Anak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya. 22 Juli 2020, kali pertam Benjamin mimisan banyak sekali. Sekitar seminggu sebelumnya ada darah kering pada seprainya. Pagi itu dia heboh panggil saya. Saya segera ke kamarnya dan mendapati si bocah berdarah-darah di lengan, hidung dan darah melekat di bantal, seprai juga tembus hingga ke kasur.

Anak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Apa itu mimisan?. Ketika darah keluar dari hidung disebut epistaksis atau mimisan.

Mimisan ada dua jenis yakni mimisan anterior dan mimisan posterior. Mimisan anterior merupakan perdarahan yang berasal dari pembuluh darah di bagian paling depan. Mimisan anterior lebih mudah dikontrol dan paling umum terjadi.

Mimisan anterior lebih sering terjadi pada nak kecil usia 2 sampai 10 tahun, dan biasanya bukan menjadi tanda serius.

Tulisan Terkini

 

Penyebab anak mimisan saat tidur, antara lain:

  • Udara kering menyebabkan membran hidung menjadi kering. Bagian dalam hidung yang kering lebih rentan terhadap pendarahan. Jika anak sering mimisan karena rumah atau kamar anak terlalu kering udaranya, kita dapat mencegahnya dengan memasang alat pelembab udara (humidifier). Jalankan pelembap kabut dingin di kamar anak di malam hari.
  • Kebiasaan mengorek hidung (ngupil) terlalu dalam. Ujung kuku bisa melukai pembuluh darah kecil yng terletak didalam hidung. Setelah mandi saya gunting pendek kuku anak. Pada Benjamin darah hanya keluar dari hidung kanan, setelah saya tanya mungkin saja si bocah ngupil saat tidur, tidak sadar ngorek hidung karena ada yang mengganjal.
  • Membuang ingus sangat keras/kasar, kalau hal ini sering dilakukan saya dan suami. Kalau saya saat mandi lakukan hal ini, sering keluar kotoran hidung beserta darah saat sekuat tenaga buang ingus haha.
  • Hidung tersumbat
  • Kelelahan

 

Baca juga: Cerita Makanan Anak dan Alerginya 

Video Anak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Menangani Mimisan Pada Anak:

  • Suruh anak duduk, jangan  berbaring. Darah mimisan adalah darah kotor, kalau anak berbaring darah bisa masuk ke saluran pernapasan.
  • Condongkan tubuh ke depan, agar darah yang keluar tidak masuk ke tenggorokan.
  • Pencet hidung selama 10-15 menit, suruh anak bernafas melalui mulut..
  • Kalau anak lebih kecil mungkin belum ngerti yaa disuruh nafas lewat mulut.
  • Kalau darah terus keluar sebaiknya kompres dingin pangkal hidung untuk memperlambat pendarahan.

 

Baca juga: Teka Teki Antara Keracunan Jamur Liar atau Keracunan Kerupuk Udang

Saya baca dari sehatq.com mimisan saat tidur juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan dalam proses pembekuan darah. Kalau anak mudah mengalami pendarahan akibat trauma ringan, seerti berdarah saat mengosok gigi sebaiknya bawa ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

 

Demikianlah cerita saya mengenai Anak Mimisan Saat Tidur Malam Penyebab dan Cara Mengatasinya. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

 

Sumber bacaan:

 

Advertisements

6 Comments

  1. Rahma Balci August 7, 2020
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 20, 2020
  2. anis ketels August 7, 2020
    • Emaknya Benjamin br. Silaen August 20, 2020
  3. Arman August 5, 2020
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: