Harum Semerbak Bunga Hyacinth

Harum Semerbak Bunga Hyacinth. Berikut ini adalah bunga musim semi yang namanya Hyacinthus. Bunga ini mekar lebih awal, saya tanam yang warna pink dan putih.

Harum Semerbak Bunga Hyacinth. Bibit Hyacinthus Ditanam 09 Sep. 2012

Bibit Hyacinthus Ditanam 09 Sep. 2012

Hyacinthus adalah genus tanaman berbunga kecil bulat, termasuk keluarga Asparagaceae. Umumnya dikenal sebagai bulbous flowering, di Jerman disebut Zwiebelnblumen, yakni tanaman berbatang pendek dengan daun berdaging atau basa daun. Daunnya sering berfungsi sebagai organ penyimpan makanan.

Hyacinthus termasuk tanaman monokotil, yakni berbiji tunggal. Contoh lain yang termasuk bulb adalah bawang merah dan bawang putih.

Hyacinth 'Pink Pearl' Usia 3 dan 4 Bulan

Hyacinth ‘Pink Pearl’ Usia 3 dan 4 Bulan

Hyacinthus berasal dari Mediterania Timur (dari selatan Turki hingga Israel Utara), Utara-Timur Iran dan Turkmenistan. Mulai diperkenalkan ke Eropa pada abad ke 16.

Hyacinthus Orientalis 'Pink Pearl' di Jerman

Hyacinthus Orientalis ‘Pink Pearl’ di Jerman

Terdapat 3 genus Hyacinthus : Hyacinthus litwinowii, Hyacinthus orientalis (Garden Hyacinth) dan Hyacinthus transcaspicus.

Hyacinthus yang saya miliki adalah jenis Orientalis. Jenis ini dikenal sebagai garden hyacinth atau Dutch hyacinth. Ukuran bibitnya beragam, mulai yang kecil hingga yang besar seperti bibit yang saya punya ukuran 14/15 cm. Tinggi tanaman sekitar 20-35 cm.

Foto Atas Hyacinth 'Pink Pearl' 20 dan 21 Januari 2013. Foto Bawah Kedua 22 Januari 2013

Foto Atas Hyacinth ‘Pink Pearl’ 20 dan 21 Januari 2013. Foto Bawah Kedua 22 Januari 2013

Tanaman (bunga) ini sering di pacu (dirangsang) pertumbuhannya jadi ketika Natal semarak dengan harum Hyacinthus. Saya tidak memacu pertumbuhannya, jadi bibitnya tumbuh normal. Saya tanam bulan September 2012 dan baru mekar di bulan Januari ini.

Cantiknya Hyacinthus orientalis 'Pink Pearl'

Cantiknya Hyacinthus orientalis ‘Pink Pearl’

Bunga ini suka di tempat terang. Setelah bunganya muncul, jangan terkena sinar matahari langsung. Bunganya sangat harum!. Ruangan bisa harum semerbak kalau ada bunga ini :). Tanaman ini harus cukup disiram. Bunganya berbentuk lonceng dengan kelopak bunga bengkok.

The Best Pic yang saya suka pada 24 Jan 2013

The Best Pic yang saya suka pada 24 Jan 2013

Hyacinthus adalah salah satu bunga yang termasuk early spring flowers. Jadi berbunga lebih awal sebelum musim semi tiba.

Saya baru mengetahui kalau bibit Hyacinthus ternyata beracun, bibit tersebut mengandung asam oksalat. Contoh asam oksalat ada dalam cairan pembersih rumah tangga. Asam oksalat bisa juga untuk menghilangkan karat. Jelasnya tentang asam oklsat klik disini

Kalau tertelan bisa menyebabkan ketidaknyamanan parah dan iritasi kulit. Jadi untuk menghindari alergi sebaiknya menggunakan sarung tangan ketika menanggani bibit Hyacinthus dan bibitnya JANGAN coba dimakan ya :D.

Video Perkembangan Hyacinth Pink Pearl .

Hyacinthus termasuk bulb flower, jadi cara penanamannya sama seperti bibit tulip, pernah saya bahas sebelumnya. Klik tipsnya disini.

Sama seperti tulip, : ketika Hyacinthus selesai berbunga, jangan dibuang karena bisa ditanam lagi tahun berikutnya. Jadi potong batang dan bungannya hingga dekat ke umbinya, kalau umbi kotor angin-anginkan selama beberapa hari hingga kering baru bersihkan tanah yang menempel. Jika dirasa sudah cukup kering simpan dalam wadah berlubang, misal plastik berlubang-lubang atau paling baik dibungkus koran, lalu simpan di tempat sejuk dan gelap, misalnya di gudang. Kalau bibitnya dirawat terus dengan baik bisa berumur hingga 15 tahun.

Warna ungu, bibitnya saya beli dua tahun lalu. Bunganya tidak terlalu banyak, mungkin karena saya tanam terlalu padat dengan bibit lainnya dalam satu pot kecil. Cantik sekali ya si ungu ini ;-). Kalau saya perhatikan lebih lagi ternyata ungunya tidak gelap seperti dua tahun lalu, malah kini cenderung ke biru muda.

Purple Hyacinths

Purple Hyacinths

Tertarik melihat Hyazinth time lapse?. Bagus sekali terlihat dengan jelas dan indahnya ketika mulai mekar hingga mekarnya penuh :). Ada yang membuat videonya selama 69 jam dan dibuat time lapse hanya 50 detik, ada juga 1 detik sama dengan 250 menit. Wah pada sabar ya bikin video singkat-singkat lalu disambung-sambung. Hebattt!. Saya belum mengerti cara pembuatan time lapse, jadi mari kita nikmati yang sudah ada di youtube :).

Pertama yang diupload hanneketravels

Kedua yang di upload jongoo99

Hayoo siapa yang punya Hyacinths, kalian punya warna apa? :).

Sumber : Pengalaman penulis dan dari Wikipedia.org

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

85 Comments

  1. lea
  2. petit4chocolatier
  3. Jual Oleh Oleh
  4. ardika
  5. fingerplant
  6. ladeva
  7. thiena
  8. RY
  9. whysooserious
      • whysooserious
  10. Dy
  11. Chelle Handojo

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: