Curhat Berkebun 2015 – Tergila-gila Nanam Sayuran

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

You may also like...

57 Responses

  1. sithaae says:

    salam kenal mbk,,awalnya padahal baca artikel tentang WA tp justru malah q tertarik ma artikel berkebun nya 🙂 karna q juga suka bercocok tanam ,,,salam hijau mbk semangat berkebun yaa

  2. iKa says:

    hi Kak Nella, aq lagi nanem bayam, sawi dan mint dengan hidroponik udah sebulan, tapi masih kecil2 ajah nich
    kalau tomat dan kucai coba nyemai dari bibit, ga muncul kecambahnya dalam 3 minggu, trs aq buang jadinya :((

    • Hai Ika, kalau hidroponik aku ga sukses, ga ada nutrisinya, cuma ada pupuk cair. Tomat tuh cepat ko sproutnya 1-2 minggu an biasanya. Media tanam harus selalu basah. Coba ngulang lagi deh. Nanam di wadah/pot kecil dulu misalnya bekas air mineral.

      • iKa says:

        aq pke rockwoll utk semai tomatnya Kak, nanti dicoba dengan tanah kalau gitu..thanks ya Kak

        • Hai Ika, di forum hidroponik sering saya lihat penggunaan rockwoll untuk penyemaian bisa ko, gpp coba kedua cara dengan rockwoll dan juga dg tanah. Paling penting waktu menyemai media tanamnya jangan sampai kering namun jangan sampai juga ada air tergenang. Kalau berhasil beritahu saya yaa :mrgreen: .

  3. berliyandy says:

    saya..saya suka menanam sambil angkat tangan paling tinggi padahal belum mandi…hehehe maafkan ya mba nel

  4. niee says:

    Aku klo makan jarang banget pke cabe mbak. Gak tahan pedas soalnya. Hahahaha.
    Seru juga ya mbak klo berkebun gini. Boleh kapan kapan dicoba 😆

  5. Newbie Tora says:

    Itu cabe yang pada poin nomor dua bisa dibuat sambal ya mbak,… bentuknya kayak tanaman cabe hias 😀

    ( link newbietora.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 15.09.2016 )

  6. dinda says:

    hai kak nella, udh lama saya baca blog kakak, dari kakak blum punya benjamin, hehhe, tapi baru skrg berani komen, gak nyambung sih sama tema blog nya, tapi org indonesia yg sering bgt ngepost tentang jerman stau saya kaka nellaa, oia kak, bisa dibuat gak tentang angela merkel (kalo sempet ya kaaak), dan gimana rasananya ekonomi jd org jerman? apalagi katanya jerman itu ekonomi nya kuat bgt, dan nolongin negara2 tetangga nya yg lagi krisis parah..makasih info nya ttg jerman ya kak sebelum nyaaa:*

    • Hai Dinda, salam kenal, makasih ya sudah sering baca postingan2 saya 🙂 . Oalahhh kalau bahas bu Angie tuh takut salah ah, klo dari perspektif sendiri takut dibilang pembaca klo saya menyesatkan hehe. Makasih buat ajuan tema mu, saya akan coba kumpulin data2nya dulu ya. Ga berani ah ngomongin soal ekonomi, topik berat hehe. Selain nolongin negara tetangga, makin hari makin banyak pengungsi di Jerman ini, suamiku belum lama komen, pemerintah sibuk ngurus pengungsi kenapa ga bantu lansia wn. sendiri dalam hal rumah jompo difasilitasi supaya lebih baik lagi.

  7. Sehat dan segar sekali ya mba thumbsup

  8. cahaya says:

    Saya baru mulai nanam sayuran dari akhir juli… yg sdh tumbuh daun itu kecipir dan timun. Yg baru berkecambah kacang panjang, gambas, kangkung sama terong. Yg blm ada tanda2 cabe.. rasanya kayak melihara bayi hihi… senang melihat perkembangannya tiap hari, tapi ga sabar juga nunggu waktu panen.

  9. chris13jkt says:

    Seru juga ya kalau bisa panen tanaman dalam pot. Sayang aku coba tomat gagal terus. Satu-satun ya yang pernah berhasil cuma sawi dan itu juga jadi awal anak-anakku doyan sayur 😀

  10. Susleni says:

    Akuuu mulai nanam lagi kaaakkk…
    Udah mulai turun hujan di Pekanbaru, jadi bersemi lagi tanaman-tanaman ku…
    Kalo cuaca udah baik semangat mau nanam-nanam lagi….

    • Hai Sus, ahhh senengnya aku dapat teman berkebun lagi. Dipostingan ini sudah 2 yang bilang mulai berkebun lagi 😉 .
      Hahaha semangat berkebun tergantung cuaca ya. Klo musim kemarau begini aku kesel, tanaman pada mati.
      Thanks God semalam hujan, paling ga bak penampung air hujan terisi separuh buat nyiram tanaman 😀 .

      • Susleni says:

        Iya kk, habis kalo cuaca gak bagus agak susah ngerawatnya kak…
        Di tempat q juga udah mulai hujan, makanya semangat lagi….
        Betkebun itu seru kak, apa lagi kalo yg ditanam tumbuh subur, sehat, berbunga atau berbuah, bahagia rasanya…

  11. Sama tergila-gilanya kita dengan sayuran mbak.. 😀
    Tapi disini lagi rempong banget mesti nyiram mulu.. kemarau hiks..

  12. Rasanya aku ingin nanam juga tapi malas…
    Aku suka pohon tomatnya nell.

  13. kayka says:

    salad bio jadi tenang ya makannya mbak 🙂

    btw saya lagi kepengen banget bisa nanem kencur dan kunyit, request nih mbak nella..,

    salam
    /kayka

  14. Ririn Setia says:

    Bentuk tomat nya lucu ya, beda sama disini 😁 .

    ( link bukarahasia.com dihapus karena domain tidak aktif lagi. 06.08.2016 )

  15. -n- says:

    Aku ga suka berkebun tp suka liat foto2 mbak. Seger yaaa! Kebayang itu selada dijadiin lalapan sama nasi anget + sambel + ayam ungkep 🙂

  16. Huhuhu. Aku jadi pengen nanem tomat lagi kak. Sekarang aku ada tanaman cabe doang. Tapi bingung kok ga berbuah-buah >.<

  17. Icha says:

    Mbak Nella sama spt alm. ayahku, hobi berkebun. Ayah dulu punya kebun bunga sendiri, tumbuhnya bagus2. Sayangnya hobi berkebunnya gak nurun ke anaknya ini, aku cuma hobi metik2 bunganya hahaha. 😁

  18. denaldd says:

    Tidak diperbolehkan menyiram tanaman saat siang hari karena pada saat itu tanaman sedang proses fotosintesis. Bukannya seger, tanaman malahan bisa mati. Itu yang dikatakan Guru Biologi pas jaman SMP dulu 😀
    Aku nanamnya didalam rumah Nel, dipot2 gitu. Tapi sinar matahari bisa masuk banyak ke rumah soalnya pot2nya aku taruh pas depan pintu kaca gede penghubung ke balkon. Males naruh balkon soalnya sering banget hujan disini. Karena baru pindah Belanda, jadi baru dimulai pengalaman tanam2nya. Cabe rawit merah, bawang pre, paprika, buncis, terong, tomat ijo merah, rucula, strawberry, basilicum, kemangi, pok choy, stevia, mint, koriander, petersely. Pengen nanem kangkung belum ketemu benihnya. Yg sudah bisa dinikmati basilicum, kemangi sama buncis 🙂 duh lihat sayuranmu seger2, pengen bikin lalapan sambel trasi.

    • Hai Den, makasih yaa, iyaa ya karena proses fotosintesinya 😀 . klo lagi proses tsb sebaiknya ga bongkar2 (pindah) tanaman juga, pengalamanku tuh tanaman sering mati saat fotosisntesis diganggu. Klo hujan lebih dari sehari, aku pindahin pot2 tanaman yg ga tahan hujan, repot sih pindah2 habis taruh rumah ga bisa algi ada Benjamin hehe. Wahhhh banyak banget kamu nanam Den :mrgreen: .

      Mengenai kangkung, 2 hari aku nyari2 yg jual seedsnya di internet, baru semalam ketemu dan langsung order 2 bungkus. Kalau di Belanda namanya waterspinazie bisa juga cari pakai nama latinnya Ipomoea aquatica.

      • denaldd says:

        Aku sudah berburu ke pasar dan garden center buat benih kangkung. Ga pernah ada. Ah iyaaa bener, aku belum pernah cari online. Ntar ah cari online. Thanks ya Nel 🙂

  19. monda says:

    kk lagi pengen nanam singkong Nel
    dari ladangnya kk ipar udah bawa batang singkongnya, pas lebaran
    tapi karena masih panas banget di luar, makanya cuma dicucuk aja satu pot dgn pohon alpukat, udah tumbuh tunasnya
    nggak tau nih kapan harus dipindah he..he..

    kepengen makan daun ubi tumbuk dari tanaman sendiri sih

  20. Arman says:

    Mantap jd sayuran organik ya nel… Sehat… 🙂

  21. fee says:

    impianku nih, menanam sayuran2….lirik harga sayur2an organik

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: