Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

loading...

Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda. Baru pertama kali ke luar negeri (LN) ko ya agak ribett (saya ulas di blog saya sebelumnya) namun thanks God semuanya telah berlalu dan berjalan dengan baik, disini saya ingin memberikan panduan mengenai langkah-langkah pengurusan Schengen Visa berdasarkan pengalaman saya yang lalu (untuk saya saat itu di kedutaan Belanda).

Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda. Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

Apply Schengen Visa (Foto: gettyimages)

 

*update 20 Juli 2013. Saya dapat info dari teman saya yang mau urus visa. Jika kamu sulit mendapat tanggal kosong (hijau) untuk buat janji di kedutaan Belanda. Coba buka websitenya mulai jam 6 sore wib. Jam segitu biasanya pergantian tanggal (tersedia yang hijau). Cuma ya harus rebutan, karena banyak saingannya yang juga ingin buat janji. Jadi beberapa menit sebelum jam 6 sore harus sudah stand by buka websitenya. Silakan disiniย https://jakarta.embassytools.com/en/index


Secara garis besar akan sama saja untuk kedutaan Schengen Country (Prancis, Jerman, Belgia dll), saya harap pengalaman saya bisa berguna bagi Anda yang akan apply Schengen Visa.

Negara tujuan utama saya adalah Belanda, saya sudah booking tiket sejak awal Mei 2009 untuk keberangkatan 4 September 2009. Karena Tiket promo Malaysia airlines jadi tiket harus dibayar penuh dalam waktu seminggu setelah saya booking, nominalnya USD 888 nett Jakarta-Schipol-Jakarta. Wah ternyata ada teman saya di bali bisa dapat tiket lebih murah lagi loh! :D, menggunakan promo lufthansa Jakarta-Frankfurt-Jakarta USD 615. Fyi kalau tidak menggunakan tiket promo harga tiketnya berkisar mulai USD 1200, so beruntunglah kalian jika mendapat tiket promo tapiii harus bayar tiketnya beberapa bulan sebelum keberangkatan hehehe .. ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜€

Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, PALING LAMBAT 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan, saran saya sebaiknya urus jauh – jauh hari deh! karena kita tidak pernah tahu hambatan apa yang bisa kita hadapi ketika pengurusan berlangsung.

Ada catatan PENTING yang diberikan website kedutaan Belanda, yakni antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat. Perlu diingat bahwa untuk membuat janji pada periode tersebut sangat sulit, apesnya saya tidak mengetahui hal tersebut :(, pihak kedutaan menginformasikan bahwa pada periode tersebut banyak mahasiswa yang akan daftar kuliah jadi mereka harus diutamakan.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman-teman milis, jika akan ke Luar negeri (LN) maka kita harus menyiapkan sejumlah dana di rekening tabungan kita, yang nantinya bisa memperkuat pemberian visa, pihak kedutaan memerlukan bukti kalau kita bisa membiayai perjalanan kita dan kita tidak akan terlantar di negara asing. Nominal yang saya dengar bermacam-macam dan tidak ada patokan resminya, ada yang mengatakan harus ada 50 juta atau. 30 juta rupiah di rekening kita atau ada juga yang mengatakan jumlahnya tidak penting, asal bisa membuktikan bahwa kita punya uang.

Saya tidak punya uang sebanyak yang diatas, jadi pada akhir bulan Juni 2009 saya pinjam ke ayah saya sejumlah 25 juta rupiah, saya masukkan rekening saya selama dua bulan (ada yang bilang 3 bulan) sampai visa saya dapatkan, kemudian uang saya kembalikan ๐Ÿ˜‰

Saya mendapat surat undangan (istilahnya Gemeente, kalo di sini mungkin seperti kantor walikota) dari teman satu marga yang sudah jadi warga negara Belanda, namanya ka Ephie Silaen. Maka jenis visa yang saya gunakan adalah kunjungan family and friends. Jika ada surat undangan semacam ini akan lebih mudah dapat visanya ;-), bagi mereka yang tidak mempunyai saudara atau kenalan yang bisa memberikan surat undangan tidak masalah kok, kalian bisa booking hostel di booking.com atau hostelworld.com

Syarat bagi penggundang harus berpenghasilan minimal 800 Euro per bulan, kontrak kerja berlaku minimal 1 tahun ย dan si pengundang harus datang ke kantor balaikota (Gementee) untuk mengisi formulir undangan, dan juga si pengundang harus membuktikan secara finasial bahwa dia mampu mengundang Anda. *syarat keuangan bisa saja setiap tahun naik.

Per 1 Juli 2016 Kedutaan Belanda menunjuk VFS Global sebagai pihak agent untuk mengurus Visa

 

Untuk singkatnya dokumen yang harus dipersiapkan dan dibawa untuk permohonan :

untuk ke halaman berikutnya klik โ‡’ Next/Lanjut

Advertisements

268 thoughts on “Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

  1. Dear para pembaca, maaf ya kolom komentarnya saya tutup selamanya, karena tulisan ini sudah berumur 1,5 tahun. Alasan lainnya juga karena banyak saya jumpai pengomentar yang langsung bertanya tanpa membaca secara detail tulisannya, padahal jawabannya sudah ada dikomen diatasnya atau sudah ditanyakan pengomentar lain.

  2. Hallo mbak,aku sita..mo nanya form u apply visanya dalam bhs belanda aja yach?? coz,aku cek diwebsitenya cm ada bhs belanda doank..trus klo kita mo ngajuin stay lebih dari 3 bulan itu biaya utk visanya lebih mahal yach mbak??proses pengurusan visa biasanya brp lama mbak?sori yah klo bnyk nanya…thx a lot b4..

  3. maaf saya panggil dik ya…mau nanya buanyaaak bgt…mudah2an cpt dibales ya..thankyou sebelumnya…
    mimpi apa saya ya…dapet ticket gratis jakarta-amsterdam-jakarta yg berlaku antara bulan juli sd tg.14 september dari kemenangan suami saya yg ikut golf minggu kemaren….sayang berlakunya cuman utk 1 org..dan hadiah itu diberikan kepada saya…bingung deh..
    saya udah baca sebagian informasi yg diberikan adik….yg ingin saya tanyakan apakah visa schengen itu jg bisa dipake kalau saya ingin mengunjungi Basilika St.Pieter di Roma?…
    saya sudah buka utk hostel…kira2 di amsterdam dulu adik di hostel apa?punya nomor telpon gak? kasih dong…biar enak nanya2nya.terus kalo dari Amsterdam mau keliling Eropa teruama ke Roma Basilika St.Pieter paling safe naik apa ya? berapa lama perjalanannya?
    dan kalau keseluruh eropa berapa hari kira2 ditempuhnya? sebaiknya menggunakan apa ? mahal gak ya tour keliling eropa dari Amsterdam? …nah nginepnya jd pindah2 ya..?
    duh maaf banget…masih banyak sih pertanyaan tp dilanjut by phone aja ya..masalahnya usia saya diatas 50 dan berangkat sendiri…tp saya biasa back packer di bali dan wilayah2 laain di indonesia…nah ke eropanya ya rencana baru kali ini…ini aja kalo gak ditolak visa schengennya…..makasih banget ya dik…salam….

    • Hi ibu marwanti, visa schengen bisa digunakan di 25 negara, termasuk salah satunya Italia (lokasi Basilika St.Pieter di Roma). Tahun 2009 saya tinggal dirumah 3 orang teman di beda kota di Belanda, dan cuma setengah hari ke Belgia, selebihnya selama 26 hari jalan2 di Belanda saja. Ibu bisa bergabung dengan milis IBP, kemukan persoalan ibu, biasanya banyak rekan2 yg respon kasih masukan, berdasarkan pengalaman mereka. Utk daftar ke milisnya, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com .. setelah dinyatakan tergabung ibu kirim pertanyaan ibu via email ke : indobackpacker@yahoogroups.com

      Banyak Informasi yang kita bisa dapatkan melalui google, lokasi-lokasi mana saja yang ibu inginkan untuk dikunjungi. Ditoko buku juga sudah banyak buku2 traveling ke Eropa, biasanya mereka sudah jelaskan lebih detail termasuk mengenai biaya dan penginapan. Ibu kalau sudah berhasil booking hotel, lebih baik langsung booking online dulu di kedubes Belanda untuk apply visa, karena jadwalnya selalu penuh, barusan saya lihat sampai tgl 5 agustus sdh penuh, setelah berhasil dapat tanggal baru agak tenang, proses pengurusan visa 8-10 hari kerja.

      Harus optimis bu supaya visa approved, asal syarat2 dilengkapi lancar ko, dan kedubes Belanda konon paling bersahabat alias gak ribet. Ibu Marwati bisa email ke saya, saya sedang di Jerman, mempersiapkan pernikahan, lebih baik email drpd telp mahal toh, tp maaf kalau saya tidak langsung balas ya. GBU.

  4. hi,mbak sala kenal aku beby mau tanya,fomulir visanya pake bahasa inggris yach? kalau ada yg kurangan tahu/jelas artinya,kepada siapa saya bisa bertanya? apa boleh tanya sama orang kedutaan disana? thx yach mbak, ditunggu jawabanya!

    • dalam bahasa negera tujuan dan juga bahsa inggris, kalau kurang jelas bisa tanya kedubes bersangkutan. Kedubes Belanda sptnya ada contoh form yg diisi tp harus datang langsung lihat formnya.

  5. Wuah,,, aku baca website ini bantu aku banget.. ๐Ÿ™‚ hi mba..
    aku lagi mau jadi aupair bulan october ini.. sekarang hostfam ku lagi urus MVV ke IND sana.. denger2 kabar sih makan waktu 3 bulan, tapi menurut pengalaman banyak temen 1,5 bulan biasanya uda ada jawaban.. cuma deg2an aja.. karena kalau nanti MVV di approve, ehh bikin janji sama kedutaan di jakartanya yg penuh berhubung lebaran dan tahun2 anak sekolah.. mohon bantu doanya.. ๐Ÿ™‚ nanti kalau semua lancar, aku sharing lagi.. hehe

      • hi Mba Nella.. aku kemarin dapet kabar dari hostfam ku, IND kirim surat ke mereka bahwa IND sudah confirmed untuk proses visa ku, nanti aku tinggal tunggu kabar lagi kapan visa nya bisa aku ambil di Indonesia.. aku pas baca email jam 4 pagi, langsung reflek doa “THANKS GOD!!” walaupun aku ga tau gimana nanti proses di sini nya..tapi kata temen ku, itu tandanya semua sudah ok, tidak ada masalah lagi… Wuahhhh apakah betul??

        • Hi Nesya, iya biasanya sudah gak ada masalah, kamu bisa Tanya kedutaan 1-1,5 bulan setelah apply visa, mungkin lebih cepat kan tidak sampai 3 bulan prosesnya.

  6. Hi Mbak,
    Aku ada rencana ke europe untuk jalan2 dan ambil kursus bahasa total 2.5 bulan dan untuk itu aku akan resign dari tempat kerja ku sekarang. Aku pengen minta surat sponsor dari kantor sebelum aku mengajukan resign, namun di surat tsb harus dicantumkan tanggal pergi dan pulangnya, pertanyaan aku, apakah tanggal pulang dan pergi ini harus mutlak sama dengan aktualnya? Misalkan aku minta surat sponsor untuk pergi 2 minggu tapi kenyataannya aku pergi 2.5 bulan (aku sudah punya tiket pesawat PP dan bookingan semua akomodasi aku di sana) apakah itu akan menjadi masalah? Atau apakah sebaiknya aku minta ke teman atau saudara yg bisa membuatkan surat keterangan kerja dengan period pergi 2.5 bulan (tapi ini ga bener kerja di situ) Apakah kedutaan akan melakukan cross check (menelepon dan mengkonfirmasi) ke perusahaan kita? Mohon pencerahannya dan terima kasih banyak =))

    Nian

    • Hi Nian, disurat keterangan kerja harus tercantum tanggal pergi dan kembalinya ke Indonesia. Kedutaan akan kasih tanggal masa tinggal di LN sesuai dengan yang kamu ajukan di form visa dan itu disesuaikan juga dengan masa cuti di surat keterangan kerja. Berdasarkan pengalaman, kedubes paling lebihkan 2 atau 3 hari untuk masa tinggal kita.

    • bulan tsb masuk musim semi, anginnya kencang, suhunya dibawah 20 derajat, tenang saja belum salju ko ;-).

  7. Hello mba nella
    akhir agustus ini ( 26-08-2011 ) ak rencana mau ke belanda,aku mau tny apakah untuk apply visa ke balanda itu susah?krn ada tmnku yg blg susah… saya jd ragu apakah saya bs dpt visa dan sedgkan rek tab sy jg tdk cukup saldo tp mnrt tunangan sy dsn tdk perlu pakai rek saya krn yg jd sponsornya adlh calon mertua ak… tunanganku blg krn smua itu tercatat di website jdnya ga ush dilampirkan rek tab ak… kalau yang ak baca diwebsitenya sperti ini : Bagi pemohon visa yang melakukan perjalanan atas biaya sendiri harus mempunyai uang sebesar โ‚ฌ 34,- / per hari ” dan sdgkn biaya perjlan ak smuany dibiayai oleh mrk apakh mksd itu smua ak tdk ush melampirkan copy dr rek tab aku?apakah ada cr lain untuk membwt janji di kedutaan krn selalu saja full.. dank je wel.. doeiiiiii

    • Hi Vivi, kalau semua syarat dipenuhi lancar2 saja ko. Memang sih yang diminta rek. Tabungan sponsor tapi saat itu saya melampirkan rek. Tabungan saya juga daripada disuruh bolak-balik.

      Pihak kedutaan juga pernah bilang walau ada sponsor masa iya kita mau jalan-jalan tapi tidak bawa uang sama sekali.

      Waktu itu pernah ada yang tulis di blogku tentang pengalaman dia apply visa di kedubes Belgia sih dia ada sponsor tunangannya ternyata visanya ditolak dengan alasan data keuangan yang mau datang ini.

      Buat janji sekarang hanya bisa secara online. Harus dipantau tiap hari coba tengah malam atau pagi2 sekitar jam 5-6 pagi.

  8. Akhirnya visa bi selesai juga walaupun sempet salah tanggal dan dicoret lg musti bolak balik ke kedutaan.
    Sekarang sudah di Almelo, asli dingin apalagi kalo hujan untung bawa jaket.
    Cari makan agak susah jarang yang jual nasi ……
    Makasih ya Mba atas bantuannya.

    • Hi Awo, selamat yaaa .. wah asyik dong sudah berhasil ke LN ๐Ÿ˜‰ disana dingin? bukannya sudah mulai panas ya masuk summer? harusnya bawa beras sendiri jadi bisa masak deh, atau kamu coba cari beras di supermarket yang berbau asia deh.

      • Sudah booking Hotel di Theater Hotel Almelo, jadi ga bs masak ๐Ÿ™‚
        Sepi bener kalo sampai hari minggu, mudah2an hari ini ga sepi banget
        Malemnya sebentar banget ……..

  9. Mba, adakah info kalo mau ke yunani mba?misal dari eropa nerusin ke yunani gmn caranya yg murah? :p #tetep

  10. Dear Mb Nella,

    Mb besuk kamis saya mau ke kedutaan semoga semua lancar makasih atas form ya yang dikirim ke email saya. Makasih mb. oh ya dapet ijonya wakktu itu aku jam setengah sebelas malam mgkn bisa membantu tetapi setengah jam kemudian udah mulai merah semua cepet banget. hehehe

    Rgds

    reni

  11. slmat pagi mba Nella,,,aduh mba saya jadi stres nih. saya ikuti saran mba untuk buat janji secara Online, sy klik webnya: http://jakarta.embassytools.com/ , selanjutnya muncul prosedur sederhananya yaitu: klik kalender – klik bulan – klik hari – mengisi form – klik submit. tapi mba saya klik kalender muncul kan kotak vertikal yg tgl2 tertentu udah terisi dgn di tandai wrn merah, di situ juga sudah ada bulan/tgl, nah kemarin subuh2 sy lihat tgl 13 juni 2011 blum ada tanda merahnya berarti blum terisi tapi mba saya klik2 nggak bisa kebuka mba…..apa saya yg salah masuk ya mba?…..mohon berikan petunjuknya ya mba langkah2nya…mohon balasan secepatnya ya. sebelumnya thanks ya mba nella ya baeek. o ya mba mengenai surat keterangn kerja saya kan skrang lagi honor di skolah yayasan, sbagai staf tata usaha, apa saya bisa minta surat keterngn kerja “cuti”dari kpl sekolah utk di bw ke kedutaan? trimaksih bnyak ya mba nella.Gbu

  12. hallo Nella, sy mau tanya, rencana sy tgl 15 agust 2011 mau ke rotterdam belanda utk ikut dgn suami yg bekerja di kpl pesiar, masalhnya sy tinggal di Manado, rencana sy mau buat janji permohonan visa dulu melalui telp dgn kedutaan belanda, baru kalu sudah di tentukan tgl dan wktu utk saya wawancara baru sy ke jakrta. pertanyaannya : kalau buat janji permohonan visa utk 2011apa boleh melalui telp at bagaimana? trus kalau mau apply visa saya hrs dtg langsung di kedutaan atau boleh saya kirim melalui internet?. satu lagi sy kan ibu rmh tangga, apa di haruskan utk ada surat ijin dari kantor sedangkan sy skrang so tdk bekerja lagi. sbelumnya timakasih ya mba Nella mohon balasan secepatnya. Gbu

    • Hallo Yuli berikut jawaban dari saya,
      Buat Janji HARUS secara online, silakan klik : http://jakarta.embassytools.com/ harus diajukan jauh-jauh hari karena booking online sekarang sangat amat sulit dapat tgl yg kosong, dikarenakan banyak yg apply visa (konon kabarnya sudah sekitar 12rb an yg apply), harus coba booking paling tidak sebulan sebelum berangkat.

      Saya kutip dari web Kedubes –> Jika sudah pasti bahwa Anda perlu mengajukan permohonan visa kepada perwakilan Negeri Belanda di Indonesia tempatnya adalah: Kedutaan Besar di Jakarta dan konsulat di Medan (Sumatera), Kuta (Bali) dan Surabaya (Jawa Timur).
      Selanjutnya juga di Petugas Konsuler (Kontak Person Konsuler) yang oleh Kedutaan Besar dikuasakan untuk memastikan identitas (wajib menghadap perorangan) pemohon visa. Mereka bertempat di:
      โ€ข Yogyakarta dan Jepara (DIY & Jawa Tengah)
      โ€ข Manado (Sulawesi Utara)
      โ€ข Makassar (Sulawesi Selatan)
      โ€ข Ambon, Maluku
      โ€ข Jayapura (Papua)
      โ€ข Balikpapan, Kalimantan Timur

      Mohon maaf saya tidak tahu alamat/telp nya, silakan tanyakan kedubesnya 021-527 1904

      Informasi lainnya mengenai visa (Prosedur permohonan visa untuk kunjungan kurang dari 3 bulan), silakan klik :
      http://indonesia-in.nlembassy.org

      Untuk hal surat ket. kerja, itu salah satu syarat Permohonan visa saya tidak tahu bagaimana mutlak atau tidaknya untuk ibu rumah tangga, coba tanya langsung saja kedubes +62-21-527 1904 Senin s/d Kamis: 13.00-16.00 Jumat: 13.00-14.00 Khusus untuk mendapatkan informasi.

  13. Mba bisa minta contoh pas photo buat visa ? Kalau tidak salah background nya putih. Pas photo saya putih, tapi lihat di websitenya rada krem gitu warnanya, bisa ga kira2, takut ditolak soalnya mepet saya berangkat tanggal 4 Juni 2011. Terima kasih sebelumnya.

  14. Dear Mba Nella,
    Blog yg helping bgt deh. *Now let’s see, is it my turn now :D*

    1. Klo surat udangannya dari tmn di Italy (WN Italy) tapi aku flightnya kan transit di frankfurt tuh. Boleh ga aku minta visanya dari Kedubes Belanda? (krn di state bahwa pengurusan di kedubes Belanda “lebih mudah”)
    2. Untuk asuransinya klo kita hanya selama 1 minggu kena brp euro ya?
    Terimakasih

    GBU

    • Hi Henny
      1. Gak bisa lah say, kalau mau apply lewat kedubes Belanda maka surat undangan atau sponsor harus dari orang Belanda juga. Untuk kamu ya harus ke kedubes Itali. Kalau pesawat gak masalah bisa masuk dari negara mana saja yang kamu mau.
      2. Asuransi sampai dengan 2 minggu sama saja, waktu itu aku sekitar 34 Us$ coba tanya travel lagi supaya pasti.

  15. mbk nella gimana sih cara bisa dapatkan booking online ke belanda kl sy akan berencana pergi di bulan juni besok sebelum tgl 16 juni apa mungkin ya…. dan apa dari sekarang ini saya udah harus booking untuk tiketnya dan estimasi keberangkatan hr dibuat tgl berapa menurut mbk agar saya bisa dpt print outnya. dan ditanggal brpa ya mbk nln juni yang msh ada tempat untuk booking… makasih untuk infonya.

    • Hi Aurell, caranya seperti yang dibilang Vica diatas yakni dipelototin tiap malam dan pagi2 ๐Ÿ˜€ .. Proses visa 8-10 hari kerja. Yang penting dapat tgl hijau dulu baru bisa prediksi booking tiket tgl brp.

  16. Mbak.. aku pusing nie.. aku di undang sama temen di jerman.. surat undangan resmi yang ada cap immigrasi jerman sudah ada, dan dia yang tanggung semuanya. booking tiket sudah ada, travel insurance juga sudah di buatin sama dia. permasalahanya saya kerja di villa (bisnis keluarga) yang gak ada izinya alias non formal entities. apa bisa pakai surat keterangan kerja dari villa? terus rekening tabungan saya cuman 10 juta itu pun gaji saya bulan ini. saya baru lulus kuliah september. sudah bekerja sejak bulan desember tapi gaji nya gak pernah mengendap karena banyak pengeluaran. jadi chash flownya kayak roller coaster.

    • Hi Anna, sebenarnya saya belum pernah apply via kedubes Jerman, saya coba bantu, menurut saya schengen country mirip-mirip pengurusan visanya.

      Iya bisa ko, kamu minta saja tempat kerja kamu itu buat surat keterangan kerja untuk kamu, ada kop surat, ada no telp/fax yang bisa dihubungi.

      Nanti bawa juga ijazah kamu (fotokopi 1 lbr siapa tahu diminta), kamu jelaskan ketika wawancara kenapa dana mengendap ditabungan cuma segitu ya karena kamu baru lulus kuliah trus bilang mau ngeliat dunia luar (mumpung masih muda hehehe) dan ada teman yang bisa jadi sponsor termasuk membiayai perjalananmu. Oh ya temannya sudah pernah ketemu langsung kan? Hati-hati jawabnya karena saya pernah baca curhatan beberapa orang, kedutaan menolak kalau pengundang statusnya yang hanya kenal via internet.

      Syarat apply visa di kedubes Jerman silakan lihat : http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01/Visabestimmungen/Hinweis__Aufenthalt__bis__3__Monate.html

      Semoga sukses yaaa Anna ;-).

  17. Mbaa…saya baru dapet link ini dari tmn kakak yg tinggal di belanda.sayang dia ga bisa ngasih invit karena tahun depan dia sudah invit ibu dan adiknya sendiri.saya dan kakak berencana liburan ke eropa april 2011.dimulai dari belanda.awalnya sudah diputuskan memakai biro travel(sekitar US3000) tapi membaca blog ini jadi berupah pikiran.mungkin dengan tabungan yg ada saya ga cuma 2minggu disana (sesuai jadwal biro), tapi mungkin saya bisa jalan keliling lebih jauh lagi.saya sedih karena tidak ada invit.yg saya mau tanyakan,apakah cukup invit itu diganti hanya dengan bookingan hostel saja mba?matur nuwun.kalo boleh pm nomer hp mba atau email mba..matur nuwun sanget ๐Ÿ™‚

    • Hi Izza April 2012 maksudnya? iyalah dengan dana segitu kalau kita mau hidup ngirit bisa tinggal lebih lama di LN loh! :D. Kalau tidak ada invitation letter gak masalah, kamu bisa gunakan bookingan hostel, namun sepertinya kedubes akan minta bookingan yang terkonfirmasi, jadi sekarang kita gak bisa asal booking hostel saja, tapi harus ada konfirmasi balik dari pihak hostel.

      Untuk berkas-berkas yang diperlukan silakan lihat link berikut : http://indonesia-in.nlembassy.org

  18. hi mba, aku akhirnya smlm baru dpt u interview tgl 30 mei nanti, waaaahh senengnya akhirnya ada juga setelah berkali2 website kedutaan dengan ara online di pelototin tiap pagi n tengah malem ๐Ÿ˜€ thx ya

    • Hi Vica selamattt ya! wahh saya senang mendengar akhirnya ada yang berhasil tembus online booking. Boleh tahu kamu dapat tgl yang warna hijau jam berapa ya? Nanti saya jadi bisa kasih saran untuk yang punya masalah serupa.

  19. mba mau nanya, aku kan rencannya juli ini berangkat ke NL dengan undgn dari pacar untuk 90 hari terhitung juli-oktober (sebelumnya saya sudah 2x kesana terakhir desember 2010) skrg agak bingung dengan sistem online apply visanya ya, karena full banget, mudah2an keburu applynya sebelum juli keberangkatn, tiap hr saya pantau website OL nya tp sudah full terus ๐Ÿ™ yg jadi pertanyaan , saya nanti juli kesana akan resign dari kantor, krna mengingat saya akan bertunangan dan tinggal 3 bulan (disana ada orang tua saya) akan tetapi kali ini saya di undang langsung oleh pacar, apakah nanti kedutaan bisa menolak saya apabila alasan saya resign dr kantor karena bertunangan dan tgl 3 bln disana? ๐Ÿ™ krna saya belum pernah menerima invitation selain dr keluarga. thks

    • Hi Vica,
      Iya apply online memang sedang sangat padat. Untung2 an kalau mau dapat tanggal yang warna hijau, harus pantau tiap hari, beberapa kali saya cek ada yang hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Barusan ini saya lihat lagi ternyata sudah penuh sampai 27 Mei 2011. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      Setahu saya sih kalau kita pergi dengan visa turis pasti akan diminta surat keterangan kerja kita di Indonesia. Karena pihak kedutaan ingin memastikan kalau kita pasti akan balik ke Indonesia dan tidak over stay di Belanda. Kalau bisa dapat invitation letter dari keluarga sepertinya lebih baik tuh karena kan kamu masih dalam proses pertunangan, beda kalau akan menikah disana.

  20. Halo mbak, saya baru membaca artikel mbak dan sangat membantu.
    Saya akan ke Belanda tanggal 10 juli, namun setiap mengecek slot selalu penuh, apakah ada saran atau tips untuk meng-book visa?

    Selain itu, pesawat termurah untuk kesana adalah via Jakarta-Jerman PP. Konferensi saya di Belanda dan kami akan menginap di Belanda. Apakah boleh kita meng-apply schengen dari kedutaan Belanda padahal tiket pesawat dari Jakarta-Jerman PP? Selain itu, tanggal visa kita nantinya benar-benar sesuai dengan tanggal kita book pesawat, ataukah kita bisa dapat visa lebih lama?

    Makasih banyak mbak ๐Ÿ™‚

    • Hi Vanny,
      Setahu saya untuk booking memang sekarang harus via online, kalau 2009 lalu untuk apply visa saya masih bisa via telp dan atau datang langsung. Nah untuk sekarang saya tidak tahu apakah masih berlaku โ€œdatang langsungโ€ dan saya tidak lihat informasi mengenai hal ini di website kedubes, di websitenya hanya tertera untuk apply visa caranya dengan book via online.

      Booking online memang sedang sangat padat. Untung-untungan kalau mau dapat tangal yang warna hijau (kosong), harus pantau tiap hari, beberapa kali saya cek ada yang hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Barusan ini saya lihat lagi ternyata sudah penuh sampai 27 Mei 2011. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      Iya kamu bisa ko gunakan penerbangan dari mana saja, biasanya sih tanggal di visa di lebihkan beberapa hari dari tanggal kita apply, tapi kalau lihat jadwal kedubes yang sangat padat menurut saya sangat riskan untuk issued tiket, cukup booking saja dulu. Proses pengurusan visa memakan waktu 8-10 hari kerja, jadi kalau mau berangkat 10 Juli, Vanny harus pantau tiap hari ya untuk dapat tanggal yang hijau.

  21. Mau tanya mbak kalau dapat undangan dari Belandanya paling lama di setujui visanya berapa hari, soalnya tanggal 3 Juni rencana berangkat, sekarang belum bisa booking online. terima kasih …..

    • Hi sdr Awo, visa keluar 8-10 hari kerja. Iya booking online sudah sebulan lebih padat sekali. Untung2 an dapat tgl yg warna hijau, harus pantau tiap hari, bbrp kali saya cek ada tgl yg hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Klo pergi tgl 3 Juni susah kali ya karena booking online sudah penuh sampai tgl 20 Mei. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      • Makasih mbak. Saya pantau tengah malam nanti :). Terpaksa diundur sampai september deh. Kalo booking online harus isi apa saja mbak.

  22. Hi mba nella..salam kenal saya mau nanya-nanya nih..
    saya rencana mau ke swiss awal bulan september…pacar saya ngundang kesana..dia status masih kuliah jadi belum bisa jadi sponsor untuk saya.well..setelah cari kesana kemari ahirnya boss dari adiknya mau jadi sponsor untuk saya..yang jadi masalah saya belum kenal sama boss tempat adiknya bekerja..dia punya restaurant disana..
    kemarin juga saya dapat e-mail dari teman saya di koln jermany dia juga bersedia jadi sponsor…mana yang lebih mudah dapat visa dari kedua negara tersebut…makasih sebelumnya mba untuk advicenya

    • Hi Anjas,

      Saya belum pernah apply visa via kedubes Jerman, tapi saya pernah bbrp kali baca pengalaman orang2 yang apply, katanya sih konsularnya gak ramah dan judes gitu, ya saya tidak tahu mungkin karena dokumen tidak lengkap.

      Pengalaman saya via kedubes Swiss, ya lancar2 saja, ketika wawancara ditanya detail sekali dan nantinya sponsor kita di Swiss akan ditelp pihak kedubes dari Jakarta. Jadi ya harus benar-benar dipersiapkan, jangan sampai jawaban kalian berdua berbeda.

      Menurut saya kalau kamu punya teman di Jerman, sebaiknya apply via kedubes Jerman saja, jadi kalau ditanya-tanyapun jadi kalian bisa jawab kan.
      Oh ya yang jadi sponsor harus yang sudah pernah ketemu langsung ya, biasanya consular menolak sponsor yang status teman via internet.

      Good luck ๐Ÿ˜‰

  23. oo gt ya mb tp aku boleh minta juga mb sambil aku coba buka dari kedutaan. kalau tetep ga bisa ntar aku ke warnet liat sama apa ga sama punya mb. internet di rumah lemot bgt mb soalnya. gmn mb? makasih sebelumnya

      • ooo berarti tidak perlu membayar untuk fiskal ya mb. syukurlah hehehe.
        oh ya mb form untuk visanya kok aku klik ga da ya mb? mb punya formnya mb soalnya aku baca diatas mb ada formnya. kalau boleh aku minta mb bisa dikirim ke email aku. makasih ya mb

        reni

    • Ren lebih baik kamu download dari website kedubes Belanda, karena punya saya form th.2009. Kemungkinan besar sudah banyak perubahan.

  24. hi mb Nella,
    aku seneng bisa baca blognya mb, sangat membantu. Sangat seneng jd lupa waktu hehehehe. Mb untuk asuransinya itu berarti diberikan kalau udah wawancara? bukannya salah satu berkas yg dibutuhkan ya? bener kata mb kalau mau pergi pasti cari cari info hehehehe… aku juga mau pergi ke belanda pinginnya cepet tp nunggu kalau udah dapet surat2 yg diperlukan. mb kalau ga keberatan aku udah add email mb baca di atas tlg di app ya. hehehehe, makasih ^^

    • Hi Elly, setau saya kalau thn. 2009 bisa daftar dg cara datang langsung ke kedubes dan ambil nomer disana lalu kita dapat tglnya utk masukan dokumen. Kalau sekarang HANYA via online, namun tidak ada salahnya coba kamu datang saja. Bbrp kali saya iseng buka kalender sekitar jam 6 pagi masih byk yg hijau, memang harus rajin cek ya.

  25. Haii Mba…..thx bgt info nya yg berguna bgt bwt saya.
    Klo boleh tau ya Mba, brp budget Mba wktu ke Belanda?
    Dari mulai ngurus visa,asuransi,tiket pesawat,living cost de el el.
    Aku ada rencana liburan 2 mnggu dsna sambil cari cari short course.
    Aku tunggu rply nya ya ๐Ÿ™‚
    Thx Mba

    • Hi Anye,
      Rinciannya : Tiket 888 USD ; Visa 60 Euro ; Asuransi berlaku 1 bln 70 USD ; Airport tax CGK Rp.150.000 Total sekitar 10 juta rupiah.

      Untuk pengeluaran selama di Belanda tergantung masing-masing orang. Saya waktu itu menumpang di 3 rumah teman, jadi living cost mungkin tidak ada ya? .. saya punya banyak (20-30 lbr) tiket kereta karena sering bolak-balik ketiga rumah teman saya tersebut. Kalau dihitung kasar mungkin saya habis sekitar 16-18 jutaan.

  26. Trims mbak untuk sarannya. Pagi tadi saya sudah tlp ke embassy… mrk semua katanya sdg sibuk dan gak bisa mencari data saya sudah masuk atau blm. Mrk minta saya untuk mencoba apply visa on line lagi besok. Kalau besok ternyata saya masi blm bisa jg bikin appointment ulang artinya memang data nama saya yg pagi tadi saya input sudah masuk ke data embassy…. jd gak bisa berbuat apa2 hanya tunggu nanti tgl 2 may saja untuk datang ke embassy sekalian bawa document yg diperlukan.

  27. Good Morning all…
    Mbak Pagi ini saya coba daftar masuk ke situs embassy belanda. Awalnya saya liat pagi-pagi jam 06.30 masi hijau semua, terus saya klik daftar… sudah beres isi form… saya send data form isian… looding terus computer… seperti sedang proses pengiriman data… tiba-tiba lap top mati pula karena saya lupa check batere lap top ternyata empty.
    Kemudian saya coba nyalakan lap top lagi setelah di charge… saya masuk lagi situs embassy belanda… terus saya coba isi form dan kirim data isian form ternyata ada keluar informasi “Sorry, you cannot book more than 1 appointment”.
    Artinya mungkin data isian form awal yg saya kirim sudah masuk ke data entry embassy belandanya. Tapi saya belum yakin data form isian saya sudah masuk atau blm karena tadi tiba-tiba lap top mati. Untuk mengetahui data isian form saya sudah masuk atau belum ke embassy belandanya gimana caranya ya mbak? Apa bisa di tanyakan melalui tlp mengenai data saya susah masuk atau belum ke embassy belandanya?
    Bagi rekan-rekan lain yg pernah mengalami hal yang sama dengan saya…. mohon bantuan infonya. Terima kasih.

    • Hi Ratu berarti datamu sudah masuk, kalau mau tahu pastinya coba telp dan email kedubesnya, kalau gak bisa tembus juga terpaksa harus didatangi langsung. Thn. 2009 buat janji masih via telp, jadi saya belum mengalami hal tersebut.

      • Hai mbak, salam kenal ya. Nice to meet you here.
        Mau nanya ni mbak, saya mau buat janji online tapi kayanya udah penuh, adakah cara lain untuk buat janji selain online ?
        Hartelijk dank mbak.

    • Pagi tadi sekitar jam 6.30 hanya ada satu tgl 19 yg hijau, ada pilihan mulai jam 8 sampai 12. Namun barusan saya buka lagi kalendernya semua sudah merah. Sepertinya sdg byk yg apply visa jadi harus bersaing dpt tglnya. Sebaiknya bsk Anda coba lebih pagi.

  28. halo mbak aku mau tanya;)
    tadi aku udah ke kedutaan belandanya terus disuruh datang 2 minggu lagi. berkas-berkas ga ada yang kurang si. gimana bisa tau ya mbak kira-kira dapet visanya atau tidak?
    soalnya rencana berangkat tgl 24 ini. jadi agak mepet. belum issued tiket juga takut ga dapet tiket. aku ke belanda buat ikut exchange gtu.
    makasih mbak..

    • Hi Inez, kalau tinggal disuruh datang 2 minggu lagi biasanya sih dapat visanya, namun kalau ragu jangan issued tiket dulu, nanti stl ambil visa baru langsung issued tiket. Beli asuransinya saja dulu lalu siapkan copiannya krn pas ambil visa konsular akan minta copinya.

  29. masalahnya saya gak bisa dpt situsnya yg hijau hanya ada merah aja ,tolong infonya supaya bisa dpt hijaunya gimana …..
    makasih

    • saya barusan buka websitenya, tgl yg warna hijau hanya satu yakni tgl 19 April 2011 bisa pilih jam-jam nya. Kalau hari ini penuh lagi berarti semua akan merah. Kalendernya memang dirancang hanya untuk 2 minggu.

  30. halo,saya mau tanya ni saya mau nyuruh ibu saya kebelanda terus mau buat visa tapi saya baca di internet buat janji sama kedutaan harus ol tapi pas sampe dibagian buat bikin janji dgn tgl tglnya kok gak bisa diklik gimana ya?

      • sama nih… aku menemui hambatan dalam janji temu… tolong dibantu dong… caranya gimana ya? jama brp yg paling bagus untuk buka situsnya biar dapet ‘hijau’nya… makasih mbak

  31. hay mbak…
    saya mau nanya ..saya pengen sekali ke Belanda buat mengunjungi temannya..tapi saya masih di bawah umur banget (16 tahun) ..dan berangkatnnya sendiri…minta solusinya aja..terus cara biar bisa jalan jalan ke luar negeri itu gimana??
    makasih ya kakak ^_^

    • Hi Irwan,
      Kamu minta surat keterangan dari sekolah/kampus sebagai mahasiswa disana,
      Proses lainnya atau dokumen yang diperlukan untuk apply visa silakan kbuka web kedutaan Belanda

      cara jalan-jalan ke LN? ya apply visa trus beli tiketnya hehehe

      • owh..makasih banyak hehehee….
        irwan mau nanya lagi kak…minimal kalau ke belanda selama 1 minggu harus punya berapa rupiah untuk di kurs kan menjadi euro??

        and masih bingung untuk yang keterangan sekolah itu gimana>??
        soalnnya saya masih sma

        • Minta Surat keterangan dari sekolah yang isinya menerangkan kalau Irwan adalah siswa disekolah tersebut.

          Saya copas dari website kedutaan yang mengenai Bukti Keuangan:

          Bagi pemohon visa yang melakukan perjalanan atas biaya sendiri harus mempunyai uang sebesar โ‚ฌ 34,- / per hari.

          Penjamin atau pihak ketiga (sponsor) di Belanda harus mempunyai pendapatan bersih sebesar minial โ‚ฌ 1230,32 per bulan, yang masih harus berlaku selama minimal 12 bulan pada saat pengajuan permohonan visa.

          Keuangan bisa dibuktikan dengan fotokopi buku bank dari 3 bulan terakhir.

          *note : 1 euro = kira-kira Rp. 12.000, jadi kalau mau tinggal seminggu kira-kira Rp.2.856.000

          Karena Irwan masih pelajar, bisa gunakan bukti keuangan orangtua, nanti juga minta dibuatkan surat keterangan yang menerangkan semua biaya perjalanan ditanggung orangtua kamu.

          Kalau hanya liburan seminggu ko menurut saya sangat sayang ya?, maksudnya mengingat harga tiket pesawat saja bisa kira-kira 1000 an USD.

  32. Kak Nela, infonya bermanfaat sekali. Mohon infonya untuk pengajuan visa Schengen via kedutaan Belanda: Untuk surat ket kerja dari tempat saya bekerja apakah Harus dalam bahasa Inggris. Dan untuk rek pribadi yang 3 bulan terakhir aapakah fotocopy dari buku bank atau? Mohon informasi via email saya : josafat97@yahoo.com dokumen apa saja yg diserahkan ke kedutaan waktu pengajuan visa. Selain surat undangan dari keluarga di Belanda. Terimakasih, GBU.

  33. mba maaf saya mau tanya lagi,,,utk soal uang asuransi min 30.000 euro,,,,,bisa tolong mohon dijelaskan mba?kok mahal bngt yah,,,harus bayar segitu yah,,,,trs emangnya ga bisa pke asuransi yg qta punya di indonesia seperti saya kan ikut asuransi di prudential,,,,saya agak kurang mengerti mba,saya agak bingung,,,makasih yah mba sebelumnya,,,,

    • 30.000 euro adalah minimal nilai pertanggungan asuransinya. Untuk harga asuransinya 70 USD berlaku 1 bulan (*th. 2009), kalau masa berlaku 14 hari mungkin separuhnya. Untuk jelasnya silakan tanya ke travel terdekat, atau bisa lihat contact person ditulisan saya diatas, atau liat ‘tag schengen visa’. Jika Intan sdh punya asuransi coba tanyakan apakah berlaku untuk asuransi perjalanan wilayah schengen country (setahu saya sih beda).

  34. hi mba nela,,,salam kenal yah,,,
    ada yg mau saya tanyain nih,,,saya rencana kebelanda sekitar bulan maret thn depan untuk bertemu dng pacar sya n kluarga,,,dan saya kerja dikapal pesiar dan akan berlayar sampe bulan maret,,,,bisa ga yah klo saya apply visa pas saya lgi berlayar atau gimana yah cara biar saya bisa pulang berlayar langsung kenegara belanda tanpa saya harus pulang ke indonesia dulu kan bsa hemat biaya dan hemat waktu,,,,
    dan pas saya interview visa saya baca comment diatas agar tidak menyebutkan utk mengunjungi pacar jadi saya harus bilang mengunjungi teman saja???
    oh iya satu lagi mba,,,pihak yg mensponsori atau yg mengundang qta atau bahkan qta tdk harus mengeluarkan uang guarantee kan utk pemerintah dengan nominal tertentu,,,
    thanx before and after,,,,
    iintan

    • Untuk Pengurusan visa memakan waktu 8-10 hari kerja, kalau memang dalam waktu tersebut Intan masih ada disuatu Negara bisa datang ke kedubes Belanda setempat, tapi ko sepertinya tidak bisa ya karena kan harus aja bukti punya izin tinggal di Negara tersebut. Lebih baik coba tanyakan langsung ke kedubes di Jakarta, emailnya : jak@minbuza.nl dan JAK-VISA@minbuza.nl ; iya Intan bisa bilang mengunjungi teman. Kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk apply visanya sekitar 60 Euro. Good luck ya ;-).

  35. Mbak…mau nanya dong..kalo ga ada invitation kan qta perlu untuk booking hotel di belanda…Misal saya pengen keliling Eropa dengan masuk lewat Belanda dan stay 3 hari dulu dan bookingan hotel yang saya ajukan untuk visa hanya 3 hari di Belanda tersebut boleh gak ya? Atau harus semua bookingan selama saya di Eropa sampe pulang?

    Thanks mbaak
    Shinta

    • hi Shinta, kamu sudah benar harus ada bukti booking hotelnya, harus ada itinerary tiap harinya mau nginap dimana. Smoga sukses ya ;-).

      • OK deh mbak…tapi kalo tiket bis/kereta per negara harus dibeli juga gak ya mbak dan diserahkan bukti konfirmasinya untuk ngurus visa? Karena aku liat kalo hotel memang refundable tapi kalo psawat/bis/kereta banyak yg non refundable..

        Thanks
        Shinta

  36. Iya betul sekali,,ketat ya,,,saya pun foto udah sedetail mungkin nih 3,5 x 4,5 ,,
    Ya mksh ya mba nella utk infonya..;)

  37. Tahun 2008 tidak seribet ini mba waktu kedutaan belanda di bandung masih ada,,foto pun latarnya merah tdk masalah,,sekarang harus janjian aja sampai penuh di websitenya itu,,untungnya satu waktu itu bisa untuk 2 orang,,jadi saya bikin janji jam 11 untuk 2 orang tternyata bisa..
    Ya karna niatnya juga bukan untuk aneh aneh ya mba hanya untuk kunjungan keluarga dan teman,mudah-mudahan dipermudah ya…amin

    • Hi Risma, aturanya sudah ketat sih pas saya apply thn 2009, itu saja tiket saya hampir hangus krn kedutaan kasih tgl saya bisa menghadap jauh banget dari prediksi. Untungnya setelah berbagai usaha dan rayuan hehehe akhirnya ada mujizat, saya ditelp bisa masukkan lebih awal karena katanya ada yg cancel. Tahun 2009 untuk foto juga ketat kalau wajah difoto terlalu jauh maka disuruh ulang lagi, yang pakai jilbab juga ada aturan foto tertentu.

      Namun saya lihat sekarang lebih ketat lagi, untuk buat janji HARUS via online di web kedutaan, dan beberapa waktu lalu saya iseng buka jadwalnya benar-benar padat, jadi kalau mau pergi mepet2 tanggalnya bahaya! Dan ada pernyataan keras di website kedutaan tidak boleh tanya2 via email hahahahah โ€ฆ

  38. Mba lala trims buat infonya,,,,
    Sy janji ke kedutaanya jam 11 mudah-mudahan tdk ada hambatan,,
    Jadi deg-degan sendiri saya…
    Ada tips khusus ga kalau sudah kedutaan gimana?hehe…ngga dijawab juga ngga apa2 ko…
    Mksh ya mba

    • @Risma, nanti ketika jawab wawancara jangan terkesan ragu-ragu, tatap pewawancara jadi kesannya kita mantap jawab semua pertanyaan dia, jawabnya singkat, padat, jelas, gak usah beretele-tele, semoga sukses ya buat wawancara Visanya ๐Ÿ˜‰
      @Lala, thanks banget ya sudah dibantuin jawab duluan, soalnya saya kalau online dari hp ribet, jadi pas didepan laptop baru leluasa jawab komen-komen blog.

  39. Mba,,panduanya bermanfaat sekali,,,saya kamis tgl 24 maret akan ke kedutaan belanda,sudah buat janji dan sdh ada printout hasil dr janji yg dibuat 2minggu yg lalu,,,
    Persyaratan sudah lengkap,,tinggal nunggu wawwancara saja,,,ini juga pengalaman pertama saya ke belanda dgn pacar saya untuk mengunjungi orangtuanya,,,untung pacar saya sudah sering kesana,,mudah2an lancar untuk wawancaranya doakan ya mba,,,
    Oh ya..mau tanya juga kalau foto untuk visa itu harus putih ya latarnya??
    Atau ada info baru mba??terimakasih sebelumnya

    • Hi… Mba nella saya bantu jawab yah untuk mba risma, untuk pas photo itu harus bener bener diperhatikan ukurannya 3,5 x 4,5 (jadi komanya itu harus diperhatikan) dan wajahnya pun harus jelas terlihat dekat bcakground putih, soalnya waktu saya apply saya lihat ada yg disuruh datang lagi gara gara wajah terlihat jauh.

      Trims

  40. mbaaa……thaks infonya!! bermanfaat bgt…
    aq pengen jalan2 ke italy, tapi masih bingung krna katanya ngurus visa ke negara eropa tuh susah..paling enak klo kita ngurus di embassy belanda..bener ga si mba?? trus kalo aq cuma jalan2 2 hari aja, kira2 berapa budget minimal yang mesti aq punya?? apakah mesti pnya asuransi juga?? wah….ribet juga ya…;-(

    ada saran gak mba biar aq bisa ikut asuransi??

    • Hi Memey,
      Menurut saya kalau surat-surat yang dibutuhkan sudah lengkap semua gak ribet ko, yang simple aturannya sih di kedutaan Belanda

      Jalan-jalan 2 hari?? Ko singkat sekali?
      Iya harus beli asuransi perjalanan, ini beda loh dg asuransi spt asuransi kesehatan, asuransi jiwa ataupun asuransi pendidikan, yg saya maksud adalah asuransi perjalanan.
      Asuransi harus cari yang biaya covernya 30.000 usd dan berlaku untuk Schengen Country, biasanya sih antar travel gak beda jauh. Dua kali saya beli melalui Sirius Tour, contact person bisa hub sdri. Weka via telp : 021-3447338 atau email : tour.sirius@siriustour.com

    • Hi Gilang,
      saya daftar untuk mendapatkan newsletter dari beberapa maskapai, jadi kalau mereka lagi kasih harga promo saya dapat informasinya di email, barusan saya dapat info Lufthansa lagi ada promo tiket ke Jerman, silakan dicek.

  41. hi mba nella, saya sudah pulang dari amsterdam.
    saya bantu menjawab pertanyaan mas andri.
    itu ternyata klau memang datanya sudah lengkap berikutnya disuruh datang itu sudah pasti dapet visa.
    klau memang belum lengkap biasanya suruh melengkapi via email.

    terima kasih

    • Sis, jadi kalau semua dokumen udah lengkap, trus udah dapet bukti buat pengambilan itu berarti visanya diterima ya? soalnya saya deg deg an juga nih,soalnya tiket pesawat udah di issued, saya tgl 4 kemaren udah ngajuin permohondan visa dan di bukti pengambilan sih ditulisnya max tgl 18 udah bisa ngambil….

  42. tulisannya sangat membantu saya mbak…
    saya mau tanya tapi kayanya sama dengan pertanyaan lala….
    kalo saya cuma disuruh datang saja mbak…maksudnya pas pengambilan visa…tapi menurut saudara saya yang pernah pergi ke amsterdam….coba aja ditelp 2-3 hari sebelumnya….tapi kalo diliat dari kelengkapan surat dan hasil wawancara, tidak ada hambatan cuma pas photo aja yang harus diganti menjadi 3,5×4,5cm
    tapi saat ini deg-degan juga soalnya kan penjamin saya di belanda yg juga bibi….udah membeli tiket dengan lunas….takut visa ga diacc…
    makasih

    • Hi Andry,
      Kalau sudah disuruh datang datang saja, hopefully visanya dapat ya. Iya coba saja ditelp dua hari sebelumnya. Sebaiknya sih beli tiket setelah visa ditangan karena riskan juga tapi apa mau dikata sudah terlanjur beli toh, so banyak-banyak doa ;-).

  43. hi… mba.

    seneng deh, saya sekarang di amsterdam… wah cuacanya dingin sekali 9 c dan saya mengalami alergy berat kulit saya merah dan gatal karena dingin tapi it’s ok.
    mba share lagi dunk dimana tempat tempat asik yg bisa saya kunjungi.

    thanks
    lala

    • Hi Lala, asyikkk dong .. 9 masih mending, akhir jan-feb lalu selama 2 minggu saya ke Swiss minus 9 โ€“ 11 derajat loh, tp didalam rumah hangat ๐Ÿ˜‰ .. kulit saya juga beberapa hari langsung bermasalah gatal2 (hanya bagian kaki) jd jelek hikss bruntusan gitu, untungnya bawa balsam dari Indo, jadi tinggal oles jadi hangat, trus saya rajin bbrp kali kasih body lotion ke seluruh badan, pas nyampe Jakarta dalam beberapa hari kulit normal lagi.

      Tahun 2009 karena teman saya tinggal di tiga tempat : Breda, Den bosh dan Breda jadi ya paling bolak balik dan explore tiga tempat tersebut.

      Waktu itu mengunjungi : Kinderdijk, tempat kincir angin ; Amsterdam lihat wilayah red light (sebaiknya jangan sendirian hehehe) lalu ke museum Madame Tussaud ; Den Haag lihat gedung parlemen dan depan istana Ratu (bagus buat foto2 dan gratis) lainnya kamu bisa naik kereta tujuan mana lalu turun deh di beberapa stasiunnya sebelum sampai tujuan akhir buat cari objek foto menarik, lalu naik lagi ga usah beli tiket lagi toh. Coba lihat blog saya ini sepertinya saya ada beberapa tulisan selama di Belanda ;-).

  44. Hi Mbak, salam kenal,
    Saya lagi dilema nih, saya beserta org tua berencana ke amsterdam untuk liburan & mengunjungi keluarga selama 18 hari. Minggu ini ( 25 – 27 Februari) ada program Tiket promo murah dari Garuda, dengan persyaratan tiket harus dibayar minggu ini terakhir. Sedangkan visa saya baru keluar awal bulan Maret. Saya tergoda untuk membayar tiket tersebut. Yang membuat dilema adalah bahwa biaya refund tiket apabila tidak jadi berangkat sangat mahal, yaitu sebesar $408 per orang.
    Semua persyaratan administrasi sudah saya penuhi semuanya, termasuk suran jaminan, surat undangan dll.
    Kira2 apa yang membuat Kedutaan menolak pengajuan visa kita ya? Kira2 peluang visa saya di acc bagaimana ya? terima kasih atas infonya

    • Hi Lia,
      Salam kenal juga ;-), hiks! Maaf sepertinya jawaban saya terlambat.. Kalau semua syarat yang diminta pihak kedutaan sudah kamu penuhi semuanya, menurut saya lancar-lancar saja prosesnya, kalau mau ambil resiko boleh dicoba ;-). Paling tidak pihak kedutaan sudah melihat kalau kamu sudah beli tiket dan pastinya akan berangkat (dikarenakan kalau gagal terbang berarti tiket NonRefund), biasanya kalau ada surat undangan yang dari gementee di Belanda rasanya visa bisa diperoleh deh. So be Optimist!

      Mengenai penolakan itu tergantung pihak kedutaan sendiri, kadang gak jelas! (pernah ada cerita sih kalau surat undangan dari orang yang belum pernah kita ktemu langsung atau surat undangan via teman ketemu di Internet beberapa kedutaan menolak visanya). Maka dari itu dokumen harus lengkap dan kita punya alasan kuat HANYA akan liburan saja di Belanda. Lia bisa beritahu atau buktikan dengan dokumen kalau kamu punya kerjaan bagus di Jakarta.

  45. Hi Nela,

    Mau nanya2 donk. Tapi agak ada latar belakang ceritanya nih so please bare us.
    Aku saat ini sudah di Swedia untuk ambil Master 1 tahun hingga Des 2011. Pas bgt Istri saya dapat beasiswa NESO ke belanda 2 tahun hingga Sept 2012. Kita udah disini sejak Agustus 2010, so sama2 sekolah tapi beda negara.

    Kita punya 1 orang putri umur 3 tahun yg dititip di mertua kami di Makassar.
    Rencananya kita mau boyong mereka cukup 3 bulan ke belanda dan berangkat Mei 2011.
    Pertanyaannya adalah :
    – Apakah ada cara lain urus visa Schengen di konsulat belanda jarak jauh, karena mertua saya bekerja dan jarang ke jakarta. APakah ada kantor perwakilan di Makassar?
    – Berapa lama jarak kita masukkan berkas dan panggilan interview?
    – Bagaimana proses urus visa untuk anak 3 tahun? interview? dll?
    – Ada kepikiran surat undangan dari sodara istri di belanda yg bekerja disana, atau lebih baik surat undanan dari istri saya dibantu universitas. Istri saya beasiswa hanya dgn pendapatan all in 1000 Euro/bulan.
    – Apa konsekuensinya apabila anak tingal lebih dari 3 bulan ( mertua tetep pulang duluan), kalo nanti pulangnya sama saya Des 2011.
    – Bisa kasih rekomendasi penerbengan yg paling murah apa? saya cek semua rata2 1200 USD.
    – Bagaimana bisa book tiket yg fleksibel waktu kebarangkatan? Karena disarankan jgn book tiket dulu kalao blm urus visa? kalau begitu berkas apa yg perlu dibawa bila tiket blm ada dan pasti…
    – Asuransi apa yg murah untuk 3 bulan kunjungan.

    • Hi Sdr. Yose,

      Silakan di lihat penjelasan kedutaan Belanda

      Lihat No.2 Apa yang perlu Anda ketahui lagi tentang Visa Kunjungan Singkat
      Dan No. 8. Visa gratis

      Visa bisa diajukan maksimal 3 bulan dan minimal 2 minggu lebih awal dari tanggal keberangkatan.

      Kalau mau tinggal di Belanda lebih lama dari 3 bulan coba lihat prosedur permohonan Izin Tinggal Sementara (Machtiging voor Voorlopig Verblijf (MVV).

      Kalau penerbangan sedikit lebih murah namun tetap dengan fasilitas yang oke banget, bisa cek emirates.com .. Kalau sejak desember hingga sekarang memang high season jadi ya tiket sekitar 1200 usd.

      Yang tidak boleh dilakukan sebelum visa ditangan adalah โ€œissued tiketโ€ yakni kita bayar atau beli tiketnya, jadi sebaiknya booking tiketnya dulu (kalau via online tidak bisa) jadi harus booking tgl keberangkatan dan kepulangan di travel agent, nanti minta print out bookingannya, kertas tersebut yang kita bawa ketika apply visa. Ketika visa sudah ditangan baru kita bayar tiketnya, kalaupun mau beli secara online setelah visa didapat ya tidak masalah dengan bookingan di travel toh kita belum bayar ;-).

      Asuransi harus cari yang biaya covernya 30.000 usd dan berlaku untuk Schengen Country, biasanya sih antar travel gak beda jauh. Dua kali saya beli melalui Sirius Tour, contact person bisa hub sdri. Weka via telp : 021-3447338 atau email : tour.sirius@siriustour.com .. Bisa tanya tiket juga, kalau pas murah bisa ambil dari travel tersebut ๐Ÿ˜‰

      Oh ya Anda bisa juga tanya-tanya langsung via email tentang Visa ke pihak kedutaan : jak-visa@minbuza.nl

  46. hai mba nela,,mau minta infonya dita dong yyg pernah jd aupair k belanda tp g betah,,saya jg d belanda as an aupair,,cm g betah,,mau tanya2 prosedur plgnya gmn,,makasih mbaa ๐Ÿ™‚

    • Hi Chia, saya sudah email ke yahoo mu ya ๐Ÿ˜‰
      oh ya kok gak betah sih kan enak bisa tinggal di LN sekalian jalan-jalan.

  47. Alo. Thanks ni buat infonya. Sy mau minta saran ni. Klo renc mau jalan sekitar pertengahan Juni 2011 ini. Aku baru buat visa sekitar awal mei. itu riskan ga ya? aku lg bgg. cos april aku ada rencana pergi ke LN. Trus buat bikin visa, kita harus kasih paspor asli kita kan?

    • Hi Cindy,
      Visa sudah bisa diajukan paling cepat 3 bulan atau paling lambat 2 minggu sebelum keberangkatan, ya untuk menghindari hal tidak terduga sebaiknya apply visa jauh-jauh hari sebelumnya. Iya sertakan paspor kita, nanti dipaspor kita ditempel lembaran visanya jika disetujui, kalau ada paspor lama harus dibawa juga karena kadang kedutaan minta untuk mereka cek juga.

  48. Hi mba share lagi dong, saya kemarin sdh wawancara loh dikedutaan, sedikit gugup sih… Mba sy mau tanya kemarin kan sy disuruh telpon tgl 24 untuk disetujui atau tidaknya, sedangkan planning sy tgl 27 berangkat ke amsterdam. Klau sy telpon sebelum tgl 24 bisa gak? Mksdnya sdh terlihat hasil di approve atau tidaknya gak klau sy tlpon tgl 20?

    Thanks

    Lala

    • Hi Lala,
      Loh kok disuruh dulu telp ya? Kalau saya waktu itu setelah wawancara, konsularnya bilang suruh datang lagi 10 hari setelah wawancara untuk ambil visanya. Kamu belum beli tiket kan? Nanti setelah visa ditangan baru bayar/beli tiketnya atau issued tanggalnya karena riskan banget karena visa belum kejelasan visanya. Iya coba saja di telp 2-3 hari sebelum tgl 24. Kabarin lagi yaaa, semoga sukses ๐Ÿ˜‰

  49. mba nella saya sudah berusaha menghubungi di jam trsbt tapi selalu sibuk, sy sudah kirim email juga berkali kali tp blm direply aja.

    seandainya saya langsung kekedutaan dilayani tidak mbak?

    trims.

    • iya boleh ko datang saja langsung ke kedutaan, nanti kamu akan dapat jadwal kapan bisa masukkan dokumen.

  50. Mba klau travel insurance biasanya keluar polisnya berapa lama prosesnya.
    Btw sy bisa minta no hp pak wisnu (axa)

    Thanks

    • Hi Lala,

      Terakhir aku hub pak Whisnu sakit lalu saya hub. kantornya saja langsung Sirius Tour, contact person bisa hub sdri. Weka via telp : 021-3447338 atau email : tour.sirius@siriustour.com bilang saja tahu dari Nella yang beli tiket dan polis axa Desember 2010. Saya ambil yang polis 15 hari platinum harga USD 43 ; harganya tergantung masa tinggal kita. Kantornya ditanah abang, kalau mau delivery polisnya bisa ko bayar ditempat juga untuk wilayah Jakarta. Pesan pagi sore bisa langsung diantar.

  51. hi mba nela…… sy sudah buat janji lewat web jak-visa untuk visa belanda, itu biasanya jawabnya kapan yah dan via apa?, soalnya sy blm dapet balasan sdh 5 hari.

    • Hi Lala,

      kamu langsung telp saja ke 021-5271904 dengan menyebutkan nama, nomor telepon dan nomor paspor, kemudian nanti kita akan diberitahukan kapan bisa datang untuk apply visa nya. Saran saya hubungi kedutaan di pagi hari antara jam 8 โ€“ 10 karena di atas jam tersebut seringkali sulit masuk.

  52. hai mba,ngebantu banget lho tulisannya..mau nanya nih, aku kan udah apply visa 2 minggu lalu lewat konsulat belanda yang di yogya. Tapi sampai sekarang aku belum dapet kabar apa-apa, udah kucoba tanya in ke email konsulatnya, tp dia bilang tunggu aja sampai dikirim kurir. Kalo misalnya nanyain kabar visa nya direspon ga y, mengingat aku berangkat 2 minggu lg dg tiket yang sudah terkonfirmasi kaya mba nella dulu. Thx sebelumnya.. ๐Ÿ™‚

    • Hi Nia, setau saya kalau melalui konsulat di luar Jakarta maka butuh waktu lebih lama prosesnya karena kan harus kirim ke Jakarta kemudian setelah selesai di kirim balik ke Jogya.
      Coba ditanyakan saja via telp atau email ke pusat (Jakarta) jak-visa@minbuza.nl ; karena 2 minggu tinggal sebentar lagi tuh!. Btw kamu belum issued atau bayar tiket pesawatnya kan? karena riskan kalau visa belum dapat.

  53. hi mbak nella,,info yg sangat berguna nih..heheehe
    mau minta saran nih,kebetulan saya rencana mw jalan ke belanda bulan depan,,soal undangan,rekening koran 3 bulan terakhir sih ud clear,,
    cm masalah surat sponsor nih,kebetulan saya gak bekerja tetapi punya usaha kecil2an yg lumayan lah,cuma saya blm punya SIUP yg jd pengganti surat sponsor itu,,
    menurut mbak nella apa saya perlu bikin SIUP terlebih dahulu?sedangkan bikin SIUP itu sendiri ud merupakan pr tersendiri,,huhuw..
    sementara itu saya liat comment mba sebelumnya di atas masalah apabila punya usaha tp ga punya SIUP bisa dijelaskan nanti pada saat wawancara dengan konsuler ya?apa betul itu mbak?klo soal rekening koran 3 bulan terakhir sebagai pendukung sih ud siap..hehe..
    mohon pencerahannya dan terima kasih banyak ya mbak.. ๐Ÿ™‚

  54. Makasih infonya, berguna sekali karena saya mau apply visa Schengen. Negeri pertama yang mau dimasuki memang Belanda, baru kemudian mau ke Perancis, Spain dan Italy. Wish me luck !

  55. wah,,, dah bisa rupanya…
    say,,, misalnya aku mau kunjungan suami yang lagi study di sana. tapi aku mau 2 tahun itu aku intens di sana… apa ada visa yang bisa 2 tahun gitu???
    rata2 paling lama visa biasa brapa lama brlakunya ya???
    kalo pun dlm 2 tahun aku bolak balik kira2 visa apa yang bisa aku pake? trus jarak pemakaian perpanjangan ada atau gimana ya??? thanx bgt say….

    • Hi mbak Jean,

      Paling lama visa turis untuk masa tinggal 90 hari, kalau mau tinggal lebih lama silakan klik –>

      Prosedur permohonan visa kunjungan lebih dari 3 bulan

      kalau di approved jadi bisa bolak balik Indonesia – Belanda – Indonesia selama masa berlaku visa, tapi menurut informasinya susah sih syarat tersebut karena harus melalui tes bahasa dan kebudayaan. Coba tanyakan langsung kedutaannya saja ya ;-).

  56. hi Nella,
    aku mau nanya, apakah apply visa di kedutaan belanda kalau ngurus sendiri lebih ribet gak?kebetulan aku mau berangkat dengan 4 teman bulan maret 2011 ,ada agent resmi kedutaan belanda yang menawarkan harga 1.3jt/visa…menurut mbak aku apply sendiri atau dengan agent ya?karena ini kalo pertama untuk apply visannya,ditunggu kabarnya

    cheers

    • Hi Riri,

      Biaya kalau ngurus sendiri โ‚ฌ60, kalau semua syarat yang diminta kedutaan sudah lengkap prosesnya mudah gak ribet, saya waktu itu wawancara hanya sekitar 10 menit dan surat-surat langsung saya lengkapi jadi tidak bolak-balik. Apa agent tsb bisa menjamin kalau visanya dapat dan gak perlu wawancara? Kalau gak bisa jamin mending ngurus sendiri kamu malah bisa hemat sekitar 500rb an.

      Oh ya harus buat janji dulu untuk apply visanya ya, silakan baca panduannya di atas.

      • tiga kali saya urus visa sendiri, gak ribet ko kalau semua syarat sudah lengkap. Saya gak punya data agent yang bisa urus visa. Setau saya kalau untuk kedubes Belanda harus urus sendiri.

  57. mbak maav mau tanya lagi..
    kan sebelumnya harus isi formulir tuh.. kata temenku form nya bs lewat online..
    nah ak cb nyari di google tp kok adanya form buat jerman ya… minta tlg info nya dong saya bs dapat form nya dmn?
    mksh mb nella

  58. Mau nanya nich.saya mau kebelgia.pacar saya disana dan baru pertama kali mengajukan visa karena saya diundang kesana.saya terima dokumen dari dia surat sponsor,undangan yang ditandatangani dari dia.Dia menulis undangan kalau dia mengundang saya 2 minggu untuk perkenalan lebih jauh karena kita ketemu di dating site.kalau kita cocok satu sama lain mau menikah.Dia lampirkan simpanan tabungan 3 bln terakhir,surat sponsor,surat undangan,copy pasport.Untuk dok saya lampirkan:surat ket kerja yang mencakup jabatan,slip gaji,surat cuti,kk,akte lahir,pasport,motivation letter.Rekening tabungan saya sedikit.cuma 7 juta.eh udah aply 4 minggu,ditolak visanya.Dimana salah ya?

    • Hi Lusia,

      Kamu bisa tanya langsung ke kedutaannya kenapa visa ditolak, sepertinya sudah ada aturan deh kalau kita berhak tahu alasan penolakannya.
      Oh ya apa kamu juga dapat kopi slip gaji pacarmu?
      lalu pihak kedutaan ada hubungi pacarmu via telp?
      Ntar kita diskus via email aja ya ๐Ÿ˜‰

  59. Hi,

    seneng deh ketemu website ini … saya suka traveling tapi belum pernah ke eropa rencananya mau ke belanda … tapi saya gak gak punya teman/pengundang disana, terus saya juga sudah gak bekerja … cuma punya usaha kecil-kecilan yang gak ada dokumennya … ada suggest gak ya … biar visa saya bisa diappove … minimal uang di tabungan harus berapa ? ada agent gak sih yang bisa ngebantu … makasih ya …

    • Hi Desy,

      1. Kalau tidak punya pengundang berarti nanti tinggal di hotel kan? Kamu bisa gunakan print out booking buat apply visa, hotelnya bisa cari di http://www.hostelworld.com
      2. Kalau tidak bekerja, usaha kecil-kecilan kamu bisa diceritakan nanti waktu apply vsia, dan kalau punya keluarga atau teman yang bisa kasih surat keterangan kerja mungkin bisa sangat membantu ;-).
      3. Saya kutip dari web kedutaan : โ€œBagi pemohon visa yang melakukan perjalanan atas biaya sendiri harus mempunyai uang sebesar โ‚ฌ 34,- / per hari.โ€
      4. Untuk pengurusan visa tidak bisa diwakilkan, harus urus sendiri.
  60. Hai nella….seneng deh ya bisa berbagi dengan pengalamannya. ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan nih, saya harap tidak keberatan untuk menjawabnya :
    1. Apakah asuransi untuk anak2 dan suami harus buat masing2 asuransi ?
    2. Apakah uang jaminan sebesar itu untuk per orang atau untuk anak2 dan suami sekaligus ??
    Thanks ya……

    • Hi mba Sisca,

      1. Untuk asuransi coba tanyakan langsung ke travel agent mba, mungkin ada paket untuk keluarga.
      2. Kalau Anak-anak ikut/jadi tanggung jawab orangtua, jadi keuangan juga disatukan saja ๐Ÿ˜‰
  61. halo mba, sebelum nanya kenalan dulu hehe, perkenalkan saya angie, mei ntar saya ada rencana mengunjungi perancis-belgia-belanda, orang bilang paling gampang urus di kedutaan belanda, karena tidak ada kenalan maka yang saya mau sertakan untuk persyaratan adalah bukti hostel, nah karena saya apply visa schengen apakah saya juga harus mencantumkan bukti hostel untuk perancis dan belgia nya juga? atau cukup itenerary yang belanda nya saja? (karena kemungkinan besar sebenernya saya mau cari couch surfer saja untuk menginap tanpa harus ngerepotin mereka harus ngedaftarin ke pemerintah segala macam kesannya merepotkan sekali) gimana tuh mba solusinya?

    • Hi Angie,
      Salam kenal juga ๐Ÿ˜‰ setau saya booking hotel harus lengkap artinya berapa lama kamu disana akan tinggal dimana saja, karena pihak kedutaan akan tanya-tanya kamu akan nginap dimana saja.

      Oh ya coba join milis http://www.indobackpacker.com disana banyak share dari rekan-rekan yang punya segudang pengalaman traveling

  62. hi sist saya seneng deh baca pengalamannya waktu proses visa ke amsterdam, maret nanti saya punya rencana ke amsterdam, saya mau tanya dunk yg dimaksud travel ansurance apa yah dan dimana mengurusnya?
    and klau print out tambungan saya hanya 30 jt kira kira masuk dalam syarat pengurusan visa?
    and minta info juga hotel yang murah dan bersih dimana ya.

    thanks

    • Hi Lala,

      Tahun lalu saya gunakan asuransi perjalanan โ€œAXAโ€ ada beberapa macam asuransi kamu bisa tanya ke travel saja, asuransi perjalanan salah satu syarat yang harus dimiliki jika ingin ke luar negeri, jadi kalau kamu tiba-tiba sakit dinegeri orang kan aman tuh kalau sudah punya asuransi. Untuk ke wilayah schengen country syarat pertanggungan asuransinya minimal sebesar โ‚ฌ 30.000,-.

      Print out tabungan 30 juta cukuplah, saya saja ketika itu 20 atau 25 juta, nominalnya ga ditanya-tanya pihak kedutaan ko ๐Ÿ˜‰

      Kalau untuk hotel saya tidak ada informasinya, karena ketika saya ke Belanda tinggal di rumah teman2 disana, untuk hotel coba kamu lihat di website http://www.hostelworld.com

      Atau coba join milis http://www.indobackpacker.com disana banyak share dari rekan-rekan yang punya segudang pengalaman traveling ;-).

      • sist thanks ya atas share nya, tanya lagi dunk klau vacation ku dibiayai kantor bukti keuangannya harus punya perusahaan yah..

        btw inbox dung nama emailnya.

        thanks

        • Dalam rangka liburan atau kerja? Karena setau saja kalau dalam urusan kantor nanti kedutaan minta npwp kantor deh, tapi coba tanya langsung kedutaan sis ๐Ÿ˜‰

  63. Mbak Nella…. beneran banget, blog ini sangat banyak membantu untuk teman-teman yang membutuhkan berbagai informasi mengenai perjalan keluar negri, pembuatan visa dll.
    Saya sendiri pas membaca blog ini jd merasa lebih banyak bisa mendapatkan informasi untuk memudahkan saya melakukan proses nanti utk pembuatan visa dll.
    By the way… Sukses selalu untuk mbak nella ya.
    Thanks

    • Hi Ratu, saya senang kalau bisa saling membantu, karena ke depannya saya juga pasti butuh banyak bantuan dari teman2 via internet ๐Ÿ˜‰

  64. Tasya, ini aku ratu dari Bandung. Kasus kamu sama dgn aku. Aku sudah bertunangan 3 bulan dan tunangan aku minta aku datang kebelanda utk mengenal semantara kebelanda 2 minggu nanti bulan mei….
    Tunangan aku jg minta aku menikah di belanda dan akan menetap dibelanda….
    Kalau kamu ada info mengenai proses nanti akan menikah dibelanda dan izin tinggal disana…. tolong email ke aku ya.
    Nanti aku pastinya juga akan memberi info ke kamu kalau aku jg punya info. Intinya saling berbagi info aja untuk mempermudah proses pengurusan nanti.
    Terima kasih ya.

  65. Hi…mbak mau tanya nih. Aku sudah bertunangan 3 bulan yg lalu. Tunangan aku undang aku ke Belanda nanti bulan May. Semua biaya di tanggung dari tunangan aku. Aku udah tidak bekerja sejak 1 tahun yang lalu. Tapi aku punya toko pakaian. Tapi aku belum punya CV ( atau status perusahaan). Tapi aku selalu bayar pajak bulanan melalui NPWP nama probadi. Kalau soal buku tabungan selama 3 bulan sih aku aman. Hanya saja apa perlu juga surat keterangan kantor krn aku sudah tidak bekerja?
    Thanks infonya.

    • Hi Ratu, dicoba saja apply visanya, nanti kalau ada dokumen yang kurang pihak kedutaan akan inform ke kamu ko ๐Ÿ˜‰
      oh ya untuk yang perlu info tentang perkawinan beda bangsa silakan lihat blogroll โ€œthe weddingโ€ ada panduannya, semoga membantu.

  66. Hi,

    blog kamu membantu sekali. bisa tau gak dimana untuk download form visa schengen? jika misalnya saya apply di kedutaan belanda, saya bisa pakai untuk pergi ke jerman kan ya?
    thanks infonya..

    • Hi Putri, mau ambil langsung bisa ke embassy, gratis .. mau download bisa juga uka web kedutaan Belanda.

      Apply di kedutaan belanda bisa ko untuk pergi ke jerman, tapi undangannya dari belanda juga ya.

  67. hallo ,mbak.., mau nanya nih.. besok bulan juli ak rencana mau ke belanda mau ke tempat pacar ku.. dan semua biaya dy& keluarganya yg tanggung..
    nah masih bingung nih, katanya kan ak harus kasih bukti kemampuan finansial yg skitar 30 juta . nah kan ak gak ad tuh mbak uang segitu.. gmn ya caranyabiar bisa ttp dapet visa?
    trus ak mo kesana 2bulanan., otomatios ak keluar dr tempat kerjaku, nah kl gtu ak minta surat keterangan dr mana dong ( tp ak jg kuliah sih)
    dan untuk tiket perjalananya kan rencana mau lewat london pake air asia., mungkin gak sih pake visa itu..
    makasih..

    • Hi Desy,
      ko gede amat ya 30 juta? Emang di minta kedutaan? Saya waktu itu sekitar pinjam keluarga sekitar 20-25 jt di tabungan mengendap 2 bulan, setelah visa keluar uang saya kembalikan.

      Kalau kuliah berarti kamu bisa minta surat keterangan dari kampus ;-). Duuuhh setau saya report deh say kalau lewat London, kamu harus apply visa London juga karena pindah pesawat.

      • ohh.. kemarin mb ak tanya2 lagi katanya kl semua biaya pihak sana yg tanggung ak gak perlu kasih bukti keuangan .. bener gak sih..
        trus mo nanya.. ak kan opunya npwp.. nah itu ada gunanya gak sih mba?
        makasih.. ๐Ÿ™‚

        • Hi Desy
          Ada yang bilang gitu, ada yang bilang kita juga harus siapkan bukti keuangan, daripada tiba-tiba diminta maka lebih baik kita siapkan, lagipula pihak kedutaan pernah bilang, walau kita disponsori masa iya kita sama sekali ga punya tabungan atau ga bawa uang buat liburan? Hehehe

          Npwp berguna bangetlah, kalau kita ga punya maka kita harus bayar biaya fiscal sekitar 2-3 juta, kalau punya tinggal tunjukin kartu dan kasih kopi npwp kita di loket fiskal.

  68. untuk travel insurance di daerah schengen country, bagaimana mendapatkannya yah mba? kalau bisa sekalian minta link-nya hehehe…terimakasih..

  69. Halo Mbak Nella.Gmn kbr?
    Thanks buat blog Mbak yg sgt informatif.Boleh minta tolong pencerahan Mbak?
    Saya dapat undangan dari temen di Norwegia utk ke sana February-March 2011. Dia udah ngirim slip gaji,Guarantee Form (yg isinya dia menjamin return ticket & semua living cost sy di sana), Invitation letter untuk Embassy Norway & sy pribadi + copy passportnya.Dokumen-dokumen tsb telah distempel oleh Norway Police setempat.Masalahnya kami belum pernah ketemu.Cuma chat aja & kenal juga belum setahun.Sy mau ke Norway hanya utk jalan2 & belajar main ski.hehehe.Sy karyawan swasta.Tabungan ga gede2 amat.Ke luar negeri jg cuma baru ke Sing, Malaysia, Hong Kong & China.Apakah ada chance Schengen Visa diapprove?Maaf kepanjangan dan ga ada hubungannya dgn Belanda.Terima kasih sebelumnya Mbak Nella ๐Ÿ™‚

    • Hallo Andy,
      Maaf baru sempat balas, saya baru balik liburan ;-).
      Norwegia termasuk schengen country ko, jadi pengurusannya ya tidak jauh beda dengan pengurusan visa ke Belanda. Ga masalah kamu bilang saja memang kenal via chat. Tabungan saya ketika pergi juga ga gede ko, setelah visa keluar saya balikin pinjaman dari rek saya hehehe

      • Mbak Nella, thx bgt replynya. Maaf baru balas.
        Dari liburan ke mana neh?Asyiknya jalan-jalan terus ๐Ÿ™‚
        Mbak, kalau karyawan swasta status kontrak apa masih ada chance dapat Visa ya?
        Apa diinfokan saja pas interview bahwa kontrak berakhir June 2011? Atau ada saran lain?
        Surat Keterangan dari kantor jadinya kayak gimana?
        Thx in advance ๐Ÿ™‚

        • Hi Andy,

          Saya liburan ke Lombok ๐Ÿ˜€

          Saya ketika apply visa di kedutaan Belanda status juga masih karyawan kontrak, di surat keterangan kantor tidak perlu dicantumkan status kita, minta saja kantormu bikin surat ket. yang menyatakan kamu karyawan di pt. .. sejak .. sebagai โ€ฆ dan kamu akan cuti bekerja sejak akan kembali bekerja tanggal ..

          Cerita lagi ya kalau tembus apply visanya ; -)

      • Mbak Nella, thanks again for your kind reply ๐Ÿ™‚
        Gimana di Lombok? Bener ga Gili Trawangan tu cakep bgt?hehehe
        Selain Invitation Letter buat saya pribadi, temen juga kirim Surat Permohonan Persetujuan Visa ke Norway Embassy di Indonesia. Itu ga papa ya Mbak?
        Di Invitation Letter tertulis 16 Feb s.d 16 Maret 2011. Tapi sy cuma 2 minggu di Norway yaitu 16 Feb s.d 1 Maret krn ga dikasih izin ama kantor lebih dari itu..hehehe..
        Yang saya tau , karena waktunya ga melebihi time range Invitation Letter itu, jadi ga perlu kirim Invitation Letter baru lagi kan Mbak?
        Maaf nanya terus Mbak. Thx and wish you the best

        • Hi Andy, asyik ke Lombok daerahnya tidak seramai Bali .. waktu itu saya ke Gilli Nanggu (beda ya ama Trawangan?), sepiii bangettt, iya cakepp ๐Ÿ˜€

          Iya ga masalah ko kurang masa tinggalnya, kalau bisa lebih lama kan asyik tuh karena sayang tiketmu muahal hehehe .. kalau saya sih waktu itu ambil unpaid leave, jadi ga gajian sebulan, untungnya bosku ngizinin :D.

      • Mbak Nella, semalam saya tlp ke temen yg di Mataram. Katanya daerah Gili-Gili di NTB itu umumnya keren bgt dan Bali aja kalah..hehehe.. ๐Ÿ˜€
        Malah diundang teman ke sana…
        Ada pengalaman seru di Gili Nanggu Mbak?Pasir putih juga?
        Sy minta cuti 1 bulan jg dari kantor unpaid leave tapi Boss maksa 2 minggu krn ada big gathering kantor di awal Maret 2011
        Ya sudahlah, mari bersabar..hehehe..
        Ini aja sy bersyukur tmn yg di Norway ga batalin krn berkurang jadi 2 minggu..Maklum dia yg bayarin semua, Mbak… ๐Ÿ™‚
        Schipol memang keren ya Mbak?hehehe ๐Ÿ˜€

        • Hi lagi Andy,

          Gili Nanggu yang saya kunjungi keren dan pantainya pasir putih, mungkin karena kurang promosi jadi selama ini yang lebih dikenal para turis baru sebatas Bali, menurut tour guide kami waktu itu, di Lombok segera dibangun bandara internasional jadi nantinya makin banyak deh para turis ke Lombok ;-).

          Pengalaman seru, baru pertama kalinya dikerubungi banyak banget ikan-ikan di pantai waktu saya dan teman-teman datang bawa makanan, jadi roti tawar dimasukkan ke botol air mineral kosong trus botolnya isi air, kocok-kocok, lalu kita semprot aja ke pantai wuiiihhh langsung datang banyak banget ikan :D.

          Pengalaman lain sekujur badan jadi ireng/coklat karena sengatan matahari hiksss.. sebenarnya ga suka berpanas ria mandi matahari, tapi apa boleh buat demi menyenangkan dua bule, mereka malah senang banget dan itu tujuan ke Indonesia pas balik ke Negara mereka kulit jadi coklat.

          Oo gitu, tahun lalu syukurlah kerjaan saya lagi gak banyak makanya dikasih pergi satu bulan sama si boss ;-).

          Yoi Schipol keren banget, jangan lupa banyak berfoto ria yaaaaโ€ฆ

  70. Hi mbak Nelia..apa kabar? Mudah2an baik.. ๐Ÿ™‚
    Maap tapi apa bisa saya mendapatkan email dr mbak citra (pertanyaan no 28)?
    Saya hanya ingin bertukar pikiran tentang suatu hal.

    Hartelijk bedankt zus.. ๐Ÿ™‚

  71. Pingback: Willkomen A1.2 .. Selamat datang A1.2 :) :) « pursuingmydreams

  72. Hallo ka…sebelumnya aku salute sama kaka…karena kaka orangnya baik en mau bales yg minta infonya…dan Blog ini bener2 bermanfaat utk org yg baru pertama atau yg suka ada masalah dengan visa nya…
    oh iya ka…aku boleh tanya ya..
    sebenernya aku ke belanda udah 3 kali dan masing2 90 hari paling lama di sana..
    dulu di tahun 2001, 2002, dan 2004.

    nah Bulan november aku mau brkt lagi ke belanda..tp utk saat ini aku sendiri yg ngurus..
    soalnya dulu2 yg menjamin/sponsor dari family dibelanda (WNA)..dan aku tinggal menghadap aja langsung..dan aku juga pernah dpt visa 2 tahun..tp bukan tinggal selama 2 tahun..melainkan aku kalo kebelanda ga usah balik2 lagi kedutaan..langsung pergi aja ke belanda..

    nah sekarang kan aku sebagai mahasiswa..dan sekarang yg menjamin pacarku dan keluarganya disana…semua dokumen udah lengkap ka..ticket, asuransi, surat keterangan mahasiswa juga ada..kan aku belum kerja..apa aku harus juga ada tabungan?? sebenarnya yg bertanggung jawab smua perjalanan aku..yaitu pacarku..

    Mohon di balas ya ka..
    Terimakasih sebelumnya ๐Ÿ™‚

    • Hi Meydie, Karena dulu saya juga banyak dibantu oleh teman2 pas dapat sedikit hambatan waktu apply visa(pertama kali), dan saat itu saya sibuk cari info ke berbagai sumber, jadi alangkah baiknya kalau saya bisa membantu orang lain, supaya mereka lancar urusannya :).

      Kamu apa sudah dapat surat undangan yang dari gementee? Kamu tidak perlu rek. Koran, minta rek. Koran pacarmu saja dan juga kopi passportnya (pengundang). Good luck ;-).

  73. mbak sorry nih aku mw tanya, aku mau ngajuin visa travel ke perancis, aku denger dr teman aku harus punya credit card int n tabungan internasional. bener ga sih??karena aku ga punya credit card dan ga pengen punya. gimana ya..klo udah ada lampiran rekening koran dari sponsornya emang masih butuh rekening koran kita ya??

    Makasih sebelumnya..

    cheers ๐Ÿ™‚

    • Hi Indah, gak ko, saya tdk punya kartu kredit & tab. internasional kalau sdh ada lampiran rek. koran dr sponsor ada yg bilang dr kita tidak perlu, tp tidak ada salahnya disiapkan punya kamu juga ๐Ÿ˜‰

  74. Dear Nella,

    Lengkap banget ya Infonya. Salut aku. BTW, aku rencana jalan 14 Mei 2011 and akan tinggal bersama adikku di Voorschoten selama 2 bulan. Dia dan suaminya yg akan menjadi sponsor ku. Yang menjadi pertanyaan dan moga2 Nella punya masukkan. Adikku menyarankan supaya aku minta Surat Keterangan dr tempat kerjaku sekarang, sehingga terlihat menyatakan bahwa Aku akan pasti kembali bekerja dan ” Gak Nyangsang” Di Belanda:)), selain dgn Surat Sponsor pd saat Appy VIsa nya dan enak nya bagaimana, Pesen tiket dulu baru apply visa or Apply Visa baru pesan tiket?? Itu yang masih membuatku bingung.

    Terima Kasih ya Sebelum nya

    • Hi Shanti,

      Adikmu benar, kamu harus minta surat ket. kerja dari kantor, dengan surat tersebut akan meyakinkan kedutaan kalau kamu pasti kembali ke Indonesia.
      Isi suratnya menyatakan kamu bekerja diperush tersebut akan cuti karena akan melakukan perjalanan/liburan ke Eropa ” dari tanggal .. sampai tanggal ..”

      Minta surat Spnsor dari dari adikmu, lalu minta surat keterangan dari kantor dan booking tiket dulu, (JANGAN) langsung beli/bayar, kamu booking tiket ke travel atau secara online dan bawa print out tersebut waktu apply visa. Setelah visa disetujui baru kamu beli tiketnya. Print out tiket gratis ko.

      Btw silakan baca juga komentar โ€“ komentar diatas ya, mungkin ada kasus yang mirip dengan yang kamu tanyakan ;).

  75. Hai mbak, saya ingin bertanya.
    Selama ini, saya menabung di rekening atas nama ayah. Jumlahnya lumayan banyak. Kemarin saya baru membuka rekening sendiri. Nah, permasalahannya, saya akan apply visa schengen pd bula oktober akhir. Apa mbak bisa memberi saran apa yg perlu saya lakukan? Rekening saya sendiri belum ada 3 bulan. Apa bisa saya apply dgn rekening atas nama ayah saya (walaupun dana murni dari saya). Terimakasih banyak. ๐Ÿ™‚

    • Hi Putri,
      Akan apply visanya di awal, pertengahan atau akhir Oktober? Kalau di akhir Oktober masih ada kesempatan untuk masukkan dana ke rek.mu. Tahun lalu saya juga hanya bisa kasih rek. 2 bulan terakhir saja, dan thanks God lancar.

      Statusmu mahasiswi atau sudah bekerja? Kalau mahasiswi masih dalam tanggungan ortu, atau coba buat surat pernyataan dari ayahmu yang menyatakan kalau kamu menjadi tanggungannya dan semua biaya selama di Belanda akan menjadi tanggungan ayah.
      Btw silakan baca juga komentar – komentar diatas ya, mungkin ada kasus yang mirip dengan yang kamu tanyakan ;-).

  76. oh ya mbak satu lagi, emang bisa dateng ke belanda tapi lewat bandar di negara lain?? kaya di jerman. Trus ke belandanya naik mobil atau bis?

    • Hi lagi Citra,
      Iya dong tentu saja bisa, ada yang masuk Belanda lewat Jerman, Perancis, Turki dll pokoknya bisa cari yang penerbangan termurah, tergantung kamu nyaman dengan yang mana ;-).

  77. Hi mbak Nella,
    menarik banget deh bahasannya. Gini mbak, aku kan au pair, baru pulang 20 agustus 2010 kemaren. Trus aku dapet cowok sana. Dia pengen aku balik ke belanda as turis. Dia mau jadi sponsorku, Skrg aku udah pegang surat yang dari gementee itu. Nah aku kan student mbak, kalo cowokku kasih slip gaji apa aku masih perlu nunjukkan rekening koran? trus apa invitation letter dari gementee sama sponsor declaration itu beda? kok kalo aku baca dari ceritanya mbak nella, kayanya kita butuh banget rekening gaji itu. Soalnya temenku yang dapet sponsor dari cowoknya ngga perlu rekening tabungan atau slips gaji (katanya kalo udah ada slip gaji si cowok slip gaji kita ngga berlaku). Gimana kira2 mbak?

    • Hi Citra, rek. Koran sangat penting karena dari situ kedutaan bisa melihat apakah yang pergi liburan ke Belanda bisa membiayai perjalanannya. Karena kamu masih pelajar/mahasiswa bisa gunakan rek. Tabungan ortumu dan minta mereka buat surat pernyataan kalau kamu masih menjadi tanggungan ortu kamu.

      sponsor declaration sperti apa ya? Surat undangan pribadi maksudnya? Tahun lalu saya hanya gunakan yang dari gementee saja, sponsor declaration bagus juga disertakan ;-).

      Oh ya ada beberapa saran teman-teman yang bilang ketika isi form atau wawancara di kedutaan JANGAN bilang kamu ke Belanda atas undangan pacar ya .. karena nanti pihak kedutaan kira kamu mau stay lama or kerja illegal disana, bilang aja undangan dari teman.

      Coba contact Nindya (lihat atas) yang kasih komentar no.4 on March 22, 2010 ; casenya sama denganmu ๐Ÿ˜‰

      Oh ya Citra cerita dong bagaimana awalnya bisa ke Belanda jadi au pair berapa lama disana, lalu suka duka jadi au pair di Belanda apa nih ๐Ÿ™‚

      • Thanks ya infonya mbak Nella.. kemaren aku telpon consulate, katanya kalo udah ada slip gaji sponsor ngga perlu nunjukin rekening koran. SUka dukanya banyaak banget mbak. Kalo jadi au pair itu intinya sabar. Tergantung di keluarga mana kita tinggal. Jadi kalo pilih keluarga harus yang pas. Aku dulu awalnya kebelanda ya lewat agency au pair.

        Trus kalo di wawancara bilangnya kalo ngga pacar gimana mbak? berarti mengunjungi temen gitu?

        • Ok Citra, good kalau gitu coba minta slip gaji sponsor aja.

          Iya bilang aja mengunjungi teman, atau kamu mau coba ga bilang mau mengunjungi pacar?? Jadi kelinci percobaan gitu? hehehe

        • duuuhh neng Citra, memang tujuan kamu ke Belanda mau ngapain?? ๐Ÿ˜› Kalau saya sih tahun lalu mau liburan/mengunjungi teman, jadi saya bilang seperti itu ;-). Kalau syarat-syarat dilengkapi lancarr deh!

  78. Hai mba, nanya donk. Saya mau ke belanda tahun depan bulat maret. saya belum pernah ke LN. Tunangan saya orang belanda dan mau di nikah di belanda. banyak yang harus saya buat. saya belum pernah ngurusin pembuatan paspor dan visa. saya minta bantuan untuk tau langkah langkah apa saja dalam pembuatan visa dari awal dunkz. thanks ya mba

    • Hi Tasya : boleh tanya dulu ya, kamu mau menikah di Belanda lalu langsung menetap disana atau setelah menikah balik lagi ke Indonesia ?

      Saya lihat sih di web kedutaan Belanda di Jakarta yang ada hanya cara menikah di Indonesia, kalau untuk nikah di tempat ibadah di Belanda mungkin bisa saja .. nah masalahnya ribet urusannya buat nikah yang terdaftar di pemerintahan sana dan menetap di Belanda he-he-he .. jadi setau saya untuk tinggal lebih dari 3 bulan harus melalui prosedur permohonan Izin Tinggal Sementara (Machtiging voor Voorlopig Verblijf (MVV). Jadi harus ada surat yang menerangkan kalau kamu bisa berbahasa Belanda paling tidak tingkat dasar (bisa tanya tempat kursus Erasmus Huis). Lalu harus tahu mengenai ada istiadat orang Belanda, jadi nanti ada dua test di kedutaan. Lalu tunanganmu harus mempunyai keuangan yang baik dan pekerjaan yang baik (ada syaratnya juga, silakan lihat prosedur MVV di web kedutaan ya).

      kalau untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana cara menikah di Belanda, maaf saya tidak punya kapasitas untuk menjawab (daripada salah) lebih baik kamu bertanya langsung ke kedutaan Belanda di Jakarta via telp di Tel: +62 21 524-8200 atau +62 21 525-1515
      Atau email di : jak-ca@minbuza.nl
      Untuk urus passport bisa lihat http://www.imigrasi.go.id sekarang urus passpor sudah online jadi bisa dikantor imigrasi mana saja (kalau dulu berdasarkan wilayah tinggal), jadi Tasya bisa pilih di imigrasi terdekat, panduannya lihat web.nya ya ;-). Untuk mempersingkat waktu lakukan pra-permohonan via website diatas, kalau urus sendiri biaya Rp.275.000 kalau lewat calo/agen bisa 2-3 kali lipatnya. Urus sendiri ga ribet ko dalam 10 hari selesai. Imigrasi buka jam 8 pagi, jam 7 sudah ramai yang antri nomer.

      Kalau sudah berhasil ke Belanda & menetap disana, boleh kasih sharenya disini juga ya jadi bisa buat pengalaman yang lain ;-).

      • Thanks ya untuk infonys.
        Kalau saya butuh bantuan saya bisa tanya lagi ya.
        Kalau semuanya uda terlaksana, saya bagi2 infonya deh..
        Thanks ya.
        God bless you…

      • hallo mbak.. ak mau share asdkit, untuk yg mau nikah / tinggal di belanda harus ikut dan lulus tes inburgeren / ikut test CaNvT level PMT./ januari 2011. tes inburgeren bs dilakukan di jakrta.. atou di belanda.. nah kl udah punta sertifikat PMT tar bs lanjutin tes ttg sosial budaya belanda di belandanya langsung dan gak perlu tes inburgeren..
        nah kl mau dapat sertifikat PMT bisa daftar tes.nya di erasmus untuk tahun ini tes nya di adakan bulan mei dan pendaftaran di tutup awal febuari..
        mending buruan ikut kursus cz bhsa belanda susah….
        good luck ya..

        • Hi Desy, thanks buat infonya, mungkin yang pernah nanya tentang nikah / stay di Belanda bisa baca penjelasan kamu.
          Kalau saya tujuannya ke swiss ๐Ÿ™‚

  79. Hi Mbak, Salam kenal..

    saya ada rencana Mini euro trip akhir tahun ini. trus saya bingung apply visa nya gmn scra saya student yg masih active beljr di salah satu university di malaysia. Hmm.. kira2 bisa ga ya saya apply visa schengen di Kedutaan besar belanda di malaysia??

    mohon pencerahannya. thanks in advance

    Yazan

      • Wah, terima kasih banyak ya Mba. Kmren saya yg nanya di situ.. hehe
        tp udah dpt informasi kalo pelajar indonesia disini bisa langsung apply disini jg. Jd ga perlu khawatir buat para pelajar indonesia yg punya cita2 jalan2 ke Europe ๐Ÿ™‚

        dlm waktu deket ini mau apply visa ke kedutaan Germany, mdh2an aja ga ada halangan n lancar process nya. karena saya cuma student, takutnya percentage of rejection bakal besar. Tp tetep optimis maju terus.

        thanks ya .. ๐Ÿ™‚

  80. ey mbak,slm kenal neyh…
    point ja yah…thn kmaren aq kena bohong ma exfriendku ndiri…dia yang uda tinggal d woorden ternyata tega mkn duit hsl jeri payahku…hufh…
    btw,minta tolong review ulang k email saya ya…tentang pemberangkatan belajar d belanda klo mbak tau…trus apa harus punya tabungan sebanyak itu??
    apakah ga ada alternat laen gt??
    thx ya….^^

  81. mbak nella, aku masih bingung nih padahal thn depan rencananya mau nyusul sang pacar(orang turky tp holland residence) tabungan saya bl, cukup dan paspor saya domestic helper (skrg msh di hongkong) trus paspor saya masih lama hbsnya, apakah bisa pake paspor pekerja gt, atau harus ganti paspor,karna data paspor ga sama dengan asli,gmn mbak nella, oh iya pengundang kan menanggung jawab semua expenses disana nantinya, apakah masih perlu,rekening saya dengan jumlah sekian juta, kalo saya bawa surat tanah atas nama saya dlm mengajukan visa bisa ga mbak ?? thanks ntar kalo maen ke amsterdam mampir ya hehheeh?

    • Rek. koran dibutuhkan 3 bulan terakhir ko, kalau masih tahun depan berarti masih ada beberapa bulan lagi.
      Kalau ke Belanda tujuannya jalan-jalan maka paspornya ya untuk wisata, paspor pekerja kan beda lagi, kalau pergi dengan paspor pekerja berarti tujuan kita akan bekerja. Walaupun pengeluaran kamu disana akan ditanggung sepenuhnya tapi masa Sofie gak bawa uang sama sekali ๐Ÿ˜€
      Surat tanah boleh tuh copynya disertakan untuk apply visa. Oh ya ketika apply visa tulis tujuannya mengunjungi “teman atau keluarga”, begitu juga ketika wawancara, karena kalau kamu bilang mau ketemu pacar kuatirnya visa ga dapat karena kamu dikira akan nikah atau kerja ilegal disana karena aturannya ketat sekali
      Iya boleh kalau saya ada kesempatan lagi jalan-jalan akan mampir ke tempatmu ;-).

  82. Hi mba nela,
    Tengkyu ya uda reply pertanyaanku. Tapi kalo aku apply 3bln sblmnya, kan salah satu syarat hrs bawa tiket ๐Ÿ™ waduuh..akyu jadi bingung ni ๐Ÿ™

    • Jangan beli tiket dulu, karena kedutaan juga melarang hal tersebut (kuatir visa tidak dapat dan tiket tidak bisa diganti tanggalnya). Dita booking tiket aja dan minta print outnya lalu kertas itu yang disertakan untuk apply visa.

  83. Hallo mba Nela,thank you for your reply.. Temenku yg mo ngundang kebetulan paspornya ilang,tp aku akan mnt tlg tmn yg lain deh ๐Ÿ˜‰ anyway, mba nela dpt promo bln apa ya wkt itu? Ak lg cr2 promo tp belum ada nie kayaknya ๐Ÿ™ hampir semua uda ak coba,tp msh mahal euy, rencana mo prg bln november sie ๐Ÿ˜€
    Mba nela wkt prg pake travel insurance apa? Brp hbsnya? โ€Žโ€‹.::Tโ™“ยชยชยช ฮฎฯ‡::. Before ๐Ÿ˜€

    • Hallo Dita, waktu thn lalu saya booking tiket promo Malaysia air (pas liat di kompas) itu akhir April atau awal Mei, harus bayar tiket seminggu setelah booking, saya bayar full 888USD di pertengahan Mei 2009 padahal baru berangkat 4 September, nah harus hati-hati juga kalau tiket promo tidak bisa utak atik tanggal keberangkatan dan tanggal pulang, dan tidak bisa refund kalau kamu gagal berangkat, makanya harus benar-benar dipikirkan kalau visa pasti dapat, karena kedutaan aja warning jangan beli tiket dulu, jadi kalau semua syarat syarat untuk visa bisa dipenuhi maka tiket promo harus dikejar itu ๐Ÿ˜‰
      Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, kalau sudah dapat visa maka tenaglah kita he-he-he .. untuk asuransi lihat tulisan saya diatas ini ya. Btw yakin mau kesana November, sudah mulai dingin di Belanda ๐Ÿ˜€

  84. Halo Mba Nella,

    Saya Dita, dulu saya pernah ke belanda as an aupair (tp ga betah, jadi pulang sebelum waktunya) hehehe kira2 itu bisa jadi masalah ga ya kalo mo apply visa ke Belanda buat jalan2? Oya, mengutip yang mba nella tulis untung pengundang di Belanda “3. Kopi paspor pihak pengundang (dan juga fotokopi izin tinggal Belanda jika ada, dalam hal ini jika pengundang buka warganegara setempat) pihak keluarga atau teman yang hendak dikunjungi.” bagaimana kalau si pengundang orang Belanda asli tapi tidak punya paspor, is it a problem? Mba Nelaa, tabungan yg 25 juta itu total dari 2 bulan yang dirimu tabung ya maksudnya? waiting for ur reply. Thank you.

    • Hi Dita, menurutku sih ga ada masalahlah, kamu hanya akan jalan2 saja kan ;-).
      Mengenai paspor pengundang itu sudah syarat dari kedutaan Belanda jadi ya harus dipenuhi. Yang tabungan itu saldo mengendapnya selama dua bulan, kalau aturan dari kedutaan harus informasikan rek 3 bulan terakhir.

  85. Salam kenal Mbak Nella,

    Saya Vallentino, kebetulan saya ingin mengurus visa ke Belanda namun tidak memiliki keluarga di sana. Saya ingin menanyakan lebih jauh tentang hostel di sana, saya sudah lihat websitenya namun kota yang saya ingin kunjungi tidak ada di daftar hostel disana (Nijmegen).

    Mungkin Mbak Nella bisa bantu saya mengenai informasi bagaimana reservasi sampai saya bisa mendapatkan ijin mengurus visa dengan pemesanan hostel ini.

    Terima kasih untuk waktunya, blog ini sungguh membantu sekali.

    url vallentinorehatta.wordpress.com is no longer available.

    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    • Salam kenal juga Vallentino, kota yang akan kamu kunjungi hanya Nijmegen saja? Mungkin ada kota lain juga yang datar hostelnya ada di website. Karena saya belum pernah apply visa yang dengan booking hotel daripada salah, lebih baik coba kamu tanyakan ke milis : indobackpacker@yahoogroups.com tapi harus join milis tsb dulu ya, : kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com disana banyak sekali member yang akan bisa bantu kamu, dulu saya juga banyak tanya kesana, semoga berhasil ๐Ÿ˜‰

  86. Terima kasih banyak untuk informasinya ya, Mbak… Sangat jelas, sangat bermanfaat, semoga saya juga seberuntung Mbak dalam mengurus visa short stay di Belanda nih….

    ๐Ÿ˜‰
    Sari

    • Hi Sari, kalau semua syarat di penuhi pasti dapatlah visanya, semoga berhasil ya btw kamu lagi di Belanda atau masih di Indo karena saya liat internet providermu wonenbreburgnet.nl ๐Ÿ˜‰

    • HELLO MBK CANTIK … ADUH AKU SEDIH BNGET DECH MBK … MSH BLM BERHASIL U BISA DAPATKAN BOOKING INTERVIEW. BUAT TEMAN2 SHARE PENGALAMN DONG YANG UDAH BISA DAPAYKAN U BOOKING INTERVIEW GIMANA CARANYA .. THANKS YAAA

  87. hmz aku mau nanya, aku sech udah di interview cuma kurang undangan pribadi aja.kmren udah dikirm dari belanda dan katanya dari konsulat ngga bisa dibaca, tapi sama keluarga saya sudah dikirim lagi dengan “word” version.hmz…kira2 surat undangan pribadi itu penting ngga sech?padahal surat garansi dan lain2 sudah lengkap semua.tnx

    • Hi Lidya, surat undangan penting lah, dengan surat tersebut berarti ada jaminan dari orang sana bahwa kamu diundang untuk ke Belanda, kalau tidak ada surat undangan maka kamu harus tunjukkan surat booking hotel (tempat menginap selama di Belanda). Undangan formnya minta di gementee (semacam kantor walikota Belanda) nanti data2 kamu di isi lengkap ya di form tersebut. Good luck ๐Ÿ˜‰

  88. hola….

    thanks ya mba infonya lengkap ๐Ÿ™‚
    oiya saya mau tanya, apa di embassy belanda ada tahap wawancara untuk visa turis?

    • hi Eva, iya pasti adalah tahap wawancara :D, kalau berkas untuk engajukan visa sudah lengkap kita telp kedutaan Belanda untuk buat janji, nanti kalau sudah dikasih tanggal & jam yang ditentukan barulah kita datang.

      Di hari kita masukin dokumen tersebut setelah konsularnya cek semua berkas sudah lengkap, maka hari itu juga kita di wawancara. Beberapa pertanyaan yang di ajukan waktu waktu itu antara lain : #Apa kepentingan kita berkunjung ke Belanda #Ada yang mengundang atau tidak (saya dapat surat undangan dari Belanda) #Kalau kita ada surat undangan dari keluarga/teman di Belanda nanti ditanya apa hubungannya dg mereka #Sudah berapa lama kenal dengan pengundang #Kapan terakhir bertemu pengundang (Kalau tidak ada surat undangan, maka harus tunjukkan bukti booking hotel) #Apa pekerjaan kita di Indonesia sebagai apa #Pekerjaan kamu bidang apa, sudah berapa lama kerjanya.

  89. hi teman2 terimakasih atas saran dan informasinya, agustus saya akan ke belanda bertemu calon suami saya, sekarang visa sedang di proses, rasanya deg deg an banget.. but im sure that everythings gonna be allright.

  90. Halo mbak,

    Mau nanya, saya berencana mengunjungi Belanda dan Prancis September ini. Kendala dalam pengurusan visa yang mungkin akan saya hadapi adalah bukti keuangan pribadi dalam bentuk tabungan. Untuk bisa diterima kira2 berapa juta saya harus punya?
    Saya sebenarnya memiliki cukup uang, tapi nomor rekening tabungannya atas nama ibu saya, apakah dapat dipakai untuk bukti keuangan pribadi dengan menyertakan surat pengantar dari orang tua?
    Saya bisa saja mengambil dana dari rekening tersebut ke rekening atas nama saya, tapi kalau saya mendeposit uang sekarang dari rekening tersebut, biasanya kedutaan mempermasalahkan, karena ada penambahan uang dalam jumlah besar secara mendadak ke rekening saya. Padahal itu murni dana saya.

    Ada saran? Terima kasih sebelumnya.

    • Hi Ari,

      Tidak ada yang kongkrit sih untuk jumlahnya, di web kedutaan juga di sebutkan jumlahnya, tahun lalu saya pinjam uang ayah saya 25 juta, itupun hanya 2 bulan masuk rek. saya, agak sedikit kuatir juga, tp ternyata lolos tuh! ๐Ÿ˜€

      Tetap dicoba saja pindahkan dananya ke rek. Ari, lalu coba ibu nya Ari buat surat pernyataan kalau keuangan selama di eropa nantinya ditanggung oleh ibu kamu. Kalau punya surat berharga lain seperti kepemilikan kendraan pribadi (mobil / motor), atau deposito bisa juga disertakan, jadi membuktikan kalau kita punya keuangan yang mendukung. Ari apakah dapat surat undangan dari keluarga/teman di Belanda? Kalau iya bisa juga surat pernyataan dari mereka kalau pengeluaraan kamu ditanggung oleh si pengundang.

      Baru โ€“ baru ini ada teman saya yang ditolak visa nya karena syarat bukti keuangan pribadi tersebut tidak terpenuhi.

      Semoga berhasil ya ๐Ÿ˜‰

      • hi mbk cantik … aku minta infonya dong tentang prosedur pembuatan visa belanda dan interview juga asuransi … mbk kan aku dapat surat undangannya dr calon saya dan sudah ada di saya cm buat daftar inteviewnya gila bngt smp tgl 31 may 2011 full dan apa saya mbk nanti yang mereka tanyakan dan saya harus jawab apa untuk saya bisa lolos interviewnya. ? dan saat ini datang yang saya pegang hanya surat undangan yang ditulis dg kop surat dr kedutaan dia tinggal isi dan dan ada setempel dari sana.,cm saya baca kok hrus ada pernyataan dari dia kl saya diundang yaa mbk ? itu contonya spt apa ?dan kurangnya apa betul foto copy rek tabnya dan paspornya dia juga apa dibutuhkan ?

        mbk untuk urus asuransinya itu kapan dan sy baiknya gimna ?
        visa jadi berapa lama mbk ?

        saya juga mau tanya jika pacar saya itu akan ke indonesia sekalian antar saya ,,, apa y harus dilengkapi syara2nya ?

        mbk untuk data2 saya yang hr dilingkapi apa sja dan sayakan cerai baru brapa bln lalu resign dan cb jual kosmetik dll dan rek tab saya kr dipakai u modal jd kurang bagus beberapa bln lalu dan baru bulan ini masuk juga saya ada rumah sendiri sertifikat atas nama saya gimana ya mbk menyiasati untuk rek bank saya ,,, tolong bantuannya ya mbk en makasih

        • Hi Aurel, untuk prosedur pembuatan visa, silakan lihat di bagian atas kan sudah lengkap sekali tuh :P, atau langsung lihat website kedubes Belanda : http://indonesia-in.nlembassy.org

          Untuk online booking memang sedang padat, harus cek tiap hari, coba pagi2 sekali sekitar jam 5- 6.30 an. Saya dengar sih sudah ada 12.000 orang yang apply visa, kebayang deh bgm repotnya kedutaan.

          Syarat dokumen yang harus dilengkapi dari sponsor / pengundang di Belanda :
          1. undangan yang telah dilegalisasi oleh kantor walikota, dari pihak keluarga atau teman yang akan dikunjungi
          2. surat undangan dari pihak yang akan dikunjungi (dengan informasi tentang latar belakang tentang hubungan antara pemohon dan pihak referensi, informasi tentang kunjungan dan pernyataan yang menjelaskan pihak mana yang akan membiayai perjalanan dan hotel)
          3. bukti kemampuan secara finansial diri sendiri dan/atau sponsor ; seseorang yang membiayai perjalanan anda (kopi rekening bank/buku tabungan 3 bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 bulan terakhir)
          4. fotokopi paspor sponsor dan/atau keluarga yang akan dikunjungi dan izin tinggalnya (kalau ybs bukan warga negara Belanda)
          5. surat keterangan kerja atau SIUP
          6. berkas-berkas yang menunjukkan hubungan keluarga

          Surat undangan adalah yang telah dilegalisasi oleh kantor walikota di Belanda, namanya Gementee, pengundang kamu pasti sudah tahu deh, dia datang ke Gementee nanti dikasih form untuk diisi, setelah itu distempel mereka, itu yang kamu bawa ke kedutaan.

          Asuransi nanti saja kamu beli setelah wawancara, polis asuransinya nanti fotokopi 1 lembar dan berikan ke kedutaan waktu ambil visa yang telah disetujui
          Prose pengurusan visa 8-10 hari kerja.

          Kedutaan juga akan minta rek. Koran 3 bulan terakhir yang kamu miliki, jadi harus dipersiapkan jumlah dananya di tabungan.. Saya tidak tahu / tidak pernah dengar berapa harusnya dana mengendap di tabungan, yang pasti kedutaan akan memperkirakan apakah seseorang sanggup membiayai perjalanan dengan jumlah dana di tabungan. Ada yang bilang harus 50 juta, 40, juta, 30 juta, Saya sendiri thn 2009, sudah siapkan kira-kira 25 juta mengendap 2 bulan ditabungan (dana pinjaman) :D.

  91. ooya kalo boleh tahu nih,brapa si harga visa untuk brangkat ke holland?yg di stempel di pasportnya orang indo/si pengunjung belanda?salam hormat trimakasih buat responnya.terus,kalo orang yang ga punya duit sama sekali apakah juga ga berhak datang,kalo ga bisa kasih tunjuk nomerrekening,walaupun dia dapat undangan dari belanda?lkasian dong kalo gitu.

    • Hi Jeane,
      Harga visa 60 Euro, nanti di kurs ke rupiah yang berlaku saat kamu apply. Passport yang distempel adalah yang berangkat/pengunjung.
      Kalau ga punya duit bisa cari duit dulu, saya dulu juga sama sekali ga punya duit buat liburan ke Eropa, keinginan menggebu namun keuangan tidak mendukung, saya yakin dimana ada kemauan pasti ada jalan.

      Jadi selama dua tahun saya selain menyisihkan gaji bulanan dari kantor, juga bisnis kecil-kecilan, mulai jualan pulsa elektrik, join bisnis kosmetik, jualan tas, jualan lain-lainnya asal jangan jual diri hehehe ๐Ÿ˜€

      .. akhirnya uang tiket terkumpul deh, di bank uang juga sudah mim banget karena sudah buat beli tiket, ga hilang akal, saya pinjam uang ayah saya 25 juta, masukkan 3 bulan ke rek. saya, dan ketika visa keluar uang saya kembalikan, kalau tempat tinggal nebeng di tempat teman di Belanda hehehe..

  92. halo mbak , mo nanya nih .. saya ada rencana mau ke paris bulan desember ini , tapi lewat belanda , di belanda gw ada sodara yang merit ama orang sana , tapi gw ga mau nyusain mreka juga . jadi ada solusinya ga buat surat undangannya ? apa harus booking hotel dlu ? sedangkan gw tuh tujuannya ke paris .
    oiya mbak , blh minta contactny ga ? mau konsultasi juga nii ..
    di emailin aja yaa . tq

    • hi Eles, sorry baru balas, saya baru balik dari liburan ๐Ÿ˜€

      Kamu minta surat undangan dari Belanda, ga nyusahin ko, temanmu (host person) datang ke kantor walikota setempat (gementee) isi form surat undangan, bilang isi lengkap datanya ya, kalau ga salah bayar 10 Euro.

      Kalau dapat surat undangan dari Belanda, ya anggap aja menginap di rumah mereka jadi kamu tidak perlu booking hotel.

      Paris dan Belanda kan sama โ€“ sama Negara Schengen, jadi kalau kamu dapat visa Schengen dari kedutaan Belanda ya kamu juga bisa juga ke Paris,
      bisa konsultasi via email.

    • pagi mbak cantik …. aduh aq dibuat stresss ini ,jadi mbk semalam tgl 12 may 2011 after midnight aku tungguin untuk daftar booking interview dan saat itu masih terlihat tgl untuk tgl 1 dan 2 juni berhub tgl tersebut libur kosong tanpa kotak merah atau hijau … dan msih terlihat 2 tgl tersebut lalu saya mash saja menunggu dengan harapan tgl 3 mereka akan keluarkan kotak tersediauntuk kita buat janji dan mata saya tertuju di posisi itu dan selalu sy refresh dengan harapan kotak hijau itu muncul dan untuk segera saya klik dan isi form lalu kirim tapi tau tidak mbk yang terjadi sungguh mangejutkan …. tiba2 yang keluar kotak merah semua tanpa saya tahu kapan kota2 tersedia itu muncul dan secepat itu … sunggu menyedihkan … bagaimana sih mbk ini caranya dan mungkin ada teman2 y bisa kasih infonya untuk nanti mlm saya cb laki untuk dapat ditanggal 4juni dan makasih … met pagi en met beraktivitas

      • mba aurel gimana caranya mendaftar secara online,,,pliece…tolong langkah2nya ya mba. sy udah coba langkah sedrhananya tapi tetap nggak bisa mungkin saya salah masuk ya mba?…tolong ya mba kasi tau langkah2nya…. thanks sebelumnya ya

  93. Hello jeung nella…. only give input to unemployed people who wants to travel to out of country…. just be waisted because you should have a job and have financial capability. XoXo

  94. mbak, nanya donk ,sy rencana keperancis awal september bersama kakak dan ibu saya ,bagaimana proses wawancaranya ya .. krn ibu dan kakak saya berada diluar kota . apakah bisa diwakilkan saja ,, berhubung mereka juga sdh usia lanjut . txs ..

    • Hi Marselina, menurut saya dan setelah saya baca infonya di web kedutaan, walaupun berkasnya di urus pihak lain (keluarga/travel) yang akan apply visa harus wawancara nantinya.

      coba cari informasi jelasnya di web kedutaan Perancis.

  95. Sis, ketika kita booking hotel di http://www.hostelworld.com nanti setelah visanya jadi bisa gk dicancel ya? jd istilahnya hanya bookingan fiktif gitu. Krn gw udah 1 minggu ini apply visa belanda full melulu, desperate jg nih sedangkan tiket gw udah issued, atau mungkin punya link di kedutaan belanda yg di jakarta :D.

    pls advise thanks

    • hi Wardana, web kedutaan ada ditulisanku diatas ko.

      km buat janji dulu visa telp, telpnya sblm jam 9 pagi .. semuanya ada di tulisannya, ayoo baca tuntas dulu ๐Ÿ˜‰

      • yg anda suruh telp sblm jam 9 pagi utk bikin janji visa itu udah saya lakukan dari 1 minggu yang lalu. Dan sampe sekarang masih belom dapet karena line telponnya FULL.

        yg saya tanyakan adalah website hostelworld yg anda tuliskan itu bisa sebagai bookingan hotel fiktif gk? jadi kalo visa belanda gk tembus, saya akan coba utk apply visa negara lain tp msh dalam kawasan schengen eg. Austria (jd saya mau seolah2 booking hotel di Austria) hanya utk mendpatkan visa schengen.

        ngono lo mb….. ๐Ÿ˜€
        thanks

        • Hi Wardana, maaaappp waktu itu belum sempat ngedit2 eh! Ternyata sudah ke send deh balasannya trus saya langsung cabut pulang he-he-he

          Kamu telpnya untuk membuat janji permohonan visa apa ke no ini : +62 21 527-1904
          memang sibuk sih karena seperti yang saya katakan kalau bulan Mei โ€“ September lagi padat2nya, jadi keep on trying yaaa .. atau coba email juga ke : jak-visa@minbuza.nl sama juga untuk buat janji bisa ke alamat tersebut.

          Setau saya, yang paling mudah apply visa ya ke kedutaan Belanda, atau coba join milis IBP, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com banyak share orang2 yang melalang buana ke LN, mungkin saja kamu bisa dapat info disana ๐Ÿ˜‰

          Sorry ya ga bisa bantu lebih lanjut, tetap SEMANGAT cari jalan keluar, ok! ๐Ÿ˜‰

    • Hi Wardana, bisa saja booking hotelnya dicancel, tapi belakangan ini sepertinya kena charge karena mungkin banyak yang lakukan hal yang sama hanya untuk dapat visa saja, jadi kamu harus tanya dulu ke hotelnya akan kena berapa biaya cancelnya.

      Memang antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat karena periode tersebut banyak mahasiswa yang apply visa mau kuliah di Belanda jadi mereka inilah yang diutamakan pihak kedutaan.

      Kamu akan berangkat kapan? Walau penuh apa kamu sudah dapat tanggal untuk bisa masukkan berkas ke kedutaan? oh ya ada aturan baru ttg foto, silakan liat detailnya pada tulisan saya diatas.

      • akhirnya tembus juga di kedutaan belanda, saya dapat jadwal interview di awal bulan Juni.
        Semoga interviewnya lancar.

        thanks utk saran dan supportnya!!

        • Wah!! senang dengarnya, akhirnya berhasil tembus lewat telp atau email? semoga sukses ya wawancaranya, jawab singkat, jelas padat prtanyaan dr konsular ๐Ÿ˜‰

  96. mbak, saya mizan,,,,saya laki umur 25 tahun, dan ingin banget kerja luar negeri,,,apakah mbak bisa bantu??? kendala saya saya gak ada dana sama sekali, saya kerja sebagai desain grafis di suatu persh. advertising di jakarta,,,,mbak tolong banget mbak,,,aku pgn bantu ekonomi keluarga,,,maklum ortuku sudah rentan n aku anak pertama, adiku masih kecil smua…..makanya saya ingin cari penghasilan diluar negeri…..dimanapun mbak, makasih atas perhatiannya,,,,,

    • Hi Mizan, tahun lalu saya hanya liburan ke LN jadi tidak bisa berikan info yang kamu butuhkan, setau saya Eropa atau negara barat lainnya sangat ketat dg pendatang, jadi kalau mau kerja ya harus sudah pasti ada yang memperkerjakan di LN. Pihak kedutaan tidak kalah ketatnya mengenai hal ini, mereka sering menaruh curiga dengan orang2 yang mau liburan tapi ujung2nya malah kerja illegal, makanya banyak kasus visa yang ditolak.

      Coba tanya ke agent tenaga kerja, atau coba join milis IBP, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com banyak share orang2 yang melalang buana ke LN, mungkin saja kamu bisa dapat info disana ๐Ÿ˜‰

  97. hay mbakk..aku mau minta advise niy..rencana nya mau k belanda bulan sep sama keluarga (nykp+adik) dlm rangka mengunjungi kakak yg lg sekolah dsana.surat undangan akan dikirm sama dia. cuma aku kan statusnya kerja skrg, pada saat sep aku berniat mau resign. itu bagaimana ya? kalo surat keterangan kerja gk ada bs gk ya? nykp jg kan ibu rmh tangga berarti gk ada surat ket kerja. kondisi nya bgmn ya kalau spt itu? thanks a lot ya

    • Saya coba bantu jawab ya. Bagaimana kalo Amanda ini apply-nya sebelum resign? Itung-itungan waktunya kapan baiknya apply – dicek dg kedutaannya, atau tentang ijin cuti dari kantor yg sekarang, ya pokoknya semuanya pake itung-itungan dan probabilitas, heleh ribet yah? hehehe jadi bagaimana, Nella? ^_^

    • Hi Amanda, apa kakakmu cukup menanggung kedatangan dua orang selama kamu dan nyokap di Belanda? alias sebagai sponsorship? Karena nanti selain surat undangan kakakmu harus menyertakan copy tab. 3 bln terakhir / slip gaji, ada baiknya jika dia punya teman orang sana bisa minta bantuan sebagai sponsornya dan sebagai pihak pengundang.

      Usul dari Nelda bagus juga tuh! Amanda kenapa resign? Ga sayang kerjaannya? Waktu saya liburan tahun lalu pergi dengan unpaid leaved, jd tidak digaji selama pergi liburan, atau jika punya saudara yang HRD bisa minta bantuan untuk dapat surat keterangan kerja.

      Untuk nyokap kamu bisa sertakan bukti keuangan di bank dan surat2 berharga lain seperti kepemilikan rmh, kendaraan bermotor, deposito.

      @Nelda, thanks ya sudah duluan bantu jawab ๐Ÿ˜‰

  98. wah,,infonya bagus banget,,mba,,help help donkj nih,,
    btw aku dah apply tgl 15 April 2010,,nah saya harus balik lagi nih tanggal 29 april 2010 .trus di suruh bawa copy travell insurancenya,,nah pertanyaann saya kita harus beli dulu atau tidak? cz dulu waktu aku apply kan ditolak(tahun 2008) karena waktu itu status saya masih pacar dari orang yg menjamin saya plus saya pengangguran(di kasih tau di tolaknya 2 hari berikutnya).sekarang status saya kan istri dari pengundang dan bekerja.nah,,saya masih bertanya2 tentang travell insurancenya,,,harus beli atau bagaimana ??(untuk masalah travell insurance)karena saya belum tau visa saya diterima atau ditolak..thanks,,

    • Hi Jeng Siska, utk visa ke Belanda kan ya? kalau tinggal disuruh bawa polis asuransi, ya berarti sdh aman, yakni tinggal ambil visanya saja ๐Ÿ˜‰ .. iya asuransinya HARUS beli dan ditunjukkan ke consular ketika ambil visanya dan kamu serahkan satu lembar kopiannya. Jeng pls cek inbox ya, sy kirim detailnya.

  99. Waah,mba, infonya oke.
    Mo tnya nih,klo mo bikin visa kunjungan schengen ke Bld skitar 90hr, akte lahir perlu di terjemahkan ke bhs Inggris ga ya?Soalnya akte saya msh jadul, alias blum bilingual..
    Makasi ๐Ÿ™‚

    • Hi Nana, km ga perlu akte kelahiran utk apply visa 90 hari, ktp kita jg ga ditanya kok. Good luck ya ๐Ÿ˜‰

  100. hai wah postan yg ok ๐Ÿ™‚
    makasi sblm nya…
    oh iya ini aku kan rncana ke turkey ada konggres gitu nah stlh itu aku mau extend ke eropa buat jalan2 1 minggu..trz baliknya dari turky lagi…
    sjauh ini si tiket dr turkey yg paling murah ke italy..jadi kira2 gampang gak ya ngurus visa di kedutaan italy??atau mana yg paling gampang?
    oh iya klo aku udah prnh dpt visa schengen ada efeknya gak??
    makasiii skali yahhh ๐Ÿ™‚
    ditunggu balasannya ๐Ÿ™‚

  101. hey kak, minta info lebih lengkap dong. awal juli ini aku mau ke belanda, pacarku dan keluarganya (warga negara belanda) undang aku untuk summer vacation di sana. mereka yang tanggung biaya semuanya, surat sponsor udah siap. berarti aku harus bawa bukti kemampuan secara finansial sponsor (kopi rekening bank/buku tabungan 3 (tiga) bulan terakhir dan/atau slip gaji 3 (tiga) bulan terakhir) kan? aku masih harus bawa rekening tabungan orang tuaku selama 3 bln terakhir nggak? aku kan masih mahasiswa ni, aku harus bawa surat keterangan dari kampus nggak (seperti waktu buat passport)? terus yg dimaksud ‘pemohon masih di bawah umur’ tu usia berapa aja kak? aku 19 tahun. dank je wel kak, waiting for ur reply ๐Ÿ™‚

    • Hi Nindya, km bisa tanya via telp atau rajin2 liat website embassy ya, trus cek email aq baru kirim ke km ๐Ÿ˜‰

      • hi mba..salam kenal..mbaa..ak malah baru bgt nih mau rencana jadi nanny dibelanda tapi ini pertama kalinya aku kebelanda kalo nanti jadii..dan ga ada yang aku kenal disana..aku agak takut bgt..tp takutku reda setelah baca komen2nya mba ini..mba udh brp lama disana??mksh udh mau berbagi pengalaman

  102. Hi Hostelio, for now my blog is with Indonesia language are you sure with that compliment? ๐Ÿ˜€ anyway thanks for your comment ;-).

  103. Dear..minta info yg lebih deatil untuk ke Belanda mbak..saya ingin s ekali kesana tapi tak punya kenalan untuk invittation..pusiang jadinya..udah dipersiapkan jauh ,…tapi ragu melangkah..bisa tolong mbak??

    thanks

    • Hi Ayu, seperti yg saya jelaskan di tulisan saya, walau kamu tidak punya kenalan yg bisa memberikan invitation letter, maka kamu bisa booking hotel di http://www.hostelworld.com untuk bukti pengurusan visa. Dimana ada kemauan pasti ada jalan, selengkapnya pls cek emailmu ya ๐Ÿ˜‰

  104. saya rencana mau ke belanda awal maret ini, semua keberangkatan saya dibiayai oleh teman saya, tp kl minta bank statement selam 3 bulan uang saya tidak cukup sebesar 30 juta. ada solusi ga?
    trus saya sudah keluar dari perusahaan saya bulan kemarin, apakah saya perlu melampirkan surat keterangan telah berhenti atau tidak perlu? terimakasih.

    • hi mbk cantik mlm en apa kabarnya …. aku senang mbk , mlm ini akhirnya dapat jadwal untuk interview di tanggal 9 juni jam 8 pagi. satu babak udah terlalui dan sekarang untuk interview apa saja akan ditanya ? kl kita punya invitation nya dari clon kita ,kan kita tdk boleh bicara kl hubungan pacar dan saya harus jawab apa spy semua lancar dan lolos dapat visa. makasih mbk ….

Comments are closed.