Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Cara Menanam Biji Pohon Wisteria. Sahabat berkebun, coba lihat foto tanaman dibawah ini, cantik sekali ya πŸ™‚ .

Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

Pohon Wisteria Purple. Blauregen di Sinsheim kota tempat tinggal saya. Bagus sekali ya. Entah umur berapa tahun bisa setinggi di foto, dan bunganya menyerupai tetesan hujan itu mengapa di namakan Blauregen (Blau = Biru ; Regen = Hujan)

Namanya Wisteria atau di Jerman dikenal sebagai Blauregen.

Wisteria (juga dieja Wistaria atau wysteria) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga kacang polong, Fabaceae. Asalnya dari Amerika Serikat dan China, Korea, dan Jepang. Beberapa spesies terkenal sebagai tanaman hias terutama di Cina dan Jepang.

Beberapa spesies dari Wisteria:
β€’ Wisteria brachybotrys
β€’ Wisteria brevidentata
β€’ Wisteria floribunda – Wisteria Jepang
β€’ Wisteria frutescens
β€’ Wisteria Macrostachya
β€’ Wisteria Sinensis – Wisteria Cina
β€’ Wisteria Venusta
β€’ Wisteria Villosa

Wisteria ada yang jenis merambat ada pula yang hanya berupa pohon tinggi menjulang. Wisteria yang merambat bisa mencapai 20 meter. Wisteria yang terkenal adalah Wisteria Jepang dan Wisteria Cina.

Wisteria Sinensis – Wisteria Cina
Di Jerman dikenal sebagai Chinesischer Blauregen, warna bunganya ada yang biru / ungu dan putih.

β€’ Wisteria sinensis (wisteria Cina) adalah kayu, daun abadi merambat dalam genus Wisteria. Berasal dari Cina di propinsi Guangxi, Guizhou, Hebei, Henan, Hubei, Shaanxi, dan Yunnan.
β€’ Karena tanaman ini adalah tanaman merambat, jadi kita bisa membentuknya dengan batang bergelombang atau dirambatkan ke bagian halaman rumah yang kita inginkan.

Saya menemukan Wisteria biru ketika jalan-jalan ke Bad Wimpfen.

β€’ Wisteria sinensis, sangat kuat dan cepat tumbuh. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang berkualitas buruk, tapi lebih suka tanah yang subur dan lembab.
β€’ Wisteria dapat diperbanyak melalui pemotongan kayu, potongan kayu yang lunak, atau biji.
β€’ Spesimen tumbuh dari biji butuh waktu puluhan tahun untuk mekar, karena alasan ini, tukang kebun biasanya melakukan pengambilan dengan stek berakar atau dicangkokkan dari kultivar diketahui berbunga baik. Menurut temanku Steven, umur stek an Wisteria sama dengan yang aslinya. Jika dari biji sekitar 15 tahun baru berbunga. Ya ampun lama sekali yaa πŸ˜† .
β€’ Jika beruntung kita bisa menjumpai buahnya seperti kacang polong 5-10 cm, kalau dibuka dan bijinya dikeringkan bisa kita tanam.
β€’ Pematangan tanaman ini dapat dipaksa secara fisik terhadap batang utama, pemangkasan akar, atau membuat tanamannya agak kering.
β€’ Semua bagian tanaman mengandung Glikosida disebut wisterin yang beracun jika tertelan dan dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, dan diare. Wisteria telah menyebabkan keracunan pada anak-anak dari banyak negara, dari yang ringan sampai gastroenteritis berat. (mungkin karena buahnya mirip pete pas dibuka ada bijinya malah dibuat mainan)

Foto kiri Bibit atau biji Bibit Wisteria Sinensis Putih. Foto Kanan Wisteria Floribunda Biru atau Ungu. Keduanya sangat amat mirip ya

Foto kiri Bibit atau biji Bibit Wisteria Sinensis Putih. Foto Kanan Wisteria Floribunda Biru atau Ungu. Keduanya sangat amat mirip ya

Video Amazing Indahnya Pohon Wisteria Saat Berbunga

Wisteria floribunda – Wisteria Jepang
Di Jerman dikenal sebagai Japanischer Blauregen. Wisteria floribunda adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae kacang, asli Jepang.

β€’ Wisteria Jepang dapat tumbuh hingga lebih dari 30m. Dedaunannya mengkilap, berwarna hijau gelap, majemuk menyirip, ukuran daun 10-30 cm.
β€’ Tanaman ini lebih suka tanah lembab dan sinar matahari penuh. Tanaman ini tahan banting, bisa hidup sampai zona 5-9 (suhu minus 29 derajat C hingga minus 7 derajat C).
β€’ Tanaman ini sering hidup lebih dari lima puluh tahun.
β€’ Jika beruntung kita bisa menjumpai buahnya seperti kacang polong 5-10 cm yang matang di musim panas dan bertahan sampai musim dingin.
β€’ Wisteria Sinensis cocok untuk di bonsai. Sama seperti Wisteria Cina, wisteria Jepang ini juga beracun.

Menumbuhkan Wisteria silakan baca http://ohioline.osu.edu/hyg-fact/1000/1246.html

Di negara 4 musim, wisteria akan keluar bunganya pada musim semi mulai April hingga bulan Juni. Cantik sekali kalau bunga-bunganya mekar. Setelah bunganya rontok, daun-daunnya akan muncul dengan lebat, dan kalau kita beruntung kita bisa temukan buahnya yang bentuknya sepeti kacang polong atau bisa seperti pete.

Dahulu saya tidak tahu sama sekali mengenai Wisteria ini. Gita di Palembang minta dicarikan bibitnya, saya bilang tidak tahu tanaman tersebut, tidak pernah lihat dan bibitnya tidak ada di toko-toko bunga, pokoknya segala jurus untuk menolak mencarikan 😳 .

Baca juga:Β Pengalaman Sukses Menanam Peoni dari Bijinya

Gita bilang dulu kakeknya punya pohon Wisteria, jadi dia ingin sekali menanamannya. Berhubung saya dihubungi lagi dan lagi via email, akhirnya saya minta dikasih tahu nama si wisteria kalau di Jerman. Setelah tahu namanya akhirnya saya pesankan secara online.

Ternyata saya lihat ada beberapa warga sini yang menanam wisteria di pekarangan rumah dan ada juga yang tumbuh liar. Saya dapat 1 buahnya, karena begitu antusias, masih hijau saya petik dan biarkan begitu saja, tidak saya buka kacangnya, pas sudah kering sendiri malah busuk hiks πŸ˜₯ . Ada 1 yang bisa saya bersihkan sudah saya tanam 3 bulan lebih tidak tumbuh, padahal sudah dimasukkan dulu ke kulkas.

Nah ada teman baruku Steven, teman berkebun nih πŸ™‚ . Minggu lalu dia menceritakan pengalamannya menumbuhkan biji Wisteria. Terima kasih Steven sudah berbagi pengalamanmu πŸ˜‰ .

Cara agar biji wisteria dapat tumbuh atau berakar:

 

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

137 Comments

  1. Gita
  2. wiwin widyaningsih
      • Gita
      • Steven
  3. steven
    • Silvie
        • Silvie
          • Steven
          • Silvie
          • Steven
          • Silvie
          • Steven
          • Silvie
        • Steven
  4. Steven
  5. ardika
      • ardika
  6. Steven
  7. Steven
  8. dian_ryan
  9. Gita
  10. melanie
  11. nyapurnama
      • nyapurnama
          • nyapurnama
  12. Silvie
      • Silvie
          • Silvie
          • Silvie
          • Silvie
  13. Evi
  14. edy
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: