Musim Semi Bunga Tulip Mekar di Kebun Balkoni

Musim Semi Bunga Tulip Mekar di Kebun Balkoni. Hai sobat berkebun saya mau cerita-cerita mengenai bunga musim semi yang sukses dan gagal berbunga. Saya tanam bibit umbi aneka bunga musim semi tahun lalu saat musim gugur (mulai akhir September sampai Desember 2019).

Musim Semi Bunga Tulip Mekar di Kebun Balkoni

Bibit bunga musim semi bisa ditanam sampai menjelang winter, asal tanahnya belum keras, kalau suhu dibawah nol derajat C tanah sudah keras tidak bisa ditanam bibitnya, kalau mau sih pakai media tanam kemasan, nanam didalam rumah dulu lalu taruh pot nya diluar rumah.

Tulisan Terkini

Saya pernah 2 kali bikin live streaming tour kebun di balkon, hasil videonya tidak memuaskan, pecah gambarnya (padahal kalau didalam ruangan oke aja), jadi saya bikin ulang video di hari lain atas permintaan seorang penton juga supaya bikin video bunga musim semi kebun balkoni lagi bukan live.

Berkebun di 4 musim punya tantangan sendiri, apalagi berkebun di balkon, wah hati bahagia nanam bibit tulip, eh ternyata tidak berbunga, kesal saya haha .. kalau nanam dilahan langsung mungkin lebih berhasil ketimbang nanam tulip di pot seperti saya.

Tahun 2020 ini bunga tulip hanya 2 pot berhasil mekar, kecewa saya. Susah ribet nanam di pot ya eh tidak berbunga, kubongkar dan banyak kubuang tuh tulip nya haha. Akhir tahun ini kalau lihat gambar bibit tulip cantik di garden center semangat 45 lagi pengen nanam haha begitu tiap tahun.

Kalau tulip yang mahal, ada yang saya tanam ulang, sayang daripada dibuang, cuma ya harus sabar sampai umbi tulip besar lagi baru akan berbunga.

Video Cara Berkebun untuk Pemula Ini Tips Mulai Nanam apa saja

Berdasarkan pengalaman saya bunga Grape Hyacinth/muscari malah lebih mudah berbunga ketimbang tulip. Muscari dan tulip kalau selesai berbunga sudah agak kering daunnya, saya cabut lalu saya timbun ditanah yang dalam bangett, lalu pada musim gugur saya bongkar dan tanam ulang lagi.

Kalau umbi tulip mengecil tidak bisa berbunga tahun berikutnya, perlu dirawat dulu sampai besar lagi umbinya.. kalau tulip murah meriah, lebih baik saya buang daripada saya rawat ngabisin media tanam (kemasan beli kan) lebih baik beli bibit umbi tulip baru buat ditanam lagi.

Kalau di Indonesia bibit umbi tulip mahal ya, sayang kalau dibuang, lebih baik kalian rawat umbinya, kalau besar kembali umbinya, di cold treatment lagi (simpan dikulkas) supaya bisa berbunga setelah ditanam.

Baca juga: Menanam Tulip di Iklim Tropis Jakarta

Saya ada nanam bunga dafodil Ice King namun telat nanam, nemu bibitnya di gudang. Saya tanam awal Januari 2020, ternyata masih sempat mekar di bulan April bersama tulip. Biasanya Narsissus ini mekar duluan bersama krokus di bulan feb atau atau Maret.

Bunga Narsis atau dafodil (Narcissus) yang telat nanam

Lisa usia 3 tahun. Anakku pegang bunga dafodil (Narcissus) yang telat nanam ternyata bisa berbunga, eh ada 2 bunganya beda 🙂

 

Narsis atau dafodil (Narcissus) adalah tumbuhan dengan bunga atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia. Terdapat juga beberapa spesies narsis yang berbunga pada musim gugur.

Selain tulip, bunga Narsis atau dafodil (Narcissus) bisa ditanam di Indonesia, asal di cold treatment dulu umbinya simpan dikulkas 1-2 bulan baru ditanam.

Kalau mau nanam di negara tropis seperti Indonesia, Dafodil (Narcissus) ini tidak perlu selama tulip di cold treatment. Tulip harus 3-4 bulan disimpan dilkulkas, nah Dafodil ini hanya butuh 1-2 bulan aja lalu ditanam bisa berbunga.

Baca juga: Apakah Air AC Air Conditioner Aman Disiramkan ke Tanaman?

Beberapa tahun lalu ada teman berkebun yang kasih lihat nanam dafodil (Narcissus) ini di Indonesia berhasil berbunga 🙂 . Tulip jadi primadona sih ya dibanding bunga musim semi lainnya padahal dafodil tidak kalah cantik 🙂 .

Selain aneka tulip bermekaran di kebun balkoni, pohon buah cherry tetangga saya juga bermekaran. Indahnya melihat cheery blossom begini 🙂 .

Video Kebun di Balkon Musim Semi Bunga Tulip Mekar | Berkebun di Jerman

Ada yang bikin saya bahagia luar biasa, setelah 5 tahunan nanam umbi bibit Iris Hollandica tidak pernah berbunga, musim semi 2020 ini berbunga!.

OMG girang bukan kepalang haha.. dulu-dulu nanam tidak pernah berbunga, ada yang umbi saya rendam dulu sebelum ditanam, tahun berikutnya beli bibit lagi tidak saya rendam bibit Iris nya sama aja tidak berbunga, cuma numbuh daun atau pada busuk!.

Menanam bunga iris hollandica

Menanam bunga iris hollandica dari umbi akhirnya berhasil berbunga

 

Tahun 2020 ini yang membedakan penanam Iris sebelumnya adalah saya tanam di pot kecil dulu lalu taruh pot kecil tersebut tanam/taruh di pojokan pot sangat besar, nanam bersama tulip dan bibit bunga musim semi lainnya , nanam tidak terlalu dalam.

Mungkin Iris ini senang berdesakan kali haha supaya bisa berbunga, entahlah. Bibit Iris nya tanpa direndam air langsung saya tanam tahun sebelumnya saat musim gugur. Kalau sudah sukses berhasil nanam Iris Hollandica begini jadi percaya diri pengen beli jenis/warna lainnya lagi musim gugur tahun 2020 ini 🙂 .

I like gardening — it’s a place where I find myself when I need to lose myself. — Alice Sebold

Baca juga: Tinggal di Negara 4 Musim Ini 4 Tips Merawat Anggrek Bulan Agar Berbunga

Advertisements

4 Comments

  1. Arman May 6, 2020
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: