Untung Rugi Mengganti Permalink Blog

Untung Rugi Mengganti Permalink Blog. Sejak blog saya pindah ke self hosted akhir Oktober 2016, saya lebih banyak pusingnya 😥 . Mau tidak mau terpaksa harus belajar banyak hal karena di self hosted ibaratnya harus mau tangan kotor buat mengurusi blog, beda halnya saat masih di wordpress.com kita hanya mikir mengisi blog dengan konten yang baik dan urusan mempercantik blog atau SEO blog adalah tugas happiness engineer wp.

What is a permalink WordPress?

Permalinks are the permanent URLs to your individual pages and blog posts, as well as your category and tag archives. A permalink is the web address used to link to your content. The URL to each post should be permanent, and never change — hence the name permalink.

Settings Permalinks Screen « WordPress Codex

https://codex.wordpress.org/Settings_Permalinks_Screen

Sebelum pindah ke self hosted saya tertarik (penasaran) kalau baca blog yang judul tulisannya tanpa tanggal, bulan dan atau tahun, jadi hanya nama blog dan judul tulisan, menurut saya kesannya keren dan artikel jadi tidak keliatan basi walaupun misalnya dibaca 2 tahun kemudian.

Perhatian: Pengguna wordpress.com tidak bisa mengganti Permalink Blog, jadi tulisan ini untuk self hosted atau bloger wordpress com yang pindah ke self hosted. Saya beritahu diawal supaya kamu tidak merasa terjebak sudah baca sampai akhir eh ternyata tidak bisa mengganti Permalink Blog kamu hehe
(Baca: Permalink changes – Forum WP.com )  .

Permalink pengguna wordpress.com menggunakan  pengaturan Day and name ( misal: https://namablog/2017/02/22/judul-tulisan-artikel )

Untung Rugi Mengganti Permalink Blog

Permalink Awal Bawaan dari WordPress.com ada tahun, bulan dan tanggal lalu judul artikel, katanya Permalink begini tidak seo friendly

 

Bagaimana cara ganti Permalink Blog supaya SEO friendly?

Ganti Permalink Blog kamu dari yang awalnya pakai angka menjadi judul postingan saja. Cara gantinya:

Dasbor blog – pengaturan (Setting) – Permalinks – pilih post name lalu dibagian bawah klik simpan (save change).

Cara Merubah Permalink Settings WordPress Self Hosted supaya SEO friendly

Cara Merubah Permalink Settings WordPress Self Hosted supaya SEO friendly

 

Begitulah tutorial dari beberapa blog yang saya baca dan saya praktekkan.

Eh ternyataaaa …

Drama terjadi haha ..

Sahabat berkebunku mba Ami kirim email bilang dia kan daftar newsletter blogku dan klik link cerita baru blog saya nah tuh linknya di klik tapi postingan/judul cerita tidak ditemukan (broken link).

Setelah ganti permalink saya tes daftar newsletter blog sendiri eh ternyata broken link, harus cari ilmu lagi deh

Setelah ganti permalink saya tes daftar newsletter blog sendiri eh ternyata broken link, harus cari ilmu lagi deh

 

Saya coba tes daftar newsletter blog sendiri dan memang ternyata setelah ganti Permalink ko link di newsletter tidak bisa dibuka. Beberapa blog yang saya baca kasih tutorial bagaimana sih apa mereka tidak tes dulu? Hiks 🙁 .

Terpaksa saya kembalikan Permalink Blog ke pengaturan semula yang ada tahun, bulan dan tanggal sambil saya cari tahu lebih lanjut bagaimana mengganti Permalink Blog yang benar dan baik.

Browsing sana sini nah singkat cerita lagi baca-baca banyak artikel belajar Adsense di blog Juragan Cipir ketemulah satu judul mengenai mengganti  Permalink,  Cara Mengganti Permalink WordPress Tanpa Hilang Trafik .

Saya jadi tahu kesalahan saya sebelumnya, ternyata harus nambahin kode tertentu di htaccess cp panel hosting blog saya.

Blog saya hosting pakai one.com.

Pertama masuk ke cp panel hosting lalu file manager dan pilih htaccess tambahkan kode berikut ke bagian atas htaccess nya:

RewriteEngine on

RedirectMatch 301 /([0-9]+)/([0-9]+)/(.*).html$ /$3/

Masuk cp panel hosting pilih htaccess masukkan kode untuk ganti Permalink Blog

Masuk cp panel hosting pilih htaccess masukkan kode untuk ganti Permalink Blog

 

Setelah berada di htaccess masukkan kode untuk ganti Permalink Blog. Kode taruh dibagian paling atas

Setelah berada di htaccess masukkan kode untuk ganti Permalink Blog. Kode taruh dibagian paling atas

 

Ternyata ..

Lagi lagi drama besar terjadi

Hahaha 😯

Semua postingan sudah hilang angkanya, namun kalau gambar pada postingan/artikel di klik maka muncul kode 404 Not Found Error halaman tidak ditemukan.

Saat gambar akan dimasukkan ke artikel ada beberapa pilihan tampilan, ada yang bisa dikasih url gambar dan ada yang polos artinya kalau gambar di pasang di artikel/tulisan tidak akan bisa diklik. Nah untuk postingan semacam ini tidak menjadi masalah dengan kode diatas yang dimasukkan ke htaccess.

Jadi masalah besar buat saya karena sejak awal ngeblog saya hampir selalu aktifkan klik pada gambar, karena saya tidak tampilikan gambar dalam ukuran penuh pada artikel-artikel blog saya.

Selama 2 minggu saya perbaiki manual gambar-gambar di artikel blog, mabokkk deh karena saya kan sering sekali masukkan banyak foto-foto pada tulisan saya. Nah jadi semua gambar saya ubah pengaturannya tidak bisa diklik, saya buat tampilan ukuran penuh.

Artikel blog sudah ada sekitar 600 judul, saya pilih postingan yang merupakan tops post duluan untuk perbaiki manualnya. Jujur saja saya jadi enek haha karena banyak sekali yang harus dikerjakan.

Oke deh baca sana sini blog tutorial self hosted lagi ..

Di akhir tahun 2016 saat saya baca-baca yoast.com ketemu jawabannya. Puji Tuhan! Ketemu artikel permalink helper yoast.com https://yoast.com/research/permalink-helper.php

Dapat kode berikut:

RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/([0-9]{2})/(?!page/)(.+)$ https://www.pursuingmydreams.com/$4

Suksessss semua gambar kalau di klik ke direct langsung ke Permalink post a name baru uhuyyy 😉 . Girang bukan kepalang karena tidak perlu perbaiki semua gambar lagi secara manual, kalau gambar-gambar postingan di klik akan terbuka otomatis dan hilang kode 404 Not Found Error jadi bounce rate blogku akan bisa stabil lagi.

Baca juga: Bounce Rate Apa Gunanya buat blog

Postif negatifnya mengganti Permalink Blog

Positif:

  • Tulisan (blog) menjadi SEO friendly  https://yoast.com/seo-friendly-urls/ akan bagus di mesin pencari karena kode tanggal post hilang.
  • Kesannya artikel tidak basi karena sudah tidak ada tanggal. Dibaca 2 tahun kemudianpun untuk postingan tips-tips kesannya up to date.

 

Negatifnya:

  • Trafik akan anjlok beberapa minggu atau bulan karena mesin pencari akan melakukan penyesuaian ulang (index ulang) post yang ada kode tanggal menjadi nama (name post) saja. Mungkin ada juga blog yang tidak mengalami penurunan trafik (mohon konfirmasi di komen ya benar atau tidak) kalau blog saya trafiknya jadi terjun bebas turun 50% haha. (Ditambah selama 2 bulan saya hilangkan feeds blog saya https://en.support.wordpress.com/feeds/ , trafik makin hancur haha, kalau ada waktu akan saya ceritakan topik ini ya)
  • Share artikel yang sudah pernah dilakukan waktu belum mengganti permalink maka setelah permalink  diganti menjadi Post name (tanpa tanggal, bulan atau tahun) maka angka sharenya akan hilang karena dianggap sebagai artikel baru. Social tools menghitung share dari url aslinya. Pantas saja banyak sekali artikel top saya polos jumlah angka sharenya. Contoh judul heboh tanaman dolar penyebab leukimia yang mematikan, waktu url asli dari wp.com yang Permalink masih dengan tanggal sudah diangka 1.000 share, nah pas saya ganti Permalink ke post name jadi polos (nol) angka share nya  haha ibaratnya ngisi bensin petugasnya akan bilang dimulai dari angka nol ya pak haha. Banyak postingan top saya polos deh angka sharenya.
  • Mengganti Permalink akan membuat “like” tulisan menjadi nol. Akan menghitung dari awal lagi. Kalau komen tidak berpengaruh tetap terpajang.
  • Perubahan Permalink hanya akan mengganti seluruh judul postingan saja secara global, namun untuk gambar di setiap postingan kalau di klik pembaca (misal mau lihat ukuran besar) nah jadi broken link “Oops! That page can’t be found” Karena gambar tersebut masih ada tanggalnya. Akhirnya setelah baca artikel dari yoast.com dan pakai kode baru dari yoast.com masalah saya ini terpecahkan.

 

PERHATIAN: Kalau blogmu sudah berumur lebih dari 6 bulan dan atau sudah ada banyak sekali tulisan sebaiknya JANGAN ganti Permalink blogmu, karena ternyata lebih banyak negatifnya di awal. Namun kalau kamu berani ambil resiko trafik anjlok silakan dilakukan.

Mengganti/membuat Permalink menjadi Post name bagus dilakukan kalau kamu buat blog baru (self hosted), bukan pindahan blog dari wordpress.com ke self hosted seperti yang saya lakukan ini, apalagi kalau artikelnya sudah diatas angka 100 ya siap-siap banyak kerjaan ngedit ini itu.

Untuk menghindari kode 404 Not Found Error halaman tidak ditemukan saya pakai plugin All 404 Redirect to Homepage plugin ini perlu kalau artikelmu saat pindahan ke self hosted sudah banyak jumlahnya.

Tertarik membuat blog self hosted seperti saya?. Konon katanya membuat blog self hosted ribet kan. Nah baca deh artikel ini Cara Membuat Blog dengan Mudah. Pada artikel tersebut detail sekali dan mudah dipahami panduannya dari awal membuat blog sampai blognya online alias bisa diakses pembaca.

Sumber bacaan kalau ada yang tertarik:

 

Advertisements
Advertisements

46 Comments

  1. Rahmabalcı April 28, 2018
  2. Girindra Wiratni Puspa November 24, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 24, 2017
  3. jessmite May 26, 2017
      • jessmite May 28, 2017
  4. Omar Ramlee May 17, 2017
  5. Omar Ramlee May 16, 2017
  6. Girindra Wiratni Puspa May 15, 2017
  7. Prih May 9, 2017
  8. Omar Ramlee May 9, 2017
      • Omar Ramlee May 10, 2017
          • Omar Ramlee May 14, 2017
  9. ysalma May 8, 2017
  10. ZHARND May 8, 2017
  11. monda May 7, 2017
  12. Imam Fahrudin May 7, 2017
  13. shiq4 May 7, 2017
  14. aftri May 7, 2017
  15. Fiberti May 7, 2017
  16. siti May 7, 2017
  17. Triyanto banyumasan May 7, 2017
  18. ayanapunya May 7, 2017
      • ayanapunya May 7, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: