Ingin Merawat Anggrek Paphiopedilum agar Subur Berbunga Pahami Kebutuhan Sinar Matahari yang dibutuhkannya

Ingin Merawat Anggrek Paphiopedilum agar Subur Berbunga Pahami Kebutuhan Sinar Matahari yang dibutuhkannya. Paphiopedilum, tanaman anggrek Asia Tenggara masa berbunga berlangsung dari satu hingga tiga bulan. Ada multi-bunga (bunga berkembang beberapa kuntum sekaligus), Revolver flower dimana bunga mekar satu persatu. Begitu satu kuntum rontok, kuntum berikutnya akan mekar atau varietas bunga tunggal dari berbagai ukuran, bentuk dan warna.

Ingin Merawat Anggrek Paphiopedilum agar Subur Berbunga Pahami Kebutuhan Sinar Matahari yang dibutuhkannya

Anggrek membutuhkan sinar matahari untuk hidup, namun kebutuhan sinar matahari anggrek berbeda tergantung jenisnya. Paling baik adalah matahari pagi, matahari siang bisa saja anggrek tahan namun perlu diberi lindungan (paranet).

Kalau anggrek kekurangan sinar matahari bisa terhambat pertumbuhannya, bunga tidak mau muncul, sebaliknya kelebihan paparan sinar matahari juga tidak baik, daun anggrek bisa layu bahkan gosong.

Tulisan Terkini

Paphiopedilum atau dalam bahasa Inggris disebut lady slipper orchid adalah anggrek favorit saya, alasannya saya suka anggrek Paphio karena bentuk bunganya sangat unik menyerupai bentuk selop atau sepatu, tiap Paphiopedilum punya bentuk kuntum yang unik.

Anggrek Paphiopedilum habitat aslinya tumbuh berada terlindungi di bawah pohon. Kebutuhan cahaya matahari bagi Paphiopedilum adalah cahaya teduh sampai sedang dengan intensitas cahaya yang dibutuhkan 10 – 15 %.

paphiopedilum glaucophyllum

paphiopedilum glaucophyllum anggrek selop asal Indonesia. Revolver flower dimana bunga mekar satu persatu. Begitu satu kuntum rontok, kuntum berikutnya akan mekar

Anggrek Paphiopedilum ini lebih manja dari anggrek bulan. Bagi yang merawat di negara 4 musim seperti saya, taruhlah anggrek Paphiopedilum ini di jendela terang tapi lindungi dari sinar matahari siang. Kalau berdasarkan pengalamanku, Paphio yang saya rawat cocok ditaruh di jendela kamar mandi, dimana tempatnya terang, lembab dan tidak panas.

Kamar mandi saya ada jendela besar, diberi hordeng, kena matahari sore mulai jam 2 sampai jam 5. Saat summer sangat panas sekali matahari sore ini, jadi jendela akan saya turunkan tutupnya, sehingga agak gelap.

Video Kebutuhan Sinar Matahari Anggrek Paphiopedilum agar Subur Berbunga

Anggrek Paphiopedilum yang saya rawat sama sekali tidak kena sinar matahari langsung, hanya pantulan sinar ke jendela namun kena hordeng juga sinarnya. Setiap tahun Paphio saya berbunga, kecuali yang bentuk seedling sabar menanti sampai muncul bunga pertamanya.

Daun anggrek Paphio harus berwarna hijau-sedang. Jika terlalu pucat atau kekuningan, tanaman mungkin terlalu banyak cahaya. Kalau di Indonesia ingin merawat anggrek Paphio taruhlah ditempat sangat teduh atau dibawah pohon.

Hingga hari ini tidak ada cara akurat untuk mengkloning Paphiopedilums, membuat produksi massal menjadi sulit. Oleh karena itu Paphiopedilum adalah salah satu anggrek yang paling unik dan paling populer di dunia. Banyak varietas yang dapat ditanam dengan mudah di dalam ruangan, makanya saya suka anggrek Paphio ini, cantik dan unik bentuk kuntum selop bunganya.

Paphiopedilum kebutuhan cahayanya sangat teduh (full shade) : sinar matahari selama kira-kira 1 jam (pada pagi hari) atau kurang setiap hari, sekitar 1000-1500 fc atau 90% shade. Catatan : Sinar matahari pada tengah hari lebih terang/panas dibanding pada pagi atau sore hari.

Baca juga: Beli Anggrek Online Begini Penanganannya Saat Diterima

 

Demikianlah pengalaman saya mengenai Ingin Merawat Anggrek Paphiopedilum agar Subur Berbunga Pahami Kebutuhan Sinar Matahari yang dibutuhkannya, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa kalau ingin mulai merawat anggrek Paphiopedilum.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

 

Sumber bacaan:

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: