Advertisements

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia. Pembaca setia blogku adakah diantara kalian yang masih menyimpan uang di bawah kasur atau bantal?. Kalau saya lebih suka memisahkan uang kedalam amplop. Termasuk uang anak-anak yang didapat dari pemberian keluarga, saya simpan di amplop masing-masing dan saat hari menabung sedunia tiba kita setorlah ke bank.

Kalau dikumpulkan mungkin bisa sampai 8 amplop deh, dan saat butuh uang misal kalau mobil masuk bengkel gila banget bisa jantungan duluan saya berapa ratus euro bakal keluar atau seperti akhir tahun lalu buat mengganti kunci rumah kena 700 euro (Rp.10,5 juta). Saya teledor sangking buru-buru lupa cabut kunci rumah langsung pergi dan semua jendela terkunci. Ini pintu model lama, kunci harus dicabut dari dalam baru bisa dibuka dari luar. Panggil tukang kunci di hari Natal, dan seminggu kemudian mengganti engselnya karena setelah diperbaiki pertama tidak bisa dibuka lagi.

Nah senang dong, setelah korek sana sini berbagai amplop tidak nyangka ada sejumlah segitu, dan kadang nemu amplop yang tidak disangka-sangka sangking lupa nih amplop apaan haha. Kalau ada rejeki ya duit dari amplop yang diambil kita kembalikan lagi. Palagraf pembukaannya panjang bener yaa hehe.

1. Hari Menabung Sedunia

Hari menabung sedunia berlangsung pada minggu terakhir bulan Oktober. Biasanya pada hari kerja terakhir. Hari Menabung sedunia didirikan pada tanggal 31 Oktober 1924, pada Kongres Bank Tabungan Internasional Pertama (World Society of Savings Banks) di Milano, Italia. Profesor Italia Filippo Ravizza menyatakan “Hari Menabung Internasional” pada hari terakhir kongres tersebut.

di Jerman, peringatan Hari menabung sedunia (Der Weltspartag) dilakukan sehari lebih awal, karena tanggal 31 Oktober Hari Reformasi Gereja yang merupakan hari libur di beberapa negara bagian di Jerman.

Tanggal 1 November hari merah juga. Seninnya 30 Oktober hari kerja sih, tapi yang sabtu minggu 28-29 oktober libur kerja, lalu nyambung tanggal 30, 31 oktober dan 1 November wah liburan yang panjang nih buat orang-orang di Jerman 😀 .

TK nya Benjamin juga libur 5 hari, baru masuk lagi tanggal 2 November. Hari terakhir sebelum libur dia semangat 45 banget padahal hari itu hujan. Sampai TK semua guru dan teman-temannya disapa. Setiap hari si bocah nanyain mau pergi TK melulu. Saya sampai bosan jawabnya, ya diam aja deh haha.

Hari Menabung Sedunia didirikan untuk memberi tahu orang-orang di seluruh dunia tentang gagasan menabung uang di bank daripada menyimpannya di bawah kasur.

Pada hari menabung ini anak-anak di Jerman ditemani orangtua atau kakek nenek mereka membawa celengan mereka ke bank. Bapak petugas yang bertugas di bank terlihat ngos-ngos an sangking banyaknya nasabah yang datang untuk menabungkan isi celengan mereka.

Hanya ada 2 karyawan yang bertugas melayani nasabah. Alhasil jadi panjang antrian. Untung kita dapat antrian no. 3 (antrinya berdiri). Saya lihat ada seorang ibu dengan anak bayinya. Si ibu membawa plastik berisi uang logam. Sebelum masuk bank saya berpapasan dengan dua anak yang datang dengan ayahnya.

Anak-anak yang datang pada hari menabung ini dikasih hadiah kecil seperti buku catatan, pulpen, spidol warna, dan tahun lalu dikasih permen jely juga. Tahun ini tidak dapat permen, namun Benjamin dikasih mainan kartu domino satu kotak, lalu dua tas pungung ukuran kecil. Saya baru tahu ternyata tas kecil ini untuk menyimpan sepatu olahraga. Tas tahun lalu entah sudah kemana, karena saya lihat ko ukurannya kecil sekali, tidak tahu buat apaan.

Celengan kita bentuknya babi. Sebelum ada Lisa, isinya hanya untuk Benjamin. Mulai tahun ini dibagi dua isinya dengan Lisa. Uang yang dimasukkan ke celangan hanya yang nilainya besar yakni logam 1 dan 2 euro (Rp. 30rb), lainnya yang nilainya kecil seperi 50 cent kebawah jadi milik saya hehe.

Tahun ini isi celengannya sedikit hanya 179 euro (Rp. 2,8 juta) terkumpul, karena bapaknya anak-anak sudah tidak naik kereta ke tempat kerjanya, sudah tidak sekolah juga. Kalau dulu terkumpul banyak uang logam karena sering ke toko roti juga saat bapaknya Benjamin sekolah. Tahun-tahun sebelumnya bisa terkumpul sampai 300 an euro.

Oh iya bapak petugas bank rada kesal karena katanya untuk menukarkan isi celengan hari menabung tuh sebenarnya selama seminggu tapi kenapa semua orang datang pada hari terakhir. Suamiku bilang ke petuagasnya hasil nyari info di google dikatakan kalau hari menabung tanggal 30 oktober. Ya tahun depan kita akan datang 1-2 hari lebih awal lah supaya pak petugas banknya tidak kelelahan melayani nasabah 😉 .

Saat ini, banyak orang melupakan Hari Tabungan Sedunia karena peringatannya bertepatan dengan Halloween.

2.Menukarkan Koin Uang Logam

Dalam bahasa Jerman disebut kleingeld einzahlen.

Menukarkan Recehan Logam Euro di Hari Menabung Sedunia

Kumpulin Uang logam nukerin saat Hari Menabung Sedunia di bulan Oktober

Kemana bisa menukarkan uang koin ini? Atau bisa kah menukarkannya dengan uang kertas?. Bayar atau tidak menukarkannya?.

Ada bank yang menarik biaya penukaran ada pula yang tidak. Silakan tanyakan langsung ke bank terdekat. Tahun lalu kita kena biaya 3 euro (Rp.45rb) untuk penukaran koin. Tahun ini bebas biaya. Aneh kan, banknya sama tapi beda petugas bank beda aturannya haha.

Hari Menabung Sedunia adalah kesempatan bagi saya untuk menukarkan raturan uang logam! Haha 😆 . Uang logam euro (Münzen) mulai 2 euro, 1 euro, 50 cents, 20 cents, 10 cents, 5 cents, 2 cents dan 1 cents. Iiihh gile deh kalau belanja supermarket atau belanja belanji macem-macem pakai uang cash saya kadang kesal dapat kembalian uang logam begini. Kalau tidak dikeluarkan logamnya dari dompet membuat tas saya semakin berat.

Uang Logam di Jerman. All euro coins

Uang Logam di Jerman. All-euro-coins-Foto via dreamstime.com.

 

Uang logam yang menyusahkan ini adalah yang dibawah 50 cent. Kalau yang besar 1, 2 euro dan 50 cents  bisa digunakan ketika berbelanja, yang kecil (koin cents) juga bisa sih buat belanja tapi kan kalau dibawa semua bisa bikin jebol dompetku haha makanya kutinggal dirumahlah.

Sejak 2 tahun lalu berkurang kesalku dong karena ternyata uang logam bisa ditukarkan di bank. Pernah di bukan hari menabung saya mau minta bapaknya Benjamin nukerin, dia ogah, malu kali ya haha. Ya sudahlah saya kumpulkan selama setahun uang logamnya.

Kalau uang logam yang dimasukkan ke celengan (babi) kita yang logam besar saja yakni 1 dan 2 euro. Kalau uang cent juga dimasukkan bakalan kepenuhan hehe.

Video Kumpulin Recehan Logam Euro Nukerin Saat Hari Menabung Sedunia

 

Dari hasil baca beberapa artikel yang saya temukan di google. Bank berikut tidak menarik biaya penukaran uang koin:

  • Postbank. Bank ini bisa menerima sampai 800 keping uang logam. Harus jadi nasabah karena nanti uang yang ditukarkan akan masuk rekening tabungan. Ada mesin atm (Münzzählautomaten) nya dimana kita bisa menukarkan sendiri uang koinnya.
  • Commerzbank. Dalam setahun nasabah bisa tiga kali menukarkan uang logam di mesin atm, kalau lebih dari 3 kali biayanya  1,90€ . Mesin akan menerima sampai 1.000 keping uang logam yang ditukarkan.
  • Deutsche Bundesbank. Bank ini mempunyai 47 cabang tersebar di Jerman.

Tahun lalu saya dapat 30 euro (Rp.450rb) hasil logam yang saya kumpulkan. Duitnya saya pakai beli pohon cherry yang kecil untuk ukuran balkon dan 2 tanaman lain. Nah yang kemarin karena dikasih lumayan banyak juga logam dari bapak mertua, digabung punya saya jadinya terkumpul 39 euro 35 cents (Rp.590rb). Rencananya uangnya saya mau pakai beli anggrek hitam Coelogyne pandurate dan anggrek macan papua Grammatophyllum scriptum. Bagi yang suka berkebun mampir ya ke channel berkebunku.

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

 

Apakah kamu yang di Indonesia atau negara lain turut serta juga meramaikan hari menabung sedunia?. Masih adakah yang menabung dicelengan?. Berbagi cerita di kolom komentar ya 😉 .

 

Baca juga: Catatan Tinggal di Jerman

 

Sumber:
Bagaimana Warga Jerman Menyimpan Uang
Muenzgeld Einzahlen
Wie Kann Man Kleingeld Kostenlos Wechseln Bzw Einzahlen

Advertisements
Advertisements

51 Comments

  1. Irni Irmayani November 29, 2017
  2. mayang koto November 11, 2017
  3. Emilia November 6, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 7, 2017
  4. Monda November 4, 2017
  5. ice_tea November 4, 2017
  6. adelescarlet November 4, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 5, 2017
      • adelescarlet November 5, 2017
  7. Yos Adya November 3, 2017
  8. Agung Rangga November 3, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 5, 2017
      • Agung Rangga November 6, 2017
        • Emaknya Benjamin br. Silaen November 6, 2017
  9. denkspa November 2, 2017
  10. denkspa November 2, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 5, 2017
  11. sozan November 2, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
  12. Shiq4 November 2, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
  13. Pypy November 2, 2017
  14. Susleni November 2, 2017
  15. Arman November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
  16. Melissa Octoviani November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
  17. Fanny Fristhika Nila November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
  18. Diana November 1, 2017
  19. rynari November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 1, 2017
  20. Susleni November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 1, 2017
  21. Bibi Titi Teliti November 1, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 1, 2017
  22. just A October 31, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen November 2, 2017
      • just A November 7, 2017
        • Emaknya Benjamin br. Silaen November 7, 2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: