Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

loading...

Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds. Update: per Maret 2015 Wordads tidak menerima pendaftaran baru untuk blog Bahasa Indonesia. Obrolan di forum silakan klik disini dan disini.

Update 30.12.2015 yang mau ikutan WA sudah bisa ikutan/daftar WA lagi loh πŸ™‚ .


Setiap kita ngeblog untuk berbagai alasan. Ada yang ingin mendokumentasikan kesehariannya melalui blog, ada yang ingin menulis untuk memuaskan batin, ada yang memposting foto-foto untuk mempelajari betapa hebatnya kamera digital yang baru dimilikinya, atau kamu tidak bisa hidup tanpa menulis, atau ada juga yang ngeblog untuk membangun trafik ke blog sehingga dia bisa mendapat uang dari kreativitas dia ngeblog. Apapun itu, setiap alasan kita untuk ngeblog adalah hal indah dunia internet dan blogosphere. (*Krista Blogging for dollars?)

Alasan saya ngeblog gabungan dari pernyataan Krista diatas. Jadi kali ini saya ingin berbagi mengenai WordAds, bagaimana dari aktifitas kita ngeblog kita juga bisa menghasilkan uang melalui internet (WordAds).

WordAds adalah program periklanan WordPress.com resmi yang memungkinkan kamu menghasilkan uang dari blog kamu. Syaratnya blog kamu harus punya host dan domain sendiri dan mengunakan flatform WordPress, contohnya blog saya ini.

Penghasilan saya sih belum seberapa ya di WordAds ini. Saya hanya ingin berbagi informasi ini, mungkin kamu adalah salah satu pemilik blog dengan trafik tinggi, kalau iya kenapa tidak mencoba punya domain sendiri dan ikutan WordAds.

Sebenarnya dulu saya sempat pesimis dengan hasil dari WordAds ini, karena ya bagaimana tidak pesimis kalau tiap bulan hanya mendapat 1 atau 2 US dolar saja. Bisa bertahun-tahun dong baru akan terkumpul sejumlah 100 US dolar (minimal pencarian). Sempat terpikir kalau domain sudah habis mau pindah ke flatform blog lain.

Saya kadang-kadang aktif di forum WP Indonesia http://id.forums.wordpress.com dan ini memberikan saya banyak sekali keuntungan. Saya bisa berdiskusi dengan sesama blogger Indonesia, termasuk ngobrolin WordAds ini. Bagaimana tidak ngiler kalau ternyata dari Wordad ini ada yang bisa mendapat 3 sampai 20 juta rupiah setiap bulannya klik disini. Jadi saya bertekad tetap dengan WP tercinta ini paling tidak sampai pecah telur dulu (pencairan WordAds) dong baru mikir mau tetap di WP atau ke lain hati :smile .

Nah sejak bulan Juni 2013 bentuk iklan WordAds berubah berupa video atau banner, dan keuntungannya penghasilan kita jadi benar-benar meningkat loh. Sebagai perbandingan singkat,

pada bulan Mei 2013 saya dapat $1,62 dengan Ad Impressions 8.493. Bulan Juni dengan Ad Imp 8.879 tidak beda jauh dari bulan Mei yang saya dapat $4,08 .

Dapat duit dari WordAds ini BUKAN berdasarkan banyaknya iklan yang di klik pengunjung blog. Pembaca (pengunjung) blog kamu sama sekali tidak perlu mengklik iklan yang terlihat. Perhitungannya berdasarkan page view (trafik). Jadi semakin banyak halaman blog kamu dibuka maka semakin banyak kesempatan kamu memperoleh Ad Impressions (iklan terpasang).

Sejauh ini iklan hanya terlihat jika blog di buka melalui komputer.

Tema yang tepat juga berperan penting pada Wordads. Tidak semua tema blog sesuai untuk WordAds. Ada blog yang bisa terpasang 2 atau 3 iklan, tapi banyak juga blog yang hanya terpasang 1 iklan atau malah sama sekali tidak bisa terpasang karena tidak ada lokasi yang tepat iklan bisa terpasang.

Pernah saya mengunjungi salah satu blog sahabat blogger, saya bertanya-tanya sendiri, ko di blog dia bisa ada 2 iklan, dibagian atas dan di halaman tulisan, kenapa di blog saya hanya satu iklan pada halaman artikel saja? *ngiri.com. Saya coba mengganti tema blog saya seperti milik blogger ini dan berhasil! πŸ™‚ .

Apa nya yang berhasil?. Saya mendapat lebih banyak dolar dong.

Pada Bulan Juni dengan Ad Imp 8.879 dapat Usd 4,08. Kemudian bulan Juli melonjak 3 kali lipat, saya mendapat Usd 13,53 dengan Ad Imp nya 14.113. Bulan Agustus naik sedikit Ad Imp 14.705 pendapatannya 15,88 Usd.

Kata admin WordAds pemilik blog tidak bisa melihat iklan di blognya sendiri, tetapi entah mengapa terkadang bisa juga tuh saya melihat ada iklan di blog saya. Jadi kini kalau iklan lagi tayang di blog saya, pertama di halaman utama blog (dibagian paling atas atau paling bawah) dan lainnya pada artikel blog. Terkadang juga hanya di artikel saja, ya tergantung penempatan dari admin WordAds sih .

Sejauh ini berarti 2 iklan sudah berjalan di blog saya maunya sih bisa dapat WordAds triple unit *ngarepplusmaruk.com. Kalau saya perhatikan tidak semua halaman artikel terpasang iklan. Iklan terpasang selang seling. Jadi di judul pertama artikel terpasang iklan, kemudian di judul kedua polos, atau sebaliknya dan begitu seterusnya saya sudah coba buka buka daftar isi blog saya untuk tes πŸ˜€ .

Dengan trafik blog saya seperti di bawah ini

Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds. Trafik Blog hingga 24 September 2013

Trafik Blog hingga 24 September 2013

Maka pendapatan dari wordadsnya seperti dibawah ini:

Total Pendapatan Dari Wordads Per Desember 2013. Puji Tuhan sudah cair. Mulai Ngumpulin lagi ah

Total Pendapatan Dari Wordads Per Desember 2013. Puji Tuhan sudah cair. Mulai Ngumpulin lagi ah

Kalau trafik blog kamu lebih tinggi ya pasti pendapatan wordadsnya akan lebih tinggi dari yang saya peroleh.

Bagi yang sudah ikutan Wordads kalau hasilnya belum maksimal, mungkin salah satu sebab dari tema blog kamu, cobalah sesuaikan tema blog kamu, supaya ads nya lebih optimal. Tema yang mendukung Wordads pilih tema http://theme.wordpress.com/themes/features/wordads

Walau bisa dapat duit begini, fokus saya bukan duitnya. Saya tetap blog walking, komentar di blog teman-teman, tetap balas setiap komentar yang masuk ke blog saya, kunjungi balik pemberi komentar (kadang-kadang kalau terlalu banyak ya ada juga yang kelewat saya tidak sempat kunjung balik 😳 ) .

Fyi kalau blog kamu adalah blog gratisan dengan trafik tinggi dan kamu lihat ada iklan dari wordads di blog kamu, uangnya akan digunakan untuk menunjang kinerja WordPress. Kalau kamu berminat upgrade maka kami bisa mendapatan uang dari blog.

Kalau tidak mau ada iklan di blog mu, bisa gunakan fasilitas No-ads yang biayanya 30 Usd per tahun.

 

Baca juga:
β€’ Mengenai dapat Duit dari WordAd (Triple Ads)
β€’ Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
β€’ Cara Membeli Domain di Toko WordPress

Advertisements

158 thoughts on “Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

  1. informatip banget tulisannya Mbak, jadi pengin ikotan merogoh dollar,,, bisa minta kontak buat chat lebih lanjut gak mbak,,?? masih bingung ma sistem register ma pembayarannya soale,,, hehee,, thank before yahh,,, πŸ™‚

  2. Mau tanya gan
    Ini pas daftar wordads tar kan ada request an invitation setelah di submit kok ga ada pemberitahuan apa-apa ya? Apa emang begitu?
    Thanks

    url seputarcity.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  3. saya mau tanya dong kak, sy kan berniat upgrade domain dan minta bantuan ke orang. Jika nanti sy di approve sama wordads nanti uang sy terima dibayarkan kmn? Kan sy tdk punya paypal dan bikin domain ke org. Berarti uang yg terima masuk ke rekening org yg membuatkan sy domain?

    • Uangnya di transfer ke paypal yang Ridwan daftarkan ketika isi formulir Wordadsnya.
      Upgrade domain berbeda dg daftar wodads. Kalau minta tolong atau gunakan paypal yg sama iya ditransfer ke ybs. Paypalnya bisa diganti ko, lihat dari settingan wordads di dasboard.

        • Hai Ridwan untuk upgrade bisa gunakan kartu kredit atau Paypal. Daftar paypal mudah ko, seperti daftar bikin email, diperlukan kartu kredit juga sih untuk verifikasi atau misal mau transfer2 nantianya. Saya pernah baca ketentuannya bisa juga dengan kartu debit, sayangnya kartu debit saya tidak cocok.
          Kalau kamu mau upgrade dan tidak punya kartu kredit atau Paypal bisa minta bantuan ke lovingindonesia.com Informasinya silakan baca klik disini.

  4. Aku baru daftar juga nih mbak πŸ˜€ Abis blog visit ke sini, akhirnya memutuskan buat beli domain karena traffic kita ga jauh beda dan aku liat pendapatannya lumayan.

    Btw, dulu pas pendaftaran wordads nunggunya berapa lama ya? Terus pengaruh ga sih kita punya akun paypal atau enggak? Soalnya aku lupa masukin akun paypalku waktu pendaftaran.

  5. Pingback: Semangat nge-blogging lagi | American & Indonesian Blog

  6. wah telat nih infonya, aku juga punya di blogspot sempat ikutan GA nya cuma karena suatu hal google nge-banned accountku jadi GA nya gagal lah, malas buat account baru jadi aku tetap pakai blogspot baru tahun lalu coba WP nampaknya tampilannya rada beda dan lebih asik kayaknya deh. Pas lihat postingan ini jadi semangat mau perbaiki blog dan rajin nulis nih… mbak Nel, ajarin donk ilmunya dan sharing ya kalau dah dapat banyak biar semangat … nulisnya…

  7. Mba, koment nya malah di postingan lama πŸ˜€ Soalnya ada yang mau aku tanyain mengenai inii,hehehe. Mba, kan klo misalnya buat domain di wordpress itu kena $18/year, aku tadi dikasih tau temen kalau buat domain lewat domainesia.com kenanya 99.500/tahun, cuma kalo buat domain di domainesia tetap bisa connect ke wordads juga gak Mba? Traffic aku mah masih cupuuuuu banget, cuma tetep penasaran sama domain sendiri πŸ˜€ Makasihh Mba buat penjelasan dan jawabannya πŸ™‚

  8. Baru tahu jelas soal wordads di sini. Kemaren sempet sih nyasar di blog resminya wordpress baca soal ini. Tapi karena baca sekilas jadi kurang ngerti deh. Makasih udah berbagi mbak πŸ˜€

  9. Fantastis ya Mbak…
    tapi, Mbak apakah domain sama hosting harus dibeli di WordPress sendiri? jika iya harganya lumayan mahal bo…dibanding kita beli sendiri yang cuma 200-an ribu, he he he
    Kebetulan dulu Hani pernah dot com gitu tapi karena kesalahan gak isa dibuka dan sekarang yang available cuma dot me , padahal saat itu niat hati cuma nyelametin pendarbintang.com ha ha ha

  10. Kayagnya di blog saya ada iklannya ya mbak? Padahal trafficnya masih dikit bingit, hehe, gak papa lah sementara ini nyumbang buat wordpress dulu, soalnya dari dulu selalu bingung, bagaimana wordpress dapat duit untuk operasional?? Haha

  11. Wahh.. Dollar.. Waktu itu Py sempat daftar google ads gitu, cuman ditolak. Katanya blog ku kurang kaya..huahaha.. Mungkin trafik nya juga masih dikit bgt jadi gak bisa yah :p Tar coba lagi ahh klo dah banyak *ngarep*

  12. aduh makin ngiler denger “duit”maklum ibu2,blogku pengunjungnya msh minim kemarin ada tulisan giniβ€œOccasionally, some of your visitors may see an advertisement here.”maksudnya ada iklannya?tolong maksudnya apa Mbak?gk mudeng …he…he

  13. duiiiiiittttt *matabelo* aaaak aku mau mbaaaak, tapi mo jadi wordpress berbayar ajah maju mundur #pelit :D, makasi banyak infonya yaaah, keren ^_^d

  14. Lumayan memang dapat dari Ads. Saya sampai 3 tahun lalu masih main Adwords adsense dan teman2nya di blog tehsusu dan beberapa blog lain yang dibuat khusus untuk moneytize, tapi sekarang tidak lagi. Soalnya memantaian banyak blog itu susah waktunya juga. Kalau yang TS juga sengaja tidak dipakai lagi, soalnya bberapa link yang dipasang di post review ada juga yang membawa trojan.

  15. Aku buka blog Mbak Nel via laptop dan gak liat iklannya. Mungkin random kali ya Mbak. Yang aku mau tanya, misalnya kita udah upgrade nich…terus incomenya masuk ke rekening kita yang mana? Apa kita harus punya rekening dollar?

  16. mbak,,,,
    mauuuuu kaya gtu…
    trafik nya baru 4.xxx per bulan n tahun
    baru 150 an per hari…
    di web aq tulisan nya begini
    “To keep your blog free, we sometimes run advertisements on your blog, and you can remove these with the purchase of a No Ads upgrade or a Bundle.

    If you’re interested in earning money from your WordPress.com site by showing high-quality advertisements, please request an invitation to WordAds today!”

    trus di tiap halaman nya:
    “About these ads
    Occasionally, some of your visitors may see an advertisement here.
    Tell me more | Dismiss this message”

    keliatan masih gratisan nya
    hahhaa,,,
    kayanya mesti banyak update nya niiih…
    mau posting gardening juga ahh,,,
    biar ada bunga2 nya..
    hehehe..

  17. menarik banget
    menambah pengetahuan
    tidak hanya GA saja
    ada banyak cara mencari do..it πŸ˜€
    terima kasih bu atas share tentang wordadsnya

    saya setuju pernyataan yang terakhir
    “Walau bisa dapat duit begini, fokus saya bukan duitnya. Saya tetap blog walking, komentar di blog teman-teman, tetap balas setiap komentar yang masuk ke blog saya, kunjungi balik pemberi komentar (kadang-kadang kalau terlalu banyak ya ada juga yang kelewat saya tidak sempat kunjung balik 😳 ) . ”

    nice
    salam bu

  18. Asyik nih kalau mampir ke sini, selalu ada informasi yang nambah wawasan. Sayangnya blog saya self hosted, kayaknya gak di reken ya, Mbak Nella?

  19. he..he.. Nel mengen2i
    di blog aku yg satunya nggak ada tawaran wordads ini ya, bgmn caranya ya Nel kl mau ikutkan blog Bk.., kan udah berbayar juga

  20. Beberapa kali muncul notif ada iklan di bagian bawah postingan sy di wp gratisan, ini toh maksudnya untuk memperpanjang kinerja wp. Terima kasih Jeng Nella penjelasannya. Salam

  21. Kemarin juga tiba2 muncul iklannya… Tapi karena blogku gado2 dan banyakan curhatnya jadinya gak mau pakai ah. Ntar aja kalau udah ada yg diseriusin…:D
    Btw infonya thanks ya mbak πŸ™‚

  22. Pingback: Cara Membeli Domain di Toko WordPress | Pursuing My Dreams

  23. Ini tulisannya sangat bermanfaat mbak Nella πŸ˜‰ terlepas motivasi uangnya *karena belum beli domain*, jadi bikin semangat nuntasin PR tulisan nih hahaha πŸ™‚

  24. Laahhh… aku baru tahu, mbakkk… minggu lalu, ada nih link ttg wordads ini di blogku. Kayak nawarin mau iklan gitu nggak, sih? trus karena nggak mudeng, ku klik aja yg nggak. Habis blog ini kubikin cuma buat ajag curhat dan merepet dan ngeluh dan ngomel doang, sih… hahaha…
    Btw, infonya oke, mbak. Thanks, loh…! πŸ™‚

  25. Wooow keren nih infonya kak. Kebetulan, kemaren juga aku lg nyari info tentang cara kerja wordads ini. Pengen dong, kalau bisa acara ngeblog ini nambah2 uang jajan πŸ˜€ Kalau dari berbagai sumber yg kubaca, jika umur blog di wordpress sudah >6 tahun,nggak perlu upgrade akun. Tapi kalau yg umur blognya masih muda nggak mau nunggu lama untuk bisa ikutan wordads, memang harus upgrade. Aku kan punya blog yg berbasis .net yg dikelola wordpress tuh kak. aku coba kirim request ke wordads, katanya aku mesti bayar $15 usd/tahun πŸ™‚ kirain bisa gretongan πŸ˜€

Comments are closed.