Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Pupuk | Kebun Tour Musim Panas

Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Pupuk | Kebun Tour Musim Panas. Saya suka sekali berkebun, tergila-gila pokoknya 🙂 . Walau hanya berkebun di balkon rumah, berkebun di lahan sempit begini tetap bisa ko tanaman yang saya rawat berbakti alias bibit yang saya tanam berbunga, sayuran yang saya tanam dari bibit menghasilkan.

Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Pupuk | Kebun Tour Musim Panas

Rumah saya ada 2 balkonnya. Balkon depan ukuran kecil saja, ditempat ini kena matahari sore, yang kalau summer ampuun deh panasnya bisa sampai 40 derajat C. Makanya saya pilih aneka tanaman yang tahan garangnya simat sore di balkon ini.

Tulisan Terkini

Balkon belakang ukurannya 2 kalinya balkon depan. Di balkon ini kena matahari pagi dan siang. Kalau summer saya juga menaruh koleksi bunga anggrek saya di balkon. seperti anggrek Dendrobium, Cattleya dan Vanda tahan panas.

Selain kebun tour, pada video dibawah saya juga ngomongin mengenai pemanfaatan ampas kopi sebagai pupuk tanaman. Ampas kopi untuk tanaman bagus sekali sebagai pupuk tanaman. Kandungan nitrogen nya yang tinggi pada ampas kopi menyuburkan daun tanaman. Selain sebagai pupuk, ampas kopi juga berguna untuk mengatasi hama seperti hama kutu aphids, siput dan semut pada tanaman.

Baca juga: Beberapa Cara Membasmi Kutu Daun yang Manjur

Video Manfaat Ampas Kopi untuk Tanaman | Kebun Tour Musim Panas | Berkebun di Jerman

 

Cara penggunaan ampas kopi sebagai pupuk tanaman, biarkan dulu ampas kopi semalaman, supaya tidak terlalu keras efek kafeinnya ke tanaman. Taburkan 1-2 jumput ampas kopi yang telah kering ke atas media tanaman, lalu siram tanaman seperti biasa saat pagi sekali atau sore hari setelah cahaya matahari tidak mengenai tanaman.

Berikan pupuk ampas kopi seminggu sekali. Jangan berlebihan memberikan ampas kopi ke tanaman, karena sifatnya yang asam, tidak semua tanaman tahan asam, alih-alih ingin menyuburkan tanaman, malah akan membuat tanaman sengsara.

Saya pernah berlebihan memberikan ampas kopi pada tanaman mawar, kala itu belum tahu kalau kebanyakan bakalan buruk efeknya. Besoknya daun-daun tanaman bunga mawar pada kuning, hampir semua daun, kemudian daun rontok sendiri. Benar ya pengalaman adalah guru terbaik, sejak itu saya lebih berhati-hati memberikan ampas kopi untuk tanaman.

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Kalau untuk tanaman hias dalam ruangan tidak saya berikan ampas kopi, karena kalau ditaburkan begitu saja diatas media tanah kuatirnya akan tumbuh jamur jika penyiraman dilakukan berulang kali, tiu ampas bakalan basah sekali dan tumbuh jamur ah malah mengundang hama datang, saya cari amannya hanya berikan ampas kopi untuk tanaman diluar rumah.

Demikianlah cerita saya mengenai Pemanfaatan Ampas Kopi Sebagai Pupuk | Kebun Tour Musim Panas . Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: