Terima Paket dari Luar Negeri, Senang atau tidak?

Saat ini apakah ada perbaikan dari layangan pos tanah air?. Kalau cerita yang negatifnya nanti dibilang tidak nasionalis, tidak cinta produk Indonesia. Namun kenyataannya kalau masuk ke facebooknya pos Indonesia banyak yang komplain tuh, banyak yang ngamuk-ngamuk tanya paket mereka https://www.facebook.com/posindonesia .

Kalau saya kirim-kirim paket. Kalau masih maksimum 1 kg kirimnya dengan layanan surat (Brief International) kemudian gunakan yang tercatat (Einschreiben). Eh untuk berat sampai 2 kg masih bisa masuk kategori kiriman surat, tapi kalau sudah diatas sekilo mahal sih, apalagi kalau masuk kategori paket biayanya 1 kg bisa 25 Euro.

Di Jerman kalau paketnya maksimum sekilo biayanya 9,5 Euro, lalu beli dusnya dari kantor pos supaya kuat dan ukurannya sesuai peraturan pihak pos. Harga dus tergantung ukurannya. Ada yang 1,49 Euro, 1,69 Euro dan lain-lain. Selalu gunakan yang pos tercatat supaya bisa dilacak keberadaan barangnya melalui internet.

Model Slip Pengiriman Surat atau Paket dari Kantor Pos Jerman

Model Slip Pengiriman Surat atau Paket dari Kantor Pos Jerman

Pada gambar saya beri no. 1-3

1.Isi paketnya sebagai apa?, beri tanda silang. Geschenk = hadiah ; Dokumente = dokumen ; Warenmuster = contoh barang ; Sonstiges = lainya. Kalau kirim paket saya pilih sebagai hadiah.

2.Isi paketnya berupa apa?, jelaskan detailnya. Kanan nya kolom untuk berat paketnya dan paling kanan berapa nilai paketnya.

3.Tanggal dan tanda tangan kamu sebagai pengirim

Kenapa kirim dengan layanan pos tercatat?. Supaya bisa cek barangnya melalui internet. Di Jerman cek kirimannya di https://www.deutschepost.de/sendung/simpleQuery.html?locale=en_GB masukkan no pengiriman, tanggal, bulan dan tahun ke kolom tersedia. Biasanya dalam 2 hari sudah langsung terbang ko.

Contoh Resi Pengiriman dari Kantor Pos Jerman

Contoh Resi Pengiriman dari Kantor Pos Jerman

Setelah kira-kira 7-10 hari kerja. Cek barangnya sudah sampai di Indonesia di http://www.posindonesia.co.id kalau link pos Jerman diatas, paling untuk cek barang sudah keluar Jerman. Biasanya selalu “ga pakai lama” deh 2 hari juga sudah terbang, yang jadi masalah yang bikin lama tuh di Indonesia.

Kalau mau cek barang kiriman dari Luar negeri yang dikirim melalui Pos, masuk ke websitenya Pos Indonesia

Kalau mau cek barang kiriman dari Luar negeri yang dikirim melalui Pos, masuk ke websitenya Pos Indonesia

Seperti yang saya bilang diatas, kalau paket yang saya kirim maksimal 1 kg, jadi masuk kategori surat, yang mana kodenya adalah RT. Untuk kategori begini harusnya tidak perlu dibongkar-bongkar dong. Sayangnya tetap saja ada petugas yang mungkin terkagum-kagun dengan dus paketnya ko cakep banget motif bunga-bunga :D.

Kalau Kiriman Luar negeri dapat kode EMS alias masuk Bea Cukai siapin uang buat salam Tempel

Kalau Kiriman Luar negeri dapat kode EME alias masuk Bea Cukai siapin uang buat salam Tempel

Setelah cek di websitenya Pos Indonesia, kalau paket kamu tidak dapat kode EMS, ya selamat deh, tinggal duduk manis dirumah menunggu paketnya datang. Kalau dapat kode EME, ya harus ke kantor pos karena petugasnya mungkin mau ngopi-ngopi kali dengan pemilik paketnya, apapun bisa dimusyawarahin toh? 😐 .

Saya baru tahu loh kalau barang masuk bea cukai, nilai pajaknya bisa minta dinego. Saya baca ceritanya mbak Siti di blog dia. Suaminya kirim paket dari Amerika berupa alat-alat buat bertukang seperti obeng, driller dan sejenisnya yang beratnya 8 kg.

Bule tuh memang kebanyakan jujur ya, nilai barang selalu ditulis tinggi gitu, kalau kita sih tulis serendah-rendahnya supaya pajaknya tidak mencekik hehe 😀 .

Nilai barang ditulis 300 USD, yang mana pajaknya katanya Rp.540.000 setelah perjuangan yang membosankan pastinya (bolak balik dan pimpong sana sini) akhirnya pajaknya diterima Rp.150.000. Tahu ga sih yang bikin saya ketawa pas baca blog mbak Siti. Masa kuintansi cuma ditulis di selembar kertas HVS kosong, apa bisa dipertanggung jawabkan itu duit pajak yang sudah diberikan, atau malah masuk kantong penerimanya?. Entahlah ..

Saya mau cerita yang lain-lain lagi sih, tapi berhubung sudah kepanjangan. Jadi lain kali saja ya cerita mengenai kiriman pos.

Sebagai penutup saya pernah baca ini perhitungan pajak barang masuk Indonesia http://ems.posindonesia.co.id/custom.html Peraturan ini entah berjalan atau tidak 😀 .

Jawaban Calon Customerku ini bikin saya semangat lagi

Jawaban Calon Customerku ini bikin saya semangat lagi

Apakah kamu punya pengalaman kirim barang atau menerima barang luar negeri melalui kantor pos? Sukses atau malah kena palak?. Cerita suksesnya dibagikan dong?. Cerita yang kena palak boleh juga cerita di sini ko 🙂 .

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

193 Comments

  1. Aida ChourmainJanuari 3, 2021
  2. Nurlisnn.KsfJanuari 13, 2019
  3. DarmanDesember 29, 2018
  4. Emaknya Benjamin br. SilaenSeptember 11, 2018
  5. SaelanSeptember 11, 2018
  6. TiaraaaaJuni 9, 2018
  7. chaca ramadhaniMei 21, 2018
  8. Theresia PinasthiMaret 28, 2018
  9. caistaOktober 17, 2017
  10. caistaOktober 17, 2017
  11. pursuingmydreamsJanuari 18, 2014
  12. zeJanuari 18, 2014
  13. korryyulidhaJanuari 12, 2014
  14. pursuingmydreamsJanuari 12, 2014
  15. pursuingmydreamsJanuari 12, 2014
  16. pursuingmydreamsJanuari 12, 2014
  17. korryyulidhaJanuari 12, 2014
  18. korryyulidhaJanuari 12, 2014
  19. korryyulidhaJanuari 12, 2014
  20. korryyulidhaJanuari 12, 2014
  21. korryJanuari 12, 2014
  22. Fauziyah ChaeraniJanuari 11, 2014
  23. Fauziyah ChaeraniJanuari 11, 2014
  24. UZziwJanuari 11, 2014
  25. pursuingmydreamsJanuari 6, 2014
  26. reniJanuari 6, 2014
  27. pursuingmydreamsJanuari 4, 2014
  28. pursuingmydreamsJanuari 4, 2014
  29. ziyaJanuari 4, 2014
  30. Fauziyah ChaeraniJanuari 4, 2014
  31. wiedJanuari 1, 2014
  32. pursuingmydreamsDesember 31, 2013
  33. wiedDesember 31, 2013
  34. pursuingmydreamsDesember 22, 2013
  35. MagdalenaDesember 22, 2013
  36. pursuingmydreamsDesember 22, 2013
  37. pursuingmydreamsDesember 22, 2013
  38. adnanDesember 22, 2013
  39. MagdalenaDesember 21, 2013
  40. pursuingmydreamsDesember 21, 2013
  41. pursuingmydreamsDesember 21, 2013
  42. MagdalenaDesember 21, 2013
  43. adnanDesember 21, 2013
  44. tyasDesember 20, 2013
  45. pursuingmydreamsDesember 18, 2013
  46. tyasDesember 18, 2013
  47. pursuingmydreamsDesember 5, 2013
  48. adnanDesember 5, 2013
  49. pursuingmydreamsNovember 29, 2013
  50. Arin AjengNovember 18, 2013
  51. pursuingmydreamsNovember 18, 2013
  52. Arin AjengNovember 18, 2013
  53. pursuingmydreamsNovember 18, 2013
  54. pursuingmydreamsNovember 18, 2013
  55. annaNovember 18, 2013
  56. Arin AjengNovember 18, 2013
  57. pursuingmydreamsNovember 16, 2013
  58. rendiNovember 16, 2013
  59. pursuingmydreamsNovember 12, 2013
  60. bennyNovember 12, 2013
  61. annaNovember 6, 2013
  62. pursuingmydreamsNovember 6, 2013
  63. annaNovember 6, 2013
  64. korryyulidhaOktober 23, 2013
  65. pursuingmydreamsOktober 17, 2013
  66. adelinaOktober 17, 2013
  67. pursuingmydreamsOktober 17, 2013
  68. riniOktober 17, 2013
  69. pursuingmydreamsOktober 15, 2013
  70. korryyulidhaOktober 15, 2013
  71. pursuingmydreamsOktober 14, 2013
  72. korryyulidhaOktober 13, 2013
  73. pursuingmydreamsOktober 1, 2013
  74. idawatiOktober 1, 2013
  75. pursuingmydreamsSeptember 24, 2013
  76. JessiSeptember 24, 2013
  77. pursuingmydreamsSeptember 14, 2013
  78. prihSeptember 14, 2013
  79. pursuingmydreamsSeptember 13, 2013
  80. FaschaSeptember 13, 2013
  81. pursuingmydreamsSeptember 9, 2013
  82. pursuingmydreamsSeptember 9, 2013
  83. wiedSeptember 9, 2013
  84. wiedSeptember 9, 2013
  85. pursuingmydreamsSeptember 7, 2013
  86. pursuingmydreamsSeptember 7, 2013
  87. bettyphangSeptember 7, 2013
  88. pursuingmydreamsSeptember 7, 2013
  89. wiedSeptember 6, 2013
  90. edySeptember 6, 2013
  91. chris13jktSeptember 6, 2013
  92. pursuingmydreamsSeptember 6, 2013
  93. pursuingmydreamsSeptember 6, 2013
  94. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  95. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  96. Alid AbdulSeptember 5, 2013
  97. dedy oktavianus pardedeSeptember 5, 2013
  98. edySeptember 5, 2013
  99. SenandungLintangSeptember 5, 2013
  100. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  101. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  102. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  103. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  104. pursuingmydreamsSeptember 5, 2013
  105. rigaSeptember 5, 2013
  106. chris13jktSeptember 4, 2013
  107. liamartaSeptember 4, 2013
  108. kasamagoSeptember 4, 2013
  109. SenandungLintangSeptember 4, 2013
  110. Pendar BintangSeptember 4, 2013
  111. pursuingmydreamsSeptember 4, 2013
  112. pursuingmydreamsSeptember 4, 2013
  113. pursuingmydreamsSeptember 4, 2013
  114. Pendar BintangSeptember 4, 2013
  115. kasamagoSeptember 4, 2013
  116. nieeSeptember 4, 2013
  117. n1ngtyasSeptember 3, 2013
  118. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  119. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  120. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  121. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  122. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  123. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  124. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  125. nyonyasepatuSeptember 3, 2013
  126. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  127. ainulharitsSeptember 3, 2013
  128. PagittaSeptember 3, 2013
  129. PypySeptember 3, 2013
  130. liamartaSeptember 3, 2013
  131. Erit07September 3, 2013
  132. nieeSeptember 3, 2013
  133. adelinaSeptember 3, 2013
  134. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  135. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  136. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  137. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  138. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  139. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  140. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  141. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  142. pursuingmydreamsSeptember 3, 2013
  143. krisngeblogSeptember 3, 2013
  144. t3phSeptember 3, 2013
  145. MelissaSeptember 3, 2013
  146. adelinaSeptember 3, 2013
  147. ArmanSeptember 3, 2013
  148. avokadojuiceSeptember 2, 2013
  149. tammybrightenSeptember 2, 2013
  150. jesiccanastasiaSeptember 2, 2013
  151. Tami KunzSeptember 2, 2013
  152. emmachan24September 2, 2013
  153. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  154. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  155. sondangrpSeptember 2, 2013
  156. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  157. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  158. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  159. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  160. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  161. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  162. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  163. emmachan24September 2, 2013
  164. elamSeptember 2, 2013
  165. Ailtje BinibuleSeptember 2, 2013
  166. emmachan24September 2, 2013
  167. helenariestySeptember 2, 2013
  168. KSATRIO PINANDHITOSeptember 2, 2013
  169. nyonyasepatuSeptember 2, 2013
  170. nyonyasepatuSeptember 2, 2013
  171. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  172. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  173. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  174. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  175. Yani 雅妮September 2, 2013
  176. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  177. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  178. pursuingmydreamsSeptember 2, 2013
  179. ayanapunyaSeptember 2, 2013
  180. mondaSeptember 2, 2013
  181. PypySeptember 2, 2013
  182. edySeptember 2, 2013
  183. ini_dhitaSeptember 2, 2013
  184. anastasiaajengSeptember 2, 2013
  185. RereSeptember 2, 2013

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: