Dapur Emaknya Benjamin Saluran Keduaku Lolos Monetasi Youtube

Dapur Emaknya Benjamin Saluran Keduaku Lolos Monetasi Youtube. Hai pembaca setia blogku, di penghujung tahun ini saya ingin berbagi cerita mengenai pencapaian saluran youtubeku, dalam hal ini mengenai saluran dapur. Jadi ceritanya selain fokus di saluran berkebun, Juli tahun 2017 saya buat saluran baru untuk tema dapur, memasak dan hal-hal yang ada hubungan dengan makanan.

Dapur Emaknya Benjamin Saluran Keduaku Lolos Monetasi Youtube

Saluran Dapur emaknya Benjamin

Ada 8 Tips yang bisa saya bagikan bagaimana Saluran Youtube Dapurku Dalam Setahun Tercapai 1K Subs dan Monetasinya sudah Aktif:

  1. Konsisten upload video secara teratur.

Awalnya saya bisa upload dua video dalam seminggu, namun karena fokus utama ke saluran berkebun, maka untuk saluran dapurku pada akhirnya hanya bisa upload seminggu sekali. Dari seminggu sekalipun kini sudah sebulan tidak ada video baru, karena saya sama sekali tidak sempat ngedit-ngedit video.

  1. Buat thumbnail video yang menarik.

Apa itu thumbnail youtube?. Thumbnail atau gambar kecil  adalah gambar yang mewakili gambar lebih besar, dalam hal ini mewakili keseluruhan isi video. Untuk jelasnya seperti contoh dibawah ini:

thumbnail saluran youtube Dapur Emaknya Benjamin

thumbnail saluran youtube Dapur Emaknya Benjamin

Penting banget membuat thumbnail yang terang, font besar dan tebal. Bikin thumbnail yang bagus supaya orang tertarik nge-klik video kita, tapi jangan buat thumbnail klik bait ya.

Antara gambar thumbnail, judul dan isi video harus sama. Kalau mau mempersingkat waktu, buatlah thumbnail yang latar belakangnya sama, jadi saat mau bikin thumbnail video tinggal masukin foto dan tulis judulnya saja.

Baca juga: 9 Tips Menjadi Youtubers Pemula Biar Cepat Dapat Subscribers 

Untuk membuat thumbnail youtube bisa pakai aplikasi dari Fotojet dan Canva.com. Pada kedua aplikasi tersebut sudah ada pilihan untuk membuat Thumbnail youtube, tinggal klik ikuti petunjuk selanjutnya. Pada fotojet namanya (klik) youtube thumbnail ; sedangkan pada canva.com namanya youtube-miniature (saya tidak berikan url, karena urlnya panjang banget) mudah ditemukan ko, begitu buka canva.com cari youtube-miniature pada bagian design.

  1. Permudah penonton untuk subscribe saluranmu.

Sertakan link subscribe youtube kamu di bagian video deskripsi, dan thumbnail kecil untuk subscribe di pojok kanan bawah video yang disebut watermark video. (Tonton: Cara Memasang Watermark Subscribe di Youtube).

  1. Gunakan layar akhir dan anotasi, juga penggunaan kartu untuk meningkatkan view.

Tonton video dibawah untuk jelasnya.

  1. Video deskripsi ditulis, jangan dibiarkan kosong.

Antara judul, tags dan video deskripsi saling terkait satu sama lain. (Tonton: Cara Membuat Default Upload Video Youtube)

Untuk mengerti silakan tonton penjelasan saya pada video dibawah.

  1. Perhatikan SEO Video.

Tidak asal-asalan masukin tag tidak penting tanpa hasil. Jangan lakukan keyword stuffing juga. Percuma menyertakan tags banyak sekali sampai 10, kalau tags tersebut tidak dibicarakan/diselipkan dalam video dan tidak ada tertulis di dalam video deskripsi.

Jika kita kopi paste tags ke dalam video deskripsi juga percuma, karena itu namanya keyword stuffing (memanipulasi keyword secara berlebihan), tidak akan membuat rangking video kita meningkat, yang benar adalah gunakan tags seperlunya dan tags/keyword tersebut dirangkai dengan kalimat yang enak dan mudah dipahami, ditulis pada video deskripsi.

Ada loh youtuber nichinya tentang masakan yang subscribernya sudah 500K nah dia sama sekali tidak pakai tags pada semua videonya, namun view videonya ratusan ribu bahkan jutaan, kuncinya adalah buat judul yang mengandung kata kunci, buat judul yang pendek dan menarik.

Untuk mengerti silakan tonton penjelasan saya pada video dibawah.

  1. Jawab komentar video.

Karena saluran youtubeku masih baru, jadi komennya belum terlalu banyak, masih sanggup saya jawab semuannya. Dengan menjawab komentar, jadi ada hubungan baik kan, antar pemilik saluran dan yang nonton 😉 .

Karena masih saluran umur setahunan juga, komen tidak menyenangkan ya masih seujung kuku lah haha, kalau nyebelin banget dan tidak bisa diterima, jangan diambil hati, jawab singkat, jelas dan padat dan tidak memancing perang kata-kata, atau tinggal tandai komen spam, atau hapus komennya, beres!.

Saya tidak main subs for subs, itu loh mereka yang rajin komen dimana-mana minta youtuber lain untuk subs ke channel mereka. Buatku tindakan tersebut sama sekali tidak berguna dan hanya buang waktu, kamu bisa saja mendapatkan banyak subs, namun hasilnya subs kamu tersebut tidak nonton video-videomu, sehingga waktu tonton (watch time) kamu sangat rendah, tidak sebanding dengan subscriber yang kamu miliki. Padahal tujuan kita membuat video, tentu saja supaya ada yang nonton kan? 😀 .

Belum lama ini youtube melakukan banned/penghapusan masal akun youtube yang jadi spammer, ada yang perhatikan tidak, pada 13-14 Desember 2018 ada pengurangan drastis pada subscriber youtube kita, saya pernah ngintip beberapa saluran lain pakai socialblade.com, ada saluran yang kehilangan sampai 40-50 subs, ada yang sampai 2 hari berkurang subscribernya, ya tidak heran karena saya perhatikan video-video youtube ybs, walau komennya banyak sekali, namun hampir seluruhnya adalah komen minta subs for sub.

Berhubung saya pernah dikatain tidak enak (dibilang salah satu isi kebun binatang bo haha) saat menjelaskan alasan saya tidak main subs for sub, maka kalau ada komen yang minta hal tersebut lagi, tidak saya jawab, langsung saya tandai spam saja, eh hilang sendiri tuh komen, atau malah ada yang komennya langsung masuk/ditandai sebagai spam, ya saya biarin saja tidak saya keluarkan haha, sepertinya ybs sudah sering ditandai sebagai spammer, makanya pas komen di video saya langsung ditandai spam.

  1. Riset keyword.

No.8 ini paling penting dan paling utama saya lakukan. Saat saya membuat saluran dapur emaknya Benjamin, saya sudah tahu dan paham mengenai cara riset keyword ini.

Contoh: saya mau bikin video membuat bakso sendiri dirumah, nah saya riset dulu keywordnya, apa saja yang dicari orang banyak di internet, saya pilih beberapa keyword yang sesuai dengan isi video yang akan saya buat.

Baca juga: 3 Cara Riset Keyword Paling Jitu Supaya Tulisanmu Banyak Pembacanya

Keyword ini tidak perlu terlalu banyak, 3 sampai 5 saja sudah cukup, kalau lebih dari 12 tags pun youtube akan memberi tahu dikasih peringatan tulisan merah bahwa tags terlalu panjang, jadi harus dikurangi tagsnya, baru video bisa disimpan.

Setelah keyword/tags saya catat di kertas, saya masak sambil siap-siap merekam, dan dalam pembuatan video tersebut, saat saya bicara ada kalimat dari keyword yang saya catat, jadi keyword-keyword tersebut saya selipkan ke pembicaran dalam video.

Tags/keyword yang saya pilih, selain saya tulis di bagian tag video, juga saya buat di video deskripsi, namun jangan hanya tags ditulis ulang di deskripsi, namun dirangkai cantik dalam bentuk kalimat yang enak dibaca dan mudah dipahami penonton.

Kalau riset keyword kamu anggap ribet, bisa saja kamu masak dan merekam dulu, saat mau ngedit video dan posting di youtube, baru lakukan riset keywordnya, pilih keyword yang sesuai dengan isi video kalian.

5 youtuber tutorial pengembangan youtube favoritku:

Backlinko. Umumnya videonya panjang, tidak masalah saya bisa tonton beberapa kali. www.youtube.com/user/backlinko/videos

Neilkpatel. Suka sama youtuber ini video tipsnya durasi pendek. www.youtube.com/user/neilvkpatel/videos

NickNimmin. Duuh si Nick ini kalau ngomong cepat sekali, saya sampai perlu aktifkan subtitel/teks video supaya paham yang dia omongin. www.youtube.com/user/NickNimmin/videos

Robertoblake. Banyak videonya durasi pendek. www.youtube.com/user/robertoblake2/videos

Video Creators – Tim Schmoyer. Walau umumnya durasi videonya panjang, ya saya akan tonton beberapa kali. www.youtube.com/user/VideoCreatorsTV/videos

Statistik dan Milestone channel dapur emaknya Benjamin saat posting tulisan ini 31 Desember 2018:  64 video.

31.12.2018 ➜ 190.100 views 1.045 subs
01.08.2018 ➜ 84.739 views 420 subs
06.05.2018 ➜ 36.585 views 156 subs
17.01.2018 ➜ 7.076 views 26 subs

Bagi yang mau follow saluran dapur emaknya Benjamin silakan klik disini subscribe:

Terima kasih banget kalau ada yang mau subscribe ke saluran dapurku, walau terkadang belakangan ini, saya ko rasanya agak bagaimana gitu.. 😳

Merasa saluran ini receh banget haha, maksudku kalau lihat saluran besar tuh, apalagi saluran masak bule ya, saya merasa seperti itik buruk rupa haha. Awalnya membuat saluran dapur ini, mau berbagi pengalaman bagaimana saya membuat mpasi anakku si Lisa Marie, eh ternyata tidak bisa terus menerus bikin video sambil mengurus bayi, riset dah!, sekarang anaknya sudah besar 21 bulan, saya tidak bikin mpasi lagi hehe, lalu mau kemana arah saluran dapurku ini? Hahaha, lah ko saya malah curhat 😆 .

Bagi yang jadi kepikiran mau membuat saluran dapur dan masak-masak, ayo bikin, hanya jangan sakit hati kalau misalnya video baru langsung dapat dislike, tidak usah dipikirin, karena penonton Indonesia susah dibuat puas haha. Beda cara masak, beda alat masak, beda segala macam dalam proses memasaknya bisa dibikin drama dan alasan tidak suka (dislike).

Kalau saya perhatikan tema berkebun dan tema dapur, lebih tinggi dislike (jempol ke bawah) untuk saluran dapur, bisa sampai 12-15%, kalau saluran dapurku 10-12% lah dislikenya, sedangkan saluran berkebun yang subscribernya 6x lipat, tuh angka dislikenya mentok 10% saja.

Nah anehnya nih ada beberapa video yang berbahasa inggris di saluran dapurku tuh, tanpa dislike bo, padahal viewnya baguslah, diatas 500, jadi para bule itu atau yang nonton video-video bahasa Inggris, kalau tidak suka, ya tutup langsung videonya, sedangkan penonton asia (Indonesia), tidak sungkan sebelum tutup video, memberikan tanda mata berupa jempol kebawah dislike dulu haha.

Video memasak berbahasa Inggris persaingannya tinggi, namun rendah dislike, karena sayapun butuh waktu lebih lama kalau buat dalam veris bahasa Ingris, akhirnya saya memutuskan membuat video dapurku dalam bahasa Indonesia sajalah, jadi bisa cepat dan tidak mikir kelamaan. Pernah dong mau buat video dapur versi bahasa Inggris, sudah 2 jam tidak kelar juga haha kebanyakan mikirnya haha.

Oke deh makasih banget yaaa, sudah membaca tulisan saya ini sampai selesai. Demikianlah share pengalaman saya, bagaimana cara saya mendapat 1000 subscribe youtube termasuk point yang saya bahas diatas bagaimana cara mendapat 4000 jam youtube.

Saya emaknya Benjamin mengucapkan selamat Tahun baru 2019, semoga apa yang kita cita-citakan, atau kalau kamu bikin resolusi untuk 2019, semoga semuanya tercapai yaaa …

Video Tips Bagaimana Saluran Dapurku Dalam Setahun Tercapai 1K Subs dan Monetasi Aktif

 

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Baca juga: 6 Tips Bagaimana Dalam Setahun Saya Mendapatkan 3000 Subscriber Youtube Saluran Berkebun

Advertisements

45 Comments

  1. OmaKiarra

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: