kerja dari rumah kali ya? rajin banget 😎 .

Dipanggil ka sama adminnya pos hehe. Jam 02.30 wib nih dijawab kaget saya rajin amat ya kerja pagi buta haha

Dipanggil ka sama adminnya pos hehe. Jam 02.30 wib nih dijawab kaget saya rajin amat ya kerja pagi buta haha

 

3. Ibu ini ada komplain puluhan kali tidak ditanggapi. Dia nanya ko paketnya sampai di UK. Tadinya saya mau komen “ya bu kalau sudah nyampe UK ya tanya pos sanalah bukan urusan pos indo lagi dong” . Saya kepo baca puluhan komen dia, banyak komen cuma kasih screenshoot dan nanya ko di UK? (tanpa penjelasan rinci) dan baca ulang banyak screenshoot ibu tersebut. Barang dikirim dari jakarta timur, kode negara tujuan BH . Walah pantesan ibu ini komplain mau kirim ke Bahreim ko ya malah nyangkut di UK?.

Ibu ini komplain ada puluhan kali loh ga satupun ditanggapi pos indonesia. Kirim barang ke Bahrain teluk persia  ko malah nyasar ke UK ya

Ibu ini komplain ada puluhan kali loh ga satupun ditanggapi pos indonesia. Kirim barang ke Bahrain teluk persia ko malah nyasar ke UK ya

 

Masah iya ada negara transit? Seperti penerbangan aja dong?. Saya rasa kalau bukan negara kecil banget ga mungkin paket transit dulu deh. Saya sering kirim paket ke tanah air langsung ko dari Jerman sampai ke Indonesia.

Mungkin harusnya ibu ini komplain pakai bhs indonesia, mungkin saja CS pos ga ngerti bhs inggris kan hehe. Lihat fotonya si ibu asal timur tengah, cantikk banget 😀 . Foto dan nama saya tutupi karena privacy ya.

Tadinya saya mau suruh tanya di UK dong negara penerima, eh ternyata yg salah kirim pos indonesia

Tadinya saya mau suruh tanya di UK dong negara penerima, eh ternyata yg salah kirim pos indonesia

 

Kalau pos Jerman sih paket tercatat pasti pakai barcode dan pas nyampe di pusat pengelolaan pos yang mendistribusikan mesin (ban berjalan), kalau barcode nya benar pastilah benar juga di distribusikan.

Pos indonesia nih entah human error atau mesin ga jelas deh. Sangat disayangkan CS pos indo ga menjawab satupun komplain si ibu. Padahal kalau memang salah ya bilang aja salah, lalu urus penarikan (minta retur dari UK) .

Baca juga: Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

 

4. Paket salah kirim. Paket asal China, tujuan Jakarta Pusat malah dikirim ke Jakarta Utara dan status sudah diterima pula. Lah jangan-jangan alamat pengiriman dalam bahasa China kali jadi orang pos indo tidak bisa baca tulisannya hihi 😛 .

Paket tujuan jakarta pusat ko malah dikirim dan status diterima di jakarta utara, dasar pos indonesia

Paket tujuan jakarta pusat ko malah dikirim dan status diterima di jakarta utara, dasar pos indonesia

 

Saya penasaran kalau salah kirim begini apa pos akan ambil lagi paketnya?, trus klo sdh dipakai sama yg nerima bagaimana dong?. Lah yang nerima juga bagaimana sih apa tidak baca nama dan alamat tertera ya?, klo tidak ada nama tersebut harusnya kan ditolak.

5. Pajak barang tertera pada status kiriman
Kalau sudah tertera begini nilai pajak barangnya berarti resmi dong tidak ada mark up nilai pajak saat ambil kan yaa.

Baru tahu kalau pajak paket sudah tercantum di status online pengiriman

Baru tahu kalau pajak paket sudah tercantum di status online pengiriman

Berdasakan pengalaman saya untuk paket tujuan luar Jakarta, tuh barang bisa ngetem 1-7 hari kerja di Jakarta baru dikirim ke kota selanjutnya. Punya ibu ini dari tanggal 5 Juni sampai tanggal 14 belum diteruskan, entah harus diambil ke pusat pos di Pasar Baru kali ya untuk selesaikan pajak paketnya disana.

 

6. Mahal sekali biaya bungkus ulang

2 tahun lalu biaya bungkus ulang pake Rp.7500 plastik besar. Paket dan plastik kecil Rp. 3.000 sudah termasuk biaya cek/periksa isi paket. Gile bener sekarag jadi Rp.20.000 . Nah kalau tidak dibungkus ulang sama pos kenapa pula di kenakan tagihan?. Itu yang ditanya bapak pemilik barang. Paketnya dalam kemasan asli dari negara pengirim. Entah deh 20rb tersebut resmi (ada bon) atau tidak, kalau yang saya sebutkan Rp.7500 diatas tuh ada bon nya dikasih pos.

Baru tahu ternyata bea cek pos dan repacking paket Ln sudah 20rb

Baru tahu ternyata bea cek pos dan repacking paket Ln sudah 20rb

 

Bagi yang punya akun FB kalau kamu punya masalah paket/surat/dukumen ko belum sampai, bisa tanya di fb pos indonesia. Tapi jangan berharap bakal dijawab karena yang komplain buanyak bener. Kalau kamu beruntung (macam menang undian hee) baru dijawab cs ny.

Fb pos indonesia https://www.facebook.com/posindonesia sedangkan kalau mau cek status paket kiriman ada resinya ya bisa cek di http://www.posindonesia.co.id atau http://ems.posindonesia.co.id saya lebih sering cek pakai link ini. Kalau ada yang mau tahu berapa sih pajak barang masuk tanah air bisa cek disini http://ems.posindonesia.co.id/custom.html

Saya bukan buzzernya Pos Indonesia, memang lagi iseng aja pengen nulis tema pos hehe. Kamu punya pengalaman unik dengan pos indonesia? 😀 .

Advertisements
Advertisements

59 Comments

  1. Evelyn Eugenia March 16, 2018
  2. vivin January 21, 2017
  3. Vivin January 16, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 16, 2017
  4. Acil December 9, 2016
    • Emaknya Benjamin br. Silaen December 12, 2016
  5. baiqrosmala August 26, 2016
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 27, 2016
      • baiqrosmala August 30, 2016
  6. purnamashirt July 16, 2016
  7. Wien July 11, 2016
      • Wien July 13, 2016
          • Wien July 14, 2016
  8. Princhesta (Utie) July 5, 2016
  9. wied July 4, 2016
  10. cumilebay.com July 1, 2016
  11. fanny fristhika nila July 1, 2016
  12. Arman June 30, 2016
  13. Liberto Amin June 30, 2016
  14. imavandam June 30, 2016
      • imavandam July 1, 2016
  15. onceupontimesite June 30, 2016
  16. adhyasahib June 30, 2016
      • adhyasahib June 30, 2016
    • Javi December 20, 2016
  17. Seraphine June 30, 2016
      • Seraphine June 30, 2016
    • adelina June 30, 2016
      • Seraphine July 1, 2016
          • Seraphine July 1, 2016
  18. Rideralam June 30, 2016
  19. adelina June 30, 2016
      • adelina June 30, 2016
          • Adelina July 4, 2016

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: