Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati

loading...

Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati. Dibanding musim panas, saya lebih suka musim dingin. Ketika musim dingin bisa gunakan baju tebal dengan segala perlengkapannya supaya tetap hangat, sedangkan di musim panas duuuhh biar telanjang tidak pakai baju tetap panas! πŸ˜₯ .

Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati. 18 Juni suhunya 35,5 derajat C. 27 Juli 2013 suhunya 36,5 derajat C. 2 Agustus 2013 Suhunya 35,2 C sudah sepanas ini mulai jam 11 pagi hingga jam 8 malam

18 Juni suhunya 35,5 derajat C. 27 Juli 2013 suhunya 36,5 derajat C. 2 Agustus 2013 Suhunya 35,2 C sudah sepanas ini mulai jam 11 pagi hingga jam 8 malam

1. Rumah

Dibuat gelap supaya panas tidak masuk. Rolladen (Blind jendela) semuanya diturunkan. Pintu dan jendela jangan dibuka, karena hawa panas membuat ruangan tambah panas.

Mencegah Panas masuk Rumah Rolladen (Blind jendela) semuanya diturunkan. Itu Jemuran mau dikeluarin lalu pintu ditutup

Mencegah Panas masuk Rumah Rolladen (Blind jendela) semuanya diturunkan. Itu Jemuran mau dikeluarin lalu pintu ditutup

2. Makanan dan Minuman
Malas banget lama-lama dekat kompor karena bikin tambah panas. Masak yang cepat jadi saja, seperti nasi dan sup atau nasi dan telur dadar. Nasi kan tinggal masak pakai rice cooker. Sup cepat 15 menit juga jadi. Bisa juga masak mie dengan keju (kΓ€sespΓ€tzle) atau bikin spageti. Hindari daging merah karena setelah makan jadi tambah berasa panas.

Menu Masakanku ketika Musim Panas. Simpel dan dan ga lama dekat kompor soalnya panass

Menu Masakanku ketika Musim Panas. Simpel dan dan ga lama dekat kompor soalnya panass

Saya senang makan buah-buahan. Apel, nanas, papaya, pir dll, masukin kulkas dulu supaya enak disantap.

Minuman enaknya yang dingin. Jadi botol-botol air minum kita masukin kulkas dulu. Belakangan ini kalau malam pas Frank pulang kerja, dia suka minum bir dingin. Biasanya dia cuma beli 1 atau 2 botol pas pengen saja, eh minggu lalu dia beli satu krat bir.

Ketika malam sehabis pulang kerja Frank suka minum bir dingin

Ketika malam sehabis pulang kerja Frank suka minum bir dingin

3. Baju
Pakai yang paling tipis. Dirumah saya paling suka pakai daster. Untung bawa beberapa dari Indonesia. Si Frank si cuma pakai kolor item. Biar cuma pakai kolor tetap aja dia ngeluh terus bilang panas, sambil ngipas-ngipas pakai kipas punya saya :mrgreen: .

Musim Panas dirumah enak pakai daster begini, ademm

Musim Panas dirumah enak pakai daster begini, ademm

4. Tanaman
Sengsara koleksi tanaman dan bunga-bungaku. Kasihan kepanasan, banyak yang mati hiks πŸ˜₯ .

Beberapa Tanamanku yang mati karena cuaca Panas

Beberapa Tanamanku yang mati karena cuaca Panas

Karena banyak yang keadaannya menggenaskan, tidak mampu melawan panas yang sampai 38 derajat C, jadi saya coba putar otak untuk membuat pelindung tanaman terhadap teriknya matahari. Saya coba melindungi tanaman tersebut ketika mataharinya pas bersinar ketanamannya.

Contoh di balkon belakang lebih dulu panasnya. Mulai jam 10 pagi tanaman sudah harus diberi pelindung. Tanaman tomat saya tutupi koran. Bikin sendiri, koran-korannya disambung-sambung lalu tutupi mengelilingi tanamannya. Ditutupi seperti difoto mulai jam 10 hingga jam 3 sore.

Tanaman tomat-tomatku kututupi koran selama panas terik, mulai jam 10 hingga jam 3 sore

Tanaman tomat-tomatku kututupi koran selama panas terik, mulai jam 10 hingga jam 3 sore

Saya mau tutupi Dahlia Park Princess. Aslinya warna bunganya pink muda, karena terkena dasyatnya terik matahari jadi pucat sekali dan jelek warnanya, padahal daunnya baik-baik saja tidak layu. Sambungan koran-koran terlalu panjang saya buat, jadi sekalian bisa menutupi Pompom merah. Sebenarnya kalau tidak ditutupi dahlia pom pom ini tahan panas ko.

Bunga dahlia yang pink kalau kena panas jadi pucat sekali warnanya, jadi saya tutupi selama panas terik beberapa jam

Bunga dahlia yang pink kalau kena panas jadi pucat sekali warnanya, jadi saya tutupi selama panas terik beberapa jam

2 pot lain, begini cara saya melindungi tanaman dari sinar matahari.:

Balkon depan ini, kalau pagi sejuk sekali, suka banget kalau duduk-duduk di balkon ini. Matahari bersinar dengan dahsyatnya ke balkon ini mulai jam 2 siang hingga jam 6 sore, lebih panas dari balkon belakang. Frank bilang pindahkan saja pot-potnya, lah kalau tanaman menjalar seperti ketimun bagaiman pindahinnya?, kalau potnya berat bagaimana pindahinnya?, malah bikin repot tiap hari, jadi saya tutupi saja seperti foto dibawah ini.

Balkon Depan, panas sekali mulai jam 2 siang hingga jam 6 sore, jadi saya beri pelindung seperti di foto

Balkon Depan, panas sekali mulai jam 2 siang hingga jam 6 sore, jadi saya beri pelindung seperti di foto

Panas begini jemuran setengah jam taruh luar langsung kering! πŸ˜€ . Nyetrika juga ampunn deh sampai cucian numpuk di bangku, soalnya hawanya panas loh kalau nyetrika. Baju-baju pergi saja yang saya setrika, kalau baju rumah dan pakaian dalam tidak saya setrika, hemat listrik! πŸ˜€ hehe.

Setrikaanku numpuk nih, ada yang mau bantuin? :D

Setrikaanku numpuk nih, ada yang mau bantuin? πŸ˜€

Jika tidak ada urusan mendesak, saya lebih memilih tinggal dirumah, tidak tahan jalan-jalan pas panas begini. Paling kalau mau jalan sore mulai jam 6 sore. Kalaupun terpaksa keluar ya pakai pelindung kepala seperti topi, kalau pakai payung maluu euy 😳 diketawain orang-orang, kalau di Indonesia sih saya cuek bebek berpayung πŸ˜† .

Baru-baru ini baca koran, banyak hewan peliharaan seperti anjing dan kucing yang mati. Orang disini senang bawa hewan peliharaan kemana-mana, sayangnya tidak semua gedung (lokasi) memperbolehkan hewan peliharaan dibawah masuk. Jadi oleh pemiliknya ditaruh mobil. Biar kaca jendela dibuka, tapi didalam mobil panas bangett loh. Bayangin aja kalau suhu 38 derajat hewan peliharaan pas didalam mobil, kasihan mati deh.

Kemarin dengar berita di radio, ada ibu yang tinggalin anaknya setengah didalam mobil. Heran ko bisa tega ya, pas cuaca panas si anak ditaruh di mobil. Biar kaca mobil di buka, atau dipasang ac. Setengah jam kemudian si ibu balik ke mobil, anaknya tidak bereaksi, tragis!.

Teman bagi tips dong, bagaimana cara kamu menghadapi musim (cuaca) panas? πŸ˜‰ .

Buat yang mudik selamat mudik, hati-hati di jalan. Saya nonton Tv Indonesia ko banyak terjadi kecelakaan, kalau ngantuk istirahat dulu, jangan dipaksa nyetir. Buat yang tidak pulang kampung Happy Holiday! πŸ™‚ .

Tulisan yang mungkin kalian tertarik membacanya:

β€’ Orang Jerman itu
β€’ Aturan Internetan di Jerman
β€’ Musim Dingin di Jerman
β€’ Kuliner Indonesia yang Nganggenin
β€’ Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati
β€’ Istilah Masakan Jerman – Indonesia
β€’ Kamar Mandi di Jerman

Advertisements

103 thoughts on “Musim Panas Suka atau Tidak Terpaksa Dinikmati

  1. mba nella, aku dan teman-teman rencana ke berlin tgl 3 sept – 7 sept utk ikut students conference. itu kira” masih musim panas atau udh autumn ya? kalo masih summer brarti masih panas ya mb? bingung sama pakaian yg di bawa soalnya hehe

    (link jayanthiwulan.tumblr.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 12.06.2016 )

    • Hai Ayu, kalau perhitungan meteorologi 1 sept sudah masuk musim gugur, sedangkan secara kalender baru tgl 21 September. Saya rasa sudah tidak akan lebih dari 33 derajat C deh. Kalau mau tahu pastinya bisa tanya saya lagi tgl 1 Sept, nanti saya cek cuaca sampai 3-7 hari kedepannya πŸ˜‰ .

  2. Ishh tega banget sih ibu nya ngunci anak dimobil ya kepanasan lahh… πŸ™

    Kasian deh bunga2nya banyak mati πŸ™ di Jkt 31drhat aja dah panas bgt apalagi 38 yah.. hiksss..

  3. Panas sekali mbak, nggak kebayang deh. Di sini paling panas summer ya 24 C, itu juga jarang banget dan orang2x udah excited kalo suhunya 17 C berasa panasnya soalnya. Kalo winter baru sebaliknya bisa -22 C, so anything above 0 C is considered as warm here πŸ™‚

  4. Ak juga suka musim dingin..meski agak ribet tp enaaal adem.

    url luludandunia.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  5. aduh kasian anak yang meninggal di mobil itu. di medan aja rasa2nya cuaca paling panas 35-37 derajat celcius, itu udah panas banget dan banyak yang ngeluh. kasian sama tukang-tukang yang kerja di lapangan atau bangunan tinggi. kalo pingsan trus jatuh kan serem juga tuh.

  6. Aaaaaakkk nanasnya Mba 😐 kalo aku mungkin udah gegoleran telanjang ga karuan-ngadem depan kipas angin-makan semangka seruput es serut πŸ˜† aku paling ga suka cuaca panas ekstrim…cukuplah matahari bersinar dan ada semilir anginnya.Makanya aku kurang suka ke pantai,mending ke gunung *padahal ga tahan dingin juga hehee πŸ˜†

      • Es serut ya nyerut sendiri aja Mba…dituangin sirup, jadi deh hehehe. Aku ga suka pantai ya selain panas, bikin item (kulitku payahan…mutihinnya berbulan2 tapi 5 menit di pantai langsung gosong -_-) dan aku juga ga bisa berenang πŸ˜† *ketauan deh hehee

        • Haha kita ko sama ya Nis πŸ˜€ .Aku sih mutihin pas winter, skrg kulitku sdh gelap nih krn panas, Frank malah senang duuhh payah 😳 . Aku bisa berenang tp takut klo ga bisa injak dasarnya πŸ˜₯ .

          • Sebenernya gpp juga sih Mba kalo kulitnya gelap…asalkan terawat, istilahnya eksotis2 gimana gitu hehee. Tapi aku ya apa adanya…ga maksa juga jadi putih, wong udah coklat dari lahir. Aku ya lumayan…berangkat pagi, pulang gelap…kena matahari pas weekend aja itupun matahari pagi. Ga asiknya kalo lagi jalan sama anak-anak suka diliatin aneh gitu *soalnya anak-anak putih semua Mba πŸ˜† Mari Mba bersyukur punya suami yang suka istrinya berkulit gelap πŸ˜‰

  7. 38 derajat? wew! Q ngerasain bnr2 panas wkt di Bangkok, pdhl nggak ada musim panas tp suhu sampek 30 derajat, nggak betah sampek pengen nangis saking panasnya nusuk ke kulit, gimana yg 38 derajat yak….

    btw, suka berkebun ya mb? keren…pengen bikin kebun kecil2an kayak gt, sementara ini baru tanam beberapa bunga mawar,semoga bisa awet dan cantik…kapan2 kasih tips berkebun donk mb…

    **Ingin lebih SEHAT bonus Berat Badan Ideal? Yuk mampir ke blog Q yang ini juga yah http://nutrisicantik.blogspot.com/2013/08/menjaga-pola-makan-sehat-di-hari.html

  8. Whoaaa 38 gak kebayang panasnya kaya apa, Jakarta aja panasnya amit2 gini udah ngeluh2 mulu hahaha. Jalan2 ke mall aja Kak Nel, ato ke tempat2 yg ada ACnya sekalian ngadem kalo siang2 :p

    • Hai Re disini mall nya ga seperti di Jakarta, paling 2-3 lantai πŸ˜€ . Iya pernah tuh Frank tumbenn banget ngajak belanja sore hari ke supermarket yg besar biar ada ac, biasanya kita ke supermarket malam jam 10 πŸ˜† .

  9. waduhh.. di Jerman sampai 38C ya mbak? kalau di tempatku di Rennes, summer begini suhunya ngga terlalu ekstrim, masih sekitar 24C-28C, kemarin hari minggu sempat 13C malah huhu.. dinginnyaa.. tapi kurang tahu utk wilayah Prancis lainnya.. setahu saya, daerah Bretagne (tempat saya tinggal di Prancis) terkenal tidak terlalu panas saat summer. πŸ™‚

  10. Waduh sampai 38 derajat? Gak kebayang panasnya deh Mbak. Di sini 29 derajat aja aku udah kerasa gerah. Btw, itu kaktusnya berkembang bagus dong ya Mbak kalau panas begitu?

    • Kemarin ada 2 kaktus yang saya masukkan rumah, karena saya perhatikan ko jadi menghitam, mungkin kepanasan. Golden barrel cactus dan satu jenis lagi ga tau namanya tetap di luar rumah, warnanya sejauh ini masih hijau.

  11. Wow 38 ?? Gak kebayang panasnya….klo aku sama mba gak suka panas. Better tunggu mlm dulu deh baru kluar rumah or stay all day long dirumah ( vampiiirrrr kalii niss ) jgn lupa sunblock ya mba nel…. πŸ˜‰

    Blog/url nisadanchicco.blogspot.com dihapus karena blog tidak aktif lagi. Update 13.01.2016.

    • Gue gak punya ac Man, orang-orang sini juga ga pada punya ac mahal listiriknya. Paling ke pusat belanja yang ber ac atau atau supermarket besar, lumayan ngadem πŸ˜€ .

  12. goten morgen

    woke woke..
    nel bagi alamat email mu dung ni mau curhat pribadi hehe.

    kalau bls ke email aku ya..
    tahu kan
    danke ney..

  13. Jerman sekarang musim panas ? pdhl temenku lagi ke jerman berlibur , dia cerita klu puasanya lama banget gk spt diindonesia…..
    Banyak minum air putih Mbak biar gk dehidrasi….kalau aku seneng panas ,krn alergi dingin …hehehe

    • Benar mbak Ariani di eropa puasa lebih panjang, klo di Jerman sini klo tidak salah sampai jam 9 atau 10 malam. Dulu sekali aku juga alergi dingin, langsung timbul bentol-bentol “giduan” klo tidak salah namanya. Terima kasih tipsnya mbak akan saya coba minum air lebih banyak πŸ˜‰ .

  14. Iya sini juga panas mba ampe mawar keriting dan dahliah dr mba juga matehok daunnya,, tp kkny sybpotong semua daunya skrg muncul daun baru d mba….. takut bgt mti semua…. kdg sini gila2an cuacanya kdg pns bgt trus trun ujan tiba2 jd pusing tanaman nya d heeeee

    • Hai Cudy, Mawarmu siram pagi-pagi dan sore, taburin mecin seminggu sekali ke tanahnya trus siram. Aku juga potongin daun-daun dahlia yg kering, ntar juga numbuh lagi ko yg batu πŸ˜‰ .

  15. Luar biasa panas ya Jeng sampai tanamanpun di payungi koran.
    Kiat saat panas dengan memperbanyak minum air putih Jeng tuk hindari dehidrasi. Salam

  16. ya ampun mbak panas banget itu, kalo aku biasanya pas lagi cuaca panas mbak males keluar kemana-mana, bawaannya pusing pasti tapi paling enak minum es teler ato es degan gt mbak wkwkwkw – oh iya kalo di jerman musim panas,kebalikan ama di malang nih mbak, lagi super super adem πŸ™ tidur berasa di balok es

  17. Ya ampun, Mbak… Panas bangettt….
    Aku di Indonesia aja suka nggak betah kalo pas lagi gerah…. Ternyata di sana jauh lebih parah ya, sampai ada hewan peliharaan yang mati πŸ™

  18. wah bisa ngak sih kalau dijerman kaya indo.
    jd kita tau alamat rumah dr no telp nya.
    bisa ngak ya..

    • Di Jerman ada bbrp jasa telekomunikasi klo di Indo cuma Telkom ya? Maksudku utk telp lokal. Trus ga semua orang mau daftarin telp & alamat mereka ke yellow pages. Jadi ya ga bisa tau alamat seseorang dg mudah.

  19. goten morgen nay..

    oh, iya aku ingat teman indonesia kamu yg namanya kadekya kalau tidak salah, salam ya buat dia…
    aq termaksud pembaca setia kamu.
    emang bnr jerman panas apa lg minggu kemarin sampai 40 kata teman aku.
    wah kamu pernah tidak ikut acr2 dikedubes indo di jerman..?
    Doa aku semoga aku langgeng ma teman aku amin..
    ney aku boleh tanya tanya tidak..?

    -Danke nay –

  20. Wah panasnya sama seperti di sini, saya juga kalau beraktivitas di luar ruangan langsung pusing.. Tapi di sini pas memasuki Agustus udah adem. Di sana bagaimana?

  21. Panasnya 35-38 derajat? Maaak, panas bener yak…
    Tiap hari dapet 30-32 aja di Indo udah ngeluh dan males ngepa-ngapain apalagi kalo segitu…
    Yang penduduk aslinya gimana, Mbak? Pada hepi gak sama cuacanya? Apa kepanasan juga?

    Aku kalo panasnya ampun-ampunan, paling sering-sering minum air putih dingin, nyegerin tenggorokan. Jadi lebih sering mandi juga, hehe, abisnya males banget kalo keringetan. Terus sering banget pake lipbalm, abisnya bibirku sensitif cuaca panas, suka kebakar terus mengelupas.

    Oiya Mbak, aku kan ada temen juga di Jerman, katanya pernah hari kapan gitu sampe lewat 40 derajat *gak tau deh dia lebay apa emang kenyataannya begitu* Serem banget ngebayanginnya…

  22. hahaha iya betul betul..
    temanku jg bilang kalau tp mereka suka panas. kadang dia kalau libur suka ditaman menikmati bir dingin dan makan daging.
    duh namanya lupa…
    wah, kamu dah punya banyak teman blum disana..?
    salam buat frank sapa tau dikenalin ma teman2nya hehehe.

    SchΓΆnen Sonntag

    • Pas summer sering banget barbeque an disini. Ada 2 teman Indonesia kadang2 ketemu klo kangen ngobrol bhs Indonesia πŸ˜€ . Frank ga ada temannya, sblm nikah dia 5 thn di Swiss πŸ˜† jadi teman2 Indonesiaku ya teman dia.

  23. panas banget ya Nel…..
    kl kepanasan aku biasanya mandi sampai berkali2
    aduuh tragis ya.. kasihan anak yg ditinggal di mobil itu

  24. Puanaaasss bangettt yak Mba di sana :(….apalagi saat ini sedang Ramadhan, kebayang kalau Muslim puasa di Jerman saat summer begitu πŸ™ ….

    url diahmitasari.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

  25. wah kalau aku jarang merasa panas karena tiap hari ngadem di kantor.
    kalau pulang kerumah hidupin AC.
    tp benar nel, pakai daster emang top markotop, rambut di gelung ke atas sexy sekali..
    dan satu lagi diem jangan banyak beraktifitas..

    • Hai Ria, paling enak deh klo dirumah ada ac, disini listrik mahal jadi paling kantor2 yg ber ac. Rambutku masih pendek, dikuncir blm bisa, kena leher panas, ribet ya πŸ˜† .

  26. Kalo Saya tahun kemaren di Berlin dari Mei – Agustus yang panas nya minta ampun:

    **Sy cover jendela kamar pake Alumunium Foil, buat mantulin panas dan cahaya nya, tapi jangan sampai terbalik, ntar Kita yang jadi baked potatoes.
    **Beli Semangka & minum madu sering2
    **Maen2 ke Supermarket besar macem Ulrich dan Bank macem Deutsche Bank kalo siang2, krn ada AC di dalam nya.
    **Prefer naik U Bahn di banding S Bahn, krn U Bahn bawah tanah, jd gak gitu panas di banding S Bahn, apalagi kalo udah ke isi Onta yang bau nya bukan maen kalo lagi Summer
    **Bathtub dan Wastafel Sy sumbat, trs isi air buat nangkep dan nurunin panas ruangan.
    **Buka pintu Wohnung, krn lorong Flat lebih adem di banding dalam Wohnung sendiri
    **Beli penggorengan elektrik macem magic jar, yang tinggal colok listrik, jadi gak perlu nyalain kompor
    **Kipas angin sepanjang hari taroh di depan pintu flat
    **Kalo bs delivery ya delivery deh
    **Gosok baju di Kamar mandi
    **Saya taroh berpiring2 air dalam wadah yang ceper/datar di sekitar tanaman, biar pas air nguap tanaman terhidrasi. Atau mainan air jam 10 pagi semprot ke daerah sekitar tanaman, biar gak gitu panas.

      • Hooh Mbak Nay,

        Paling gampang nya beli Kipas Angin, terus di tembak ke air di Baskom, biar uap air nya nyebar ke seluruh ruangan.

        Atau ya Kipas Angin biasa Aku taroh di Bathroom, nembak ke water filled Bathtub, kalo lewat in Bathroom berasa dingin & segar.. Pintu Bathroom nya di buka lebar2 deh.

        Sebener nya cara kayak gitu buat dinginin rumah Walet, tapi ternyata efektif juga buat di Berlin, yang summer nya gila2 an. Untung nanti Aku balik pas Sept, udah masuk Herbst lagi deh πŸ™‚

        Schoenes Wochenende Nay !

        (azulyc.com linknya dihapus karena tidak aktif lagi. 04.10.2015)

  27. wah disana panas banget ya? disini kemaren cuma sampe 34 derajat..dan kemaren2 paling atanra 29-31 derajat gitu. tapi kok gw seneng2 aja ya hahaha πŸ˜€ Emang sih kalo keluar dan ke taman pas break, duh gobyosss!! keringetan bok.

    kalo pas lg ngantor sih enak soalnya ada AC jadi semilir-semilir gitu (AC di perkantoran disini jarang yg sedahsyat AC perkantoran indonesia yg bikin masuk angin) Tp kalo pas di rumah, wah aku paling cuma di kamar sambil baca buku dan kalo udah sorean dikit baru deh berani ke luar..tanaman aku cuma ada 1 yg mati (bunga felicia) selebihnya masih pada sehat2 aja untungnya πŸ™‚ memang nel kalo summer males masak ya? kita juga disini malas deket kompor, paling bikin pasta salad, salad aja, atau gak kaltessen..gak laper juga ya. enak kalo panas gini malem2 abis kerja kita nongkrong di balkon sambil baca buku dan makan semangka hihihi :p

    • Iya AC di Indonesia top deh dinginnya. Supermarket dan toko-toko di Jerman jarang pakai ac, paling ada kipas besar, panass banget πŸ˜€ .
      Malam aku baru nongkrong di balkon πŸ˜‰ .

Comments are closed.