Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

loading...

Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda. Baru pertama kali ke luar negeri (LN) ko ya agak ribett (saya ulas di blog saya sebelumnya) namun thanks God semuanya telah berlalu dan berjalan dengan baik, disini saya ingin memberikan panduan mengenai langkah-langkah pengurusan Schengen Visa berdasarkan pengalaman saya yang lalu (untuk saya saat itu di kedutaan Belanda).

Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda. Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda
Apply Schengen Visa (Foto: gettyimages)

 

*update 20 Juli 2013. Saya dapat info dari teman saya yang mau urus visa. Jika kamu sulit mendapat tanggal kosong (hijau) untuk buat janji di kedutaan Belanda. Coba buka websitenya mulai jam 6 sore wib. Jam segitu biasanya pergantian tanggal (tersedia yang hijau). Cuma ya harus rebutan, karena banyak saingannya yang juga ingin buat janji. Jadi beberapa menit sebelum jam 6 sore harus sudah stand by buka websitenya. Silakan disini https://jakarta.embassytools.com/en/index


Secara garis besar akan sama saja untuk kedutaan Schengen Country (Prancis, Jerman, Belgia dll), saya harap pengalaman saya bisa berguna bagi Anda yang akan apply Schengen Visa.

Negara tujuan utama saya adalah Belanda, saya sudah booking tiket sejak awal Mei 2009 untuk keberangkatan 4 September 2009. Karena Tiket promo Malaysia airlines jadi tiket harus dibayar penuh dalam waktu seminggu setelah saya booking, nominalnya USD 888 nett Jakarta-Schipol-Jakarta. Wah ternyata ada teman saya di bali bisa dapat tiket lebih murah lagi loh! :D, menggunakan promo lufthansa Jakarta-Frankfurt-Jakarta USD 615. Fyi kalau tidak menggunakan tiket promo harga tiketnya berkisar mulai USD 1200, so beruntunglah kalian jika mendapat tiket promo tapiii harus bayar tiketnya beberapa bulan sebelum keberangkatan hehehe .. 😛 😀

Visa sudah bisa diajukan 3 bulan sebelum keberangkatan, PALING LAMBAT 2 minggu sebelum tanggal keberangkatan, saran saya sebaiknya urus jauh – jauh hari deh! karena kita tidak pernah tahu hambatan apa yang bisa kita hadapi ketika pengurusan berlangsung.

Ada catatan PENTING yang diberikan website kedutaan Belanda, yakni antara bulan Mei hingga September pembuatan janji untuk permohonan visa sangat padat. Perlu diingat bahwa untuk membuat janji pada periode tersebut sangat sulit, apesnya saya tidak mengetahui hal tersebut :(, pihak kedutaan menginformasikan bahwa pada periode tersebut banyak mahasiswa yang akan daftar kuliah jadi mereka harus diutamakan.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dari teman-teman milis, jika akan ke Luar negeri (LN) maka kita harus menyiapkan sejumlah dana di rekening tabungan kita, yang nantinya bisa memperkuat pemberian visa, pihak kedutaan memerlukan bukti kalau kita bisa membiayai perjalanan kita dan kita tidak akan terlantar di negara asing. Nominal yang saya dengar bermacam-macam dan tidak ada patokan resminya, ada yang mengatakan harus ada 50 juta atau. 30 juta rupiah di rekening kita atau ada juga yang mengatakan jumlahnya tidak penting, asal bisa membuktikan bahwa kita punya uang.

Saya tidak punya uang sebanyak yang diatas, jadi pada akhir bulan Juni 2009 saya pinjam ke ayah saya sejumlah 25 juta rupiah, saya masukkan rekening saya selama dua bulan (ada yang bilang 3 bulan) sampai visa saya dapatkan, kemudian uang saya kembalikan 😉

Saya mendapat surat undangan (istilahnya Gemeente, kalo di sini mungkin seperti kantor walikota) dari teman satu marga yang sudah jadi warga negara Belanda, namanya ka Ephie Silaen. Maka jenis visa yang saya gunakan adalah kunjungan family and friends. Jika ada surat undangan semacam ini akan lebih mudah dapat visanya ;-), bagi mereka yang tidak mempunyai saudara atau kenalan yang bisa memberikan surat undangan tidak masalah kok, kalian bisa booking hostel di booking.com atau hostelworld.com

Syarat bagi penggundang harus berpenghasilan minimal 800 Euro per bulan, kontrak kerja berlaku minimal 1 tahun  dan si pengundang harus datang ke kantor balaikota (Gementee) untuk mengisi formulir undangan, dan juga si pengundang harus membuktikan secara finasial bahwa dia mampu mengundang Anda. *syarat keuangan bisa saja setiap tahun naik.

Per 1 Juli 2016 Kedutaan Belanda menunjuk VFS Global sebagai pihak agent untuk mengurus Visa

 

Untuk singkatnya dokumen yang harus dipersiapkan dan dibawa untuk permohonan :

untuk ke halaman berikutnya klik Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

268 thoughts on “Panduan Apply Schengen Visa di Kedutaan Belanda

  • July 31, 2011 at 12:07 am
    Permalink

    Dear para pembaca, maaf ya kolom komentarnya saya tutup selamanya, karena tulisan ini sudah berumur 1,5 tahun. Alasan lainnya juga karena banyak saya jumpai pengomentar yang langsung bertanya tanpa membaca secara detail tulisannya, padahal jawabannya sudah ada dikomen diatasnya atau sudah ditanyakan pengomentar lain.

  • July 22, 2011 at 8:55 pm
    Permalink

    Hallo mbak,aku sita..mo nanya form u apply visanya dalam bhs belanda aja yach?? coz,aku cek diwebsitenya cm ada bhs belanda doank..trus klo kita mo ngajuin stay lebih dari 3 bulan itu biaya utk visanya lebih mahal yach mbak??proses pengurusan visa biasanya brp lama mbak?sori yah klo bnyk nanya…thx a lot b4..

    • July 22, 2011 at 10:04 pm
      Permalink

      Hi Sita,
      Ini versi english, klik: http://jakarta.embassytools.com/en/index .. pilihannya bahasanya itu ada di pojok kanan atas. Kalau untuk visa turis maksimal tinggal di Belanda 90 hari, selebihnya harus melalui namanya proses MVV, termasuk ada tes bahasa dan kebudayaan. Coba klik dan baca informasinya di Prosedur permohonan visa kunjungan lebih dari 3 bulan

      Untuk visa turis pengurusannya 8-10 hari kerja, barusan saya lihat sampai tgl 5 agustus sdh penuh, kalau susah dapat tanggal yang kosong (warna hijau), coba online lewat jam 12 malam.

  • July 20, 2011 at 3:05 pm
    Permalink

    maaf saya panggil dik ya…mau nanya buanyaaak bgt…mudah2an cpt dibales ya..thankyou sebelumnya…
    mimpi apa saya ya…dapet ticket gratis jakarta-amsterdam-jakarta yg berlaku antara bulan juli sd tg.14 september dari kemenangan suami saya yg ikut golf minggu kemaren….sayang berlakunya cuman utk 1 org..dan hadiah itu diberikan kepada saya…bingung deh..
    saya udah baca sebagian informasi yg diberikan adik….yg ingin saya tanyakan apakah visa schengen itu jg bisa dipake kalau saya ingin mengunjungi Basilika St.Pieter di Roma?…
    saya sudah buka utk hostel…kira2 di amsterdam dulu adik di hostel apa?punya nomor telpon gak? kasih dong…biar enak nanya2nya.terus kalo dari Amsterdam mau keliling Eropa teruama ke Roma Basilika St.Pieter paling safe naik apa ya? berapa lama perjalanannya?
    dan kalau keseluruh eropa berapa hari kira2 ditempuhnya? sebaiknya menggunakan apa ? mahal gak ya tour keliling eropa dari Amsterdam? …nah nginepnya jd pindah2 ya..?
    duh maaf banget…masih banyak sih pertanyaan tp dilanjut by phone aja ya..masalahnya usia saya diatas 50 dan berangkat sendiri…tp saya biasa back packer di bali dan wilayah2 laain di indonesia…nah ke eropanya ya rencana baru kali ini…ini aja kalo gak ditolak visa schengennya…..makasih banget ya dik…salam….

    • July 22, 2011 at 9:28 pm
      Permalink

      Hi ibu marwanti, visa schengen bisa digunakan di 25 negara, termasuk salah satunya Italia (lokasi Basilika St.Pieter di Roma). Tahun 2009 saya tinggal dirumah 3 orang teman di beda kota di Belanda, dan cuma setengah hari ke Belgia, selebihnya selama 26 hari jalan2 di Belanda saja. Ibu bisa bergabung dengan milis IBP, kemukan persoalan ibu, biasanya banyak rekan2 yg respon kasih masukan, berdasarkan pengalaman mereka. Utk daftar ke milisnya, kirim email kosong ke : indobackpacker-subscribe@yahoogroups.com .. setelah dinyatakan tergabung ibu kirim pertanyaan ibu via email ke : indobackpacker@yahoogroups.com

      Banyak Informasi yang kita bisa dapatkan melalui google, lokasi-lokasi mana saja yang ibu inginkan untuk dikunjungi. Ditoko buku juga sudah banyak buku2 traveling ke Eropa, biasanya mereka sudah jelaskan lebih detail termasuk mengenai biaya dan penginapan. Ibu kalau sudah berhasil booking hotel, lebih baik langsung booking online dulu di kedubes Belanda untuk apply visa, karena jadwalnya selalu penuh, barusan saya lihat sampai tgl 5 agustus sdh penuh, setelah berhasil dapat tanggal baru agak tenang, proses pengurusan visa 8-10 hari kerja.

      Harus optimis bu supaya visa approved, asal syarat2 dilengkapi lancar ko, dan kedubes Belanda konon paling bersahabat alias gak ribet. Ibu Marwati bisa email ke saya, saya sedang di Jerman, mempersiapkan pernikahan, lebih baik email drpd telp mahal toh, tp maaf kalau saya tidak langsung balas ya. GBU.

  • June 27, 2011 at 1:43 pm
    Permalink

    hi,mbak sala kenal aku beby mau tanya,fomulir visanya pake bahasa inggris yach? kalau ada yg kurangan tahu/jelas artinya,kepada siapa saya bisa bertanya? apa boleh tanya sama orang kedutaan disana? thx yach mbak, ditunggu jawabanya!

    • June 30, 2011 at 7:30 pm
      Permalink

      dalam bahasa negera tujuan dan juga bahsa inggris, kalau kurang jelas bisa tanya kedubes bersangkutan. Kedubes Belanda sptnya ada contoh form yg diisi tp harus datang langsung lihat formnya.

  • June 25, 2011 at 11:42 pm
    Permalink

    Wuah,,, aku baca website ini bantu aku banget.. 🙂 hi mba..
    aku lagi mau jadi aupair bulan october ini.. sekarang hostfam ku lagi urus MVV ke IND sana.. denger2 kabar sih makan waktu 3 bulan, tapi menurut pengalaman banyak temen 1,5 bulan biasanya uda ada jawaban.. cuma deg2an aja.. karena kalau nanti MVV di approve, ehh bikin janji sama kedutaan di jakartanya yg penuh berhubung lebaran dan tahun2 anak sekolah.. mohon bantu doanya.. 🙂 nanti kalau semua lancar, aku sharing lagi.. hehe

    • June 26, 2011 at 12:11 am
      Permalink

      Hi Nesya semoga berhasil ya, ditunggu kisah sukses mu mengurus visa ;-).

      • June 30, 2011 at 3:55 pm
        Permalink

        hi Mba Nella.. aku kemarin dapet kabar dari hostfam ku, IND kirim surat ke mereka bahwa IND sudah confirmed untuk proses visa ku, nanti aku tinggal tunggu kabar lagi kapan visa nya bisa aku ambil di Indonesia.. aku pas baca email jam 4 pagi, langsung reflek doa “THANKS GOD!!” walaupun aku ga tau gimana nanti proses di sini nya..tapi kata temen ku, itu tandanya semua sudah ok, tidak ada masalah lagi… Wuahhhh apakah betul??

        • June 30, 2011 at 6:58 pm
          Permalink

          Hi Nesya, iya biasanya sudah gak ada masalah, kamu bisa Tanya kedutaan 1-1,5 bulan setelah apply visa, mungkin lebih cepat kan tidak sampai 3 bulan prosesnya.

  • June 23, 2011 at 7:34 pm
    Permalink

    Hi Mbak,
    Aku ada rencana ke europe untuk jalan2 dan ambil kursus bahasa total 2.5 bulan dan untuk itu aku akan resign dari tempat kerja ku sekarang. Aku pengen minta surat sponsor dari kantor sebelum aku mengajukan resign, namun di surat tsb harus dicantumkan tanggal pergi dan pulangnya, pertanyaan aku, apakah tanggal pulang dan pergi ini harus mutlak sama dengan aktualnya? Misalkan aku minta surat sponsor untuk pergi 2 minggu tapi kenyataannya aku pergi 2.5 bulan (aku sudah punya tiket pesawat PP dan bookingan semua akomodasi aku di sana) apakah itu akan menjadi masalah? Atau apakah sebaiknya aku minta ke teman atau saudara yg bisa membuatkan surat keterangan kerja dengan period pergi 2.5 bulan (tapi ini ga bener kerja di situ) Apakah kedutaan akan melakukan cross check (menelepon dan mengkonfirmasi) ke perusahaan kita? Mohon pencerahannya dan terima kasih banyak =))

    Nian

    • June 24, 2011 at 1:12 pm
      Permalink

      Hi Nian, disurat keterangan kerja harus tercantum tanggal pergi dan kembalinya ke Indonesia. Kedutaan akan kasih tanggal masa tinggal di LN sesuai dengan yang kamu ajukan di form visa dan itu disesuaikan juga dengan masa cuti di surat keterangan kerja. Berdasarkan pengalaman, kedubes paling lebihkan 2 atau 3 hari untuk masa tinggal kita.

  • June 19, 2011 at 2:02 pm
    Permalink

    Hallo mbak,

    Saya rencana ke belanda bulan 9-10 suhu di bulan itu sekitar brp celcius ya..

    cheers

    • June 30, 2011 at 7:29 pm
      Permalink

      bulan tsb masuk musim semi, anginnya kencang, suhunya dibawah 20 derajat, tenang saja belum salju ko ;-).

  • June 14, 2011 at 10:47 pm
    Permalink

    Hello mba nella
    akhir agustus ini ( 26-08-2011 ) ak rencana mau ke belanda,aku mau tny apakah untuk apply visa ke balanda itu susah?krn ada tmnku yg blg susah… saya jd ragu apakah saya bs dpt visa dan sedgkan rek tab sy jg tdk cukup saldo tp mnrt tunangan sy dsn tdk perlu pakai rek saya krn yg jd sponsornya adlh calon mertua ak… tunanganku blg krn smua itu tercatat di website jdnya ga ush dilampirkan rek tab ak… kalau yang ak baca diwebsitenya sperti ini : Bagi pemohon visa yang melakukan perjalanan atas biaya sendiri harus mempunyai uang sebesar € 34,- / per hari ” dan sdgkn biaya perjlan ak smuany dibiayai oleh mrk apakh mksd itu smua ak tdk ush melampirkan copy dr rek tab aku?apakah ada cr lain untuk membwt janji di kedutaan krn selalu saja full.. dank je wel.. doeiiiiii

    • June 14, 2011 at 11:00 pm
      Permalink

      Hi Vivi, kalau semua syarat dipenuhi lancar2 saja ko. Memang sih yang diminta rek. Tabungan sponsor tapi saat itu saya melampirkan rek. Tabungan saya juga daripada disuruh bolak-balik.

      Pihak kedutaan juga pernah bilang walau ada sponsor masa iya kita mau jalan-jalan tapi tidak bawa uang sama sekali.

      Waktu itu pernah ada yang tulis di blogku tentang pengalaman dia apply visa di kedubes Belgia sih dia ada sponsor tunangannya ternyata visanya ditolak dengan alasan data keuangan yang mau datang ini.

      Buat janji sekarang hanya bisa secara online. Harus dipantau tiap hari coba tengah malam atau pagi2 sekitar jam 5-6 pagi.

  • June 6, 2011 at 10:54 am
    Permalink

    Akhirnya visa bi selesai juga walaupun sempet salah tanggal dan dicoret lg musti bolak balik ke kedutaan.
    Sekarang sudah di Almelo, asli dingin apalagi kalo hujan untung bawa jaket.
    Cari makan agak susah jarang yang jual nasi ……
    Makasih ya Mba atas bantuannya.

    • June 6, 2011 at 10:59 am
      Permalink

      Hi Awo, selamat yaaa .. wah asyik dong sudah berhasil ke LN 😉 disana dingin? bukannya sudah mulai panas ya masuk summer? harusnya bawa beras sendiri jadi bisa masak deh, atau kamu coba cari beras di supermarket yang berbau asia deh.

      • June 6, 2011 at 11:34 am
        Permalink

        Sudah booking Hotel di Theater Hotel Almelo, jadi ga bs masak 🙂
        Sepi bener kalo sampai hari minggu, mudah2an hari ini ga sepi banget
        Malemnya sebentar banget ……..

  • May 28, 2011 at 7:58 pm
    Permalink

    Mba, adakah info kalo mau ke yunani mba?misal dari eropa nerusin ke yunani gmn caranya yg murah? :p #tetep

    • May 29, 2011 at 6:21 pm
      Permalink

      Hi Izza coba cari infonya di ggogle saja, saya tidak tahu caranya.

    • May 27, 2011 at 12:48 pm
      Permalink

      Iya benar form tsb ;-).

  • May 25, 2011 at 8:40 am
    Permalink

    Dear Mb Nella,

    Mb besuk kamis saya mau ke kedutaan semoga semua lancar makasih atas form ya yang dikirim ke email saya. Makasih mb. oh ya dapet ijonya wakktu itu aku jam setengah sebelas malam mgkn bisa membantu tetapi setengah jam kemudian udah mulai merah semua cepet banget. hehehe

    Rgds

    reni

  • May 24, 2011 at 5:58 am
    Permalink

    slmat pagi mba Nella,,,aduh mba saya jadi stres nih. saya ikuti saran mba untuk buat janji secara Online, sy klik webnya: http://jakarta.embassytools.com/ , selanjutnya muncul prosedur sederhananya yaitu: klik kalender – klik bulan – klik hari – mengisi form – klik submit. tapi mba saya klik kalender muncul kan kotak vertikal yg tgl2 tertentu udah terisi dgn di tandai wrn merah, di situ juga sudah ada bulan/tgl, nah kemarin subuh2 sy lihat tgl 13 juni 2011 blum ada tanda merahnya berarti blum terisi tapi mba saya klik2 nggak bisa kebuka mba…..apa saya yg salah masuk ya mba?…..mohon berikan petunjuknya ya mba langkah2nya…mohon balasan secepatnya ya. sebelumnya thanks ya mba nella ya baeek. o ya mba mengenai surat keterangn kerja saya kan skrang lagi honor di skolah yayasan, sbagai staf tata usaha, apa saya bisa minta surat keterngn kerja “cuti”dari kpl sekolah utk di bw ke kedutaan? trimaksih bnyak ya mba nella.Gbu

  • May 23, 2011 at 7:14 am
    Permalink

    hallo Nella, sy mau tanya, rencana sy tgl 15 agust 2011 mau ke rotterdam belanda utk ikut dgn suami yg bekerja di kpl pesiar, masalhnya sy tinggal di Manado, rencana sy mau buat janji permohonan visa dulu melalui telp dgn kedutaan belanda, baru kalu sudah di tentukan tgl dan wktu utk saya wawancara baru sy ke jakrta. pertanyaannya : kalau buat janji permohonan visa utk 2011apa boleh melalui telp at bagaimana? trus kalau mau apply visa saya hrs dtg langsung di kedutaan atau boleh saya kirim melalui internet?. satu lagi sy kan ibu rmh tangga, apa di haruskan utk ada surat ijin dari kantor sedangkan sy skrang so tdk bekerja lagi. sbelumnya timakasih ya mba Nella mohon balasan secepatnya. Gbu

    • May 23, 2011 at 11:51 am
      Permalink

      Hallo Yuli berikut jawaban dari saya,
      Buat Janji HARUS secara online, silakan klik : http://jakarta.embassytools.com/ harus diajukan jauh-jauh hari karena booking online sekarang sangat amat sulit dapat tgl yg kosong, dikarenakan banyak yg apply visa (konon kabarnya sudah sekitar 12rb an yg apply), harus coba booking paling tidak sebulan sebelum berangkat.

      Saya kutip dari web Kedubes –> Jika sudah pasti bahwa Anda perlu mengajukan permohonan visa kepada perwakilan Negeri Belanda di Indonesia tempatnya adalah: Kedutaan Besar di Jakarta dan konsulat di Medan (Sumatera), Kuta (Bali) dan Surabaya (Jawa Timur).
      Selanjutnya juga di Petugas Konsuler (Kontak Person Konsuler) yang oleh Kedutaan Besar dikuasakan untuk memastikan identitas (wajib menghadap perorangan) pemohon visa. Mereka bertempat di:
      • Yogyakarta dan Jepara (DIY & Jawa Tengah)
      • Manado (Sulawesi Utara)
      • Makassar (Sulawesi Selatan)
      • Ambon, Maluku
      • Jayapura (Papua)
      • Balikpapan, Kalimantan Timur

      Mohon maaf saya tidak tahu alamat/telp nya, silakan tanyakan kedubesnya 021-527 1904

      Informasi lainnya mengenai visa (Prosedur permohonan visa untuk kunjungan kurang dari 3 bulan), silakan klik :
      http://indonesia-in.nlembassy.org

      Untuk hal surat ket. kerja, itu salah satu syarat Permohonan visa saya tidak tahu bagaimana mutlak atau tidaknya untuk ibu rumah tangga, coba tanya langsung saja kedubes +62-21-527 1904 Senin s/d Kamis: 13.00-16.00 Jumat: 13.00-14.00 Khusus untuk mendapatkan informasi.

  • May 21, 2011 at 8:41 pm
    Permalink

    Mba bisa minta contoh pas photo buat visa ? Kalau tidak salah background nya putih. Pas photo saya putih, tapi lihat di websitenya rada krem gitu warnanya, bisa ga kira2, takut ditolak soalnya mepet saya berangkat tanggal 4 Juni 2011. Terima kasih sebelumnya.

    • May 21, 2011 at 10:24 pm
      Permalink

      Hi Awo, silakan klik
      http://indonesia-in.nlembassy.org

      silakan lihat Persyaratan sesuai paspor Belanda
      disana sih hanya dibilang backgroundnya yang netral ..

      kapan masukin berkasnya ke kedubes?

      • May 21, 2011 at 10:29 pm
        Permalink

        Hari senin 23 mei 2011 mbak.

      • May 22, 2011 at 8:24 pm
        Permalink

        Isi formulir visa yang mana saja harus diisi ? Ada contohnya ga mbak ? Makasih

  • May 16, 2011 at 11:33 am
    Permalink

    Dear Mba Nella,
    Blog yg helping bgt deh. *Now let’s see, is it my turn now :D*

    1. Klo surat udangannya dari tmn di Italy (WN Italy) tapi aku flightnya kan transit di frankfurt tuh. Boleh ga aku minta visanya dari Kedubes Belanda? (krn di state bahwa pengurusan di kedubes Belanda “lebih mudah”)
    2. Untuk asuransinya klo kita hanya selama 1 minggu kena brp euro ya?
    Terimakasih

    GBU

    • May 18, 2011 at 10:05 am
      Permalink

      Hi Henny
      1. Gak bisa lah say, kalau mau apply lewat kedubes Belanda maka surat undangan atau sponsor harus dari orang Belanda juga. Untuk kamu ya harus ke kedubes Itali. Kalau pesawat gak masalah bisa masuk dari negara mana saja yang kamu mau.
      2. Asuransi sampai dengan 2 minggu sama saja, waktu itu aku sekitar 34 Us$ coba tanya travel lagi supaya pasti.

  • May 13, 2011 at 8:56 am
    Permalink

    mbk nella gimana sih cara bisa dapatkan booking online ke belanda kl sy akan berencana pergi di bulan juni besok sebelum tgl 16 juni apa mungkin ya…. dan apa dari sekarang ini saya udah harus booking untuk tiketnya dan estimasi keberangkatan hr dibuat tgl berapa menurut mbk agar saya bisa dpt print outnya. dan ditanggal brpa ya mbk nln juni yang msh ada tempat untuk booking… makasih untuk infonya.

    • May 13, 2011 at 9:59 am
      Permalink

      Hi Aurell, caranya seperti yang dibilang Vica diatas yakni dipelototin tiap malam dan pagi2 😀 .. Proses visa 8-10 hari kerja. Yang penting dapat tgl hijau dulu baru bisa prediksi booking tiket tgl brp.

  • May 11, 2011 at 9:35 pm
    Permalink

    Mbak.. aku pusing nie.. aku di undang sama temen di jerman.. surat undangan resmi yang ada cap immigrasi jerman sudah ada, dan dia yang tanggung semuanya. booking tiket sudah ada, travel insurance juga sudah di buatin sama dia. permasalahanya saya kerja di villa (bisnis keluarga) yang gak ada izinya alias non formal entities. apa bisa pakai surat keterangan kerja dari villa? terus rekening tabungan saya cuman 10 juta itu pun gaji saya bulan ini. saya baru lulus kuliah september. sudah bekerja sejak bulan desember tapi gaji nya gak pernah mengendap karena banyak pengeluaran. jadi chash flownya kayak roller coaster.

    • May 11, 2011 at 10:01 pm
      Permalink

      Hi Anna, sebenarnya saya belum pernah apply via kedubes Jerman, saya coba bantu, menurut saya schengen country mirip-mirip pengurusan visanya.

      Iya bisa ko, kamu minta saja tempat kerja kamu itu buat surat keterangan kerja untuk kamu, ada kop surat, ada no telp/fax yang bisa dihubungi.

      Nanti bawa juga ijazah kamu (fotokopi 1 lbr siapa tahu diminta), kamu jelaskan ketika wawancara kenapa dana mengendap ditabungan cuma segitu ya karena kamu baru lulus kuliah trus bilang mau ngeliat dunia luar (mumpung masih muda hehehe) dan ada teman yang bisa jadi sponsor termasuk membiayai perjalananmu. Oh ya temannya sudah pernah ketemu langsung kan? Hati-hati jawabnya karena saya pernah baca curhatan beberapa orang, kedutaan menolak kalau pengundang statusnya yang hanya kenal via internet.

      Syarat apply visa di kedubes Jerman silakan lihat : http://www.jakarta.diplo.de/Vertretung/jakarta/id/01/Visabestimmungen/Hinweis__Aufenthalt__bis__3__Monate.html

      Semoga sukses yaaa Anna ;-).

  • May 11, 2011 at 3:34 pm
    Permalink

    Mbaa…saya baru dapet link ini dari tmn kakak yg tinggal di belanda.sayang dia ga bisa ngasih invit karena tahun depan dia sudah invit ibu dan adiknya sendiri.saya dan kakak berencana liburan ke eropa april 2011.dimulai dari belanda.awalnya sudah diputuskan memakai biro travel(sekitar US3000) tapi membaca blog ini jadi berupah pikiran.mungkin dengan tabungan yg ada saya ga cuma 2minggu disana (sesuai jadwal biro), tapi mungkin saya bisa jalan keliling lebih jauh lagi.saya sedih karena tidak ada invit.yg saya mau tanyakan,apakah cukup invit itu diganti hanya dengan bookingan hostel saja mba?matur nuwun.kalo boleh pm nomer hp mba atau email mba..matur nuwun sanget 🙂

    • May 11, 2011 at 9:00 pm
      Permalink

      Hi Izza April 2012 maksudnya? iyalah dengan dana segitu kalau kita mau hidup ngirit bisa tinggal lebih lama di LN loh! :D. Kalau tidak ada invitation letter gak masalah, kamu bisa gunakan bookingan hostel, namun sepertinya kedubes akan minta bookingan yang terkonfirmasi, jadi sekarang kita gak bisa asal booking hostel saja, tapi harus ada konfirmasi balik dari pihak hostel.

      Untuk berkas-berkas yang diperlukan silakan lihat link berikut : http://indonesia-in.nlembassy.org

  • May 9, 2011 at 9:54 pm
    Permalink

    hi mba, aku akhirnya smlm baru dpt u interview tgl 30 mei nanti, waaaahh senengnya akhirnya ada juga setelah berkali2 website kedutaan dengan ara online di pelototin tiap pagi n tengah malem 😀 thx ya

    • May 10, 2011 at 12:29 am
      Permalink

      Hi Vica selamattt ya! wahh saya senang mendengar akhirnya ada yang berhasil tembus online booking. Boleh tahu kamu dapat tgl yang warna hijau jam berapa ya? Nanti saya jadi bisa kasih saran untuk yang punya masalah serupa.

  • May 8, 2011 at 6:01 pm
    Permalink

    mba mau nanya, aku kan rencannya juli ini berangkat ke NL dengan undgn dari pacar untuk 90 hari terhitung juli-oktober (sebelumnya saya sudah 2x kesana terakhir desember 2010) skrg agak bingung dengan sistem online apply visanya ya, karena full banget, mudah2an keburu applynya sebelum juli keberangkatn, tiap hr saya pantau website OL nya tp sudah full terus 🙁 yg jadi pertanyaan , saya nanti juli kesana akan resign dari kantor, krna mengingat saya akan bertunangan dan tinggal 3 bulan (disana ada orang tua saya) akan tetapi kali ini saya di undang langsung oleh pacar, apakah nanti kedutaan bisa menolak saya apabila alasan saya resign dr kantor karena bertunangan dan tgl 3 bln disana? 🙁 krna saya belum pernah menerima invitation selain dr keluarga. thks

    • May 8, 2011 at 6:47 pm
      Permalink

      Hi Vica,
      Iya apply online memang sedang sangat padat. Untung2 an kalau mau dapat tanggal yang warna hijau, harus pantau tiap hari, beberapa kali saya cek ada yang hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Barusan ini saya lihat lagi ternyata sudah penuh sampai 27 Mei 2011. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      Setahu saya sih kalau kita pergi dengan visa turis pasti akan diminta surat keterangan kerja kita di Indonesia. Karena pihak kedutaan ingin memastikan kalau kita pasti akan balik ke Indonesia dan tidak over stay di Belanda. Kalau bisa dapat invitation letter dari keluarga sepertinya lebih baik tuh karena kan kamu masih dalam proses pertunangan, beda kalau akan menikah disana.

  • May 8, 2011 at 5:33 pm
    Permalink

    Halo mbak, saya baru membaca artikel mbak dan sangat membantu.
    Saya akan ke Belanda tanggal 10 juli, namun setiap mengecek slot selalu penuh, apakah ada saran atau tips untuk meng-book visa?

    Selain itu, pesawat termurah untuk kesana adalah via Jakarta-Jerman PP. Konferensi saya di Belanda dan kami akan menginap di Belanda. Apakah boleh kita meng-apply schengen dari kedutaan Belanda padahal tiket pesawat dari Jakarta-Jerman PP? Selain itu, tanggal visa kita nantinya benar-benar sesuai dengan tanggal kita book pesawat, ataukah kita bisa dapat visa lebih lama?

    Makasih banyak mbak 🙂

    • May 8, 2011 at 6:30 pm
      Permalink

      Hi Vanny,
      Setahu saya untuk booking memang sekarang harus via online, kalau 2009 lalu untuk apply visa saya masih bisa via telp dan atau datang langsung. Nah untuk sekarang saya tidak tahu apakah masih berlaku “datang langsung” dan saya tidak lihat informasi mengenai hal ini di website kedubes, di websitenya hanya tertera untuk apply visa caranya dengan book via online.

      Booking online memang sedang sangat padat. Untung-untungan kalau mau dapat tangal yang warna hijau (kosong), harus pantau tiap hari, beberapa kali saya cek ada yang hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Barusan ini saya lihat lagi ternyata sudah penuh sampai 27 Mei 2011. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      Iya kamu bisa ko gunakan penerbangan dari mana saja, biasanya sih tanggal di visa di lebihkan beberapa hari dari tanggal kita apply, tapi kalau lihat jadwal kedubes yang sangat padat menurut saya sangat riskan untuk issued tiket, cukup booking saja dulu. Proses pengurusan visa memakan waktu 8-10 hari kerja, jadi kalau mau berangkat 10 Juli, Vanny harus pantau tiap hari ya untuk dapat tanggal yang hijau.

  • April 29, 2011 at 8:17 pm
    Permalink

    Mau tanya mbak kalau dapat undangan dari Belandanya paling lama di setujui visanya berapa hari, soalnya tanggal 3 Juni rencana berangkat, sekarang belum bisa booking online. terima kasih …..

    • April 29, 2011 at 9:31 pm
      Permalink

      Hi sdr Awo, visa keluar 8-10 hari kerja. Iya booking online sudah sebulan lebih padat sekali. Untung2 an dapat tgl yg warna hijau, harus pantau tiap hari, bbrp kali saya cek ada tgl yg hijau antara jam 5.30-6.30 pagi mungkin bisa diliat lebih pagi lagi. Klo pergi tgl 3 Juni susah kali ya karena booking online sudah penuh sampai tgl 20 Mei. Maka dari itu JANGAN issued/bayar tiket, cukup booking saja.

      • May 1, 2011 at 8:26 pm
        Permalink

        Makasih mbak. Saya pantau tengah malam nanti :). Terpaksa diundur sampai september deh. Kalo booking online harus isi apa saja mbak.

  • April 20, 2011 at 2:38 pm
    Permalink

    Hi mba nella..salam kenal saya mau nanya-nanya nih..
    saya rencana mau ke swiss awal bulan september…pacar saya ngundang kesana..dia status masih kuliah jadi belum bisa jadi sponsor untuk saya.well..setelah cari kesana kemari ahirnya boss dari adiknya mau jadi sponsor untuk saya..yang jadi masalah saya belum kenal sama boss tempat adiknya bekerja..dia punya restaurant disana..
    kemarin juga saya dapat e-mail dari teman saya di koln jermany dia juga bersedia jadi sponsor…mana yang lebih mudah dapat visa dari kedua negara tersebut…makasih sebelumnya mba untuk advicenya

    • April 20, 2011 at 3:46 pm
      Permalink

      Hi Anjas,

      Saya belum pernah apply visa via kedubes Jerman, tapi saya pernah bbrp kali baca pengalaman orang2 yang apply, katanya sih konsularnya gak ramah dan judes gitu, ya saya tidak tahu mungkin karena dokumen tidak lengkap.

      Pengalaman saya via kedubes Swiss, ya lancar2 saja, ketika wawancara ditanya detail sekali dan nantinya sponsor kita di Swiss akan ditelp pihak kedubes dari Jakarta. Jadi ya harus benar-benar dipersiapkan, jangan sampai jawaban kalian berdua berbeda.

      Menurut saya kalau kamu punya teman di Jerman, sebaiknya apply via kedubes Jerman saja, jadi kalau ditanya-tanyapun jadi kalian bisa jawab kan.
      Oh ya yang jadi sponsor harus yang sudah pernah ketemu langsung ya, biasanya consular menolak sponsor yang status teman via internet.

      Good luck 😉

  • April 19, 2011 at 10:31 pm
    Permalink

    oo gt ya mb tp aku boleh minta juga mb sambil aku coba buka dari kedutaan. kalau tetep ga bisa ntar aku ke warnet liat sama apa ga sama punya mb. internet di rumah lemot bgt mb soalnya. gmn mb? makasih sebelumnya

  • April 19, 2011 at 12:05 am
    Permalink

    oh ya mau tanya lagi denger2 tahun 2011 ini yang mau ke LN bebas fiskal ya mb?

    • April 19, 2011 at 1:24 am
      Permalink

      Bebas fiskal sudah diberlakukan per 1 Januari 2011.

      • April 19, 2011 at 11:49 am
        Permalink

        ooo berarti tidak perlu membayar untuk fiskal ya mb. syukurlah hehehe.
        oh ya mb form untuk visanya kok aku klik ga da ya mb? mb punya formnya mb soalnya aku baca diatas mb ada formnya. kalau boleh aku minta mb bisa dikirim ke email aku. makasih ya mb

        reni

    • April 19, 2011 at 1:29 pm
      Permalink

      Ren lebih baik kamu download dari website kedubes Belanda, karena punya saya form th.2009. Kemungkinan besar sudah banyak perubahan.

  • April 18, 2011 at 10:12 pm
    Permalink

    hi mb Nella,
    aku seneng bisa baca blognya mb, sangat membantu. Sangat seneng jd lupa waktu hehehehe. Mb untuk asuransinya itu berarti diberikan kalau udah wawancara? bukannya salah satu berkas yg dibutuhkan ya? bener kata mb kalau mau pergi pasti cari cari info hehehehe… aku juga mau pergi ke belanda pinginnya cepet tp nunggu kalau udah dapet surat2 yg diperlukan. mb kalau ga keberatan aku udah add email mb baca di atas tlg di app ya. hehehehe, makasih ^^

  • April 15, 2011 at 9:00 am
    Permalink

    Hai mba ! Salam kenal ya…
    Saya mau nanya ni, adakah cara lain membuat janji selain online?

    • April 15, 2011 at 9:38 am
      Permalink

      Hi Elly, setau saya kalau thn. 2009 bisa daftar dg cara datang langsung ke kedubes dan ambil nomer disana lalu kita dapat tglnya utk masukan dokumen. Kalau sekarang HANYA via online, namun tidak ada salahnya coba kamu datang saja. Bbrp kali saya iseng buka kalender sekitar jam 6 pagi masih byk yg hijau, memang harus rajin cek ya.

  • April 13, 2011 at 2:51 pm
    Permalink

    Haii Mba…..thx bgt info nya yg berguna bgt bwt saya.
    Klo boleh tau ya Mba, brp budget Mba wktu ke Belanda?
    Dari mulai ngurus visa,asuransi,tiket pesawat,living cost de el el.
    Aku ada rencana liburan 2 mnggu dsna sambil cari cari short course.
    Aku tunggu rply nya ya 🙂
    Thx Mba

    • April 15, 2011 at 5:48 pm
      Permalink

      Hi Anye,
      Rinciannya : Tiket 888 USD ; Visa 60 Euro ; Asuransi berlaku 1 bln 70 USD ; Airport tax CGK Rp.150.000 Total sekitar 10 juta rupiah.

      Untuk pengeluaran selama di Belanda tergantung masing-masing orang. Saya waktu itu menumpang di 3 rumah teman, jadi living cost mungkin tidak ada ya? .. saya punya banyak (20-30 lbr) tiket kereta karena sering bolak-balik ketiga rumah teman saya tersebut. Kalau dihitung kasar mungkin saya habis sekitar 16-18 jutaan.

  • April 11, 2011 at 9:00 pm
    Permalink

    Trims mbak untuk sarannya. Pagi tadi saya sudah tlp ke embassy… mrk semua katanya sdg sibuk dan gak bisa mencari data saya sudah masuk atau blm. Mrk minta saya untuk mencoba apply visa on line lagi besok. Kalau besok ternyata saya masi blm bisa jg bikin appointment ulang artinya memang data nama saya yg pagi tadi saya input sudah masuk ke data embassy…. jd gak bisa berbuat apa2 hanya tunggu nanti tgl 2 may saja untuk datang ke embassy sekalian bawa document yg diperlukan.

  • April 11, 2011 at 9:31 am
    Permalink

    Mbak boleh minta email pribadi? Trims

  • April 11, 2011 at 8:30 am
    Permalink

    Good Morning all…
    Mbak Pagi ini saya coba daftar masuk ke situs embassy belanda. Awalnya saya liat pagi-pagi jam 06.30 masi hijau semua, terus saya klik daftar… sudah beres isi form… saya send data form isian… looding terus computer… seperti sedang proses pengiriman data… tiba-tiba lap top mati pula karena saya lupa check batere lap top ternyata empty.
    Kemudian saya coba nyalakan lap top lagi setelah di charge… saya masuk lagi situs embassy belanda… terus saya coba isi form dan kirim data isian form ternyata ada keluar informasi “Sorry, you cannot book more than 1 appointment”.
    Artinya mungkin data isian form awal yg saya kirim sudah masuk ke data entry embassy belandanya. Tapi saya belum yakin data form isian saya sudah masuk atau blm karena tadi tiba-tiba lap top mati. Untuk mengetahui data isian form saya sudah masuk atau belum ke embassy belandanya gimana caranya ya mbak? Apa bisa di tanyakan melalui tlp mengenai data saya susah masuk atau belum ke embassy belandanya?
    Bagi rekan-rekan lain yg pernah mengalami hal yang sama dengan saya…. mohon bantuan infonya. Terima kasih.

    • April 11, 2011 at 10:26 am
      Permalink

      Hi Ratu berarti datamu sudah masuk, kalau mau tahu pastinya coba telp dan email kedubesnya, kalau gak bisa tembus juga terpaksa harus didatangi langsung. Thn. 2009 buat janji masih via telp, jadi saya belum mengalami hal tersebut.

      • April 15, 2011 at 8:48 am
        Permalink

        Hai mbak, salam kenal ya. Nice to meet you here.
        Mau nanya ni mbak, saya mau buat janji online tapi kayanya udah penuh, adakah cara lain untuk buat janji selain online ?
        Hartelijk dank mbak.

  • April 5, 2011 at 1:04 pm
    Permalink

    mbak, untuk dapet hijau, sebaiknya buka situsnya pada jam berapa ya? makasih

    • April 5, 2011 at 1:28 pm
      Permalink

      Pagi tadi sekitar jam 6.30 hanya ada satu tgl 19 yg hijau, ada pilihan mulai jam 8 sampai 12. Namun barusan saya buka lagi kalendernya semua sudah merah. Sepertinya sdg byk yg apply visa jadi harus bersaing dpt tglnya. Sebaiknya bsk Anda coba lebih pagi.

  • April 5, 2011 at 12:03 pm
    Permalink

    halo mbak aku mau tanya;)
    tadi aku udah ke kedutaan belandanya terus disuruh datang 2 minggu lagi. berkas-berkas ga ada yang kurang si. gimana bisa tau ya mbak kira-kira dapet visanya atau tidak?
    soalnya rencana berangkat tgl 24 ini. jadi agak mepet. belum issued tiket juga takut ga dapet tiket. aku ke belanda buat ikut exchange gtu.
    makasih mbak..

    • April 5, 2011 at 1:01 pm
      Permalink

      Hi Inez, kalau tinggal disuruh datang 2 minggu lagi biasanya sih dapat visanya, namun kalau ragu jangan issued tiket dulu, nanti stl ambil visa baru langsung issued tiket. Beli asuransinya saja dulu lalu siapkan copiannya krn pas ambil visa konsular akan minta copinya.

  • April 5, 2011 at 2:35 am
    Permalink

    masalahnya saya gak bisa dpt situsnya yg hijau hanya ada merah aja ,tolong infonya supaya bisa dpt hijaunya gimana …..
    makasih

    • April 5, 2011 at 6:39 am
      Permalink

      saya barusan buka websitenya, tgl yg warna hijau hanya satu yakni tgl 19 April 2011 bisa pilih jam-jam nya. Kalau hari ini penuh lagi berarti semua akan merah. Kalendernya memang dirancang hanya untuk 2 minggu.

      • April 5, 2011 at 6:34 pm
        Permalink

        oke berarti hrs pagi2 ya bukanya ,makasih ya
        saya akan coba2 deh

  • April 4, 2011 at 3:13 pm
    Permalink

    halo,saya mau tanya ni saya mau nyuruh ibu saya kebelanda terus mau buat visa tapi saya baca di internet buat janji sama kedutaan harus ol tapi pas sampe dibagian buat bikin janji dgn tgl tglnya kok gak bisa diklik gimana ya?

    • April 4, 2011 at 5:14 pm
      Permalink

      bisa ko pilih tanggal2 yang warnanya hijau

      • April 4, 2011 at 7:22 pm
        Permalink

        sama nih… aku menemui hambatan dalam janji temu… tolong dibantu dong… caranya gimana ya? jama brp yg paling bagus untuk buka situsnya biar dapet ‘hijau’nya… makasih mbak

  • March 29, 2011 at 3:38 pm
    Permalink

    hay mbak…
    saya mau nanya ..saya pengen sekali ke Belanda buat mengunjungi temannya..tapi saya masih di bawah umur banget (16 tahun) ..dan berangkatnnya sendiri…minta solusinya aja..terus cara biar bisa jalan jalan ke luar negeri itu gimana??
    makasih ya kakak ^_^

    • March 29, 2011 at 10:15 pm
      Permalink

      Hi Irwan,
      Kamu minta surat keterangan dari sekolah/kampus sebagai mahasiswa disana,
      Proses lainnya atau dokumen yang diperlukan untuk apply visa silakan kbuka web kedutaan Belanda

      cara jalan-jalan ke LN? ya apply visa trus beli tiketnya hehehe

      • April 1, 2011 at 9:05 pm
        Permalink

        owh..makasih banyak hehehee….
        irwan mau nanya lagi kak…minimal kalau ke belanda selama 1 minggu harus punya berapa rupiah untuk di kurs kan menjadi euro??

        and masih bingung untuk yang keterangan sekolah itu gimana>??
        soalnnya saya masih sma

        • April 1, 2011 at 10:01 pm
          Permalink

          Minta Surat keterangan dari sekolah yang isinya menerangkan kalau Irwan adalah siswa disekolah tersebut.

          Saya copas dari website kedutaan yang mengenai Bukti Keuangan:

          Bagi pemohon visa yang melakukan perjalanan atas biaya sendiri harus mempunyai uang sebesar € 34,- / per hari.

          Penjamin atau pihak ketiga (sponsor) di Belanda harus mempunyai pendapatan bersih sebesar minial € 1230,32 per bulan, yang masih harus berlaku selama minimal 12 bulan pada saat pengajuan permohonan visa.

          Keuangan bisa dibuktikan dengan fotokopi buku bank dari 3 bulan terakhir.

          *note : 1 euro = kira-kira Rp. 12.000, jadi kalau mau tinggal seminggu kira-kira Rp.2.856.000

          Karena Irwan masih pelajar, bisa gunakan bukti keuangan orangtua, nanti juga minta dibuatkan surat keterangan yang menerangkan semua biaya perjalanan ditanggung orangtua kamu.

          Kalau hanya liburan seminggu ko menurut saya sangat sayang ya?, maksudnya mengingat harga tiket pesawat saja bisa kira-kira 1000 an USD.

    • April 2, 2011 at 5:38 am
      Permalink

      owh….saya mengertiiii ^_^/….makasih bbanyakkk…mbakkk infonya….
      arigatou arigatou……

      mba is the best deh……-bertepuk tangan-
      ^_^♥

  • March 28, 2011 at 3:43 pm
    Permalink

    Kak Nela, infonya bermanfaat sekali. Mohon infonya untuk pengajuan visa Schengen via kedutaan Belanda: Untuk surat ket kerja dari tempat saya bekerja apakah Harus dalam bahasa Inggris. Dan untuk rek pribadi yang 3 bulan terakhir aapakah fotocopy dari buku bank atau? Mohon informasi via email saya : josafat97@yahoo.com dokumen apa saja yg diserahkan ke kedutaan waktu pengajuan visa. Selain surat undangan dari keluarga di Belanda. Terimakasih, GBU.

  • March 27, 2011 at 9:00 am
    Permalink

    mba maaf saya mau tanya lagi,,,utk soal uang asuransi min 30.000 euro,,,,,bisa tolong mohon dijelaskan mba?kok mahal bngt yah,,,harus bayar segitu yah,,,,trs emangnya ga bisa pke asuransi yg qta punya di indonesia seperti saya kan ikut asuransi di prudential,,,,saya agak kurang mengerti mba,saya agak bingung,,,makasih yah mba sebelumnya,,,,

    • March 27, 2011 at 11:03 am
      Permalink

      30.000 euro adalah minimal nilai pertanggungan asuransinya. Untuk harga asuransinya 70 USD berlaku 1 bulan (*th. 2009), kalau masa berlaku 14 hari mungkin separuhnya. Untuk jelasnya silakan tanya ke travel terdekat, atau bisa lihat contact person ditulisan saya diatas, atau liat ‘tag schengen visa’. Jika Intan sdh punya asuransi coba tanyakan apakah berlaku untuk asuransi perjalanan wilayah schengen country (setahu saya sih beda).

  • March 27, 2011 at 8:36 am
    Permalink

    hi mba nela,,,salam kenal yah,,,
    ada yg mau saya tanyain nih,,,saya rencana kebelanda sekitar bulan maret thn depan untuk bertemu dng pacar sya n kluarga,,,dan saya kerja dikapal pesiar dan akan berlayar sampe bulan maret,,,,bisa ga yah klo saya apply visa pas saya lgi berlayar atau gimana yah cara biar saya bisa pulang berlayar langsung kenegara belanda tanpa saya harus pulang ke indonesia dulu kan bsa hemat biaya dan hemat waktu,,,,
    dan pas saya interview visa saya baca comment diatas agar tidak menyebutkan utk mengunjungi pacar jadi saya harus bilang mengunjungi teman saja???
    oh iya satu lagi mba,,,pihak yg mensponsori atau yg mengundang qta atau bahkan qta tdk harus mengeluarkan uang guarantee kan utk pemerintah dengan nominal tertentu,,,
    thanx before and after,,,,
    iintan

    • March 29, 2011 at 9:11 pm
      Permalink

      Untuk Pengurusan visa memakan waktu 8-10 hari kerja, kalau memang dalam waktu tersebut Intan masih ada disuatu Negara bisa datang ke kedubes Belanda setempat, tapi ko sepertinya tidak bisa ya karena kan harus aja bukti punya izin tinggal di Negara tersebut. Lebih baik coba tanyakan langsung ke kedubes di Jakarta, emailnya : jak@minbuza.nl dan JAK-VISA@minbuza.nl ; iya Intan bisa bilang mengunjungi teman. Kita hanya perlu mengeluarkan uang untuk apply visanya sekitar 60 Euro. Good luck ya ;-).

  • March 24, 2011 at 4:35 pm
    Permalink

    Mbak…mau nanya dong..kalo ga ada invitation kan qta perlu untuk booking hotel di belanda…Misal saya pengen keliling Eropa dengan masuk lewat Belanda dan stay 3 hari dulu dan bookingan hotel yang saya ajukan untuk visa hanya 3 hari di Belanda tersebut boleh gak ya? Atau harus semua bookingan selama saya di Eropa sampe pulang?

    Thanks mbaak
    Shinta

    • March 29, 2011 at 12:57 pm
      Permalink

      hi Shinta, kamu sudah benar harus ada bukti booking hotelnya, harus ada itinerary tiap harinya mau nginap dimana. Smoga sukses ya ;-).

      • March 31, 2011 at 6:15 am
        Permalink

        OK deh mbak…tapi kalo tiket bis/kereta per negara harus dibeli juga gak ya mbak dan diserahkan bukti konfirmasinya untuk ngurus visa? Karena aku liat kalo hotel memang refundable tapi kalo psawat/bis/kereta banyak yg non refundable..

        Thanks
        Shinta

    • March 31, 2011 at 7:34 am
      Permalink

      Hanya booking hotelnya saja, kereta tidak perlu.

  • March 23, 2011 at 8:05 pm
    Permalink

    Iya betul sekali,,ketat ya,,,saya pun foto udah sedetail mungkin nih 3,5 x 4,5 ,,
    Ya mksh ya mba nella utk infonya..;)

  • March 23, 2011 at 7:40 pm
    Permalink

    Tahun 2008 tidak seribet ini mba waktu kedutaan belanda di bandung masih ada,,foto pun latarnya merah tdk masalah,,sekarang harus janjian aja sampai penuh di websitenya itu,,untungnya satu waktu itu bisa untuk 2 orang,,jadi saya bikin janji jam 11 untuk 2 orang tternyata bisa..
    Ya karna niatnya juga bukan untuk aneh aneh ya mba hanya untuk kunjungan keluarga dan teman,mudah-mudahan dipermudah ya…amin

    • March 23, 2011 at 8:01 pm
      Permalink

      Hi Risma, aturanya sudah ketat sih pas saya apply thn 2009, itu saja tiket saya hampir hangus krn kedutaan kasih tgl saya bisa menghadap jauh banget dari prediksi. Untungnya setelah berbagai usaha dan rayuan hehehe akhirnya ada mujizat, saya ditelp bisa masukkan lebih awal karena katanya ada yg cancel. Tahun 2009 untuk foto juga ketat kalau wajah difoto terlalu jauh maka disuruh ulang lagi, yang pakai jilbab juga ada aturan foto tertentu.

      Namun saya lihat sekarang lebih ketat lagi, untuk buat janji HARUS via online di web kedutaan, dan beberapa waktu lalu saya iseng buka jadwalnya benar-benar padat, jadi kalau mau pergi mepet2 tanggalnya bahaya! Dan ada pernyataan keras di website kedutaan tidak boleh tanya2 via email hahahahah …

  • March 23, 2011 at 11:19 am
    Permalink

    Mba lala trims buat infonya,,,,
    Sy janji ke kedutaanya jam 11 mudah-mudahan tdk ada hambatan,,
    Jadi deg-degan sendiri saya…
    Ada tips khusus ga kalau sudah kedutaan gimana?hehe…ngga dijawab juga ngga apa2 ko…
    Mksh ya mba

    • March 23, 2011 at 6:46 pm
      Permalink

      @Risma, nanti ketika jawab wawancara jangan terkesan ragu-ragu, tatap pewawancara jadi kesannya kita mantap jawab semua pertanyaan dia, jawabnya singkat, padat, jelas, gak usah beretele-tele, semoga sukses ya buat wawancara Visanya 😉
      @Lala, thanks banget ya sudah dibantuin jawab duluan, soalnya saya kalau online dari hp ribet, jadi pas didepan laptop baru leluasa jawab komen-komen blog.

  • March 21, 2011 at 7:39 pm
    Permalink

    Mba,,panduanya bermanfaat sekali,,,saya kamis tgl 24 maret akan ke kedutaan belanda,sudah buat janji dan sdh ada printout hasil dr janji yg dibuat 2minggu yg lalu,,,
    Persyaratan sudah lengkap,,tinggal nunggu wawwancara saja,,,ini juga pengalaman pertama saya ke belanda dgn pacar saya untuk mengunjungi orangtuanya,,,untung pacar saya sudah sering kesana,,mudah2an lancar untuk wawancaranya doakan ya mba,,,
    Oh ya..mau tanya juga kalau foto untuk visa itu harus putih ya latarnya??
    Atau ada info baru mba??terimakasih sebelumnya

    • March 22, 2011 at 1:04 am
      Permalink

      Hi… Mba nella saya bantu jawab yah untuk mba risma, untuk pas photo itu harus bener bener diperhatikan ukurannya 3,5 x 4,5 (jadi komanya itu harus diperhatikan) dan wajahnya pun harus jelas terlihat dekat bcakground putih, soalnya waktu saya apply saya lihat ada yg disuruh datang lagi gara gara wajah terlihat jauh.

      Trims

  • March 21, 2011 at 8:34 am
    Permalink

    mbaaa……thaks infonya!! bermanfaat bgt…
    aq pengen jalan2 ke italy, tapi masih bingung krna katanya ngurus visa ke negara eropa tuh susah..paling enak klo kita ngurus di embassy belanda..bener ga si mba?? trus kalo aq cuma jalan2 2 hari aja, kira2 berapa budget minimal yang mesti aq punya?? apakah mesti pnya asuransi juga?? wah….ribet juga ya…;-(

    ada saran gak mba biar aq bisa ikut asuransi??

    • March 23, 2011 at 7:09 pm
      Permalink

      Hi Memey,
      Menurut saya kalau surat-surat yang dibutuhkan sudah lengkap semua gak ribet ko, yang simple aturannya sih di kedutaan Belanda

      Jalan-jalan 2 hari?? Ko singkat sekali?
      Iya harus beli asuransi perjalanan, ini beda loh dg asuransi spt asuransi kesehatan, asuransi jiwa ataupun asuransi pendidikan, yg saya maksud adalah asuransi perjalanan.
      Asuransi harus cari yang biaya covernya 30.000 usd dan berlaku untuk Schengen Country, biasanya sih antar travel gak beda jauh. Dua kali saya beli melalui Sirius Tour, contact person bisa hub sdri. Weka via telp : 021-3447338 atau email : tour.sirius@siriustour.com

  • March 14, 2011 at 3:54 pm
    Permalink

    mbak makasih banyak tulisannya, btw, klo nyari promo ticket biasanya gmna mbak? makasih

    • March 15, 2011 at 6:08 pm
      Permalink

      Hi Gilang,
      saya daftar untuk mendapatkan newsletter dari beberapa maskapai, jadi kalau mereka lagi kasih harga promo saya dapat informasinya di email, barusan saya dapat info Lufthansa lagi ada promo tiket ke Jerman, silakan dicek.

  • March 10, 2011 at 3:31 pm
    Permalink

    hi mba nella, saya sudah pulang dari amsterdam.
    saya bantu menjawab pertanyaan mas andri.
    itu ternyata klau memang datanya sudah lengkap berikutnya disuruh datang itu sudah pasti dapet visa.
    klau memang belum lengkap biasanya suruh melengkapi via email.

    terima kasih

    • March 14, 2011 at 4:13 pm
      Permalink

      Sis, jadi kalau semua dokumen udah lengkap, trus udah dapet bukti buat pengambilan itu berarti visanya diterima ya? soalnya saya deg deg an juga nih,soalnya tiket pesawat udah di issued, saya tgl 4 kemaren udah ngajuin permohondan visa dan di bukti pengambilan sih ditulisnya max tgl 18 udah bisa ngambil….

      • March 15, 2011 at 5:52 pm
        Permalink

        Iya mas itu sudah pasti dapat. Jgn lupa datangnya sblm jam yg disebutkan soalnya antree.

  • March 3, 2011 at 9:51 am
    Permalink

    tulisannya sangat membantu saya mbak…
    saya mau tanya tapi kayanya sama dengan pertanyaan lala….
    kalo saya cuma disuruh datang saja mbak…maksudnya pas pengambilan visa…tapi menurut saudara saya yang pernah pergi ke amsterdam….coba aja ditelp 2-3 hari sebelumnya….tapi kalo diliat dari kelengkapan surat dan hasil wawancara, tidak ada hambatan cuma pas photo aja yang harus diganti menjadi 3,5×4,5cm
    tapi saat ini deg-degan juga soalnya kan penjamin saya di belanda yg juga bibi….udah membeli tiket dengan lunas….takut visa ga diacc…
    makasih

    • March 4, 2011 at 9:42 pm
      Permalink

      Hi Andry,
      Kalau sudah disuruh datang datang saja, hopefully visanya dapat ya. Iya coba saja ditelp dua hari sebelumnya. Sebaiknya sih beli tiket setelah visa ditangan karena riskan juga tapi apa mau dikata sudah terlanjur beli toh, so banyak-banyak doa ;-).

  • March 2, 2011 at 2:46 pm
    Permalink

    hi… mba.

    seneng deh, saya sekarang di amsterdam… wah cuacanya dingin sekali 9 c dan saya mengalami alergy berat kulit saya merah dan gatal karena dingin tapi it’s ok.
    mba share lagi dunk dimana tempat tempat asik yg bisa saya kunjungi.

    thanks
    lala

    • March 2, 2011 at 10:05 pm
      Permalink

      Hi Lala, asyikkk dong .. 9 masih mending, akhir jan-feb lalu selama 2 minggu saya ke Swiss minus 9 – 11 derajat loh, tp didalam rumah hangat 😉 .. kulit saya juga beberapa hari langsung bermasalah gatal2 (hanya bagian kaki) jd jelek hikss bruntusan gitu, untungnya bawa balsam dari Indo, jadi tinggal oles jadi hangat, trus saya rajin bbrp kali kasih body lotion ke seluruh badan, pas nyampe Jakarta dalam beberapa hari kulit normal lagi.

      Tahun 2009 karena teman saya tinggal di tiga tempat : Breda, Den bosh dan Breda jadi ya paling bolak balik dan explore tiga tempat tersebut.

      Waktu itu mengunjungi : Kinderdijk, tempat kincir angin ; Amsterdam lihat wilayah red light (sebaiknya jangan sendirian hehehe) lalu ke museum Madame Tussaud ; Den Haag lihat gedung parlemen dan depan istana Ratu (bagus buat foto2 dan gratis) lainnya kamu bisa naik kereta tujuan mana lalu turun deh di beberapa stasiunnya sebelum sampai tujuan akhir buat cari objek foto menarik, lalu naik lagi ga usah beli tiket lagi toh. Coba lihat blog saya ini sepertinya saya ada beberapa tulisan selama di Belanda ;-).

  • February 25, 2011 at 10:24 pm
    Permalink

    Hi Mbak, salam kenal,
    Saya lagi dilema nih, saya beserta org tua berencana ke amsterdam untuk liburan & mengunjungi keluarga selama 18 hari. Minggu ini ( 25 – 27 Februari) ada program Tiket promo murah dari Garuda, dengan persyaratan tiket harus dibayar minggu ini terakhir. Sedangkan visa saya baru keluar awal bulan Maret. Saya tergoda untuk membayar tiket tersebut. Yang membuat dilema adalah bahwa biaya refund tiket apabila tidak jadi berangkat sangat mahal, yaitu sebesar $408 per orang.
    Semua persyaratan administrasi sudah saya penuhi semuanya, termasuk suran jaminan, surat undangan dll.
    Kira2 apa yang membuat Kedutaan menolak pengajuan visa kita ya? Kira2 peluang visa saya di acc bagaimana ya? terima kasih atas infonya

    • February 28, 2011 at 9:26 pm
      Permalink

      Hi Lia,
      Salam kenal juga ;-), hiks! Maaf sepertinya jawaban saya terlambat.. Kalau semua syarat yang diminta pihak kedutaan sudah kamu penuhi semuanya, menurut saya lancar-lancar saja prosesnya, kalau mau ambil resiko boleh dicoba ;-). Paling tidak pihak kedutaan sudah melihat kalau kamu sudah beli tiket dan pastinya akan berangkat (dikarenakan kalau gagal terbang berarti tiket NonRefund), biasanya kalau ada surat undangan yang dari gementee di Belanda rasanya visa bisa diperoleh deh. So be Optimist!

      Mengenai penolakan itu tergantung pihak kedutaan sendiri, kadang gak jelas! (pernah ada cerita sih kalau surat undangan dari orang yang belum pernah kita ktemu langsung atau surat undangan via teman ketemu di Internet beberapa kedutaan menolak visanya). Maka dari itu dokumen harus lengkap dan kita punya alasan kuat HANYA akan liburan saja di Belanda. Lia bisa beritahu atau buktikan dengan dokumen kalau kamu punya kerjaan bagus di Jakarta.

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: