Ditawari Uang Melalui Internet? Hati-hati Penipuan!

Ditawari Uang Melalui Internet? Hati-hati Penipuan! . Kalau sebelum-sebelumnya saya seringkali mendapat email dalam bahasa Inggris, nah hari ini email dalam bahasa Indonesia. Seorang wanita mengaku bernama Siti Rafiad asal Indonesia, menikah dengan orang asing, kemudian suaminya meninggal karena kecelakaan dan menawarkan sejumlah besar uang kepada saya, dengan imbalan supaya uang tersebut ditranfer ke rekening saya, jadi wanita ini butuh pihak lain.

Merasa tidak mengenal wanita ini, walaupun dia mengirimkan langsung ke alamat email saya, maka lebih baik email semacam ini langsung di hapus!.

Ditawari Uang Melalui Internet? Hati-hati Penipuan!

Hati-hati Penipuan

Saya coba lacak (tracking) dari mana email dikirimkan melalui website http://www.ip-adress.com/trace_email, ternyata dari Dallas, Amerika Serikat. Padahal si wanita mengatakan bisa di hubungi di nomer telp London +447873485875, mungkin dia sedang berlibur ke Amerika 😉

Pertama.
Tindak pidana aktif, di mana seseorang dengan sengaja menempatkan, mentransfer, menghibahkan, menbayarkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, menukarkan uang-uang hasil tindak pidana dengan tujuan mengaburkan atau menyembunyikan asal usul uang itu, sehingga muncul seolah-olah sebagai uang yang sah.

Kedua
Dalam pasal 6 UU RI No. 15/2002, disebutkan tentang tindak pidana pencucian yang pasif yang dikenakan kepada setiap orang yang menerima atau menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, penerima hibah, sumbangan, penitipan, penukaran uang-uang yang berasal dari tindak pidana itu, dengan tujuan sama yaitu untuk mengaburkan, menyembunyikan asal-usulnya. Hal tersebut dianggap juga sama dengan melakukan pencucian uang
.

Jadi jika Anda menerima email seperti yang saya terima, lebih baik segera dihapus, tidak perlu ditanggapi atau dibalas 😉 .

Sumber : Wikipedia dan pengalaman pribadi.

Baca juga :

Hati-hati E-mail Scam Coca Cola
Hati-hati Email Penipuan Undian Microsoft
Hati-hati Penipuan Belanja Barang Elektronik via toko Online
Hati-hati Modus Pencucian Uang
Cinta vs Uang, Hati-hati Internet Love Scams!
Waspadalah! Ragam Penipuan Via Email

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: