Cerita Benjamin Bisa Jalan

loading...

Cerita Benjamin Bisa Jalan. Menurut babycenter.co.uk anak akan bisa berjalan (tanpa berpengangan) menjelang ulang tahun pertama. Si anak akan berjalan dengan sangat baik saat usia 14 atau 15 bulan. Orangtua tidak perlu kuatir kalau anak anda membutuhkan waktu lebih lama. Banyak ko anak yang tidak jalan sampai usianya 17 atau 18 bulan, namun kalau kuatir ya lebih baik datangi dokter anak anda.

Saat bayi anda melangkah untuk pertama kalinya, dia akan membutuhkan bantuan, bisa dengan berpengangan pada tangan orangtuanya atau mendorong kuat mainannya, bisa juga berpengangan pada perabotan disekitar si bayi berada.

Benjamin kalau jalan berpengangan pada perabotan atau tembok sudah lancar sejak usia 9 bulan, lepas tangan pasti jatuh. Ben tidak pernah kapok mencoba. Saya sering pancing supaya Ben berani tidak berpengangan, berani tidak hanya jalan merembet ditembok namun juga melangkahkan kakinya ke tengah, sayangnya kala itu anaknya belum mau melangkah ke tengah πŸ˜€ .

Video gaya Ben jalan tapi berpengangan

 

Ben punya mainan mobil yang setiap hari dinaikinya, gayanya seperti foto dibawah ini:

Cerita Benjamin Bisa Jalan. Gaya Ben naik mobil, biasa kaki kebawah nih kali kaki naik bergaya gitu yaa
Gaya Ben naik mobil, biasa kaki kebawah nih kali kaki naik bergaya gitu yaa

 

Nah bapaknya Ben atau saya bertugas mendorong mobilnya. Semua ruangan dirumah kami kami jelajahi, sambil sesekali Ben tekan klakson mobilnya, lalu melambaikan tangan kanannya (seperti kalau di stadion banyak pengunjung nonton mobil balap, pas masuk finish da da da dong ke penggemar haha), gaya Ben sudah seperti pembalap beneran 😎 .

Mobil Bobby Car dibeli saat Ben usia 6 bulan, saat itu duduk masih goyang, jadi kalau main pegangi pundak Ben
Mobil Bobby Car dibeli saat Ben usia 6 bulan, saat itu duduk masih goyang, jadi kalau main pegangi pundak Ben

 

Main mobilnya setiap hari saat Ben sudah bisa duduk tegak, tidak goyang lagi, pokoknya saat sudah mantap. Kalau duduk belum mantap saya pegel main mobil karena harus pegangi Ben dipundaknya supaya tidak jatuh. Pas anaknya sudah bisa duduk dengan sangat baik, maka yang dorong mobil bisa gunakan tongkat stik, kitapun enak dorongnya πŸ˜€ .

Tanggal 19 Mei Ben mulai berani jalan ke tengah, tidak merembet ke tembok lagi. Seperti biasa hari itu kita main mobil, eh tiba-tiba belum 5 menit, Ben nya turun dan dia dorong itu mobil.

Video hari pertama Ben belajar jalan

 

Lebih dari setengah jam Ben terus-terusan dorong mobil, kalau mobilnya nabrak tembok atau lemari Ben jadi kesal karena dia tidak tahu cara memundurkan mobilnya. Didorong terus dan terus tetap nyangkut tidak bisa jalan mobilnya. Ben duduk dilantai lalu jedotin kepalanya ke lantai, ada anak anda kah seperti gaya Ben kesal? hehe.

Video hari ketiga Ben belajar jalan

 

Kalau hari pertama dorong mobil, langkah Ben masih tersendat nah dihari ketiga makin lancar jalannya.
Hari keempat barulah Ben berani melangkah tanpa berpengangan. Wah saya bahagia sekali hari itu. Bapaknya Ben pulang kerja langsung saya tunjukkin videonya πŸ˜€ .

Video hari keempat Ben belajar jalan. Horee lepas tangan

 

Belajar berjalan adalah lompatan besar buat bayi. Hal tersebut menandai perubahan dari seorang bayi menjadi balita. Hore berarti Benjamin jagoanku bukan bayi lagi yaa <3 .

Awal Ben bisa melangkah sepertinya takut-takut, dia pakai celana lengging mungkin licin dibawa jalan, jadi pas melangkak Ben takut jatuh. Sama mama saya disuruh lepas, tidak pakai lengging. Kebetulan cuaca juga makin hangat (sekarang sudah panas sekali!) jadi Ben saya pakaikan celana panjang biasa. Beneran sih anaknya jadi lancar melangkah.

Dalam rumah Benjamin selalu tanpa alas kaki berjalan, anaknya kelihatan nyaman dan bahagia sekali bisa jalan ya sudah kami biarkan begitu. Kalau keluar rumah dipakaikan kaos kaki yang ada anti licin buat melangkah. Belum punya sepatu karena kata bapaknya nanti pas usia 1 tahun saja, saat Ben sudah benar-benar mantap berjalan baru beli sepatu. Kalau ke rumah omanya Ben sudah mondar mandir ke ruang tamu, dapur dan taman. Terserah dia mau main kemana.

Video Benjamin berjalan tiada henti

 

Berjalan tanpa alas kaki membuat bayi bisa cepat melangkak loh, karena membumi kali ya hehe. Jadi kalau bayi anda mau diajarin jalan juga, nyeker (tanpa alas kaki) adalah tahap awal yang baik untuk belajar berjalan. Lupakan deh sepatu yang keren, yang penting anaknya bisa jalan dulu. Tanpa alas kaki tentunya saat hanya didalam rumah ya.

Sudah bisa jalan tentu saja ada drama baru dong dalam rumah, Ben jadi rajin sekali bongkar barang-barang. Laci dibuka isinya dikeluarin, kardus-kardus isi berbagai bahan makanan, seperti kerupuk mentah, mie, beras ketan apa lagi ya, pada diangkut keluar. Jeruk di sembunyikan, kaos kaki ditaruh laci tempat kain lap. Tangan Ben sudah nyampe pegang pintu kulkas, kalau saya tutup Ben ikutan nutup. Makin banyak cerita lucu saat Ben sudah bisa jalan.

Benjamin 10 bulan 1 minggu lancar deh jalannya. Gaya bener saat sudah bisa jalan. Foto kanan bahagia banget bisa ngengondol mie instan
Benjamin 10 bulan 1 minggu lancar deh jalannya. Gaya bener saat sudah bisa jalan. Foto kanan bahagia banget bisa ngengondol mie instan

 

Berhubung Benjamin sudah mulai lancar berjalan, jadi saya tidak rekam tiap hari πŸ˜€ karena gayanya sama saja hehe . Sabtu lalu kami bertiga potong rambut, tadinya mau gabung cerita Ben potong rambut pertama kali, ternyata ceritanya kepanjangan nanti jadi bosan, oleh karena itu saya bagi dua saja ceritanya ya (kalau saya tidak malas ngeblog πŸ˜€ ) . Video terbarunya Ben berikut ini, saat kami ditempat potong rambut.

Video Ben sudah lancar berjalan (06 Juni 2015)

 

Perlu diingat bahwa perkembangan setiap bayi berbeda, beberapa bayi cepat sekali perkembangan atau malah sebaliknya. Kalau misal anda sebagai orangtua kuatir ko si anak belum bisa jalan padahal sudah 18 bulan maka cobalah datangi dokter anak.

 

Sumber:

β€’ www.babycentre.co.uk/a6507/developmental-milestones-walking
β€’http://www.babycentre.co.uk/x1048878/when-will-my-baby-walk
β€’http://www.babycentre.co.uk/x1048252/is-it-true-that-babies-need-to-wear-shoes-sometimes-so-their-feet-develop-normally

 

Baca juga :
β€’ Pengalaman Para Orangtua Mengatasi Anak Tantrum
β€’ Berbagai Macam Gaya Tidur Benjamin
β€’ Peran Ayah Dalam Keseharian Bayi

Advertisements

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany, however I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom. I have a lot of passions of gardening.

65 thoughts on “Cerita Benjamin Bisa Jalan

  • July 10, 2015 at 9:03 am
    Permalink

    Benjamin.anak yg cerdas.dan cute

  • June 14, 2015 at 2:42 pm
    Permalink

    Perkembangan motorik jalan Ben cepet ya Jeng Nella, baru lepas dari 10 bulan sudah melenggang. Wah siap-siap nih Jeng, berlarian mengejar Ben yang gesit.
    Salam

  • June 14, 2015 at 8:22 am
    Permalink

    Ben, makin hari makin ganteng… πŸ™‚

    catatan perkembangan ben komplit… Luar biasa nih mamak ben, sampe tanggal dia bisa jalan sendiri ke tengah rumah… ini inspirasi banget nih bagi aku…

      • June 15, 2015 at 2:42 am
        Permalink

        Sama2 Ben… πŸ™‚

        iya bener ya… secara kesibukan udah makin meningkat, jadi kalo ga ditulis langsung bisa lupa. bisa aja ingat sih liat di tanggal pemuatan foto atau video ya, tp malah lebih repot kan yaa…

  • June 12, 2015 at 3:08 am
    Permalink

    Waaah, Ben hebat sekali. Belajar jalannya terbilang cepat ya mba.. Rata-rata keponakan aku bisa jalan diatas umur 13 bulan hehe.
    Itu foto yang megang remot lucu banget haha jail gitu mukanya hihi pipinya pengen dicubit πŸ˜€

    • June 12, 2015 at 7:24 am
      Permalink

      Hi Baiq beda-beda sih kemampuan anak bisa berjalan, ada yg cepat mungkin spt si Ben ada juga yg lambat. Sejak awal si Ben kicik memang lasak, merangkak aja bisa cepat sekali πŸ˜€ . Gayanya memang lucu saat bisa mengambil/bawa lari entah hp, krupuk mentah, ubi, botol dll πŸ˜€ .

  • June 12, 2015 at 2:34 am
    Permalink

    Paling suka ekspresi Ben saat berhasil ngambil mie instan haha..
    Itu barang-barang habis di pegang trus di apain mbak ? Kadang-kadang bocah abis dapat tuh barang di lempar ke segala arah sesukanya πŸ˜€
    Tapi pokoknya musti siapin fisik karena bakal heboh kejar-kejaran hihi..

    • June 12, 2015 at 7:26 am
      Permalink

      Hahaha kalau aku minta si Ben malah ngabur πŸ˜€ . Barang2 diambil dr dapur bw ke ruang lain, klo bosan dia akan ambil barang lainnya, klo aku larang makin penasaran Ben. Iya main kejar2an setiap hari haha.

  • June 11, 2015 at 2:07 am
    Permalink

    Kk Benjaminx lucu sekali dgn gayax naik mobil mainan … mungkin benar jg kt mamax Ben … ini anak bakalan jd pembalap F1 ???

  • June 9, 2015 at 2:34 pm
    Permalink

    Ihhhhh…ben, gemesin sekaliiii ^o^

    Bayi pas bljr jalan itu lucu ya mba… tatih-tatih gitu, trs jatuh, jln lagi. hihihi…ankku trmsuk cepet pas jln.. dan dia mwnya kluar pas jln.. -__-..

    kalo orang tua jaman dulu, bayinya yg lg bljr jln disuruh jalan di atas rumput pagi, supaya tapak kakinya basah kena embun..katanya bikin cepet… πŸ˜€ ntahlah yaa ;p aku ga liat korelasinya sih πŸ˜€

    • June 10, 2015 at 8:27 am
      Permalink

      Klo keluar pas jalan, anakku belum punya sepatu haha. Jd nyeker dalam rumah aja.
      Kali aja ortu jaman dulu bener, jalan diatas rumput supaya kaki cepat beradaptasi kali bisa merasakan ada yg diinjak ga rata, trus basah πŸ˜€ .

  • June 9, 2015 at 2:52 am
    Permalink

    Yeay Ben dah bisa jalan tari pompom udah makin gede aja, nanti tau2 jalan udah gandeng pacar eh

    • June 10, 2015 at 8:29 am
      Permalink

      hahaha iya ya waktu cepat banget berlalu, ga terasa bentar lagi 1 thn trus masuk sekolah trus bener gandeng pacar kali ya πŸ˜€ .

  • June 8, 2015 at 10:04 am
    Permalink

    wohooo,,,akhirnya Ben bisa jalan juga,,horeee, semangat Ben! bentar lagi udah bisa lari2 tu mbak. giliran emaknya nambah kerjaan beresin yang ydah diberantakim Ben, semangat juga buat emaknya Ben πŸ˜‰

    • June 8, 2015 at 5:01 pm
      Permalink

      Iya Dhy sudah bertambah tugas kami nih sbg ortu. Tugas beresin mainannya Ben dan beresin barang2 yg diberantakin Ben.
      Mulai usia 2 thn baru akan dikasih peraturan “habis main beresin sendiri” haha.

