Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

loading...

Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds. Update: per Maret 2015 Wordads tidak menerima pendaftaran baru untuk blog Bahasa Indonesia. Obrolan di forum silakan klik disini dan disini.

Update 30.12.2015 yang mau ikutan WA sudah bisa ikutan/daftar WA lagi loh 🙂 .


Setiap kita ngeblog untuk berbagai alasan. Ada yang ingin mendokumentasikan kesehariannya melalui blog, ada yang ingin menulis untuk memuaskan batin, ada yang memposting foto-foto untuk mempelajari betapa hebatnya kamera digital yang baru dimilikinya, atau kamu tidak bisa hidup tanpa menulis, atau ada juga yang ngeblog untuk membangun trafik ke blog sehingga dia bisa mendapat uang dari kreativitas dia ngeblog. Apapun itu, setiap alasan kita untuk ngeblog adalah hal indah dunia internet dan blogosphere. (*Krista Blogging for dollars?)

Alasan saya ngeblog gabungan dari pernyataan Krista diatas. Jadi kali ini saya ingin berbagi mengenai WordAds, bagaimana dari aktifitas kita ngeblog kita juga bisa menghasilkan uang melalui internet (WordAds).

WordAds adalah program periklanan WordPress.com resmi yang memungkinkan kamu menghasilkan uang dari blog kamu. Syaratnya blog kamu harus punya host dan domain sendiri dan mengunakan flatform WordPress, contohnya blog saya ini.

Penghasilan saya sih belum seberapa ya di WordAds ini. Saya hanya ingin berbagi informasi ini, mungkin kamu adalah salah satu pemilik blog dengan trafik tinggi, kalau iya kenapa tidak mencoba punya domain sendiri dan ikutan WordAds.

Sebenarnya dulu saya sempat pesimis dengan hasil dari WordAds ini, karena ya bagaimana tidak pesimis kalau tiap bulan hanya mendapat 1 atau 2 US dolar saja. Bisa bertahun-tahun dong baru akan terkumpul sejumlah 100 US dolar (minimal pencarian). Sempat terpikir kalau domain sudah habis mau pindah ke flatform blog lain.

Saya kadang-kadang aktif di forum WP Indonesia http://id.forums.wordpress.com dan ini memberikan saya banyak sekali keuntungan. Saya bisa berdiskusi dengan sesama blogger Indonesia, termasuk ngobrolin WordAds ini. Bagaimana tidak ngiler kalau ternyata dari Wordad ini ada yang bisa mendapat 3 sampai 20 juta rupiah setiap bulannya klik disini. Jadi saya bertekad tetap dengan WP tercinta ini paling tidak sampai pecah telur dulu (pencairan WordAds) dong baru mikir mau tetap di WP atau ke lain hati :smile .

Nah sejak bulan Juni 2013 bentuk iklan WordAds berubah berupa video atau banner, dan keuntungannya penghasilan kita jadi benar-benar meningkat loh. Sebagai perbandingan singkat,

pada bulan Mei 2013 saya dapat $1,62 dengan Ad Impressions 8.493. Bulan Juni dengan Ad Imp 8.879 tidak beda jauh dari bulan Mei yang saya dapat $4,08 .

Dapat duit dari WordAds ini BUKAN berdasarkan banyaknya iklan yang di klik pengunjung blog. Pembaca (pengunjung) blog kamu sama sekali tidak perlu mengklik iklan yang terlihat. Perhitungannya berdasarkan page view (trafik). Jadi semakin banyak halaman blog kamu dibuka maka semakin banyak kesempatan kamu memperoleh Ad Impressions (iklan terpasang).

Sejauh ini iklan hanya terlihat jika blog di buka melalui komputer.

Tema yang tepat juga berperan penting pada Wordads. Tidak semua tema blog sesuai untuk WordAds. Ada blog yang bisa terpasang 2 atau 3 iklan, tapi banyak juga blog yang hanya terpasang 1 iklan atau malah sama sekali tidak bisa terpasang karena tidak ada lokasi yang tepat iklan bisa terpasang.

Pernah saya mengunjungi salah satu blog sahabat blogger, saya bertanya-tanya sendiri, ko di blog dia bisa ada 2 iklan, dibagian atas dan di halaman tulisan, kenapa di blog saya hanya satu iklan pada halaman artikel saja? *ngiri.com. Saya coba mengganti tema blog saya seperti milik blogger ini dan berhasil! 🙂 .

Apa nya yang berhasil?. Saya mendapat lebih banyak dolar dong.

Pada Bulan Juni dengan Ad Imp 8.879 dapat Usd 4,08. Kemudian bulan Juli melonjak 3 kali lipat, saya mendapat Usd 13,53 dengan Ad Imp nya 14.113. Bulan Agustus naik sedikit Ad Imp 14.705 pendapatannya 15,88 Usd.

Kata admin WordAds pemilik blog tidak bisa melihat iklan di blognya sendiri, tetapi entah mengapa terkadang bisa juga tuh saya melihat ada iklan di blog saya. Jadi kini kalau iklan lagi tayang di blog saya, pertama di halaman utama blog (dibagian paling atas atau paling bawah) dan lainnya pada artikel blog. Terkadang juga hanya di artikel saja, ya tergantung penempatan dari admin WordAds sih .

Sejauh ini berarti 2 iklan sudah berjalan di blog saya maunya sih bisa dapat WordAds triple unit *ngarepplusmaruk.com. Kalau saya perhatikan tidak semua halaman artikel terpasang iklan. Iklan terpasang selang seling. Jadi di judul pertama artikel terpasang iklan, kemudian di judul kedua polos, atau sebaliknya dan begitu seterusnya saya sudah coba buka buka daftar isi blog saya untuk tes 😀 .

Dengan trafik blog saya seperti di bawah ini

Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds. Trafik Blog hingga 24 September 2013
Trafik Blog hingga 24 September 2013

Maka pendapatan dari wordadsnya seperti dibawah ini:

Total Pendapatan Dari Wordads Per Desember 2013. Puji Tuhan sudah cair. Mulai Ngumpulin lagi ah
Total Pendapatan Dari Wordads Per Desember 2013. Puji Tuhan sudah cair. Mulai Ngumpulin lagi ah

Kalau trafik blog kamu lebih tinggi ya pasti pendapatan wordadsnya akan lebih tinggi dari yang saya peroleh.

Bagi yang sudah ikutan Wordads kalau hasilnya belum maksimal, mungkin salah satu sebab dari tema blog kamu, cobalah sesuaikan tema blog kamu, supaya ads nya lebih optimal. Tema yang mendukung Wordads pilih tema http://theme.wordpress.com/themes/features/wordads

Walau bisa dapat duit begini, fokus saya bukan duitnya. Saya tetap blog walking, komentar di blog teman-teman, tetap balas setiap komentar yang masuk ke blog saya, kunjungi balik pemberi komentar (kadang-kadang kalau terlalu banyak ya ada juga yang kelewat saya tidak sempat kunjung balik 😳 ) .

Fyi kalau blog kamu adalah blog gratisan dengan trafik tinggi dan kamu lihat ada iklan dari wordads di blog kamu, uangnya akan digunakan untuk menunjang kinerja WordPress. Kalau kamu berminat upgrade maka kami bisa mendapatan uang dari blog.

Kalau tidak mau ada iklan di blog mu, bisa gunakan fasilitas No-ads yang biayanya 30 Usd per tahun.

 

Baca juga:
Mengenai dapat Duit dari WordAd (Triple Ads)
Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
Cara Membeli Domain di Toko WordPress

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

158 thoughts on “Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

  • February 15, 2014 at 2:59 pm
    Permalink

    Wah jd tambah semangat ngeblog walau traffic msh dikiiittt.
    Salam kenal mbak dari nubie 🙂

    • February 15, 2014 at 8:19 pm
      Permalink

      Salam kenal juga Mivec. Walau trafik masih sedikit yg penting tetap semangat ngeblog, lama2 trafik naik ko 😉 .

  • February 14, 2014 at 6:47 pm
    Permalink

    Bisa jadi alternatif ne untuk pemula seperti saya…

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: