Rangkuman Pengalaman Kehamilan Trimester 1 – 3

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Trimester 3 kehamilan (minggu 25 hingga 40)

Pada trimester 1 dan 2 lancar jaya tanpa merasakan keluhan (sakit/nyeri) berarti, nah pada trimester 3 ini, penderitaan di mulai hahahah dinikmatilah 🙄 .

Banyak banget coret-coretan saya pada trimester terakhir ini. Tiap ada yang baru saya catat.

Minggu ke 25 berat badan naik 2,8 kg
Minggu 28 berat badan naik 1,6 kg
Minggu 33 berat badan naik setengah kg.

Total naik berat bada saat awal kehamilan hingga usia kandungan 33 minggu ini adalah 8 kg. Semoga (harapannya) tidak lewat 10 kg sampai melahirkan Juli nanti.

• 13 April. Telapak tangan (kanan aja) pas bangun tidur terasa kaku. Jari-jarinya tidak bisa dirapatkan bersamaan. Setelah beberapa jam mulai normal, namun jari manis dan telunjuk kesemutan/kebas/tidak terasa sepanjang hari (hingga saat ini begitu).
• 18 April. Tumben ada flek, padahal dulu flek begini cuma di trimester 1 aja. Untung tidak berhari-hari ko, mungkin karena saya kecapean kali ya.
• 19 April. Dari sehari sebelumnya perut gatal melulu pas tidur malam. Sebelum tidur selalu saya oleskan minyak perawatan untuk ibu hamil. Beberapa kali dalam sehari saya juga oleskan minyak, supaya kulit perut tidak kering dan tidak pecah-pecah karena perut makin buncit (membesar).
• 24 april. Perut ko mules ya, seperti sakit MENS. Sakit .. berhenti .. sakit lagi .. berhenti. Bukan tanda-tanda kehamilan kan? Secara masih 7 bulan.

• 1 Mei. Minggu ke 29. Syok pas lihat kaca besar, perut bagian bawah (kiri dan kanan) ada bekas digaruk huahuhuhu padahal selama ini kalau gatal saya usap-usap aja ko tidak digaruk. Untungnya cuma bagian bawah perut sih tetepmencarisisipositif/untungnya. Frank bilang dia juga punya bekas garukan begitu diperutnya. Frank membesarkan hati saya hahaha.. iyaaa tapi di Frank bekasnya putih tidak keliatan, kalau disaya garisnya hitam huhuhu guling-gulingngamukgaterimakenyataan .
• 1 Mei. Kaki kiri bengkak. Ini lebih parah dari sebelumnya.

Kaki kiri bengkak pada kehamilan trimester 3

Kaki kiri bengkak pada kehamilan trimester 3

• 02 Mei. Dokter nyuruh beli tablet vagina, disuruh pakai setengah tablet tiap mau tidur malam. Total ada 6 tablet. Disuruh pakai karena vaginaku sedikit terbuka, supaya tidak kena bakteri makanya diresepkan tablet tersebut.
Nyebelin banget, tidak nyaman (bikin gatal), tidak bisa tidur, selalu bolak balik benerin/ganti letak tabletnya ke toilet. Ya udah ku keluarin aja, buang, lalu tidur lagi nyamann deh tidur pulas.

Nah saya sudah coba selama 4 hari (tidak berturut-turut) tetap pengalamannya sama. Tidak bisa tidur karena merasa tidak nyaman!. Jadi tabletnya tidak saya pakai lagi. Yang saya lakukan selalu jaga kebersihan alat kelamin, sering ganti celana dan pakai panty liner (non parfum).

• 19 Mei. Perut gatal lagi 3 hari belakangan ini (seperti bulan lalu). Cape dehh ..
• 23 Mei. Lagi-lagi beberapa hari ini kaki (kiri) bengkak. Betisnya normal cuma telapak kaki, mata kaki dan jari-jari bengkak, seperti kaki gajah. Sangking bengkaknya rasanya tebal. Saya disuruh dokter beli teh herbal di apotek. Sekali nyeduh 2 kantong, tapi saya minum tehnya tidak tiap hari melainkan kalau ingat dan pengen aja dasarbumilgeblek .

Teh Herbal yang disuruh minum oleh dokterku saat kaki bengkak

Teh Herbal yang disuruh minum oleh dokterku saat kaki bengkak

• 23 Mei. Bumil ada yang sering ngupil ga? Hahaha. Nah tiap kali ngupil sering banget hasil ngupilnya ternyata darah kering.
• 23 Mei. Kalau sikat gigi kadang berdarah (pengaruh hormon saat hamil, kata dokter gigi normal ko). Hal ini terjadi sejak awal kehamilan hingga trimester 3 ini.

• 24 Mei. Sudah beberapa hari perut rasanya berat, apalagi bagian bawah. Mungkin karena kepala anakku posisinya sudah dibawah.
• 24 Mei. Tidur di sofa ruang tamu tidak pernah nyaman. Batal terlalu rendah, salah .. terlalu tinggi salah, pokoknya serba salah tidak bisa bebas bernapas. Setelah posisi badan miring ke kekiri barulah agak nyaman dan bisa tiduran. Tidur siang biasanya hanya satu jam, selalu bangun sendiri (cukup tidurnya).
• 29 Mei. Sudah 4 hari belakangan ini tidur (malam) nyaman banget, tanpa “rintihan tengah malam” hahaha. Masuk trimester 3 tiap kali tidur (malam) susah banget kalau mau ubah posisi tidur, dari kiri ke kanan atau seballiknya. Rasanya lemes banget dan tidak bisa berputar, jadi Frank selalu nolongin saya dorongin pelan-pelan badan saya setiap mau ganti posisi tidur.

Oh ya masuk usia kehamilan 28 minggu cek ke dokter dilakukan setiap 2 minggu sekali. Kalau sebelumnya hanya tiap sebulan sekali.

Sebagai penutup saya sertakan foto hasil usg anakku. Ini usg saat usia kehamilan 25 minggu. Dilakukan di kliknik Mannheim. Setelah itu sampai saat ini dokter tidak pernah melakukan pemeriksaan usg lagi karena semuanya baik-baik saja. Jadi hanya diperiksa posisi kandungan.

 

Sampai disini dulu ya curhat kehamilannya. Entah ada curhat lainnya atau malah nanti cerita setelah melahirkan saja kali ya, kita lihat saja nanti 😉 .

 

Artikel terkait:

Pengalaman melahirkan melalui operasi Sesar
Posisi Tidur Terbaik Ibu Hamil
Jurnal Kehamilan (Screening Test)
Jurnal kehamilan (Pemeriksaan di Dokter)
Jurnal kehamilan (Cerita Pembukaan dulu ya)

 

Advertisements

73 Comments

  1. fransisca anetzeder
  2. Ririn Setia
  3. hennypuji
  4. hwahwawong
  5. Gita
  6. netty
  7. Ry

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: