Tips Mengenai Menyiram Anggrek di 4 Musim

Tips Mengenai Menyiram Anggrek di 4 Musim. Hai sobat berkebun saya ingin berbagi pengalaman mengenai menyiram bunga anggrek di negara 4 musim. Saya tinggal di Jerman, dimana anggrek dirawat secara indoor (didalam ruangan). Saat menjelang musim panas ada jenis anggrek yang bisa di taruh diluar ruangan seperti Cattleya, Dendrobium, Vanda dan jenis anggrek tahan panas lainnya.

Tips Mengenai Menyiram Anggrek di 4 Musim

Walaupun tahan panas, bukan artinya tidak diberi naungan ya, wah kalau kena sinar matahari saat panas terik 35 an derajat C bisa gosong daun anggrek nya.

Tulisan Terkini

Menyiram anggrek berapa hari sekali?. Apakah pagi, siang atau malam hari saat yang tepat menyiram anggrek?. Karena tinggal di negara 4 musim maka tergantung musim nya kapan saya menyiram anggrek nya.

Menyiram anggrek saat musim dingin dan musim gugur

  • Saya lakukan 7 – 14 hari sekali. Tergantung ukuran pot yang digunakan. Anggrek yang ditanam di pot kecil, tidak bisa terlalu lama tidak disiram, bakalan kekeringan. Anggrek dewasa yang saya rawat di pot besar bisa tahan sampai 10-14 hari sekali baru disiram.
  • Penyiraman anggrek saya lakukan dipagi hari, supaya ada kesempatan hingga malam hari media anggreknya agak kering (tidak terlalu basah/tidak terlalu lembab), kalau terlalu basah medianya akan menimbulkan jamur.
  • Beda ruangan beda pula kelembapannya. Misal ruang tamu, kamar tidur dan kamar mandi saya taruh jenis anggrek yang sesuai dengan kebutuhan kelembapan dan hangatnya. Di kamar tidur tidak saya pasang pemanas, itu makanya anggrek bulan besar bisa tahan sampai 2 minggu baru disiram, karena dingin, media anggreknya agak lama keringnya. Di ruang tamu, hangat sekali, pemanas dipasang 24 jam. Disini saya taruh anggrek yang butuh tempat hangat seperti anggrek cattleya dan dendrobium. Di kamar mandi, tempatnya sangat lembab, tempat ini cocok untuk menaruh anggrek Paphiopedilum (anggrek sepatu wanita/ lady slipper orchids). Walau kamar mandi lembab, namun anggrek disini tidak bisa tidak disiram terlalu lama, paling seminggu sekali harus saya siram, atau kalau telat 1-2 hari masih oke. Jenis anggrek Paphiopedilum tidak punya bulb makanya tidak boleh telat menyiramnya, anggrek tersebut tidak punya cadangan air, kalau anggrek bulan, dendrobium dan cattleya malah sukanya disiram jika sudah agak kering.
  • Bagi kamu yang punya anggrek yang akan berbunga setelah dibikin stres air, perlu perhatian juga ya, jadi saat musim dingin, penyiramannya sangat dikurangi. Misal anggrek Dendrobium Berry oda (saya punya), Catasetum (saya punya), Dendrobium Nobile, dendrobium kingianum. Selain stres air (dijarangkan penyiraman) jenis anggrek dendrobium Berry oda, Dendrobium Nobile, dendrobium kingianum, dan jenis dendrobium lainnya ada juga perlu suhu dingin juga untuk merangsang keluarnya bakal bunga. Catasetum sama sekali tidak siram saat musim dingin. Penyiraman Catasetum dimulai kembali dimusim semi, saat sudah numbuh tunas baru. Hati-hati kalau disiram melulu malah busuk, karena anggrek nya sedang dorman (istirahat/berhenti tumbuh) biasanya anggreknya rontok daunnya.

 

Baca juga: Daun Anggrek Menguning Inilah 4 Penyebabnya

Menyiram anggrek di musim panas dan musim semi

  • Saat musim semi cuaca mulai hangat, mulai Maret saya menyiram anggrek masih pagi hari, namun bulan April biasanya terang sudah mulai lama jadi penyiraman anggrek saya lakukan di sore hari.
  • Pada musim panas penyiraman anggrek saya lakukan seminggu dua kali, apalagi kalau anggrek seedling bisa sampai seminggu 3 kali menyiramnya.
  • Penyiraman anggrek bisa dilakukan pada sore hari mulai jam 5 atau jam 6 disaat ini stomata daun tanaman mulai terbuka. Jadi penyerapan airnya lebih baik, penyerapan pupuk juga jadi lebih baik.
  • Di tempat saya, kalau sudah masuk musim panas, terangnya lebih lama. Sampai jam 10 malam masih agak terang. Jadi saya siram anggreknya jam 8 malam, terutama untuk anggrek yang saya taruh diluar ruangan, siramnya kalau matahari sudah tidak mengenai anggreknya. Kerap kali ada yang komen di saluran youtube saya, bilang kalau daun anggreknya menghitam, nah sayapun pernha mengalaminya. Saat saya menyiram anggrek terkena daunnya, sampai keesokan harinya masih agak basah daun anggreknya, lalu kena sinar matahari, itulah yang menbuat daun anggrek gosong. Ada pehobi anggrek yang mengatakan anggrek mereka diperlakukan fsfr (full sun full rain) tahan kena panas kena hujan, sebaiknya kita perhatikan tiap anggrek ynag kita miliki, bisa saja anggrek si A bisa fsfr, namun punya kita tidak bisa, ya jangan dipaksakan.
  • Pemupukan anggrek saya lakukan saat menyiram anggreknya, Sampai sekarang masih menggunakan pupuk alami dari air cucian beras dan air rebusan kulit bawang merah dan bawang putih, atau bikin pupuk anggrek dari bawang merah.

Video Tips Penyiraman Anggrek di Negara 4 Musim

 

 

Cara menyiram bunga anggrek yang saya lakukan adalah dengan merendam pot anggreknya selama 10-15 menitan, musim panas bisa sampai 20 menitan direndamnya, lalu saya tiriskan airnya.

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Demikianlah pengalaman saya mengenai Tips Mengenai Menyiram Anggrek di 4 Musim, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini juga mendapat pencerahan yaa untuk menyiram anggrek kesayangan kamu.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

 

Baca juga: Suka Bunga Anggrek? Ayo Mengunjungi Taman Anggrek Ragunan

Advertisements

2 Comments

  1. febridwicahya May 10, 2020
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: