Lockdown Kedua di Jerman di Perpanjang Salon Buka Resto Harus Tutup Berikut Aturan lainnya

Lockdown Kedua di Jerman di Perpanjang Salon Buka Resto Harus Tutup Berikut Aturan lainnya. Kabar awalnya Jerman memberlakukan lockdown kedua sejak 2 November hingga akhir November 2020, ternyata di perpanjang sampai 20 Desember 2020. Ada yang nyeletuk “Untung Natal masih selamat deh ya” maksudnya supaya bisa kumpul-kumpul gitu loh.

Lockdown Kedua di Jerman di Perpanjang Salon Buka Resto Harus Tutup Berikut Aturan lainnya

Tetap aja tidak terlalu berpengaruh menurutku, dibolehin Natalan atau tidak, karena peraturannya maksimal hanya boleh maksimal 10 orang kumpul bersama dari 2 keluarga berbeda. Kalau mau lebih dari 10 orang boleh aja asal dari sodaraan misal kakak adik beserta pasangan dan anak-anaknya.

Lah kalau yang banyak sodaranya banyak anak piye toh? lebih dari 10 orang kan, jadi mending ga usah kumpul saat Natal!. Haha.. Kalau kasus tidak turun drastis mungkin saja lockdown diperpanjang hingga Januari 2021.

Tulisan Terkini

Lockdown Kedua Aturan yang berlaku di Jerman:

1. Pembatasan kontak sosial seminimal mungkin

Hanya boleh kumpul 10 orang dari 2 keluarga berbeda. Kalau ke luar rumah juga berlaku 10 orang tersebut atau mereka yang tinggal serumah boleh pergi bersama. Kalau melanggar ada dendanya. Denda ini sudah berjalan dan mungkin bisa membuat kota setempat kaya ga sih? Haha. Bayangin aja kalau per orang denda mulai 50 Euro (Rp.800.rb) ada 10 sampai 20 orang bikin pesta di hari yang sama, dapat berapa duit kota setempat dalam sebulan?.

Bahkan ada yang didenda 5.000 Euro (Rp.80 juta) karena bikin pesta ultah ilegal. Masyarakat harus menghindari kunjungan yang tidak perlu termasuk liburan, namun kalau ada keluarga sakit butuh bantuan tentu saja boleh dilakukan kunjungan. Kunjungan ke rumah sakit dan panti jompo juga diperketat.

2. Restoran dan bar harus tutup

Tempat katering, bar, klub, diskotik, pub, dan tempat serupa harus ditutup. Resto yang buka layanan take away buka. Kantin bisa tetap buka. Kanselir Merkel mengatakan pada 75 persen infeksi, sumbernya tidak dapat dilacak lagi, oleh karena itu tidak mungkin untuk mengatakan apakah restoran menjadi salah satu sumber naiknya angka pandemi atau tidak, nah kalau pemilik resto di tanya, mereka tuh bilang sudah mengikut aturan berlaku.

Meja bangku sudah dibuat jarak 1,5 meter seperti aturan berlaku, disediakan desinfektan di pintu masuk pula. Sedih sih dengan keadaan ini, bagaimana nasib pengusaha kecil?, bagaimana nasib para karyawan nya?. Karyawan butuh duit, lah kalau resto nya tidak menghasilkan karena tutup sebulan trus duit dari mana bayar pegawainya?.

3. Fasilitas rekreasi, klub olahraga dan budaya ditutup

Fasilitas rekreasi dan budaya harus ditutup. Museum, teater, gedung opera, bioskop, termasuk taman hiburan, rumah bordil, dan studio kebugaran TUTUP!. Tempat fasilitas olahraga umum juga di TUTUP, tetapi jogging di taman diperbolehkan. Acara eksklusif untuk tujuan hiburan dan rekreasi umumnya dilarang. Olahraga profesional, termasuk Bundesliga (sepak bola), berlangsung di bulan November tanpa penonton.

Baca juga: Beda dengan di Indonesia Bertamu di Jerman Tidak Lepas Sepatu Masuk Rumah

4. Studio kosmetik, tempat tato, tempat pijat harus tutup – Salon rambut buka.

Perusahaan jasa di bidang personal care seperti studio kosmetik, pijat, studio tato dan usaha sejenis ditutup. Perawatan yang diperlukan secara medis, seperti fisioterapi, masih memungkinkan dibuka. Salon tata rambut tetap buka di bawah persyaratan kebersihan yang harus dipatuhi.

5. Pertokoan tetap buka.

Perdagangan eceran tetap terbuka secara keseluruhan, tunduk pada persyaratan kebersihan, dan pembatasan antrian. Di luar toko sudah ditulis berapa orang boleh berada didalam. Misal di apotek hanya 3 orang, lainnya tunggu diluar, atau ada tempat servis yang tokonya luas kulihat ditulis boleh 11 orang didalam tokonya.

Nah di supermarket 27-Nov kaget saya, ko kosong tempat troley, “..hari apa besok?, apa hari libur atau hari raya?” haha rada shock! Ooh ternyata aturan Maret waktu itu berlaku lagi, 1 orang (dewasa) harus dorong 1 troley, ada papan pengumuman didepan supermarket.

Lockdown kedua di Jerman. Pengumuman depan supermarket,

Lockdown kedua di Jerman. Pengumuman depan supermarket, kalau masuk harus dorong 1 troley per orang dewasa. Kalau pura pura budek jalan aja diteriakin dan disamperin kasirnya haha

Tempat troley kan ada 2 bagian tuh, satu bagian ditutup pita garis polisi maksudnya supaya troley dari situ tidak boleh diambil satupun. Pemilik supermarket harus memperkirakan berapa luas supermarket dan berapa orang boleh bersamaan berada didalamnya, jadi jumlah troley disediakan sudah dihitung luas supermarket. Gileee ya jelimet banget nih pandemi. Nah kalau kaga kebagian troley ya harus tunggu di luar supermarket.

Baca juga: Cerita dari Jerman – Living in Germany

 

Video LOCKDOWN Kedua di JERMAN Apa Aja HARUS Tutup Begini Suasananya

 

6. Sekolah dan pusat penitipan anak masih buka.

Tidak ada batasan dalam hal pendidikan: sekolah dan taman kanak-kanak tetap buka. Mengingat jumlah infeksi yang tinggi, tindakan perlindungan lebih lanjut akan diterapkan oleh negara bagian tertentu. Kalau ada kasus ya hanya di kota tersebut yang sekolahnya bakalan ditutup.

Mau cerita tentang kedua anakku. Lockdown pertama 15 Maret 2020, TK tutup 3 bulan, buka lagi 29 Juni 2020 (Senin). Masuk TK sebulan (Juli), Agustus sebulan penuh libur musim panas tutup TK nya, dan September buka lagi.

Sejak September Ben dan Lisa sudah tidak masuk TK lagi, karena bapaknya tidak mau tanda tangan surat pernyataan kalau anak-anak sehat (padahal anaknya sehat jiwa raga!), saya juga tidak mau tanda tangan karena merasa belakangan kenapa jadi saya melulu yang harus tanda tangan tetek bengek TK? kalau kita tinggal di Indo kutanda tangan semua urusan anak begitu kubilang ke bapaknya anak-anak Haha satu sama lain tidak mau mengalah.

Akhir September suamiku kirim surat ke TK kalau anak-anak kita berhenti dari TK. Pertimbangan anak-anak berhenti dari TK karena di TK anak-anak tidak belajar, hanya dilepas bermain semaunya di kebun.

Kelas musik sudah ditiadakan (padahal nih kita bayar terpisah), tidak ada olahraga, tidak ada kegiatan anak main ke hutan atau jalan-jalan, tidak ada perayaan ulang tahun, tidak ada menyanyi kuatir muncrat ludah saat nyanyi haha. Saya bilang dong ke suami, lah piye ini, kita bayar TK 106 Euro (Rp.1,5 juta) per anak per bulan tapi anak-anaknya tidak belajar, jadi semacam dititipkan ada yang jaga, kalau kedua ortu bekerja sih oke saja bayar, lah saya kan ibu rumah tangga, kalau anak-anak cuma main aja dikebun, ya main aja di kebun balkon kita sepuasnya Ben dan Lisa, biarin deh kebun ku di acak-acak daripada bayar segitu haha..

Baca juga: Menjadi Ibu Rumah Tangga di Jerman

Tentu saja saya harus panjang sabar luar biasa kalau 2 anak dirumah. Alasan berikutnya suami dan saya sebel banget tiap antar anak-anak ditanya kep.sek atau guru kelas apakah anak-anaknya sehat, „..lah situ pikir kalau anak-anak kita sakit kita bawa ke TK?“ Haha. Alasan lain musim dingin biasanya anak-anak rentan bolak balik sakit. Sakit seminggu dirumah aja, lalu seminggu ke TK lalu sakit lagi, dalam sebulan bisa hampir 2 minggu di rumah trus kita bayar?, yahh udahlah sampai 6 bulan kedepan anak-anak dirumah aja!. Sampai Awal Desember ini kedua bocah Puji Tuhan sehat saja, cuma saya yang puyeng lihat rumah berantakan!.

7. Bantuan darurat Corona untuk perusahaan di Jerman

Pemerintah Jerman sedang merencanakan bantuan darurat senilai miliaran bagi perusahaan yang terkena dampak penutupan sementara untuk menahan virus corona. Jerman menyediakan bantuan keuangan hingga sepuluh miliar euro.

Suamiku (tenaga Kesehatan, urus lansia) dapat 900 Euro (Rp.14,4 juta) bonus pandemi didapat bulan Juli lalu, dapat 1 kali aja. Dia kerja 80%, kalau kerja 100% bakalan dapat lebih banyak. Bonus Corona untuk anak-anak, per anak dapat duit 300 Euro (Rp.4,8 juta), dibagi 2 kali pemberian, 200 Euro kita dapat di bulan September dan 100 dapat di Oktober.

Semua bonusnya sudah kita habiskan untuk aquarium haha .. hobi baru kala pandemi buat bikin bahagia saat winter ada yang dilihat-lihat. Kita punya 4 kodok air (2 hitam, 2 putih), sepasang ikan cupang hias, 5 ikan sapu-sapu, 6 udang aneka ukuran dan warna, 10 ikan neon, kita satuin semua di aquarium 120 Liter.

Kabarnya vaksin bakal mulai diberikan Desember ini, kita lihat saja nanti, karena saya sebagai ibu dirumah ya dapat nomer buntut bukan orang penting harus didahuluin di vaksin haha.

Semoga kita sehat semua, bikin diri kalian bahagia walau itu ngeluarin duit, jaga kesehatan diri dan orang di dekat kita, salam bahagia dari Jerman.

Demikianlah cerita saya mengenai Lockdown Kedua di Jerman di Perpanjang Salon Buka Resto Harus Tutup Berikut Aturan lainnya. Kalau kamu baru pertama kali berkunjung ke blog saya dan suka tulisan ini silakan subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan cerita dari Jerman berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Sumber bacaan:

 

11 Comments

  1. Sofyan KurniawanDesember 13, 2020
  2. nieeDesember 7, 2020
  3. Rahma BalciDesember 5, 2020
  4. IraDesember 5, 2020
  5. festadellaverenaDesember 5, 2020
  6. nieeDesember 4, 2020
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: