Tanamanku Subur Menggila karena

Salah satu contoh akibat kekurangan kalsium misal pada tanaman tomat dikenal istilah Blossom-End Rot (BER). Detail BER klik disini.

Bagian bawah tomat menghitam. Kondisi ini disebut Blossom-End Rot (BER).

Bagian bawah tomat menghitam. Kondisi ini disebut Blossom-End Rot (BER).

*****

Tanamanku Subur Menggila karena.. Memanfaatkan sampah sayuran dan kulit telur. Kompos begini membuat tanaman jadi subur sekali

Memanfaatkan sampah sayuran dan kulit telur. Kompos begini membuat tanaman jadi subur sekali

Ket foto:
No.1 saya mau nanam bibit bunga musim semi (Dafodil dan krokus).
No.2 saya siapkan pot untuk menanamnya, sampah dapur (sisa-sisa sayuran dll), kulit telur dan tanah (saya gunakan tanah kemasan beli dari retail tanaman).
No.3 pot saya isi dengan tanah, kemudian taruh sampah dapur, kemudian berikan tanah diatasnya agak banyak.
No.4 taburkan pecahan kulit telur
No.5 berikan tanah lagi diatas pecahan kulit telur
No.6 taruh deh bibit-bibit bunga yang mau ditanam, kemudian berikan tanah lagi. Siram air secukupnya.

3. Sisa-sisa tanaman yang sudah berbunga

Kalau sahabat berkebun melihat koleksi tanaman dan bunga-bunga saya banyak sekali. Iya jadi banyak kalau dikumpulkan semua :mrgreen: di negara 4 musim berkebunnya sesuai musim loh. Ambil contoh ada bunga-bunga musim semi seperti tulip, krokus, alium, hyacinthus dll. Bunga-bunga musim panas seperti gladiol, dahlia, lili, calla dll.

Ketika musim gugur bunga musim panasnya masih bertahan sampai sekitar awal bulan November. Musim dingin biasanya tanaman-tanamannya tidak istimewalah, warnanya hanya hijau, jadi saya bilang bunga rumput saja haha.

Nah setelah musim semi berakhir, saya siap-siap bongkar pot-pot bunga musim semi, saya butuh pot-potnya untuk menanam bunga musim panas. Bunga musim seminya seperti tulip sudah rontok bunganya lalu saya potong daun-daunnya lalu bersihkan umbinya dari daun dan akar-akarnya, lalu umbinya diangin-anginkan sampai kering (bisa sebulanan), setelah kering bungkus koran atau plastik berlubang-lubang kemudian simpan di gudang. Tahun depan mulai bulan September dikeluarkan untuk ditanam kembali. Daun-daun yang dipotong saya manfaatkan sebagai kompos untuk nanam bibit yang baru.

Musim panas berakhir, pot-potnya saya bongkar. Butuh potnya untuk tanam bibit-bibit bunga musim semi. Umbi-umbi bunga musim panas seperti dahlia, gladiol, calla dll saya bersihkan dari daun-daun dan akarnya dan diangin-anginkan, lalu simpan digudang. Daun-daun yang dipotong saya manfaatkan sebagai kompos untuk nanam bibit yang baru.

Kenapa pot-potnya dibongkar?. Seperti yang saya katakan diatas:
1.Saya butuh potnya untuk tanam bunga musim berikutnya.
2.Bunga-bunga musim semi akan tumbuh (berbunga) kembali tahun berikutnya. Jadi daripada potnya tidak terpakai, bikin sumpek balkon ya dimanfaatkan saja.

Kalau yang punya taman luas, banyak juga yang bunga-bunganya dibiarkan begitu saja ditanah. Paling dipotong daun-daunnya, dan diberikan tanda kalau di tempat tersebut ada bunga-bunga musim semi jadi tidak dibongkar-bongkar atau ditanam bibit lain. Umbi-umbinya aman ko dalam tanah hingga tahun berikutnya.

Di negara 4 musim bibit-bibit bunga musim semi bisa ditanam mulai bulan September hingga desember, ketika cuaca mulai sejuk dan dingin. Bibit-bibitnya akan tumbuh kalau melewati musim dingin (butuh suasana dingin sekitar 3-4 bulan, kurang dari waktu tersebut biasanya bunganya tidak keluar, hanya daun-daunnya saja yang tumbuh). Di negara yang tidak ada musim dinginnya, bibit-bibit bunganya harus disimpan dulu dalam kulkas dulu sekitar 3-4 bulan baru ditanam. Jadi kondisinya sama seperti negara 4 musim.

Ya ampun niatnya mau bahas kompos ko malah menyinggung bunga musim semi hehe, ga apa-apa ya terlanjur diketik ah 😆 .

Tanamanku Subur Menggila karena ... Memanfaatkan tanaman yang sudah selesai berbunga, untuk dibuat kompos untuk tanaman berikutnya yang akan ditanam

Memanfaatkan tanaman yang sudah selesai berbunga, untuk dibuat kompos untuk tanaman berikutnya yang akan ditanam

Keterangan foto:
No.1 cantik ya tulip merahku tahun 2013.
No.2 bunga-bunga tulipnya sudah mulai berubah warna dan kering. Potnya siap-siap dibongkar.
No.3 Daun-daun tulip saya potong kecil-kecil, saya campur dengan tanah dalam pot yang saya akan tanam bunga musim panas.
No.4 kalau potnya besar bisa muat banyak potongan daun-daun.

Fyi. Untuk membuat atau memanfaatkan daun-daun sebagai kompos, saya gunakan pot yang agak besar, minimal ukuran 20 cm, supaya kompos mempunyai cukup ruang untuk terurai dan prosesnya berlangsung baik. Tanaman hias dalam rumah tidak saya berikan kompos karena potnya terlalu kecil.

Sebagai penutup saya tampilkan tiga foto taman saya di balkon. Foto tahun lalu sebelum musim dingin.

 

I grow plants for many reasons: to please my eye or to please my soul, to challenge the elements or to challenge my patience, for novelty or for nostalgia, but mostly for the joy in seeing them grow. –David Hobson-

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

 

Baca juga: Pupuk dan Nutrisi untuk Tanaman

 

Kalau suka dengan artikel ini, bagikan ke teman-temanmu ya.
Tidak sampai 10 detik ko untuk menekan tombol share dibawah ini.
Because share is care! – Terima kasih 🙂

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Advertisements

95 Comments

  1. oktagarden
      • oktagarden
  2. ejuna
  3. anik
  4. nitta
      • nitta
  5. yuni
      • yuni
  6. Renlyta
  7. Nisa
  8. Chelle Handojo
  9. dian_ryan
  10. ded
      • ded
  11. ica03
  12. Evi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: