Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

loading...

Cara Menanam Biji Pohon Wisteria. Sahabat berkebun, coba lihat foto tanaman dibawah ini, cantik sekali ya πŸ™‚ .

Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

Pohon Wisteria Purple. Blauregen di Sinsheim kota tempat tinggal saya. Bagus sekali ya. Entah umur berapa tahun bisa setinggi di foto, dan bunganya menyerupai tetesan hujan itu mengapa di namakan Blauregen (Blau = Biru ; Regen = Hujan)

Namanya Wisteria atau di Jerman dikenal sebagai Blauregen.

Wisteria (juga dieja Wistaria atau wysteria) adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga kacang polong, Fabaceae. Asalnya dari Amerika Serikat dan China, Korea, dan Jepang. Beberapa spesies terkenal sebagai tanaman hias terutama di Cina dan Jepang.

Beberapa spesies dari Wisteria:
β€’ Wisteria brachybotrys
β€’ Wisteria brevidentata
β€’ Wisteria floribunda – Wisteria Jepang
β€’ Wisteria frutescens
β€’ Wisteria Macrostachya
β€’ Wisteria Sinensis – Wisteria Cina
β€’ Wisteria Venusta
β€’ Wisteria Villosa

Wisteria ada yang jenis merambat ada pula yang hanya berupa pohon tinggi menjulang. Wisteria yang merambat bisa mencapai 20 meter. Wisteria yang terkenal adalah Wisteria Jepang dan Wisteria Cina.

Wisteria Sinensis – Wisteria Cina
Di Jerman dikenal sebagai Chinesischer Blauregen, warna bunganya ada yang biru / ungu dan putih.

β€’ Wisteria sinensis (wisteria Cina) adalah kayu, daun abadi merambat dalam genus Wisteria. Berasal dari Cina di propinsi Guangxi, Guizhou, Hebei, Henan, Hubei, Shaanxi, dan Yunnan.
β€’ Karena tanaman ini adalah tanaman merambat, jadi kita bisa membentuknya dengan batang bergelombang atau dirambatkan ke bagian halaman rumah yang kita inginkan.

Saya menemukan Wisteria biru ketika jalan-jalan ke Bad Wimpfen.

β€’ Wisteria sinensis, sangat kuat dan cepat tumbuh. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang berkualitas buruk, tapi lebih suka tanah yang subur dan lembab.
β€’ Wisteria dapat diperbanyak melalui pemotongan kayu, potongan kayu yang lunak, atau biji.
β€’ Spesimen tumbuh dari biji butuh waktu puluhan tahun untuk mekar, karena alasan ini, tukang kebun biasanya melakukan pengambilan dengan stek berakar atau dicangkokkan dari kultivar diketahui berbunga baik. Menurut temanku Steven, umur stek an Wisteria sama dengan yang aslinya. Jika dari biji sekitar 15 tahun baru berbunga. Ya ampun lama sekali yaa πŸ˜† .
β€’ Jika beruntung kita bisa menjumpai buahnya seperti kacang polong 5-10 cm, kalau dibuka dan bijinya dikeringkan bisa kita tanam.
β€’ Pematangan tanaman ini dapat dipaksa secara fisik terhadap batang utama, pemangkasan akar, atau membuat tanamannya agak kering.
β€’ Semua bagian tanaman mengandung Glikosida disebut wisterin yang beracun jika tertelan dan dapat menyebabkan mual, muntah, sakit perut, dan diare. Wisteria telah menyebabkan keracunan pada anak-anak dari banyak negara, dari yang ringan sampai gastroenteritis berat. (
mungkin karena buahnya mirip pete pas dibuka ada bijinya malah dibuat mainan)

Foto kiri Bibit atau biji Bibit Wisteria Sinensis  Putih. Foto Kanan Wisteria Floribunda Biru atau Ungu. Keduanya sangat amat mirip ya

Foto kiri Bibit atau biji Bibit Wisteria Sinensis Putih. Foto Kanan Wisteria Floribunda Biru atau Ungu. Keduanya sangat amat mirip ya

Wisteria floribunda – Wisteria Jepang
Di Jerman dikenal sebagai Japanischer Blauregen. Wisteria floribunda adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Fabaceae kacang, asli Jepang.

β€’ Wisteria Jepang dapat tumbuh hingga lebih dari 30m. Dedaunannya mengkilap, berwarna hijau gelap, majemuk menyirip, ukuran daun 10-30 cm.
β€’ Tanaman ini lebih suka tanah lembab dan sinar matahari penuh. Tanaman ini tahan banting, bisa hidup sampai zona 5-9 (suhu minus 29 derajat C hingga minus 7 derajat C).
β€’ Tanaman ini sering hidup lebih dari lima puluh tahun.
β€’ Jika beruntung kita bisa menjumpai buahnya seperti kacang polong 5-10 cm yang matang di musim panas dan bertahan sampai musim dingin.
β€’ Wisteria Sinensis cocok untuk di bonsai. Sama seperti Wisteria Cina, wisteria Jepang ini juga beracun.

Menumbuhkan Wisteria silakan baca http://ohioline.osu.edu/hyg-fact/1000/1246.html

Di negara 4 musim, wisteria akan keluar bunganya pada musim semi mulai April hingga bulan Juni. Cantik sekali kalau bunga-bunganya mekar. Setelah bunganya rontok, daun-daunnya akan muncul dengan lebat, dan kalau kita beruntung kita bisa temukan buahnya yang bentuknya sepeti kacang polong atau bisa seperti pete.

Dahulu saya tidak tahu sama sekali mengenai Wisteria ini. Gita di Palembang minta dicarikan bibitnya, saya bilang tidak tahu tanaman tersebut, tidak pernah lihat dan bibitnya tidak ada di toko-toko bunga, pokoknya segala jurus untuk menolak mencarikan 😳 .

Gita bilang dulu kakeknya punya pohon Wisteria, jadi dia ingin sekali menanamannya. Berhubung saya dihubungi lagi dan lagi via email, akhirnya saya minta dikasih tahu nama si wisteria kalau di Jerman. Setelah tahu namanya akhirnya saya pesankan secara online.

Ternyata saya lihat ada beberapa warga sini yang menanam wisteria di pekarangan rumah dan ada juga yang tumbuh liar. Saya dapat 1 buahnya, karena begitu antusias, masih hijau saya petik dan biarkan begitu saja, tidak saya buka kacangnya, pas sudah kering sendiri malah busuk hiks πŸ˜₯ . Ada 1 yang bisa saya bersihkan sudah saya tanam 3 bulan lebih tidak tumbuh, padahal sudah dimasukkan dulu ke kulkas.

Nah ada teman baruku Steven, teman berkebun nih πŸ™‚ . Minggu lalu dia menceritakan pengalamannya menumbuhkan biji Wisteria. Terima kasih Steven sudah berbagi pengalamanmu πŸ˜‰ .

Cara agar biji wisteria dapat tumbuh atau berakar:

 

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

137 thoughts on “Cara Menanam Biji Pohon Wisteria

  1. Dapat wisteria dari pod yg di kasih sis nella, 5 biji 2 bertunas, 1 belum ada tunas dan 2 busuk (aku percik airnya kebanyakan). Nah tanamnya di media tanam kompos campur pasir, abu gosok dan cocopeat yg sudah dibiarkan kering sebelumnya. Setelah biji direndam 24 jam (kalau bijinya dah lama) atau rendam 4 sampai 6 jam saja (kalau bijinya baru). Sesudah direndam jangan biarkan terkena air lagi, (simpan dikulkas juga jangan sampai kena uap air), bisa berlendir, busuk atau berjamur nanti. Biji yg sudah direndam ditanam langsung dimedia tanam yg kering dan tutupi dg lapisan tipis tanah saja, tempatkan ditempat yg sejuk tapi kena sinar matahari/terang. Cepat kok tumbuhnya, 7 sampai 14 hari sudah muncul akarnya. Kalau misalnya waktu direndam air yg terserap oleh kulit biji berlebihan, jadi kembung, buka kulit bijinya dan lap sampai kering sebelum ditanam.
    Wisteria yg sudah tumbuh biasanya lebih suka ditanam dg media tanah+pasir+cocopeat, disiram tiap 2 hari. Kalau daunya menguning dan rontok biarkan saja, asal batangnya gak kering dan masih kelihatan hijau, nanti daunnya tumbuh lagi kok. Itu biasanya ada gangguan di perakarannya, bisa kebanyakan pupuk atau ada jamur. Wisteria kurang cocok pakai pupuk kimia kayak NPK, lebih suka pupuk alami seperti pupuk serbuk tulang, cucian beras atau daging. Biasanya aku cabut batangnya dan ganti dg media tanam baru, jika perakaranannya benar2 stabil maka daun baru akan muncul lagi, jadi jangan dibuang. Kalau mau dibuang kasih ke aku saja…hahahaha…
    Dipangkas bisa kok, nanti tumbuh baru tunasnya.

  2. Kalau saya mau beli bibit atau cangkokan tanamannya di indonesia,bs beli dimana ya jika di indonesia?. Mohon info serta bantuannya.terima kasih

  3. aaaaa mbaa segitu lamanya kah harus ngecambahinnya??? >_< seed yg dari mba aja belum saya apa – apain. jumat deh sy coba.
    Oia mba, foto yg plant whisteria yg masih muda itu punya mba atau punya siapa mba?? keren bangetttt. Berarti, selama – lamanya ngecambahin seed mawar, lebih lama lagi ngecambahiin seed whisteria. :3

      • Kalau pny kak nella itu suda ada umur karena hasil stek ranting, coba di pruning aja kak potong ranting muda yang masi hijau da gitu siram pupuk bunga, hasil cari ilmu dari google dan youtube. πŸ˜€

      • kapan sempat aja nontonnya, Nella. Seringnya sih ketinggalan. Hehe. | Serialnya udah tamat di musim kedelapan. Ga tau deh kalo ntar ada lanjutan lagi. πŸ™‚

  4. di medan ada tu yg jual biji wisteria chinese dan japan,
    klo saya lg nyari yg french lilac karna bunganya bergerombol dan harum.
    yg jual bijinya lg pada kosong

  5. Mbak nella di jerman kan?
    Aq tadi liat di situs berita MSN, ada festival oktober di jerman…
    sepertinya ramai,,,
    di posting dong mbak, pengen liat..

  6. Dhita halaman kebunnya tanah merah ya? Kalau tanahnya merah mesti di tambahin media organik seperti kompos atau pupuk humus. Go green go green.

    • Pak Steven, saya baca tips numbuhin Wisteria itu harus direndam 24 jam di air hangat lalu langsung ditanam di media humus & ditaruh di tempat kena matahari. Udah pernah coba cara ini belum? Soalnya kalau pakai cara ditaruh di kulkas agak ribet.

      • Dari penjualnya atau di website disarankan masukkin kulkas dulu sini. Entah klo ga dimasukkin kulkas apa bisa tumbuh ya?.
        Ribet ya tapi demi berhasil apapun akan dicoba πŸ˜‰ .

          • Aku uda pernah coba rendam air hangat dan lsg masukin ke media, yg ada malahan bijinya lembek dan busuk. Terus ada yg bilang jg cuma perlu di rendam dan bungkus tissue yg di basahin taruh di heating apa gitu yg utk pembibitan itu juga ga bs. Terakhir coba yang kulkas baru idup 1.

          • Iya, saya coba satu ditaruh ke media malah bsusk & numbuh jamur 10 cm warna hitam.
            Aneh, padahal yang saya lihat di youtube caranya begitu. Mending coba naruh di kulkas saja. Sayang banget kalau gagal. Benihnya mahal sekali buat biji sekecil itu. Padahal yang saya baca di blog berkebun, katanya Wisteria ini tanaman liar, bijinya nggak ditanam numbuh sendiri.
            Makasih jawabannya Pak Steven

          • Biji wisteria ku sisa 2 di kulkas. Sejauh ini si kalau dilihat masi keras ga lembek. Pohonnya kemarin tak pangkas malah ga bertunas lg tuh, daunnya bbrp mulai kuning. Bikin galau aja ni klo siram kebun pasti liat blm ada tanda tunas baru, tiap hari yang ada daunnya makin layu.

          • Wah, sepertinya ada tanda mau mati pohonnya Pak. BTW, tinggal dimana Pak? Kok punya Wisteria. Beli dimana? Kalau bisa saya mau beli pohon kecilnya. Kalau saya, nggak berani mangkas pohon kalau tanamannya belum beberapa tahun, suka mati kalau dipangkas. Nanti update lagi ya Pak tentang benihnya. Penasaran. Sekarang di kulkas saya ada 6 wisteria, semoga numbuh semua

          • Wah, mesen dari Aussie berupa benih apa tanaman kecil, boleh minta webnya? Pak, mau tanya dong, saya kan dapet biji gingko biloba, sudah berbulan-bulan coba berbagai cara nggak ada satupun yang numbuh.
            Sudah dicoba tanam langsung, dimasiukin ke kulkas, nggak ada yang jadi. ADUH!! Kan penasaran banget!!

  7. ya ampunnn cantik banget ya pohon nya. dan bisa tinggi banget. Selama ini gue pohon paling tinggi yang perna gue liat berbunga cuma kamboja. Ga gaul banget ya huhu

    gue lagi pengen nanem2 di taman rumah tapi kok tanahnya tampak ga subur banget. Saking keringnya ampe retak2. Ini rumput aja udah berapa kali diganti kering lagi kering lagi. Akhirnya sutralah dibiarin aja gersang hiks

  8. itu bunganya dominan banget, ngalahin daun.. cantik banget ya…
    aku cuma dengar nama wisteria di novel2 …, aslinya kayaknya belum pernah lihat deh..
    semoga Nella berhasil nanam dari biji ya..

    • Iya banyak sekali bubga-bunganya. Umumnya tanaman pada musim semi memang keluar bubgannya kebih dulu spt contohnya Wisteria ini dan cherry bloom, setelah bunga rontok baru daunnya tumbuh lebat πŸ™‚ .

      • di Jakarta bulan ini yg lagi berbunga lebat itu angsana dan tabebuia, dua2nya sama berbunga kuning..
        senang deh lihat di pinggir2 jalan kedua jenis pohon peneduh itu jadi ramee.., cuma belum nyebar..
        pasti cantik kalau semuanya berbunga barengan

  9. Kalau di luar pohonnya itu berbunga sptnya musim semi, kalau musim dingin cuma keliatan ranting-rantingnya saja. Kalau ga mau repot ya memang lebih gampang langsung dari stek rantingnya, Di kulkas aku masih ada 2 lagi bijinya sepertinya si floribunda juga diliat dr corak warna bijinya. Yang sinensis masi ada 5 tapi agak ragu-ragu bisa tumbuh akar atau tidak soalnya sedikit kempot.

  10. Pas musim dingin kemarin ga lihat ada bunga2 seperti itu di Wuppertal. Itu cuma musim panas ya mbak mekar indahnya?

  11. Oh iya, ada 1 pohon juga yang sangat mirip seperti wisteria, namanya bolusanthus speciosus ini pohon asal afrika http://www.plantzafrica.com/plantab/bolusanthspec.htm bedanya pohon ini dengan wisteria dari biji dan cara tumbuh rantingnya. Bolusanthus ini tidak merambat dan bijinya kecil. Bunganya sih mirip seperti wisteria tapi lebih mirip lagi dengan Jacaranda(kalau mau lihat pohon ini di summarecon ada lho ini pohon yang di ganti waktu pembangunan summarecon, kalau ga salah di perumahan melati atau apa itu kalau lagi berbunga juga 1 pohon warnanya ungu kebiruan). Yang jelas pohon bolusanthus ga perlu perawatan khusus πŸ™‚

    • Ehhh ini pohon yang sama dekat stasiun kereta di kota tempat tinggalku. Fotonya ku sertakan di tulisan ini. Iya bentuk pohon tidak merambat. Bolak balik lewatin pohonnya, buah/bibitnya ga jatuh2 πŸ™ . Ga bisa ambil karena tinggi sekali.

  12. Wisteria itu yang merambat itu rantingnya, di jepang ada taman wisteria(fuji atau apa la itu sebutannya) di youtube juga ada coba keyword searchnya biggest wisteria, tahun ini sudah mekar, pohonnya di tanam di tengah-tengah taman 2 rumah, rantingnya merambat sampai-sampai kanopi ke 2 rumah itu penuh bunga waktu mekar.
    Karena sifat rantingnya yang merambat itu biasa mereka di tanam dekat dengan kanopi atau dinding, ini emang sudah direncanakan untuk nutupin kanopi yang kosong si biasanya. Tapi kalau mau dibentuk jadi pohon juga bisa, jangan taruh di dekat benda-benda yang sekiranya bisa dirambat. Kalau untuk di taman, tanam jauh tersendiri dari pohon lain. Untuk di pot ya paling tinggal di geser saja. Karena pohon ini pertumbuhannya sangat cepat (yang dari biji baru 12 hari tingginya sudah ampir 20cm), jangan lupa di pruning, untuk yang di bentuk pohon ini biasanya 1minggu butuh 2 kali pruning (ga sampai botak yah cukup potong tunas-tunas baru aja) tapi kalau untuk yang dibiarkan melilit ya pruningnya ga perlu sering-sering biasanya setelah bunganya pada rontok, pruning dan siram dengan pupuk :). Selamat mencoba.

    • Belakangan aku sering perhatikan rumah-rumah disini, iya benar wisterianya dirambatkan, dibentuk ke kanopi. Aku penasaran liat thn depan pas berbunga πŸ™‚ .
      Tetima kasih Steven buat tipsnya πŸ˜‰ .

  13. Aku baru tau mba ada nama tamanan wisteria, tapi cantik banget yah cocok tuh kalo ditanam depan rumah

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

  14. Wisteria yg tanam dari biji katanya bisa berbunga di tempat panas dalam waktu 3 tahun, sis. Mau nyoba buktikan sendiri nih… Wisteria paling cantik itu wisteria plena, wisteria black dragon, wisteria longisima dan wisteria rosea….tp belum nemuin yg jual seednya..
    Aku dah numbuhin 7 wisteria (3 udah aku jual…hahaha), 1 seed yg beli sama sis Nella, yg floribunda, sisanya aku beli di toko online. Jadi rumah masih ada 4 pohon, sinensis dan floribunda, hanya saja ada yg aneh 2 diantaranya, 1 daunnya warna orange dan 1 lagi helai daunnya besar tp hanya berjumlah 2 helai daun pertangkai…hehehehe…Sekarang sedang mencoba menumbuhkan yg putih…aku udah gagal menumbuhkan biji (17 biji busuk) dan sisanya tinggal 8 biji, lagi nyoba cara lain…menggunakan spagnum moss dan tisu juga…bijinya terlalu kering jadi terpaksa mencoba menumbuhkan akarnya di kulkas dulu….masih belum tumbuh si…tp yg jelas bijinya masih keras dan gak berjamur…artinya masih oke kondisinya…hehehe…

  15. I love wisteria flowers! πŸ™‚ But no more here since last month… Danke for your kind visits at my posts, guten abend & friendly hugs from “Tulus”(LOL!), Frankreich! πŸ™‚ Cheers! MΓ©lanie

    url balauru.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  16. Wah dirimu jago ya tanam menanam bunga.
    Aku sekarang mulai beralih lebih ke tanaman sayur-sayuran, kayak cabe dan tomat, soalnya harganya mahal sekarang…. lumayanlah kalau bisa berhemat πŸ™‚

    • Aku nga jago mbak Zy, masih banyak belajar ko πŸ˜€ . Wah asyik bisa buat nyambel ya mbak. Disini cabe juga mahal rp.130rb. Tahun depan aku mau nanam cabe lebih banyak, masah panen cuma bisa 1 setahun nih πŸ™ .

  17. Pengen banget deh punya pohon kayak begitu tapi nanti ajalah kalo udah punya rumah sendiri aja πŸ˜† Sekarang masih jadi kontraktor hehee…
    Ngomongin pohon, orderan pohon kelor aku baru aja nyampe nih Mba, di kota udah susah nyari pohon kelor akhirnya berburu ke daerah lain deh πŸ™‚

  18. kalau denger Wisteria ini jadi inget sama Desperate Housewives yang tinggalnya di Wisteria Lane.. hihihih
    eia kalau nunggu 15 tahun gitu berarti yang nanem ini cuma orang2 sabar ya Kak Nel. kalau orang kayak aku mungkin tahun kedua udah diacak2 soalnya gemes lama banget x)) abaikan komen ini hihihi

    nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

      • iya Kak ngikutin banget, kayak sinetron soalnya rada2 geje jadi nontonnya santai hihihihi..

        eh iya kalau yang udah jadi pohon kayak foto pertama itu berapa ka kira2 harganya? pasti mahal banget yaa?
        kayaknya bagus gitu kalau rumah dikasih wisteria, mengingatkan sama telenovela2 yang aku tonton waktu masih kecil. dengan catatan punya halaman yang mumpuni.. hihihihi

        nyapurnama.com linknya dihapus karena domain tidak aktif lagi. 22.02.2016

  19. apresiasi dengan kegigihan Jeng Nella, tak hanya tanaman semusim bahkan tanaman tahunan pun dikoleksi. Siap menunggu sajian Wisteris sinensis biru berbunga … Salam

  20. huaaaa 15 tahun baru berbunga… mesti sabar menanti ya mba hihihihi
    aku sempet waktu itu nemu ada yg jual online biji nya di indo.. tp ga beli, pikir mau cari pohonnya aja langsung yang aga gede, ga sabaran nunggu bunga nya hihihihi cakeeeeep

    *tapi sulit kayanya nyari di sini πŸ˜€
    cakeeeeepnya wisteria

  21. Hadueh, bagusnya…….
    Tapi kok lama bener baru berbunga? 15 tahun?
    Waduh……. berartii nanem sekarang, umur 40 baru bisa menikmati bunganya? Di Indonesia saya nggak pernah liat sih mba…….. Kalau ada saya setek deh

      • Di internet ada yang jual pohonnya, tapi harganya nggak nahan……… 2 juta lebih!!! Ini yang beli kalo saya minta buat setek bisa dipelototin abis Mba….
        Aku mao nyoba dari biji ah, biar deh 15 tahun, nt kalo udah tua baru bisa ngeliat kembangnya πŸ™‚

          • Mba Nella, aku udah nemu penjual pohon Wisteria di Bandung. Harga pohon tinggi 2 meter Rp. 400.000,- + onkir Rp. 200.000 .Bisa dikirim pake TIKI. Andai benihnya gagal bisa-bisa saya beli nih…..(semoga benihnya numbuh semua, katanya tanaman ini sangat cepet numbuh). Ini alamat web-nya. Aku lagi ngincer Jade vine & Flame of Irian. Kalau beli 3 pohon euy, mahal Mba, tapi ngiler πŸ˜›
            http://tanamanmahal.com/komunitas/index.php?PHPSESSID=ed247dac2ca3d40f4e5c44b6c2170ed1&topic=169.0

          • Di web memang nggak ditulis, saya langsung nanya di telpon. Untuk saat ini hanya ada yang warna ungu, yang putih belum tau. Mereka nunggu tanamannya berbunga dulu baru bisa mastiin warna kembangnya. Mereka nggak mau pembeli kecewa, abis kan mahal mba….
            Andai nanem dari benih gagal, kayaknya saya mau beli aja deh, nggak apa mahal, yang penting hati senang πŸ™‚
            Hehe, Mba Nella boleh coba nelpon kok, palingan pulsanya jebol bulan ini πŸ™‚

          • Oh Iya, ternyata di Indonesia ada bunga Fuchsia. Nama lokalnya kembang Anting-anting. Kabar jeleknya, susah dicari. Disini dikembangin sbg tanaman obat. Smoga nanti suatu saat bisa nemu. Ah, ngga nahan liat warnanya!!!

  22. akhirnya,
    setelah maju mundur eh kebeli juga tu tanaman.
    hehehe…
    low bleh tau mang brp mba’ harga pohon wisterianya?
    moga cepat berbunga ya mba’ pohon wisterianya. πŸ™‚

Comments are closed.