Harum Semerbak Bunga Hyacinth

loading...

Harum Semerbak Bunga Hyacinth. Berikut ini adalah bunga musim semi yang namanya Hyacinthus. Bunga ini mekar lebih awal, saya tanam yang warna pink dan putih.

Harum Semerbak Bunga Hyacinth. Bibit Hyacinthus Ditanam 09 Sep. 2012
Bibit Hyacinthus Ditanam 09 Sep. 2012

Hyacinthus adalah genus tanaman berbunga kecil bulat, termasuk keluarga Asparagaceae. Umumnya dikenal sebagai bulbous flowering, di Jerman disebut Zwiebelnblumen, yakni tanaman berbatang pendek dengan daun berdaging atau basa daun. Daunnya sering berfungsi sebagai organ penyimpan makanan.

Hyacinthus termasuk tanaman monokotil, yakni berbiji tunggal. Contoh lain yang termasuk bulb adalah bawang merah dan bawang putih.

Hyacinth 'Pink Pearl' Usia 3 dan 4 Bulan
Hyacinth ‘Pink Pearl’ Usia 3 dan 4 Bulan

Hyacinthus berasal dari Mediterania Timur (dari selatan Turki hingga Israel Utara), Utara-Timur Iran dan Turkmenistan. Mulai diperkenalkan ke Eropa pada abad ke 16.

Hyacinthus Orientalis 'Pink Pearl' di Jerman
Hyacinthus Orientalis ‘Pink Pearl’ di Jerman

Terdapat 3 genus Hyacinthus : Hyacinthus litwinowii, Hyacinthus orientalis (Garden Hyacinth) dan Hyacinthus transcaspicus.

Hyacinthus yang saya miliki adalah jenis Orientalis. Jenis ini dikenal sebagai garden hyacinth atau Dutch hyacinth. Ukuran bibitnya beragam, mulai yang kecil hingga yang besar seperti bibit yang saya punya ukuran 14/15 cm. Tinggi tanaman sekitar 20-35 cm.

Foto Atas Hyacinth 'Pink Pearl' 20 dan 21 Januari 2013. Foto Bawah Kedua 22 Januari 2013
Foto Atas Hyacinth ‘Pink Pearl’ 20 dan 21 Januari 2013. Foto Bawah Kedua 22 Januari 2013

Tanaman (bunga) ini sering di pacu (dirangsang) pertumbuhannya jadi ketika Natal semarak dengan harum Hyacinthus. Saya tidak memacu pertumbuhannya, jadi bibitnya tumbuh normal. Saya tanam bulan September 2012 dan baru mekar di bulan Januari ini.

Cantiknya Hyacinthus orientalis 'Pink Pearl'
Cantiknya Hyacinthus orientalis ‘Pink Pearl’

Bunga ini suka di tempat terang. Setelah bunganya muncul, jangan terkena sinar matahari langsung. Bunganya sangat harum!. Ruangan bisa harum semerbak kalau ada bunga ini :). Tanaman ini harus cukup disiram. Bunganya berbentuk lonceng dengan kelopak bunga bengkok.

The Best Pic yang saya suka pada 24 Jan 2013
The Best Pic yang saya suka pada 24 Jan 2013

Hyacinthus adalah salah satu bunga yang termasuk early spring flowers. Jadi berbunga lebih awal sebelum musim semi tiba.

Saya baru mengetahui kalau bibit Hyacinthus ternyata beracun, bibit tersebut mengandung asam oksalat. Contoh asam oksalat ada dalam cairan pembersih rumah tangga. Asam oksalat bisa juga untuk menghilangkan karat. Jelasnya tentang asam oklsat klik disini

Kalau tertelan bisa menyebabkan ketidaknyamanan parah dan iritasi kulit. Jadi untuk menghindari alergi sebaiknya menggunakan sarung tangan ketika menanggani bibit Hyacinthus dan bibitnya JANGAN coba dimakan ya :D.

Video Perkembangan Hyacinth Pink Pearl .

Hyacinthus termasuk bulb flower, jadi cara penanamannya sama seperti bibit tulip, pernah saya bahas sebelumnya. Klik tipsnya disini.

Sama seperti tulip, : ketika Hyacinthus selesai berbunga, jangan dibuang karena bisa ditanam lagi tahun berikutnya. Jadi potong batang dan bungannya hingga dekat ke umbinya, kalau umbi kotor angin-anginkan selama beberapa hari hingga kering baru bersihkan tanah yang menempel. Jika dirasa sudah cukup kering simpan dalam wadah berlubang, misal plastik berlubang-lubang atau paling baik dibungkus koran, lalu simpan di tempat sejuk dan gelap, misalnya di gudang. Kalau bibitnya dirawat terus dengan baik bisa berumur hingga 15 tahun.

Warna ungu, bibitnya saya beli dua tahun lalu. Bunganya tidak terlalu banyak, mungkin karena saya tanam terlalu padat dengan bibit lainnya dalam satu pot kecil. Cantik sekali ya si ungu ini ;-). Kalau saya perhatikan lebih lagi ternyata ungunya tidak gelap seperti dua tahun lalu, malah kini cenderung ke biru muda.

Purple Hyacinths
Purple Hyacinths

Tertarik melihat Hyazinth time lapse?. Bagus sekali terlihat dengan jelas dan indahnya ketika mulai mekar hingga mekarnya penuh :). Ada yang membuat videonya selama 69 jam dan dibuat time lapse hanya 50 detik, ada juga 1 detik sama dengan 250 menit. Wah pada sabar ya bikin video singkat-singkat lalu disambung-sambung. Hebattt!. Saya belum mengerti cara pembuatan time lapse, jadi mari kita nikmati yang sudah ada di youtube :).

Pertama yang diupload hanneketravels

Kedua yang di upload jongoo99

Hayoo siapa yang punya Hyacinths, kalian punya warna apa? :).

Sumber : Pengalaman penulis dan dari Wikipedia.org

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

85 thoughts on “Harum Semerbak Bunga Hyacinth

  • March 5, 2013 at 4:17 pm
    Permalink

    wah bagus banget bunga Hyacinthus, ada bibitnya ga mba????
    mau donk klo ada bibitnya

    • March 5, 2013 at 5:01 pm
      Permalink

      Sdh ada yg booking. tunggu Sept saja ya, atau sdh lihat grape hyacinth? ga kalah cantik, msh ada bibitnya nih.

  • February 8, 2013 at 3:25 am
    Permalink

    Very beautiful!

    url petit4chocolatier.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  • February 7, 2013 at 12:09 pm
    Permalink

    wah.. fotonya bagus bagus..
    Jadi seger lihat bunganya..
    Nice… 😀

  • February 4, 2013 at 3:38 am
    Permalink

    menyimak saja mbak… masalahnya tanamannya masih asing bagiku

  • February 3, 2013 at 7:33 am
    Permalink

    pasti mahal ya bibit tanaman’a ? tapi emang cocok ditanam di wilayah tropis kaya Indonesia mba ?

  • February 3, 2013 at 12:29 am
    Permalink

    Mba Nella ini serius banget ya bertanam bunganya. Luar biasa. Pengamatan dan foto-foto indahnya menunjukkan keseriusan dan ada “hati” dalam mengurus bunga.
    Suka banget dg ilustrasi foto-fotonya mba…
    Salam,

  • February 2, 2013 at 7:18 am
    Permalink

    Kalo aku dah ke Jerman lagi, aku harus main ke Sinsheim nih mbak. Mau lihat ama metik (kalo boleh) bunga2 hasil karya mbak Nella. Apalagi kalo pas ke sana, aku udah nikah, pasti istriku seneng banget nanti. ha ha

    • February 2, 2013 at 10:47 am
      Permalink

      Hahahha iya kalau pas bunganya mekar ya, klo pas musim panas kita bisa panen tomat, cabe dll :D.

  • February 2, 2013 at 6:35 am
    Permalink

    bunganya bagus banget mbak.. jadi pengen nanem bunga deh, tapi males ngurusnya itu loh. pengennya hidup sendir tanpa diurus.. hihihi

    • February 2, 2013 at 10:42 am
      Permalink

      Tanaman yang hidup tanpa diurus kaktus Niee, cuma serem duri2nya :D.

  • February 2, 2013 at 3:56 am
    Permalink

    wuihhh, cantik sekali. Seperti bunga Anggrek, hanya saja lebih cantik.

  • February 1, 2013 at 10:22 am
    Permalink

    Cantik banget kak Nella Hyacinthus-nya…yang pink sama ungu sama cantiknya…
    selain Hyacinthus dan tulip, punya bunga apa lagi?

    url qhylofarm.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

    • February 1, 2013 at 1:03 pm
      Permalink

      punya banyakk tapi belum sempat cerita di blog, sambil nunggu bunganya muncul. Ada krokus, Narcissus, Amarylis, Allium, Anemone, Camasia, Muscari apa lagi ya 😀 semuanya bunga musim semi, dan bibitnya mirip tulip (kecuali Anemone). 3 hari lalu aku mulai semai bibit paprika, tomat, cabe ga sabar berkebun :).

  • February 1, 2013 at 7:55 am
    Permalink

    Ya ampun Mbak Nel, cantik banget bunga- bunganya. Bunganya ada di Jakarta gak? Kalo di rumah, yang hobi berkebun itu Papaku. Sebenarnya aku pengen banget kayak Papa yang bisa nanam bunga, buah, dan sayur tapi bisanya beli doang. Abis itu gak dirawat… 😐
    Gimana caranya Mbak supaya telaten?

    • February 1, 2013 at 12:58 pm
      Permalink

      Hai Deva, ketika di Jakarta saya sukanya sesaat, lihat mawar bagus eh beli, tapi ga pernah dirawat.
      Pas di Jerman jadi suka banget nanam2 bunga dan sayuran :), karena cinta tanaman jadinya telaten :D.

  • February 1, 2013 at 4:37 am
    Permalink

    Yang berwarna putih bagus banget jika dijadikan bebungaan dekorasi acara pernikahan *ngayal*

    Sekilas mirip anggrek, ya –> pengetahuannya terbatas mengenai bebungaan.

      • February 2, 2013 at 6:57 am
        Permalink

        Kartu posnya sudah sampai. Senang sekali menerimanya. Terima kasih banyak.

        • February 2, 2013 at 10:44 am
          Permalink

          Hai @p49it akhirnya sampai ya, biasanya cuma seminggu sampai ko, lah kali ini 3 minggu, mungkin akan banjir, pak pos ga bisa kerja kali hehehe.

  • January 31, 2013 at 8:31 pm
    Permalink

    Aku sering beli hyacinth kalo udah ada yg jual cuma sebelnya bunga nya cepet banget selesai berbunga. Baru tau kalo sudah selesai berbunga gt harus dipotong sampe umbi trus disimpen aku kira mah itu udah mati abis ga berbunga lagi..*eaaa goblok! :p Aku sering beli yg pink dan violet 🙂 Hmm bau nya harum tp sayang kucing2 aku alergi. Suka pada bersin2x gt klo hyacinth nya berbunga hihihi

    • January 31, 2013 at 9:06 pm
      Permalink

      Hyacinth, tulip, krokus, Narcissus dll pokoknya bulbs flower kalau selesai berbunga, bersihkan saja. Gunting hingga ke umbinya, simpan di tempat sejuk, tahun depannya bisa tanam lagi :). Ooo kucing bisa alergi juga ya :D. Kirain manusia doang yang alergi. Masuk musim semi banyak orang-orang yang makan obat anti alergi deh karena bunga-bunga mulai bermekaran dan polennya bikin alergi, termasuk suamiku tuh pasti harus makan obatnya tiap pagi sebelum keluar rumah.

  • January 31, 2013 at 6:38 pm
    Permalink

    Yang putih keunguan dan cenderung biru muda itu anggun bgt Mba Nella 🙂 Ada nanem beberapa Hyacinthus beda warna dalam satu pot ngga?

    • January 31, 2013 at 8:59 pm
      Permalink

      Hai Thiena, bagus ya, walau bunganya tidak sebanyak yang pink atau putih tapi si ungu anggun sekali :).
      Yang ungu itu saya tanam dengan beberapa Hyacinth warna pink (kalau tidak salah).
      Disatu pot tersebut campur-campur isinya bibitnya, ada Hyacinth, tulip, krokus, iris. Tapi belum muncul bunganya.

  • January 31, 2013 at 2:55 pm
    Permalink

    Daunnya tampak biasa aja, tapi ternyata bunganya cantik 🙂

    Ada warna lainnya gak Mbak ??

    • January 31, 2013 at 8:55 pm
      Permalink

      Hai Ry, daunnya memang tidak istimewa, tapi berkat si daun yang mampu menyimpan air, jadinya si bunga tetap cantik :).
      Di pasaran pernah lihat warna kuning, hitam, merah.

  • January 31, 2013 at 10:59 am
    Permalink

    Cantik banget bentuk bunga Pink Pearl ya…., unik berlekuk2 seperti rambut diroll he..he…,
    bunganya tau ada yang sayang, jadi dia tampil prima

    di tanah air ada nggak ya Nel.., karena namanya familiar banget..

    • January 31, 2013 at 8:49 pm
      Permalink

      Hai kak Monda, bagus ya si pinky :D.
      Saya belum pernah dengar kak kalau bunga ini ada di Indonesia, mungkin hanya beberapa kalangan kalau mereka jalan-jalan ke Eropa baliknya bawa bibit bunganya.

  • January 31, 2013 at 9:24 am
    Permalink

    Dirimu telaten banget ya Nel nanem bunganya..jadinya bagus2.
    Rasanya aku pernah liat bunga itu deh, tapi lupa dimana >___<

    • January 31, 2013 at 8:46 pm
      Permalink

      Pernah lihat di toko bunga? supermarket? atau di taman? :D. Di Eropa banyak Be bunga-bunga musim semi pada umumnya sih mirip2 di tiap negara :).

  • January 31, 2013 at 6:00 am
    Permalink

    setujuuu…yang ungu (eh, biru muda 😀 ) cantik 🙂

  • January 31, 2013 at 5:22 am
    Permalink

    bunganya cakep banget,…. 🙂

      • February 1, 2013 at 7:53 am
        Permalink

        semuanya suka….. 🙂 | Makasih yaaa.. udah dimasukin dalam daftar sahabat blogger. 🙂

    • January 31, 2013 at 8:33 pm
      Permalink

      Bunganya atau helaian daunnya mbak yang mirip anggrek? saya punya anggrek daunnya lebar-lebar sekali.

  • January 31, 2013 at 4:48 am
    Permalink

    Mbaaakkk buagusss bangettt bunganyaaa, aku ga suka nanam, tapi liat bubganya cantik gt langsung pengen nanam bunga hahahaa, yg ungu kecehhh 😀

    • January 31, 2013 at 8:32 pm
      Permalink

      Ketika di Jakarta saya juga ga suka nanam2, eh pas sampai Jerman ko tanaman dan bunga2 buanyakk sekali dimana-mana eh jadi hobby berkebun deh :D.

  • January 31, 2013 at 4:27 am
    Permalink

    Nggak punya, Nel… nggak tau bisa beli bibitnya di mana 🙁

    • January 31, 2013 at 8:31 pm
      Permalink

      Hai mamayara kalau anggrek punya ga mbak? punya bunga apa saja mbak di rumah?.

      • February 1, 2013 at 1:50 am
        Permalink

        Dulu punya, Nel.. tapi nggak berbunya… jadi bosan ngurusnya dan mati deh… 🙁 Aku punya Mawar ada 3 macam, Euphorbia 3 macam juga, Aglonema dan beberapa bunga yang cuma berdaun hijau aku lupa namanya Nggak banyak…

        • February 1, 2013 at 12:47 pm
          Permalink

          Wah banyak juga koleksi mamaYara. Aku punya 2 anggrek dikasih teman, tp ko dari pertengahan tahun lalu hingga sekarang ga muncul bunganya, hanya tumbuh daun-daun baru :(, yang satu numbuh anaknya deh :).

    • January 31, 2013 at 8:28 pm
      Permalink

      Hai pak Asmat, bukan anggrek pak. Saya punya 2 anggrek berhubung belum berbunga jadi belum bikin tulisan tentang si anggrek :).

  • January 31, 2013 at 4:14 am
    Permalink

    mauuuuu D:
    waah bener deh, ntar kalo aku uda pindah ke negara sub tropik ato yang 4 musim aku bakal tanem2 kaya ka Nella xD
    hwahahaha

    url chellesroom.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 09.01.2017

  • January 31, 2013 at 4:09 am
    Permalink

    Cantik banget bunganya…. pink keriting gitu<3

  • January 31, 2013 at 3:58 am
    Permalink

    Aih Mba Nella, lihat bunga mulai sebelum tumbuh dan setiap tahap perkembangannya sampai mekar sempurna menakjubkan. Telaten banget Mba Nella foto-foto semua tahapannya

    • January 31, 2013 at 8:25 pm
      Permalink

      Maklum Dan saya *pengacara (pengangguran banyak acara) jadi hobbynya mengamati perkembangan tanaman :D.

  • January 31, 2013 at 3:37 am
    Permalink

    Aku gak punya bebungaan mba Nella hihi. Cuman suka liat aja?. Liat blog mba jadi kepikiran nanam bunga di rumah nanti

  • January 31, 2013 at 3:37 am
    Permalink

    Aku gak punya bebungaan mba Nella hihi. Cuman suka liat aja?. Liat blog mba jadi kepikiran nanam bunga di rumah nanti

  • January 31, 2013 at 3:36 am
    Permalink

    Cantiknyaaa… ^^ saya suka yang warna ungu kebiruan itu lho Mbak.. mantapp.. tinggal menunggu tulip hitam mekar nih 😀

    • January 31, 2013 at 8:24 pm
      Permalink

      Sama dengan Evan saya juga suka :). Kita tunggu tulip hitam mekar :D.

  • January 31, 2013 at 2:57 am
    Permalink

    bisa dirangsang dengan cara bagaimana nih, Nel?
    lebih harum mana, sedap malam atau hyacinth?

    • January 31, 2013 at 8:22 pm
      Permalink

      Hai N1ngtyas bibit bunga (bulbs) bisa dirangsang dengan di taruh di tempat dingin, misal di lemari pendingin jadi akan cepat tumbuh akarnya.

  • January 31, 2013 at 2:39 am
    Permalink

    Bunganya setelah mekar bisa tahan berapa lama ini, Mbak?

  • January 31, 2013 at 2:29 am
    Permalink

    bagus ya…
    udah pernah liat bunga ini tapi gak pernah tau namanya. hahaha.

    • January 31, 2013 at 2:20 pm
      Permalink

      Para bule di Amerika banyak juga yang nanam, aku sering baca-baca blog mereka. Sekarang sudah tau dong namanya :).

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: