Jurnal Kehamilan (Screening Test)

loading...

Jurnal Kehamilan (Screening Test) . Memenuhi permintaan banyak teman blogger yang katanya tidak bisa eksis dan tidak bisa cerewet berkomentar gara-gara beberapa tulisan saya tutup akses komentarnya hihi :mrgreen: maka tulisan ini bisa dikomentarin deh πŸ˜€ . (*yang berkomentar sekaligus berpromosi, dengan berat hati link tulisan atau promosi tersebut akan saya hapus).

Saya mau cerita mengenai Screening test alias Amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung yang saya jalani 3 Februari lalu. Saya dirujuk dokter kandungan di kota tempat tinggal saya ke klinik di Mannheim, karena peralatan di Mannheim lebih lengkap dan alat USG nya lebih canggih.

Apakah yang dimaksud dengan amniosentesis?

yang dimaksud Screening Test Amniocentesis
yang dimaksud Screening Test Amniocentesis

Amniosentesis adalah tes medis untuk skrining bayi (screening babies), di mana dokter mengambil sedikit cairan ketuban (kira-kira 15- 30 ml). Cairan ketuban ini mengandung beberapa jaringan dari embrio atau janin yang menyimpan informasi genetik penting. Sampel (cairan) ini kemudian diperiksa dan dilakukan pengujian di laboratorium untuk memeriksa kelainan apapun, misalnya kemungkinan adanya cacat lahir.

Amniosentesis adalah tes diagnostik, dimana kita akan bisa mengetahui kondisi tertentu dari janin dan juga dengan tes ini akan diketahui jenis kelamin si bayi. Jadi bagi kamu yang tidak ingin mengetahui lebih awal jenis kelamin bayi, lebih baik beritahukan dulu ke dokternya sebelum tes dimulai.

Contohnya Frank, sejak awal dia bilang dia tidak ingin mengetahui lebih awal jenis kelamin bayi kita, dia ingin pas menggendong si anak, baru dia tahu perempuan atau laki. Alasan dia sih supaya surprise gitu loh πŸ˜€ Saya menghargai keinginan dia. Saya sih mau tahu lebih awal, jadi tahu mau beli baju dan perabotan si bayi kan πŸ˜‰ .

Pada usia kehamilan berapa bulan dilakukan amniosentesis?
Amniosentesis (atau prosedur lain, yang disebut chorionic villus sampling (CVS) ) dapat mendiagnosa masalah di dalam rahim. Amniosentesis biasanya dilakukan ketika usia kehamilan antara 16 dan 22 minggu.

Pada kondisi seperti apa, seorang ibu hamil menjalani amniosentesis, bolehkan tidak menjalaninya?

Jangan kuatir, tes ini tidak menyebabkan keguguran. Kita hanya akan ditawarkan amniosentesis ini jika ada kemungkinan besar bayi kamu memiliki kelainan kromosom atau kelainan genetik. Kalau resikonya sangat kecil akan hal tersebut, kita tidak akan ditawarkan menjalaninya πŸ˜‰ .

Ibu hamil akan ditawarkan amniosentesis jika:
β€’ Skrining tes seperti tes darah dan test nuchal (Nuchal translucency / NT) menunjukkan bayi Anda memiliki risiko tinggi mengalami masalah kromosom.*test Nuchal translucency / NT untuk mengetahui apakah ada pengumpulan cairan bawah kulit di bagian belakang leher bayi Anda. Semua bayi memiliki cairan di bagian belakang leher mereka, namun pada bayi dengan Down sindrom cairan tersebut mengalami peningkatan.
β€’ Hasil USG menunjukkan masalah dengan bayi Anda, seperti cacat jantung, yang mungkin menandakan adanya kelainan kromosom.
β€’ Anda memiliki keluarga atau kerabat yang memiliki kelainan genetik.
β€’ Umur ibu hamil 35 tahun yang dianggap usia rawan

Sebelum tes dimulai Frank dan saya diwawancarai dokter dulu (tidak persiapan, tidak tahu bakalan ditanyakan hal ini). Kita ditanya mengenai riwayat keluarga kami berdua. Apakah ada penyakit tertentu mulai dari garis kakek nenek, orangtua, saudara kandung, paman dan bibi, anak-anak dari saudara kandung, saudara sepupu apakah ada penyakit tertentu yang mereka derita. Pertanyaan dokter membuat saya berpikir agak lama, menggingat satu persatu dari saudara-saudara saya tersebut. Tahu sendiri kan orang Indonesia banyak sekali saudara-saudaranya πŸ˜€ . Saya 4 bersaudara, trus mama berapa saudara kandungnya, bapak juga, lalu sepupu, lalu anak-anak adik saya, anak-anaknya para sepupu. Beneran mikir lama deh 😳 A nikah dengan si B anaknya berapa, anaknya sehat atau tidak. Sepupu yang itu tidak menikah sehat atau tidak. Nah dokternya menggambar pohon keluarga sambil menulis informasi penting yang Frank dan saya berikan. Puji Tuhan dari garis keluarga Frank dan saya tidak ada risiko yang berbahaya.

Setelah setuju bersedia menjalani pemeriksaan amniosentesis, maka Frank dan saya menandatanggani surat pernyataan, ko serem ya πŸ™ .

β€’ Ibu hamil atau si suami memiliki risiko besar mewariskan penyakit tertentu ke janin, seperti misalnya penyakit Anemia sel sabit (Sickle-cell disease (SCD) ).

Anemia sel sabit adalah kondisi serius dimana sel-sel darah merah menjadi berbentuk bulan sabit, seperti huruf C. Sel darah merah normal berbentuk donat tanpa lubang (lingkaran, pipih dibagian tengahnya), sehingga memungkinkan mereka melewati pembuluh darah dengan mudah dan memasok oksigen bagi seluruh tubuh. Sulit bagi sel darah merah berbentuk bulan sabit untuk melewati pembuluh darah terutama dibagian pembuluh darah yang menyempit, karena sel darah merah ini akan tersangkut dan akan menimbulkan rasa sakit, infeksi serius dan kerusakan organ tubuh.

β€’ Wanita yang pernah hamil sebelumnya, dan mengalami kelainan genetik pada janinnya.
β€’ Wanita yang hamil di usia rawan (diatas 35 tahun) nah makanya saya ditawarin tes ini karena saya hamil anak pertama ini di usia 35 tahun.

Kalau Anda ditawari atau berminat mengikuti tes amniosentesis ini berikan informasi yang sedetailnya ke dokter Anda, kalau misal tidak tahu riwayat kesehatan keluarga bisa tanya orang tua atau tanya keluarga dulu, baru berikan informasi yang jelas ke dokter kandungan Anda, jadi tidak asal jawab berdasarkan kira-kira saja, kuatir nantinya salah kan. Tanya dokter kandunganmu juga mengenai pro kontra mengikuti tes ini, pokoknya kalau sudah sreg ikutan, baru deh jalani πŸ˜‰ .

Jika Anda ingin mengikuti test ini (amniosentesis) karena alasan kondisi genetik, memiliki risiko penyakit keturunan, Anda akan ditawarkan mengikuti chorionic villus sampling ( CVS ) sebagai gantinya, karena CVS memberikan diagnosis lebih awal. Apa itu chorionic villus sampling ( CVS ) silakan infonya di http://www.babycentre.co.uk/a328/chorionic-villus-sampling-cvs .

Berapa biaya amniocentesis alias Fruchtwasseruntersuchung? Apakah asuransi menanggung semua biaya?

untuk ke halaman berikutnya klik β‡’ Next/Lanjut

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

114 thoughts on “Jurnal Kehamilan (Screening Test)

  • March 25, 2017 at 4:03 am
    Permalink

    Mba Wkt hamil anak ke 3 anakku Kena sindrom Edward (trisomik 18). Dan akhirnya meninggal sebelum lahir di bulan ke 9 kehamilanku.

    Sempat Wkt hamil Bln ke 4 dokter sarankan untuk tes amniocentesis seperti yang Mba lalui krn Dari hasil USG dokter menemukan ada cairan ya berlebih di kepala janin.

    Waktu itu tes tdk sy lakukan krn selain biayanya yang agak mahal dan tdk ditanggung kantor….juga agak ngeri Wkt dengar perut disuntik.

    Akhirnya di Bln ke 6 dokter memastikan bayiku positif kelainan kromosom Dr tanda2 kondisi fisik organ vital yang bermasalah. Ditambah lg kondisi tali pusar ya tdk sempurna (hanya terdapat 2 pembuluh darah yg seharusnya ada 3)

    Hr ini 4bln sejak sy melahirkan sy baru tahu kl sy hamil lagi….agak takut krn tahu resiko kelainan kromosom bisa terulang lagi. Pernah dokter cerita ttg tes darah Untuk mengetahui kelainan kromosom…Tapi biayanya sekitar 10jtan…lebih mahal lagi dari tes amniocentesis.

    Dgn membaca artikel Mba semoga sy bs berani melakukan tes ini. Biarlah korban biaya yg penting hati lebih tenang kl bisa tau lebih awal hasilnya.

    Reply
    • March 26, 2017 at 11:50 am
      Permalink

      Dear mba Niah terima kasih sudah berbagi pengalaman ya mba, berguna buat para bumil yang ragu mau menjalani screening tes atau tidak. Waktu saya kala itu malah ditentang mak mertua sih katanya kuatir pengaruh ke bayinya. Klo ke mama ku saya cerita stl selesai tes nya drpd di komenin ga enak kan.

      Ga sakit ko waktu alatnya masuk ke perut spt dicubit saja. Pas hamil kedua menjalani tes itu lagi sakit rasanya krn saya kesel sama anak pertama ku yg ikutan ke ruangan, dia ga bisa diam, saya cerewet ini itu jadi stres dan dokternya juga bilang saya harus rileks πŸ˜€ .

      Selamat ya mba buat kehamilanmu. Yuk mikir positif supaya hasilnya baik loh. Saya doakan semoga berjalan baik ya, benar mbak lebih baik korban biaya asal semuanya baik ya.

      Reply
  • May 26, 2014 at 9:02 am
    Permalink

    sakit nggak waktu perutnya ditusuk jarum buat ngambil sample air ketubannya, mbak? soalnya di Indonesia kurang familiar skreening kehamilan seperti itu, sih πŸ™‚ hehehe

    Reply
    • May 26, 2014 at 3:31 pm
      Permalink

      Ga sakit ko, agak kaget pas diolesi cairan (dingin) ke perut πŸ˜€ .
      Jika kehamilannya beresiko baru ditawarin screening test, salah satu contohnya misalnya pada saya krn usia 35 tahun pada kehamilan pertama.

      Reply
  • May 25, 2014 at 11:08 pm
    Permalink

    Usia pernikahan kita hampir sama! anak kami udah mau dua tahun! Selamat ya, semoga lancar!! semoga kapan2 kita bisa kopdaran ya!

    url luludandunia.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

    Reply
      • May 27, 2014 at 3:20 pm
        Permalink

        Di Dortmund. Btw saya jadi Pengen tanam2 juga. Tapi kita g ada balkon jd rada refot.

        Reply
          • May 27, 2014 at 6:43 pm
            Permalink

            Heheh juga gak ada, so ya terbatas nanemnya yg bisa ditaruh di windo box aja.

  • April 21, 2014 at 4:04 pm
    Permalink

    mbak nell selamat,,, sudah isi ya,,,, selamat selamat,,, semoga lancar sampe persalinan nanti mb,, πŸ˜€

    url hidupdantakdir.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 08.01.2017

    Reply
  • March 20, 2014 at 6:18 pm
    Permalink

    waduh jadi penasaran jenis kelaminnya juga nih

    ntar kalo kamu beli2 perabot ato pernak-pernik bayi gimana ngumpetinnya dari suami? kan kliatan klo pernakperniknya cewe ato cowo heuehue, ato beli yg unisex aja ya?

    Reply
  • March 18, 2014 at 11:21 am
    Permalink

    Jadi tambah pengetahuan karena usia aku juga udah di atas 30’an dan belum nikah, calon ngajak nikah udah dari 2 tahun yang lalu tapi aku sendiri masih takut berkeluarga. Makasih yah udah buka mata aku klo wanita hamil di atas 35 tuh beresiko. Saya doain semoga persalinannya nanti lancar, ibu dan anak sehat semua… Amiiiiiiiiiiinnnn…

    Reply
    • March 18, 2014 at 1:34 pm
      Permalink

      Lia kalau sdh ada calon udahhh diresmikan aja πŸ™‚ . Aminnn makasih ya πŸ˜‰ .

      Reply
  • March 11, 2014 at 9:57 am
    Permalink

    Mba nella dulu ongynku juga bilang klo susu minum susu biasa juga gpp gak usah pake susu hamil ( plus susu hamil aku gak suka kaya bau besi ) karena di luaran gak ada yang namanya susu hamil. Katanya itu hanya ada di indo aja hehehe. Yauda aku just minum susu biasa dong…sehat2 selalu ya mba. Seru n takjub ya klo liat foto2 usg gitu. πŸ™‚

    Reply
    • March 11, 2014 at 10:28 am
      Permalink

      Kalau minum sus biasa ya hampir tiap hari, cuma sedikit aja, kalau susu putih bikin enek 😳 .

      Iya Nis takjub lihat foto2 usg, apalagi kalau lihat di layar usg, sayang ga boleh di rekam proses usgnya πŸ™ .

      Reply
      • March 11, 2014 at 10:31 am
        Permalink

        Lho gak boleh ya mba klobdisana direkam? Klodisini masih boleh direkam mba hehehehe … Pokoe mba nella n baby inside sehat terus ya. Peyukkk dari jakarta!! πŸ™‚

        Reply
        • March 13, 2014 at 7:17 pm
          Permalink

          Iya ga boleh direkam hik πŸ™ kuatir ada yg ga beres kali ya, ketat deh disini ga boleh asal potret atu rekam.

          Aminn makasih peluk juga yaaa πŸ™‚ .

          Reply
  • March 11, 2014 at 2:13 am
    Permalink

    Wah beberapa hari gak mampir jadi hampir ketinggalan cerita nih.
    Syukurlah hasil tesnya menunjukan semuanya ok ya Mbak. Semoga Mbak Nella dan dedek yang di perut sehat selalu sehingga persalinannya nanti juga lancar.

    Reply
  • March 6, 2014 at 5:24 am
    Permalink

    baru bulan kemaren saya liat tulisan kak nella yg udh positif hamil. eh ternyata kemaren waktu saya Testpack hasilnya positif. tp satu garis masih pudar. berharap sekali beneran positif, soalnya udh nikah 1 thun jg. rencananya besok baru mw ke dokter. skrg bakalan sering2 liat blognya kak nella ni, apalagi tentang kehamilan. makasii udh share y kak…

    Reply
      • March 30, 2014 at 8:08 am
        Permalink

        maaf baru sempat blz lg ne kak nella.. bersyukur sekali karena ternyata setelah di cek ke dokter kandungan, saya memang benar2 lg hamil. dan skrg udh memasuki minggu ke delapan. ternyata hamil itu ada suka dukanya ya kak nella.. apalgi klo pusing, mual, muntahnya kambuh. tp gak apa2..semuanya harus dinikmati. semoga kak nella dan debay nya sehat2 aja sampe lahiran nanti yaa…

        Reply
        • March 30, 2014 at 9:22 am
          Permalink

          Hai Roza selamatttt ya πŸ˜‰ . Semoga kamu dan si bayi sehat yaa. Aku ga mengalami mual-mual, ngidam juga nga πŸ˜€ .

          Reply
  • March 6, 2014 at 3:31 am
    Permalink

    Hai Nella, selamat ya atas kehamilannya, semoga sehat terus sampe persalinan nanti…. seru loh bikin jurnal kehamilan dari bulan ke bulan karena pengalamannya pasti beda2… apalagi nanti kalau anakmu uda lahir, dengan sendirinya bakal gantiin peringkat teratas jurnal tentang tanaman dan kebunmu,.. hehehe, have fun and enjoy your preggy moments…

    Reply
    • March 7, 2014 at 9:02 am
      Permalink

      Hai Shinta terima kasih buat sarannya πŸ˜‰ . Niatnya bikin jurnal bulan per bulan hanya tidak sempat 😳 .

      Reply
  • March 5, 2014 at 12:43 pm
    Permalink

    Hallo, ka Nella! Selamat atas kehamilannya. Aku beruntung! Udah lama ga kesini, eh pas giliran berkunjung dapet kabar bahagia πŸ˜€ hehe.
    Aku do’a kan yang terbaik buat calon bayi dan calon ibu sama calon bapaknya juga. Semoga sehat selalu. God bless you.

    Reply
  • March 5, 2014 at 8:47 am
    Permalink

    Selamat ya mbak ats kehamilan nx, moga2 mbak Nel n dedek kecilnya dlm keadaan sehat selalu n dimudahkan proses persalinan nx.

    Reply
  • March 5, 2014 at 7:54 am
    Permalink

    Waaah beneran gratis? Kalau bayar berapa duit mbak? Asli saya bergidik pas bagian foto pengambilan cairan. Takut disuntiiiiiik.

    Reply
    • March 5, 2014 at 3:39 pm
      Permalink

      Iya gratis. Kalau bayar sendiri dirupiahkan sekitar 16-23 juta. Wahh kalau takut disuntik repot dong hehe πŸ˜€ .

      Reply
  • March 4, 2014 at 6:00 am
    Permalink

    AKhirnyaa kak dibuka juga komennya.. Kan pengen ikut meluapkan kegembiraan juga πŸ˜€ Puji Tuhan yah kak baby nya sehat.. berdoa sampe lahiran dan tumbuh besar juga tetap sehat. Amin πŸ˜€

    Aku juga nanti mau kayak bang Frank ahh.. Pengen surprise soale jenis kelamin baby..hihihi πŸ˜€

    Reply
  • March 4, 2014 at 3:06 am
    Permalink

    mba nella…. takjub sama foto usg dedek bayinya, jelas banget. baca postingan yg lalu, kenapa di jerman gak minum susu bumil? mungkin sudah dicover semua dlm vitamin kah, membuatku bertanya-tanya mb nella.. πŸ™‚
    sistem kesehatannya bagus ya disana, *seneng bgt tambah wawasan..
    thanks mba nella mau berbagi, sehat2 ya buat adek bayi juga mamanya..

    Reply
    • March 4, 2014 at 5:01 pm
      Permalink

      Iya vitamin2 dari makanan saja. Untunglah ga disuruh minum susu, kan jadi tidak terlalu ndut πŸ˜€ .

      Reply
  • March 3, 2014 at 4:04 pm
    Permalink

    Berkunjung ke sini dapat gembira πŸ™‚
    Selamat ya Mbak. Semoga semuanya lancar. Saya semangat sekali membaca postingan Mbak yang satu ini, soalnya saya tidak tahu apa-apa tentang screenig test hehe. Sekarang sudah tahu deh πŸ˜€

    Reply
  • March 3, 2014 at 10:36 am
    Permalink

    Thanks for sharing, mba Nella.. sehat2 selalu yaaa πŸ˜€ πŸ˜€

    Reply
    • March 3, 2014 at 6:09 pm
      Permalink

      Nanti kalau ada yang baru saya ceritakan lagi. Thanks ya Siwi sudah mampir πŸ˜‰ .

      Reply
  • March 3, 2014 at 10:19 am
    Permalink

    mbak Nella… selamat yaaa… turut berbahagiaa, baca jurnal kehamilanmu bikin jadi tambah tahu… salam buat dedek bayinya yaaaa

    Reply
  • March 3, 2014 at 10:05 am
    Permalink

    Sehat selalu Ya buat Mba Nel dan buat Dedek cabang bayi nya πŸ˜€

    url ronalblog.com sudah tidak aktif lagi. Update 08.01.2017

    Reply
  • March 3, 2014 at 9:32 am
    Permalink

    Selamat ya mbak Nella atas kehamilannya,sehat selalu buat mbak Nella dan bayinya, amieenn.. πŸ™‚

    Reply
  • March 3, 2014 at 8:30 am
    Permalink

    Akhirnya bisa koment juga di Blog nya Mba Nel πŸ™‚
    Semoga Ibu dan baby-nya sehat serus ya mba. Amieen πŸ™‚

    Reply
  • March 3, 2014 at 8:27 am
    Permalink

    akhirnya bisa komentar.. hehe. selamat ya mba tuk kehamilannya.. moga sehat dan lancar buat kehamilannya..

    nice info bgt buat sy pribadi baca artikel mba ini.. buat nmbh info sy jg.. krn sy lg hamil jg mba.. hehe..
    thanks for share yaa πŸ™‚

    Reply
    • March 3, 2014 at 9:37 am
      Permalink

      Hehe iya sudah aku buka settingannya hihi.
      wah selamat juga dong ya mbak Mar. Brp bulan? kapan akan lahirannya?.

      Reply
      • June 14, 2014 at 7:35 pm
        Permalink

        maaf br buka lg notifnya.. skrg msk minggu ke 27 mba.. insya Allah sktr akhir agustus.. kl mba kapan perkiraan lahirnya ?

        Reply
        • June 15, 2014 at 6:52 am
          Permalink

          Kalau aku perkiraannya pertengahan Juli, dokter bilang bisa saja lebih cepat, tergantung dede nya kapan mau keluar. Sekarang sdh 36 minggu πŸ˜€ .

          Reply
  • March 3, 2014 at 5:30 am
    Permalink

    wah bakalan sering baca postingan tentang ilmu kehamilan nih… sangat bermanfaat… semoga lancar nanti lahirannnya ya mbak Nel dan ibu dan bayi sehat…..

    Reply
    • March 3, 2014 at 9:35 am
      Permalink

      Thanks mbak Siti.
      Sejauh ini aku baru 3 kali posting jurnal kehamilanku πŸ˜€ . Kadang mood kadang nga. Amin iya semoga lancar semuanya πŸ˜‰ .

      Reply
      • March 3, 2014 at 10:42 am
        Permalink

        aamiin kudoakan yaa..semoga lancar….!!nanti aku belajar dari mbak deh..

        Reply
  • March 3, 2014 at 4:46 am
    Permalink

    Huaaaa lagi hamil ya Mbak Nel…selamat yaaaa…semoga selalu sehat πŸ˜€

    Reply
  • March 3, 2014 at 3:17 am
    Permalink

    Alhamdulillah hasilnya baik2 ajabaca komen diatas, sehat2 terus yah mba nella dan dedek bayi sampe lahir nanti, penampakan hamilnya mana mba..? hihihi penasaran πŸ˜€

    ( link dianryan.blogspot.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.10.2016 )

    Reply
    • March 3, 2014 at 9:33 am
      Permalink

      Amin.. makasih Dian πŸ™‚ .
      Ga ada penampakan hehe aku ga naik banyak, kapan-kapan aku potret deh perutku πŸ˜€ .

      Reply
  • March 2, 2014 at 3:38 pm
    Permalink

    Sangat menghargai prinsip Jeng Nella yang cerita sesudah tes saja.
    Syukur dengan hasil tes yang tidak ada yang perlu dikuatirkan
    Selamat bertumbuh kembang di rahim mama ya nanda….
    Salam hangat

    Reply
  • March 2, 2014 at 1:28 pm
    Permalink

    Dulu sih, waktu hamil Kayla atau Fathir aku gak pake tes tes an…
    Tapi emang waktu hamil Fathir aku pas pas in di usia 30 sih,..hihihi…

    Aku hanya bisa mendoakan dari Bandung coret sinih semoga Nellla dan dedek bayinya sehat dan selalu dilindungi yaaaah…

    Mudah2an diberikan kemudahan, apalagi dirimu sedang merantau nun jauh disonoh..mudah2an gak mendadak ngidam pengen lumpiah basah atau baso ceker atau yang aneh aneh yah..hihihi…

    Pokoknya jaga kesehatan terus yaaah ^_^

    Reply
    • March 2, 2014 at 4:03 pm
      Permalink

      Thanks Erry buat doanya. Amin semoga lancar. Ko ngomongin lumpia, baso, ceker ayam mau juga pengenn 😳 .

      Reply
  • March 2, 2014 at 1:23 pm
    Permalink

    Ituuuu..maksudnya yang suka komplen gak bisa eksis dan cerewet di blog mu ituh maksudnyah salah satunya dakuuuh yaaah…bhuahaha…
    Emang sih…hihihi…

    Reply
  • March 2, 2014 at 6:29 am
    Permalink

    Pokoknya dijaga ya nel and sehat sehat..
    naik turun tangga juga hati hati ya…aku ingin cepet cepet summer biar ketahuan cowok pa cewek…

    Reply
  • March 2, 2014 at 5:33 am
    Permalink

    Akhirnya comment nya dibuka πŸ™‚ Selamat yaaa kak, semoga selalu sehat dan lahiran selamat

    Reply
  • March 2, 2014 at 3:20 am
    Permalink

    Syukurlah Mbak.. hasil testnya menunjukkan tidak ada resiko yang perlu membuat khawatir ya. Jadi selamat menjalankan kehamilan dengan tenang ya Mbak,

    Reply
  • March 1, 2014 at 7:04 pm
    Permalink

    Semoga bayi dan ibunya sehat, Frank juga sehat.
    Lahirannya mulus dan lancar. Biar gak ketahuan kelaminnya apa, beli baju bayi yg netral aja sis, putih atau kuning, atau bajunya disembunyiin hehehehe….
    Sis, itu jarum panjang amat…kalau aku pasti udah gimana gitu….biasa disuntik berobat saja sudah tegang dan pingin kabur…phobia jarum saya… Di Jerman enak ya, asuransinya terpercaya, kalau disini…hmm asuransi suka ngeles dan bikin ribet…

    Reply
    • March 1, 2014 at 11:20 pm
      Permalink

      Benar juga sis Gita, di sembunyikan ya pas aku belanja πŸ˜€ .
      Dokternya sudah kasih komentar klo aku termasuk yg perlu ikut tes tersebut jadi ya asuransi nurut aja πŸ˜‰ . Biasanya polis asuransi yg ditolak klo untuk urusan kecantikan atau mempercantik diri.

      Reply
  • March 1, 2014 at 9:58 am
    Permalink

    huaaa akhirnya bs komen lg.. sehat2 terus yah kak nella & babynya. semoga hasil testnya bagus yah.. btw emang lebih surprise sih kalau tau jenis kelaminnya pas udah keluar tapi ya mungkin prepare baju dan barang2 si baby agak bingung hehehehe

    Reply
    • March 1, 2014 at 11:18 pm
      Permalink

      Hehe iya Re untuk postingan ini kubuka settingannya jadi bisa dikomentarin πŸ˜€ . Hasil testnya sih bagus, smeoga lancar semuanya πŸ˜‰ .

      Reply
  • March 1, 2014 at 5:20 am
    Permalink

    Setelah banyak membaca tentang berkebun, sekarang disini jadi banyak pengetahuan mengenai kehamilan.
    Buat saya sih jadi ngebayangin saja seandai nanti saya sudah beristri dan hamil. Ah…entah kapan tapinya, Mbak.
    Hormat dari saya di Bekasi, Mbak…

    Reply
    • March 1, 2014 at 9:11 am
      Permalink

      Hai kang Ujang ga apa-apa baca-baca menambah informasi πŸ˜€ . Semoga akang ketemu jodoh ya πŸ˜‰ .

      Reply
      • March 1, 2014 at 11:41 am
        Permalink

        Iya Mbak. Pengetahuan mengenai kehamilan seakan mempersiapkan saya menuju kehidupan berkeluarga.
        Semoga Mbak saya segera ketemu jodoh…

        Reply
  • March 1, 2014 at 4:52 am
    Permalink

    Anak cewek cowok sama Aja yang penting Ibu anak sehat, Gbu.

    Reply
  • March 1, 2014 at 4:47 am
    Permalink

    moga2 hasil test nya baik2 aja ya…

    test amniotik ini sebenernya ada resiko juga kan ya… dulu pas hamil andrew, karena anak pertama, kita rada parno. karena sepupu gua tuh down syndrome. jadi kita pengen test amniotik. tapi dokternya gak prefer karena gak perlu menurut dia karena kehamilannya gak beresiko. jadi akhirnya kita gak jadi test deh.

    Reply
    • March 1, 2014 at 9:09 am
      Permalink

      Amin iya Man semoga baik2 saja πŸ˜‰ .
      Iya ada resikonya juga, salah satunya pas mau ambil cairan ketuban klo si anak ga bisa diam maka jarum bisa kena ke anak.

      Benar dokternya klo ibu hamilnya tidak ada riwayat penyakit dan ga ada risiko penyakit turunan ya dokter ga akan menyarankan untuk ikutan tes tsb.

      Reply
  • March 1, 2014 at 4:28 am
    Permalink

    Wuaaaa, semoga semua lancar ya mba Nel πŸ™‚
    Hebat juga suaminya bisa tahan ga kepo penasaran sama jenis kelaminnya hehehe

    Reply
  • March 1, 2014 at 3:27 am
    Permalink

    Aku terharuuuuu liat foto USGnya, mbaaakkk….
    Sehat terus ya, kalian ber2, sampe waktunya lahiran nanti… Btw, kalo nanti mbak Nella udah mulai belanja baju si baby, bakal ketahuan dong sm mr Frank apa jenis kelaminnya, apalagi kalo warna baju2nya pink semua, misalnya… :))

    Reply
    • March 1, 2014 at 9:04 am
      Permalink

      Terima kasih Fitri πŸ™‚ .
      Haha iya sih kalau aku mulai belanja Frank bakal tahu juga πŸ˜‰ .

      Reply
  • March 1, 2014 at 12:52 am
    Permalink

    Fruchtwasseruntersuchung <- baca ini bikin lidah melilit.
    Semoga lancar sampai lahiran ya mbak Nel πŸ˜€

    Reply
    • March 1, 2014 at 9:00 am
      Permalink

      Hahaha iya Ri disini beberapa kata memang disambung begitu πŸ˜€ . Fruchtwasseruntersuchung itu 3 kata kalau cara bacanya Frucht wasser untersuchung. Amin thanks yaa πŸ˜‰ .

      Reply
  • February 28, 2014 at 11:47 pm
    Permalink

    wah saya jadi penasaran jenis kelaminya anaknya mbak, haha, untung anaknya mbak anteng serem juga kalau pas lagi aktif gerak jarumnya masuk πŸ˜€

    Reply
  • February 28, 2014 at 11:46 pm
    Permalink

    Pernah baca nih ttg tes ini. Ngambil sampel air ketuban. Aku dulu suka deg2an kalo tiap USG campur excited sih. Semoga lancar terus ya kak Nella proses kehamilannya:)

    Reply
    • March 1, 2014 at 8:54 am
      Permalink

      Hai Joeyz mauliate ya πŸ™‚ .Iya sama perasaanku juga campur aduk tiap kali mau cek kehamilan. Senang kalau bisa lihat anaknya gerak2 pas di USG πŸ˜€ .

      Reply
  • February 28, 2014 at 11:19 pm
    Permalink

    Huaaaaa… Syukurlah mba neeeel. Tadi sempat kepikiran kenapa-kenapa. Syukurlah kalau sehat-sehat. Selamat ya Mba Nel. You have a cute little baby. Dilihat dari hasil usgnya. Hihihi.

    Reply
  • February 28, 2014 at 11:07 pm
    Permalink

    Alhamdulillah mbak klo si kecil sehat.. mudah2an nanti mudah ya proses kelahirannya!

    Reply
  • February 28, 2014 at 10:54 pm
    Permalink

    Termasuk aku tuh kak. Udah beberapa kali mau komen tapi eh komen off hahhaha πŸ˜€ aku setuju lah dgn sikap om Frank itu. Lebih surprise kalau gak tau jenis kelamin anak sampai lahir nanti πŸ™‚

    Reply
    • March 1, 2014 at 8:45 am
      Permalink

      Kadang aku mikir, tulisanku sptnya ga perlu dikomentarin deh hihi. Iya suprise tapi dia penasaran juga πŸ˜€ .

      Reply
      • March 1, 2014 at 9:36 am
        Permalink

        Tapi pembaca blog kakak merasa perlu mengomentari. Seperti yg kakak tulis itu, belum eksis kayaknya kalau belum ngomentarin πŸ˜€

        Reply

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: