Metode Sungkup Pada Anggrek Cattleya dan Seedling Bikin Anggrek Berbunga dan Subur

Metode Sungkup Pada Anggrek Cattleya dan Seedling Bikin Anggrek Berbunga dan Subur.  Hai sobat berkebun khususnya yang merawat anggrek, apakah kalian sudah pernah mendengar mengenai tehnik sungkup anggrek?. Pada kesempatan ini saya ingin membahas mengenai tujuan sungkup anggrek Cattleya dan metode sungkup pada seedling anggrek.

Metode Sungkup Pada Anggrek

1. Metode sungkup anggrek merawat seedling

Akhirnya ketemu cara efektif merawat anggrek seedling yakni dengan disungkup!. Kalau dulu saya rasanya putus asa merawat seedling, mati melulu baby anggrek ku. Terlalu basah salah, terlalu kering salah, di taruh di pot salah digantung atau ditempel malah kering banget!.

Pada akhir Januari 2020 saya coba eksperimen. Cara sungkup anggrek nya 2 pot seedling Cattleya saya tutupi pot transparan besar, bagian atas penutup ini ada lubang. Saat ini awal Mei, ternyata dengan metode sungkup seedling anggrek saya sudah numbuh daun baru.

Tonton Video Punya Cattelya Mogok berbunga?. Berikut 5 Tips Agar Anggrek Cattleya mau Berbunga kembali

metode sungkup pada anggrek seedling

Mulai sungkup anggrek seedling Januari 2020 anggreknya jadi subur dan saya tidak perlu siram tiap hari

 

Tahun lalu 10 seedling Cattleya mati haha dan 2 seedling dendro mati, eh satu vanda seedling mati juga, seandainya saya tahu sebelumnya metode sungkup anggrek ini, ah sudahlah telat ya.

Saya senang sudah tahu triknya merawat baby anggrek, jadi berani beli seedling Cattleya yang unik lagi. Cattleya unik kalau dewasa mahal, pilihan saya beli bentuk seedling, Cuma harus panjang sabar merawatnya. Cattleya dari bentuk seedling akan berbunga pertama kali setelah 4-7 tahun.

Tulisan Terkini

Tujuan sungkup pada anggrek:

  • Mengurangi penguapan.
  • Meningkatkan kelembapan media.
  • Mencegah serangan hama penganggu.

Kalau kalian membeli anggrek botolan (seedling), saya lihat dari youtube dan baca beberapa tulisan aklimatisasi dengan metode sungkup baik dilakukan untuk merawat baby orchid, alasannya karena tujuan yang saya sebutkan diatas.

Cara sungkup anggreknya, selain seperti yang saya lakukan dengan menutup anggrek dengan pot besar, bisa juga dilakukan dengan membungkus pot anggrek didalam plastik besar dan diikat bagian atas plastiknya.

Baca juga: Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Sebaiknya diperhatikan secara berkala apakah ada tumbuh jamur atau tidak didalam sungkupnya.

Video Metode Sungkup Supaya Cattleya Berbunga. Pada Anggrek Seedling Supaya Cepat Besar

 

2. Sungkup anggrek Cattleya untuk menghasilkan bunga.

Anggrek cattleya termasuk jenis anggrek yang sangat susah dibungakan. Saya teratur menyiram dan memberi pupuk pada anggrek cattleya, pakai pupuk poc air cucian beras dan pupuk dari bawang merah atau dari rebusan kulit bmbp. Katanya sih untuk membungakan anggrek cattleya perlu unsur P yang tinggi juga, saya pakai pupuk yang alami tetap bisa berbunga 🙂 .

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Beberapa hal mengenai metode sungkup pada anggrek Cattleya yang perlu diperhatikan:

  • Tunas cattleya seberapa besar bisa mulai di sungkup?. . Kalau ukurannya panjang bulb sekitar 5-10 cm, sudah mulai bisa disungkup. Paling penting disungkup sebelum terbentuknya amplop.
  • Bulb yang seperti apa bisa disungkup?. Kalau sudah lama merawat cattleya pasti bisa feeling mana bulb yang nantinya bakalan besar dan mana yang sepertinya kurus aja hehe, saya susah menjelaskannya.
  • Jangan sampai ada embun/air didalam plastik sungkupmya, karena saat anggrek terkena sinar matahari langsung, maka daun anggrek bisa gosong (sunburn) karena ada air pada daun cattleya, atau saat daunnya basah.
  • Saat menyiram, berikan air langsung ke media tanamnya. Plastik sungkup saya angkat sedikit dulu, supaya tidak kena media tanam, tidak kena air penyiraman anggreknya. Setelah anggrek selesai disiram, plastik sungkup saya tarik lagi hingga tertutup seluruh bulb sampai ke bawahnya.
  • Jangan diikat ya plastik sungkup bagian bawahnya, supaya udara segar tetap bisa masuk. Metode sungkup pada anggrek cattleya ini untuk menjaga kelembapan bulbnya, dan berdasarkan pengalaman saya, bulb anggrek cattleya jadi gemuk, kalau gemuk bulbnya, artinya ada isinya. Plastik sungkup cattleya bisa dilepas saat amplop cattleyanya sudah terlihat isinya..

Nah untuk Cattleya yang tanpa amplop susah menebaknya kapan plastic sungkup dilepas, kalau saya ya tunggu sampai terlihat tangkai bunga Cattleya baru dilepas sungkupnya.

Demikianlah pengalaman saya mengenai Metode Sungkup Pada Anggrek Cattleya dan Seedling Bikin Anggrek Berbunga dan Subur, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini sedang merawat Cattleya atau seedling anggrek mendapat pencerahan yaa.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

Advertisements
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: