Advertisements

Saat Benjamin Ngamuk

Saat Benjamin Ngamuk. Benjamin jagoanku tersayang makin besar semakin pintar, terkadang saya sampai hilang akal harus berbuat apa lagi untuk melakukan yang terbaik buat si abang kicik πŸ˜€ . Pernahkan bayi atau anak bapak ibu ngamuk-ngamuk istilah kerennya tantrum?. Benjamin kan anak pertama saya, beneran deh pengalaman pertama nih yang menguji kesabaran saya hampir setiap hari belakangan ini.

Saat ini usia Benjamin 7 bulan. Sudah hampir seminggu berturut-turut Ben sering jerit-jerit sampai bikin sakit telinga. Menurut saya sih Benjamin mau ngomong, nah karena belum bisa jadi dia hanya jerit-jerit untuk meluapkan emosinya. Baru saya bawa masuk ke kamar, Ben langsung pukul-pukul saya, tambah dekat boksnya tambah saya dipukul-pukul Padahal Benjaminnya sudah ngantuk berat loh makanya saya bawa ke kamar.

Saat Benjamin Ngamuk. Benjamin kalau seperti ini manis banget kan senyum pasta gigi bikin adem hati mamaknya

Benjamin kalau seperti ini manis banget kan senyum pasta gigi bikin adem hati mamaknya

 

Benjamin sudah bisa berdiri, sangking sukanya dia, jadi setiap saat maunya berdiri melulu seperti pada foto diatas. Oke berikut ini saya ingin cerita saat Ben ngamuk.

20 feb 2015 Benjamin suka sekali makan, jadi siang itu saya sudah taruh dia di bangkunya, saya sudah pasang alas makan dilehernya. Setelah beberapa suap masuk, mulailah Ben ngamuk, nangis-nangis ga jelas, yang akhirnya lolos dari bangkunya. Saya keluarkan dia dari bawah karena ga bisa angkat lagi dari atas karena Benjaminnya ngamuk sambil bergerak melulu.

Saya peluk Benjamin, saya dekap erat dan usap-usap kepalannya. Saya tidak ngomong banyak hanya saya peluk erat jagoanku. Setelah ngamuknya reda, saya coba taruh Benjamin kembali ke bangkunya, kejadian lagi Ben jerit-jerit dan tidak mau diam. Jadi saya gendong dia, dan saya suapilah sambil saya gendong.

Aneh banget kan, sampai saya mikir, “.. duuhhh memang di bangkunya ada jarum atau digigit semut?, ko ga mau dibangku?”. Saya suapi sambil gendong (posisi Ben duduk) mau dia makan, lahap!. Lalu saya dudukan Ben dimeja karena saya ga kuat pangku (berat bo πŸ˜† ) . Dramapun berakhir.

saat anak tantrum, orangtua jangan malah tambah tantrum ya. Charge selalu baterai kesabaranmuuuu

saat anak tantrum, orangtua jangan malah tambah tantrum ya. Charge selalu baterai kesabaranmuuuu

 

21 feb jam 1 pagi. Saya kurang kerjaan juga sih, masuk kamar Benjamin. Padahal sudah pelan-pelan ngambil sesuatu eh anaknya bangun deh karena dengar saya ngendap-ngendap kali ya haha. Saya langsung kabur keluar kamar dan tutup pintunya. Huu ternyata anaknya bangun dan sudah berdiri di boksnya seperti pada gambar diatas, dan lama-lama jerit-jerit ga karuan. Saya buat susu dan kasih, lama banget habisnya sayapun sampai terkantuk-kantuk dan mulai emosi jiwa. Susu habis lalu saya baringkan Ben di boksnya, lalu saya ke kamar saya dan merebahkan diri.

Baru 5 menit, saya dengar Benjamin mulai jerit-jerit. Saya ke kamarnya dan dia sudah dalam posisi berdiri seperti foto diatas. Saya rebahkan dia dan saya kembali lagi ke kamar tidur saya. Baru 5 menit saya cari posisi nyaman tidur, terdengar lagi Benjaminnya jerit-jerit. Saya diamkan dulu sampai lewat 5 menit. Babenya Benjamin sudah tidur dari jam 8 malam, tidur-tiduran di sofa ruang tamu dan akhirnya ketiduran di situ. Akhirnya babenya Ben bangun dan dia hampiri si Benjamin. Thanks God akhirnya diam juga tuh anak. Babenya Ben lanjut tidur ke kamar kami, eh belum tidur sih. Dia main tablet, ga tau baca berita atau main game.

Benjamin kembali jerit-jerit, sudah lewat jam 2 pagi loh, duuhh saya benar-benar ga sanggup lagi deh. Entah orang yang tinggal dibawah dengar dan merasa terganggu ga tau deh. Sudah hampir seminggu Benjamin sering tantrum. Pikiran saya nih jangan-jangan nanti kita disuruh pindah rumah lagi karena yang tinggal dibawah terganggu haha.

Saya tidak hampiri Benjamin lagi, pura-pura budek ajalah, berharap banget babenya Ben tergerak untuk samperin anaknya. Gile bener tahan si Benjamin teriak tanpa henti hampir 15 menit, dan akhirnya babenya Benjamin menghampiri jagoannya. Makasih Tuhan suamiku tercinta turun tangan saya beneran sudah ga sanggup. Dramapun akhirnya berakhir.

Babenya Benjamin menghampiri saya, cuma bilang “sayang, Ben tidur ditempat tidur besar“. Yaelah cuma mau laporan hihi πŸ˜› . Saya sih sebenarnya ga bisa tidur dengar Ben jerit-jerit, hanya bisa memejamkan mata saja. “.. Jangan disitu nanti jatuh, taruh deh di boksnya” sahut saya. Sepertinya sudah hampir jam 3 pagi, babenya Ben saya dengar menghidupkan komputer diruang tamu, mungkin dia ga bisa lanjut tidur lagi sih. Sayapun akhirnya tertidur pulas walau hanya sekitar 4-5 jam. Dramapun berakhir.

Sebenarnya masih ada kejadian Ben ngamuk lainnya, sudahlah dua contoh saja sudah cukup mewakili kalau Benjamin ga selalu ceriah seperti yang sering saya posting foto-fotonya kan πŸ˜€ .

Saat anak tantrum peluk erat si anak dan usap-usap kepala dan punggungnya, sampai si anak reda ngamuknya

Saat anak tantrum peluk erat si anak dan usap-usap kepala dan punggungnya, sampai si anak reda ngamuknya

 

Saat bayi (anak) tantrum, apa yang sebaiknya dilakukan orangtua?.
β€’ Tetap tenang, jangan emosi.Tarik napas dalam-dalam. Apalagi bayi mereka belum bisa memberitahukan keinginan mereka, belum bisa bicara, hanya bisa meluapkan emosi melalui teriakan atau jeritan.
β€’ Jauhkan bayi (anak) dari benda-benda yang bisa melukai mereka saat mereka tantrum.
β€’ Peluk erat si anak dan usap-usap kepala dan punggungnya, sampai si anak reda ngamuknya, kalau dirasa perlu sambil dibisiki kata-kata yang menenangkan.
β€’ Setelah ngamuknya reda, ajak bercanda lagi deh pasti cair suasananya πŸ˜‰ .

Saya melakukan hal tersebut diatas. Tarik napas dalam bangett sambil mengingat-ngingat kalau dua tahun lalu saya toh yang ngebet pengen punya anak. Kalau dua tahun lalupun sempat ada drama yang mana karena babenya Ben sepertinya ogah-ogahan ga jelas pengen punya anak ga sih, kalau pengen ya rajin bikin dong! πŸ˜€ . Babenya Ben dulu pernah bilang “.. kalau pengen cepat punya anak harusnya dulu bilang dong sebelum nikah!“. “Maksud lo?”. Sahut saya sambil emosi jiwa.

Ternyata dia sih sepertinya berpikir tanpa anakpun pernikahan kita bahagia aja toh. Sedangkan saya berpikirnya, jangan ditunda-tunda, usia saya semakin bertambah, eh kata dia di Jerman rata-rata perempuan punya anak usia 40 tahun ga masalah. Ga masalah buat mereka, masalah buat saya, saya ga mau dong hamil di usia beresiko tinggi, yang mungkin mempertaruhkan nyawa saya. Saat itu saya bilang kalau dalam dua tahun kita ga dapat anak, ya udah beneran ga usah aja sekalian. Saya ga mau mati muda haha. Akhirnya babenya Benjamin jatuh cinta ko dengan jagoan kecil kami hehe.

Benjamin hadir saat usia saya hampir 36 tahun, kalau ditanya pengen punya anak lagi ga?. Kalau Ben lagi ngamuk pasti saya ogah deh nambah anak lagi, namun saat Ben seperti foto dibawah ini yang manis banget kan dia, pengen deh punya anak lagi. Pengen punya anak cowo lagi, jadinya saya akan jadi yang paling cantik dong dirumah huahaha. Dulunya babenya Ben pengen anak cewe, eh yang lahir Benjamin. Beberapa waktu lalu saya pernah iseng nanya, kalau punya anak lagi pengen cewe atau cowo?, eh dia bilang pengen cowo, kita sehati ya hihi <3 .

Benjamin jagoan mamak, abang kicik yang selalu ceriah. Ben sudah 7 bulan nih

Benjamin jagoan mamak, abang kicik yang selalu ceriah. Ben sudah 7 bulan nih

 

Sebagai penutup pengen nanya dong. Pernahkah anak anda tantrum? ngamuk se-ngamuk-ngamuknya yang luar biasa?, lalu apa yang anda lakukan?. Kasih tips dong buat saya. Semakin Benjamin besar pastinya akan beda kan menangani tantrum pada anak.

 

Jurnal Benjamin lainnya bisa dilihat pada Jurnal anak – Benjamin.

Advertisements
Advertisements

106 Comments

  1. vebyprasasti250693 April 24, 2015
  2. Pendar Bintang March 28, 2015
  3. Marialc March 7, 2015
  4. Ni Made Sri Andani February 28, 2015
  5. izzawa February 28, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2015
  6. tqrb February 28, 2015
      • tqrb March 1, 2015
  7. fanny fristhika nila February 28, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2015
  8. rianamaku February 27, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 27, 2015
  9. Ika Koentjoro February 26, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 27, 2015
  10. prih February 26, 2015
  11. ardika February 26, 2015
  12. Bibi Titi Teliti February 26, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 27, 2015
  13. Stephanie W. February 24, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
      • Stephanie W. February 27, 2015
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 28, 2015
  14. tqrb February 24, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
      • tqrb February 28, 2015
  15. Nora Mayasari February 24, 2015
  16. rumahkubahagiaku February 24, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
  17. Ryan February 24, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
      • Ryan February 24, 2015
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
          • Ryan February 24, 2015
          • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
          • Ryan February 24, 2015
  18. dedy oktavianus pardede February 23, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
  19. enno andriani February 23, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
  20. lenny February 23, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
  21. titintitan February 23, 2015
  22. wulanwahyudi February 23, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
  23. Nadia Khaerunnisa February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
      • Nadia Khaerunnisa February 24, 2015
  24. [email protected] February 22, 2015
  25. winnymarch February 22, 2015
  26. Cut Isyana February 22, 2015
  27. adhyasahib February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
      • adhyasahib February 23, 2015
  28. ysalma February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  29. abi_gilang February 22, 2015
  30. kayka February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
      • kayka February 22, 2015
        • Emaknya Benjamin br. Silaen February 24, 2015
          • kayka February 24, 2015
  31. Pypy February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
      • Pypy February 23, 2015
  32. t3ph February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  33. Diah Mitasari CFP February 22, 2015
  34. cumilebay.com February 22, 2015
  35. novimanik February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  36. Puji February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  37. Nandito Silaen February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  38. joeyz14 February 22, 2015
  39. nyonyasepatu February 22, 2015
  40. Arman February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  41. NisadanChicco February 22, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
  42. -n- February 22, 2015
  43. ahsanfile February 21, 2015
    • Emaknya Benjamin br. Silaen February 22, 2015
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: