Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

Saat ini apakah ada perbaikan dari layangan pos tanah air?. Kalau cerita yang negatifnya nanti dibilang tidak nasionalis, tidak cinta produk Indonesia. Namun kenyataannya kalau masuk ke facebooknya pos Indonesia banyak yang komplain tuh, banyak yang ngamuk-ngamuk tanya paket mereka https://www.facebook.com/posindonesia .

Kalau saya kirim-kirim paket. Kalau masih maksimum 1 kg kirimnya dengan layanan surat (Brief International) kemudian gunakan yang tercatat (Einschreiben). Eh untuk berat sampai 2 kg masih bisa masuk kategori kiriman surat, tapi kalau sudah diatas sekilo mahal sih, apalagi kalau masuk kategori paket biayanya 1 kg bisa 25 Euro.

Di Jerman kalau paketnya maksimum sekilo biayanya 9,5 Euro, lalu beli dusnya dari kantor pos supaya kuat dan ukurannya sesuai peraturan pihak pos. Harga dus tergantung ukurannya. Ada yang 1,49 Euro, 1,69 Euro dan lain-lain. Selalu gunakan yang pos tercatat supaya bisa dilacak keberadaan barangnya melalui internet.

Model Slip Pengiriman Surat atau Paket dari Kantor Pos Jerman

Model Slip Pengiriman Surat atau Paket dari Kantor Pos Jerman

Pada gambar saya beri no. 1-3

1.Isi paketnya sebagai apa?, beri tanda silang. Geschenk = hadiah ; Dokumente = dokumen ; Warenmuster = contoh barang ; Sonstiges = lainya. Kalau kirim paket saya pilih sebagai hadiah.

Saya baru tahu loh kalau barang masuk bea cukai, nilai pajaknya bisa minta dinego. Saya baca ceritanya mbak Siti di blog dia. Suaminya kirim paket dari Amerika berupa alat-alat buat bertukang seperti obeng, driller dan sejenisnya yang beratnya 8 kg.

Bule tuh memang kebanyakan jujur ya, nilai barang selalu ditulis tinggi gitu, kalau kita sih tulis serendah-rendahnya supaya pajaknya tidak mencekik hehe 😀 .

Nilai barang ditulis 300 USD, yang mana pajaknya katanya Rp.540.000 setelah perjuangan yang membosankan pastinya (bolak balik dan pimpong sana sini) akhirnya pajaknya diterima Rp.150.000. Tahu ga sih yang bikin saya ketawa pas baca blog mbak Siti. Masa kuintansi cuma ditulis di selembar kertas HVS kosong, apa bisa dipertanggung jawabkan itu duit pajak yang sudah diberikan, atau malah masuk kantong penerimanya?. Entahlah ..

Saya mau cerita yang lain-lain lagi sih, tapi berhubung sudah kepanjangan. Jadi lain kali saja ya cerita mengenai kiriman pos.

Sebagai penutup saya pernah baca ini perhitungan pajak barang masuk Indonesia http://ems.posindonesia.co.id/custom.html Peraturan ini entah berjalan atau tidak 😀 .

Jawaban Calon Customerku ini bikin saya semangat lagi

Jawaban Calon Customerku ini bikin saya semangat lagi

Apakah kamu punya pengalaman kirim barang atau menerima barang luar negeri melalui kantor pos? Sukses atau malah kena palak?. Cerita suksesnya dibagikan dong?. Cerita yang kena palak boleh juga cerita di sini ko 🙂 .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

191 Comments

  1. Nurlisnn.Ksf January 13, 2019
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 24, 2019
  2. Saelan September 11, 2018
  3. Tiaraaaa June 9, 2018
  4. chaca ramadhani May 21, 2018
  5. Theresia Pinasthi March 28, 2018
  6. caista October 17, 2017
  7. caista October 17, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen October 18, 2017
      • Darman December 29, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: