Belum Niat Pindah Warga Negara Perpanjang PASPOR Indonesia di Jerman Kedua Kalinya

Belum Niat Pindah Warga Negara Perpanjang PASPOR Indonesia di Jerman Kedua Kalinya. Awal Oktober lalu ramai cuitan di Twitter mengenai netizen Indonesia yang ingin pindah warga negara gara-gara UU Cipta Kerja, saya tidak ikut meramaikan per twitter an kala itu, hanya sekedar baca dan senyum saja.

Belum Niat Pindah Warga Negara Perpanjang PASPOR Indonesia di Jerman Kedua Kalinya

Selain UU Cipta Kerja, pemerintah Indonesia yang dianggap tidak becus menangani covid menjadi alasan netizen ingin ganti kewarganegaraan. Mengenai covid ini padahal ya masyarakatnya juga ga mau diatur kan?.

Tidak hanya di Indonesia ada para oknum yang tidak mau nurut aturan, wong di Jerman pun beberapa kali ada demonstrasi terkait covid.

Tulisan Terkini

Para pendemo di Jerman tidak mau turut aturan pemerintah untuk jaga jarak dan tidak mau memakai masker, jangan-jangan nanti juga tidak mau di vaksin. Pada kondisi pandemi begini anak muda mau nya tetap party keluyuraan dengan grupnya, saya pengen bikin hastags Jerman terserah ntar malah ditimpuki haha.

Kembali mengenai pindah warga negara, menurutku hal tersebut pilihan tiap pribadi, kenapa kita yang tidak ada hubungan apapun dengan ybs ikutan menghujat dengan bilang ga nasionalis?. Saya tidak pro atau kontra pada WNI yang mau dan sudah pindah wn. negara karena tiap orang punya pertimbangan masing-masing kenapa melakukannya.

Tahun depan 10 tahun saya tinggal di Jerman. Kalaupun saya hingga saat ini masih memegang paspor hijau, hal tersebut pilihan saya. Memangnya saya dapat apa kalau pindah jadi wn. Jerman? Karena asalan keren paspor nya kuat kalau mau bepergian ke mancanegara?, wong saya belum pernah ke luar EU haha, bahkan saya bukan pekerja yang tugasnya ke LN, yang mungkin paspor hijau kerap di nomer duakan?.

Baca juga: Membuat Paspor Indonesia Anak untuk Kewarganegaraan Ganda via KJRI Frankfurt Jerman

Eh saya pernah 2 kali dapat undangan google lokal guide buat meeting di Amerika, visa sih katanya akan dibayarin. Ada dua pilihan berangkat dari Indonesia atau berangkat dari Jerman, ah saat ini baru bisa bermimpi saja hehe karena saya terlalu malas untuk mengerjakan tugas yang disuruh pihak google, lagipula saingannya dari berbagai negara, pokoknya saya belum tergerak aja tuh haha sombong dikit nolak rejeki. Sampai sekarang saya tetap kasih review atau upload foto-foto untuk google lokal guide, saya sudah di level 5.

September 2020 paspor Indonesia saya habis masa berlakunya, punya anakku (Benjamin) juga sudah habis masa berlaku paspor Indo nya, 5 tahun lalu kita bikin papsor Indonesia bersamaan, supaya tidak bolak balik ke KJRI. KJRI Frankfurt yang terdekat dengan tempat tinggalku, 1,5 jam kesana kalau ke KBRI Berlin 5 jam haha niat banget kalau Berlin sih sekalian jalan-jalan deh.

Video Perpanjang PASPOR Indonesia di Jerman Belum Niat Ganti Warga Negara

Masa pandemi begini kalau mau ke KBRI atau KJRI di Jerman harus bikin janji online dulu, lihat tanggal yang kosong, setelah pilih tanggal kita akan dapat balasan via email apakah permintaan kita ditanggal tersebut disetujui.

Tiap pemegang paspor bikin janji masing-masing. Saya pilih tanggal dan jam berurutan dengan anakku. E-Mail persetujuan dari KJRI saya print untuk ditunjukkan di pintu masuk. Sebaiknya kalau tidak mendesak pergi tanpa pendamping karena pedamping harus tunggu diluar. Saya pergi bersama Benjamin, Lisa dirumah bersama bapaknya, hari itu suamiku ada janji dengan dokter gigi.

Penggantian paspor bisa dilakukan minimal 6 bulan sebelum masa papsor habis berlakunya, sebaiknya perpanjang paspor Indonesia jangan mepet tanggal habisnya karena kita akan dapat surat dari ausländerbehörde (kantor Imigrasi) tempat kita tinggal di Jerman.

Awal September saya dapat surat dari ausländerbehörde mengingatkan kalau paspor Indonesia saya habis masa berlakunya, nah padahal saya dapat tanggal di KJRI Frankfurt tuh 16 September.

Baca juga: Ladang Bunga Potong di Jerman Tanpa Penjaga Pembeli Petik dan Hitung Sendiri yang dibeli Uang Masukin Tong

Akhir September saya baru pegang paspor Indonesia yang baru dan keesokan harinya saya langsung ke ausländerbehörde untuk perpanjang Aufenthaltserlaubnis kartu izin tinggal saya dan pak petugas bilang kalau dia sudah kirim surat panggilan kedua, belum saya terima tuh.

Gile ya di kota yang sama aja kirim surat bisa seminggu an nyampenya, lagi-lagi karena pandemi maka semua jadi serba lambat? Haha. Proses jadinya kartu izin tinggal tersebut sebulan, jadi saya ilegal lah di Jerman haha.

Si petugas tidak memberikan saya surat keterangan kalau saya lagi urus Aufenthaltserlaubnis, dan sayapun tidak menanyakan, tidak perlu juga karena saya tidak keluar Jerman, dan selama sebulan tersebut tidak ada urusan yang perlu kartu izin tinggal ku.

Kalau dari KJRI saya dikasih surat yang menyatakan paspor baru sedang di buat, kalau ada urusan mendesak butuh paspor tinggal kasih surat tersebut

Bagi kalian yang dekat atau di wilayah Frankfurt kalau ada urusan jangan datang langsung cek selalu website KJRI Frankfurt ini www.indonesia-frankfurt.de . Saya baca beberapa kali ada yang nanya di IG dan FB KJRI ko telp tidak diangkat, padahal di web tertera loh jam buka teleponyanya yakni Pelayanan Telefon: Senin – Jumat: 14.30 – 16.30 jadi kalau telepon di luar jam tersebut ya tidak ada yang melayani.

PENGGANTIAN PASPOR KARENA MASA BERLAKU HABIS

Dokumen yang dibutuhkan untum pembuatan Paspor baru bagi WNI yang menetap di wilayah kerja KJRI Frankfurt:

  • Memiliki nomor registrasi diri KJRI Frankfurt. Bagi yang belum memiliki nomor registrasi diri, silahkan untuk lapor diri online.
  • Paspor lama asli, dengan masa berlaku maksimal 6 (enam) bulan.
  • Surat Keterangan Kesepakatan kedua orang tua untuk perpanjangan paspor karena habis. masa berlaku bagi anak dibawah umur ( ditandatangani kedua orang tua ).
  • Formulir Permohonan Paspor Baru yang telah diisi lengkap dengan tanda tangan pemohon.Fotokopi izin tinggal Jerman yang masih berlaku (izin tinggal asli diperlihatkan kepada petugas). Untuk paspor Indonesia anak, paspor Jerman anak saya bawa untuk ditunjukkan ke petugas.
  • Fotokopi akte kelahiran.
  • Pasfoto Biometrik 3,5 x 4,5 cm. Latar belakang putih/abu – abu ini untuk ditempel di formulir yang kita isi.

Baca juga: Cerita dari Jerman – Living in Germany

Untuk print out formular lebih lanjut bisa lihat website KJRI silakan disini www.indonesia-frankfurt.de/layanan-konsuler/layanan-paspor termasuk informasi rekening bank KJRI Frankfurt ada di web tersebut, saya tidak cantumkan di postingan saya ini siapa tahu dikemudian ganti no. Rek bank nya lebih baik lihat langsung yang ter-update nya di website KJRI.

  • Pemohon paspor harus datang langsung ke KJRI Frankfurt untuk pengambilan sidik jari dan foto.
  • Biaya pembuatan paspor Indonesia (paspor 48) sebesar 30 € melalui transfer Bank. Pada form bank transfer menuliskan tujuan dan nama pemohon pada kolom Verwendungszweck dari Überweisungsbeleg, contoh: PASPOR BARU untuk (nama pemohon).
  • Kalau paspor Indonesia sudah jadi akan dikirim ke alamat rumah kita. Sebelum ke KJRI kita siapkan amplop sudah ditempelin perangko dan ditulis alamat kita juga. Perangkonya yang berupa surat tercatat, jadi bisa dilacak kalau tidak nyampe, bilang aja sama petugas kantor posnya mau beli briefmarke einschreiben einwurf.
  • Kalau paspornya untuk dua orang (seperti saya dan anak) sebaiknya berikan amplop besar, supaya ngirit perangko hehe, saya kala itu bawanya amplop kecil, padahal bakalan ada 4 paspor dikirim (2 paspor baru 2 yang lama) terpaksa deh kirim terpisah paspor saya dan anak.

Video Cara Menuju KJRI Frankfurt Transportasi dari Frankfurt Hauptbahnhof

Menuju KJRI Frankfurt Transportasi dari Frankfurt Hauptbahnhof:

  • U4 arah Bockenheimer Warte, turun di stasiun Bockenheimer Warte, keluar melalui pintu menuju Zeppelinalle. Jalan lurus melewati satu lampu merah. KJRI FRankfurt am Main terletak di sisi kiri Zeppelinallee, nomor 23.
  • Atau dengan Strassenbahn nomor 16 arah Ginnheim kemudian turun di stasiun Bockenheimer Warte

Kali aja ada yang baru nyampe di Jerman lalu mau ke KJRI semoga ga bingung ya, JANGAN panik kalau salah naik. U4 itu u-bahn (kereta bawah tanah), kamu cari petunjuk U4 arah Bockenheimer Warte, kalau dilayar sudah tertera berarti bakalan datang keretanya, trus di keretanya tertera arah Bockenheimer Warte, kalau bukan arah tsb jangan naik!.

Stasiun kedua turun (Bockenheimer Warte), namun kalau sudah sta. kedua “.. lah ko bukan Bockenheimer Warte?” berarti salah naik (seperti diriku haha), keluar kereta naik arah seberangnya, pokoknya lihat aja yang arah Bockenheimer Warte.

Kalau kamu seperti diriku yang jarang pergi jarak jauh (apalagi di negara dengan Bahasa Jerman begini) pokoknya jangan panik yaa, kalau salah jalan dan panik jadinya bingung gak tahu mau kearah mana apalagi ditambah kalau sudah telat jadwal janji termin (makanya berangkat diprediksi ya!).

Tarik nafas panjang, lihat lagi kertas catatan petunjuk ke KJRI nya. Lihat video diatas menit 11:00 ku jelasin arah ke KJRI nya. Kalau sudah tahu ancer-ancernya gampang banget nemu alamatnya, tapi lagi pertama kali saya ke KJRI muter-muter ga jelas sejam an lebih haha untung kala itu ga pakai jadwal jam termin deh.

Tahun 2020 ini tadinya mau coba naik straßenbahn, saya dan bocah sudah di halte mondar mandir ga jelas haha bingung nunggu dimana, naik kereta yang mana, nanti turun nya diman haha, akhirnya „ya udahlah naik U-Bahn aja karena sudah pernah“. Setelah urusan papsor selesai saya dan Benjamin barulah jalan-jalan di Frankfurt naik straßenbahn.

Alamat KJRI Frankfurt/ the Indonesian Consulate in Frankfurt
Zeppelinallee 23, 60325 Frankfurt
Tel: (+49-69) 247-0980
Fax: (+49-69) 2470-9840

 

Pelayanan di Loket:
Senin– Kamis: 09:30 – 12:30

Jumat: 09:30 – 12.00

Pelayanan Telefon KJRI Frankfurt:
Senin – Jumat: 14.30 – 16.30 (diluar jam ini tidak ada yang melayani)

Bagian Paspor: +49-69-24709811

Bagian Visa: +49-69-24709812/-13

Bagian Legalisasi & Surat Keterangan: +49-69-24709825

14 Comments

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen December 20, 2020
  2. Emaknya Benjamin br. Silaen December 20, 2020
  3. festadellaverena December 5, 2020
  4. kayka December 4, 2020
  5. Emaknya Benjamin br. Silaen December 4, 2020
  6. Emaknya Benjamin br. Silaen December 4, 2020
  7. Emaknya Benjamin br. Silaen December 4, 2020
  8. niee December 4, 2020
  9. denaldd December 2, 2020
  10. Phebie | Life Essentially December 1, 2020
  11. Emaknya Benjamin br. Silaen December 1, 2020
  12. Emaknya Benjamin br. Silaen December 1, 2020
  13. Arman December 1, 2020
  14. Phebie | Life Essentially December 1, 2020
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: