Derita Musim Panas 2016

loading...

Halo pembaca setia, maaf ya yang menantikan cerita saya ko lama tidak ada update di blog hehe maklum musim panas membuat saya serba malas ngapa-ngapain, asyiknya makan es krim sambil main sama Benjamin πŸ˜€ .

Berikut ini banyak hal yang berhasil saya catat dari 2 hari gila-gilaan panasnya:

Kita tinggal diatas, orang jerman bilang dachwohnung, ada jeda sih ke atap (gudang), tapi tetap aja panas bo. Dalam ruangan bisa 29 derajat. 28 derajat c saya masih okelah, klo benjamin ya rewel mulu.

Hari kedua gila panasnya (24.06.2016). Kemaren sempat lihat temperatur luar 34 derajat, lupa jam brp. Masa jam 10 pagi saja sudah 29 derajat c.

Rambut Benjamin saya cukur lagi (24 juni) kasihan basah melulu keringatan. Sehari sebelumnya gak boleh sama bapaknya dipotong, setelah lihat sendiri anaknya uring-uringan keringatan no comment saya potong rambut Ben.

Benjamin rewel melulu. “Heiß (panas)” katanya. Saya bilanglah “di Indonesia begini Ben panasnya tiap hari. Di jerman untung panas gila cuma 2-3 bulan“. Eh bapaknya nyamber “AC di indonesia bagus” hahaha tapi kan mahal kali listriknya sahut saya.

Dalam sehari minimal 4x mandi si Ben, eh berendam sih tepatnya. Mandi pakai sabunan sekali saja, lainnya hanya siram air 15 menitan, klo mandi sama bapaknya bisa 30 menit, mentang-mentang air termasuk uang kontrak rumah ya hehe. Gak perlu pakai sabun tiap kali mandi karena sabun mengikis lemak kulit malah nantinya jadi kering dan bersisik kulit kita.

Sebelum tidur kita basahin badan dan rambut lagi supaya bisa tidur nyenyak. Kata mama saya apa gak masuk angin tuh si ben?. Shower kita bisa diatur panas dinginnya. Airnya gak sedingin air di indo πŸ˜€ .

Kalau musim panas nih tempat mandi tutup lubangnya isi air bisa berendam deh si Benjamin 2016-06-23

Kalau musim panas nih tempat mandi tutup lubangnya isi air bisa berendam deh si Benjamin 2016-06-23

 

Biasanya Benjamin tidur siang bisa minimal 3 jam. Nah 23-24 juni sama sekali tidak tidur siang karena kamarnya panas sekali, bukan cuma kamar dia tapi seluuruh ruangan rumah kita.

Tahun lalu keringat saya bercucuran, tahun ini belum keringatan.

Kalau malam jendela kita buka lebar, sudah pasang kasa nyamuk. Dini hari sejuk banget, tidur nyenyak.

23 juni Ben cuma bertahan tidur malam 1 jam dikamarnya. Dia nangis saya pegang rambutnya basah keringatan. Saya bawa ke ranjang saya, langsung tidur pulas. Kamar ben ada Rollladen (roller door) tahun lalu pernah sekali diturunin bapaknya, tahun ini bapaknya gak mau turunin lagi karena berat sekali. Lama putar nuruninnya pakai tang. Sudah hampir rusak, kuatirnya kalau dipaksa beneran rusak, ntar kita harus ganti kan. Jadi saya tutupi kardus tebal saja. Musim dingin kedinginan, summer kepanasan hehe.

Jendela dan semua rolladen yang kena matahari pagi kita turunin mulai jam 8 pagi, supaya sejuk dalam rumah bertahan. Sedangkan kamar mandi dan dapur kena matahari sore mulai jam 3 kita turunin 2 jam sebelumnya. Matahari sore lebih gila lagi panasnya.

Jangan siram tanaman lagi kalau sudah kena matahari, karena air yang tertinggal membuat daun tanaman jadi terbakar (gosong) ini beneran pengalaman pribadi.

Saya menyiram tanaman begitu bangun tidur 6.30 – jam 7. Malam hari juga saya siram. Kalau malam daun-daunnya sengaja saya siram supaya daun-daun tanaman tidak kering sekali, kalau kering berhari-hari bisa kena spider mite (Hama labah-labah mini pink) . Nih laba-laba mini merah suka bersarang kalau cuaca kering dan panas, tahun lalu cuma satu dahlia yang sempat berbunga padahal nanam lebih dari 5 jenis. Saya berkali-kali botakin buang daun-daun dahlia karena diserang hama ini.

beberapa tanaman yang kena matahari sore di balkon belakang saya tutupi kain putih tipis (vlies) atau bisa juga pakai koran, kalau tidak dilindungi tanaman ada bagian daun yang gosong (kebakar) πŸ˜₯ . Tanaman tomat-tomat saya kena matahari pagi dan siang saya tutupi kain tipis juga.

Kebun di balkon belakang, sudah dirapikan jadi ada sedikit tempat buat melangkah. Bahagia semalam habis hujan deras, jadi sejuk nih. Foto  25.06.2016

Kebun di balkon belakang, sudah dirapikan jadi ada sedikit tempat buat melangkah. Bahagia semalam habis hujan deras, jadi sejuk nih. Foto 25.06.2016

 

Hampir setiap hari makan es krim. Kalau di toko sudah naik harganya, tahun lalu masih 90 cent sekarag 1 euro satu sendok es gilee bener, mendingan kita beli di supermarket. Klo pengen banget yang ditoko ya kita beli soalnya enakkk banget loh rasanya πŸ˜€ .

Tiap hari nyuci lalu jemurin diruang tamu, lumayan bisa membuat adem ruangan, dari kelembapan ruang normal 50 an begitu jemur cucian bisa 60 an.

Nyetrika tunggu numpuk banyak dulu. Nunggu semangat 45 juga haha. Baju-baju rumah tidak pernah saya setrika.

Bapak dan anak pakai kolor aja, atau Ben sering pakai diaper aja, dia tidak mau pakai celana, kadang saya tidak pakaikan diaper ya gitu deh selalu telat bilang basahnya keburu keluar baru bilang.

Enaknya di jerman nih kalau 2 hari panas eh hari ketiga hujan. Seminggu panas minggu depannya hujan. Dari akhir mei hingga pertengahan juni hujan melulu hampir tiap hari, padahal sudah summer. Saya sih bersyukur aja kalau hujan daripada panas gila kan, tapi kalau hujan melulu ketar ketir juga kuatir tanaman berumbi seperti dahlai atau gladiol akan busuk. Tanaman tomat harus ditutupi plastik daun-daunnya akan busuk kalau kena air melulu.

Gaya musim panas anti pakai baju panas katanya. 2016-06-25

Gaya musim panas anti pakai baju panas katanya. 2016-06-25

 

Walau panas jalan-jalan tetap merupakan keharusan buat Ben. Saya sebenarnya malas keluar rumah klo panas, tp nih anak rewel klo tidak lihat jalanan. Kita beberapa hari ini jalan-jalan tanpa tujuan cuma keliling aja naik bus 771 dan 772 .. tiap rute 15 menitan. Sudah 3x keliling si Ben masih tetap pengen muter-muter tidak mau turun. Teriak pas saya mau taruh kereta dorongnya. Asyik sih kalau jalan-jalan naik bus karena adem bus nya kan pakai ac πŸ˜€ .

Kalau naik bus stroler taruh tempat khusus, saya dan ben duduk di bangku yang tinggi. Senang dia lihat-lihat pemandangan. Anak kecil tuh ngoceh melulu ya, semua dikomentarin, walaupun saya tidak ngerti 100% bahasa Benjamin saya sahutin aja deh hebe.. klo ada penumpang turun Ben bilang tschuss da da kiss bye pakai tangan.

Banyak sekali supir sudah hapal wajah kita karena tiap hari kita beredar melulu, saya jadi tidak perlu tunjukin kartu tiket saya. Ada beberapa supir yang balas lambaian ben, kalau Ben bilang tschuuss da da da .. nih anak heboh kencang ngomongnya, yang lihat pasti ketawa πŸ˜† .

Saya lebih suka kedinginan (winter) daripada musim panas. Kalau dingin masih bisa pakai baju tebal nah kalau summer begini biar kata telanjang tetap aja panas πŸ™ .

Benjamin  kembali ceriah dan mau pakai celana dan baju lagi. Suhu luar 20 derajat c, sebelumnya selama 2 hari 23-24 Juni suhu mirip suhu oven. Fyi lengan Ben biru bukan kdrt ko, ceritanya kameraku rusak dari april ada titik hitamnya di tengah. Tadi edit online gambarnya lah ko malah hasilnya parah ya hahaha

Benjamin kembali ceriah dan mau pakai celana dan baju lagi. Suhu luar 20 derajat c, sebelumnya selama 2 hari 23-24 Juni suhu mirip suhu oven. Fyi lengan Ben biru bukan kdrt ko, ceritanya kameraku rusak dari april ada titik hitamnya di tengah. Tadi edit online gambarnya lah ko malah hasilnya parah ya hahaha

 

Puji Tuhan akhirnya ramalan cuaca bener terjadi, 25 juni dini hari jam 1.30 hujan deras sekali. Untung kemaren belum siram tanaman, lumayan dapat air gratis dari langit haha :mrgreen: . Saya terbangun karena suara ribut hujan. Matikan deh kipas di kamar Benjamin.

Pagi hari ini 25 Juni bahagia sekali adem sekali, semoga cuaca sejuk begini bertahanlah paling tidak semingguan ya. Enak bisa lepas rambut lagi tidak perlu di ikat tinggi melulu πŸ˜€ .

Pemandangan kebunku di Balkon. Bahagia banget semalam habis hujan deras jadinya sejukk. 25.06.2016 potret jam 9.50

Pemandangan kebunku di Balkon. Bahagia banget semalam habis hujan deras jadinya sejukk. 25.06.2016 potret jam 9.50

Advertisements

81 thoughts on “Derita Musim Panas 2016

  1. mama ben di rumahku juga panas banget klo ga hujan2.. untuk mengurangi panasnya di depan rumah sya tanam pohon anggur.. lumayan daunnya klo lagi lebat bisa adem dalem rumah

      • kata ayahku klo pohon anggur harus kena panas matahari full?? tp mgkn klo kena salju mati ya.. heheee… mgkn solusinya biar adem klo musim panas di kasih tirai bambu.. tp di jerman mgkn susah carinya klo di indonesia byk yg jual keliling

  2. mbaaa mbaa… kita sama pikirannya… kalo winter bisa pake baju tebel berlapis, bdn pasti anget.. lah kalo panas, ga bisa di dinginin ;p. makanya mbak, aku ga prnh mau liburan ke negara 4 musim, saat summer.. ogah bgt.. selalu aja dsember, ato january ato feb.. pernah sekali Nov pas ke berlin, tp untungnya suhunya udh 4 derajat, jd aku seneng ga kepanasan ;p

    aku tipe ga kuat panas mbak.. pusing kalo kelamaan.. di kantor aja,mending makanan dibeliin OB drpd aku hrs keluar panas2an ;p

  3. Untungnya ada hujan juga ya, kalo panas terus kasian tanemannya πŸ™ klo cowok mah enak bisa koloran, lah cewek masa mau bikinian ngider2 di dalem rumah disangka mau ngapain coba :’D

    Oia, panas di tempat mb nella cenderung panas kering atau panas lembab kaya disini ya? Aku mikir walaupun summer tapi anginnya dingin dan kenceng (lagi cari outfit yg pas buat ke west europe awal agustus) πŸ˜› ujung-ujungnya nanya

    Utie

    • Hai Princhesta, mungkin ada kali yg berbikini dirumah drpd gak tahan panasnya kan πŸ˜€ .

      kalau tahun lalu sudah panas anginpun sama sekali gak ada, prnh sampai jam 10 malam gak ada angin, tersiksa gak bisa tidur pdhl sdh buka jendela dan pintu. Nah klo thn ini angin masih bertiup. Klo malam aja yg sejuk anginnya, klo siang panas juga angin yg bertiup makanya jendela kita tutup rapat.

      Bulan agustus masih panas, puncaknya terakhir panas ya bulan tersebut. Tapi kadang ya klo sdh panas berhari-hari bakalan turun hujan loh, semoga Princhesta pas lagi sejuknya datang hehe πŸ˜€ .

  4. Iyaaah, sempat panas banget yaaa, sekarang sepertinya sudah mulai adem. Kalo panas dan ga ada angin itu berasa banget deh, jendela dibuka pun ga ngaruh.

    SI Ben udah gede yaaa, sama ama di sini, anak anak males pakai baju kalo panas (asal di dalam rumah aja) hihihihi….

    Envy iiiih mba Nel sama dirimu, rajiiiin dan konsisten berkebun. Aku suka lupa nyiram soalnya, ujung-ujungnya mati deh tuh pohon >_<

    • Hai Mel, untungnya cuma 2 hari aja panasnya, setelah itu hujan deras dan sampai skrg mentok paling 27 derajat c . Klo kita malam baru buka jendela Mel, klo siang semua jendela tutup berikut rolladennya spy didalam adem. Klo siang dibuka anginnya panas hehe..

      iyalah dirumah aja gak pakai baju πŸ˜€ eh tapi aq pernah lihat org dewasa naik mobil gak pakai baju hadehh musim panas jadi serba terbuka haha.

      Berkebun kan hobi spy aq juga bahagia di Jerman sini hihi, klo kamu kan pinter masak sama lah yg penting ada hal yg bikin kita betah di negeri orang. Btw Lebaran kamu sekeluarga bakalan ke tanah air Mel?.

    • Hahahaha kamu juga ganteng ngemesein kak, terima kasih kak Cum kata si Ben πŸ˜€ . klo lewat jam 12 siang makin naik suhunya bisa nyampe 40 drajat C Cum .. moga2 thn ini jangan deh. Sdh 2 hari ini asyik mendung2 πŸ˜€ .

  5. Di Indonesia habis kena El Nino Mbak, kekeringan panjang sampai ngefek banget ke sektor pertanian. Nah sekarang abis EL Nino ada La Nina πŸ˜€ kemarau basaaahhh, biar pun musim panas tapi hujan suka turun. Udah gitu banyak petir dan hujannya dadakan, hujan dadakannya duereeessss bunageett :3

  6. Mbak Nellaaaa panas banget ya 😭. Baru merasakan juga yang namanya summer, brrrr… Kadang kalo udah gt kangen Indonesia yang dua musim aja ya. Salam buat Ben dan tanaman2 cantiknya😊

  7. Di tempatku (Jepara) sminggu ini mendung mba..kadang hujan..huhu..padahal Indonesia bulan juni kan haruanya musim kemarau ya..tiap hujan muterin musikalisasi puisi hujan dibulan Juni..
    eh Ben tambah ganteng….πŸ˜‰

  8. ekstrim ya mbak panasnya. tapi sebel juga deh pas kemarin ujan sepanjang hari jadi gak males kemana-mana. tapi hari ini cerah sih, pagi aja udah 26. hehehhehe ngomong-ngomong soal kolor #samaaa. berabe juga klo mendadak ada yg datang.

    btw kita ekstra beli ventilator, dua kali sommer kemarin ventilator yg kita incer ausverkauf terus.

    salam
    /kayka

    • Hai mbak Kayka, ditempatku hujannya pas dini hari mbak, deras banget. Pagi-pagi ke balkon sejuk sekali :mrgreen: . Hahaha soal kolor, kadang2 malah polos tanpa kolor mbak klo habis dia mandi gitu. Nih wohnung kita hordengnya ala kadarnya, sdh berulang kali dibilangin ntar keliatan dari sebrang tetap aja suami cuek bebek hahaha. Klo ada yg datang kita gak merasa janjian ada tamu gak dibukain pintu hehe πŸ˜€ .

      Sama pengalaman kita mbak, thn lalu mau beli kipas yg model biasa aja habis loh, kita ke media markt. Masih ada cuma Dyson Turmventilator, ya mau gak mau terpaksa beli, lumayanlah selain bisa sbg kipas, pas winter bisa jadi penghangat ruangan juga.

      • wah kebalik ya.

        hihihi kog sama sih. kapan itu sayanya yg gak siap pas tetangga ngebel. yg ada suami yg bukain pintu.

        menurut pengamatan saya klo gak terlalu dekat jendela gak kliatan kog mbak nel. sama satu lagi jgn nyalain lampu klo ini bener-bener spt aquarium πŸ˜€

        wah sayang saya kog ya gak kepikiran beli kipas yg bisa jadi penghangat ini ya…. #bt

        salam
        /kayka

        • Klo ada yg ngebel saya langsung ngintip dari kaca dapur bisa lihat kebawah, prnh bbrp kali ada org ga diharapkan, ada sales dan prnh ada minta sumbangan, saya gak enak nolaknya klo keburu dibukain πŸ˜€ . Iya sih mbak kdg saya ngetes lihat rumah org pas dijalanan ga keliatan dalamnya, tp diriku parno aja hihihi πŸ˜€ .

  9. Wiiih gitu ya musim panas di sana, ini puncaknya ya Kak?
    Ngomong-ngomong udah lama banget nggak blogwalk ke sini lagi, tau-tau pas baca post ini Baby Bennya udah gede ya di foto

  10. cieee….Ben rambut baru, tambah ganteng deh,hehe kasian dia kepanasan ya mbak. Disini ujan udah semingguan ini jadi suami happy gak mandi keringat, kalo panas pasti dia mulai komplain lagi πŸ˜€

    • Hai Adhya saya cukur lagi rmabut Ben kasihan basah keringat melulu, pengen potong lebih pendek kuatir bpknya ngomel haha. Klo sering hujan baguslah jadi gak panas banget. Suamimu klo komplain panas bilang mau balik ke Itali ga? hehe πŸ˜€ .

      • ahahaha untungnya sampe sekarang blom pernah bilang mau balik mbak Nell, bisa berabe ini klo dia komplain mau balik kekepin koper, makanya AC di kamar mode On setiap saat :-D, bukan cuman untuk dia sih, untuk saya juga, brp tahun tinggal di yurop balik indo lagi lumayan berasa panasnya juga,hehe

  11. Wah panas banget berarti ya Nel ditempatmu. Bersyukurnya di Den Haag cuaca sejuk, bersyukur karena Ramadan jadinya ga kerasa, tapi kalau mengingat sekarang adalah musim panas jadinya agak khawatir juga karena perubahan cuaca. Tapi mengingat ini Belanda, jadinya ga kaget karena memang cuacanya seringan mendung dan hujan meskipun musim panas. Tahun kemaren yg puanass banget sampai 38 derajat, kerasa haus pas puasa πŸ˜… Nel, disini ada es krim murah, 40 cent, di Ikea haha makanya kami sering ke Ikea cuman buat beli es krim.

    • Hai Den bersyukurlah klo ditempatmu sejuk ya, apalagi klo angin bertiup nyaman banget rasanya. Lah ini ditempatku sdh panas gak ada angin kesel jadinya haha. Murah bangett 40 cent. Ikea jauh dari tempatku 30 menitan keluar ongkos dulu baru dapat yg murah hehe.

  12. Duh di inggris selatan 2 minggu penuh ujaaaan mulu ini td bersinar eh hujan lagi…bunga mawarku yg cantik warna warni kena guyuran hujan pas mekar2nya lgsg jadi jelek 😠

  13. Waah panas sekali ya mba sampai ben harus diguyur 4 kali sehari.. Jadi inget cerita suami aku dulu pas masih di Jerman dia puasa di sana itu berat banget, panas minta ampun, terus puasanyaa juga jadi lamaaa, berbuka jam 10 malem terus entar jam 2 udah harus sahur n puasa lagi..

  14. Musim panas di Ireland kali ini cm max23 (bbrp minggu lalu)…itu pun saya sudah merasakan panas sekali…apalagi sekarang Ramadhan ..jd tambah komplit deh πŸ™ udh panas dan panjang lagi nungguin buka nya.. Untung nya panas di Ire tdk pernah exstrim ky di Eropa lain nya..3thn yg lalu pernah ngerasain 33.(2 hari saja). Skrg sdh mulai stabil max 16 lah..dan ini adalah suhu yg ideal buat saya πŸ™‚ ..Susah ya Nel …..dingin ga mau kedinginan..panas gak mau panas bgt …heheh maunya apa nih kata Tuhan .. πŸ™‚ Happy summer ya

  15. Ternyata di eropa atau negara 4 musim cuacanya ekstrim menurut saya. Biarpun gitu saya masih penasaran sama salju. Rasanya pingin banget ujan-ujanan salju ha ha ha……

  16. haha.. iya, aku juga lebih seneng winter daripada summer, alasannya sama, kalo dingin bisa pake baju banyak berlapis-lapis, kalo panas ya udah tinggal pasrah aja gegoleran XD

Leave a Reply