      • June 8, 2015 at 5:41 pm
        Permalink

        waduh kasian Ben disuruh beresin mainannya sendiri kalo udah 2 tahun, saya aja yg beresin mbak Nel, gak mau liat Ben capek lebay siapa loe πŸ˜€

        • June 8, 2015 at 5:45 pm
          Permalink

          Wahhh tante Adhy baek bangett sih *kata Ben kicik. Mulai umur 2 thn harus dibiasakan disiplin soalnya kan kita ga ada pembantu, punya ya anak ya harus ikut bantu-bantu dong kan itu gunanya punya anak hahah

  • June 8, 2015 at 9:33 am
    Permalink

    Ben hebaat deh 10 bulan dah bisa jalan… Selamat menjelajah Ben… Oliv bisa jalan lancar pas 13 bulan πŸ™‚

    • June 8, 2015 at 4:59 pm
      Permalink

      Ponakanku cewe 12 bulan mbak baru jalan. Beda-beda sih tiap anak, yg penting anaknya siap aja pas jalan bukan krn dipaksa ortunya hehe.

  • June 8, 2015 at 8:55 am
    Permalink

    Ben hebat ih. Dan lucu. Mbak kalau ke Indo bawa yak. Mau lihat Ben langsung. Hahaaha

  • June 8, 2015 at 6:49 am
    Permalink

    Mirip ponakan temen ku, kalo lagi kesel dan bete suka jedot2in kepala dan ini sering bikin kita ngakak lucuuuuuuuu

      • June 15, 2015 at 8:13 pm
        Permalink

        Sekarang sech sudah diajarin, ngak boleh jedot2 lagi coz emak nya ternyata takut anak nya gagar otak hehe

  • June 8, 2015 at 5:00 am
    Permalink

    Oma senang ben lihat ben dah bisa jalan,jadi pingin cepat2 deh ktemu sama ben kapan ya?datang lah ke jkt ya!

    • June 8, 2015 at 4:57 pm
      Permalink

      Kalau Ben datang nanti dikabarin ya omaaa πŸ˜€ . Sementara melepas rindu lewat skype aja tiap hari πŸ™‚ .

  • June 8, 2015 at 4:16 am
    Permalink

    Ben hebaaatt. Si k baru bisa melangkah umur 11 bulan. Baru bisa jalan pas 12 bulan dan berlari bahagia umur 13 bulan. Hahaha. Emang perkembangan anak beda beda kan ya. Jadi jangan dibandingin.

    Masalah alas kaki juga bener tuh mbak. Ada anak temen aku yang sehari harinya selalu pke kaos kaki. Aku bilang lepas aja ntar susah belajar jalannya. Tapi dianya gak mau takut kedinginan. Padahal pontianak mah panas banget. Akhirnya dia stress sendiri anaknya 12mo belum bisa berdiri sendiri apalagi jalan. Klo aku prinsipnya semua indera dibiarin terbuka aja. Biar anaknya bisa merasakan ?

    • June 8, 2015 at 4:54 pm
      Permalink

      Awalnya aku juga kuatir kaki Ben akan kedinginan, kan kamar mandi dan dapur (Sedikit) lantai ubin. Ya coba ngikutin saran mamaku supaya nyeker aja, eh bener sih ga nyampe seminggu anaknya bernai nyoba jalan.

      • June 9, 2015 at 12:51 am
        Permalink

        Di rumah aku semuanya malah ubin. Kebiasaan orang di pontianak rumah ubin semua. Hahahaha. Karena panas kali yak disini.

        • June 10, 2015 at 8:30 am
          Permalink

          Rumah ortuku di Jakarta lantai ubi juga ko πŸ˜‰ . klo ditempatku sini lantai ubin super dingin, paling klo jalan tanpa alas kaki pas musim panas saja.

  • June 8, 2015 at 4:07 am
    Permalink

    yay.. ben udah bisa jalan sendiri… selamat ngejar2 ya nel. hahaha

    iya tiap anak emang beda2 banget. si andrew dulu umur 17 bulan baru jalan dan gak pake tahap merangkak. kalo si emma umur 1 th bisa jalannya…

    • June 8, 2015 at 4:52 pm
      Permalink

      Hahaha iya sudah ngejar Ben waktu ngambil mie instan πŸ˜€ . Ponakan gw juga 1 thn baru bisa jalan, bahkan nyokap cerita ada anak temannya yg 2 thn baru jalan. Kita ortunya bersabar aja nunggu kesiapan anaknya ya ga krn ngikutin kata si a, b,c harus bisa jalan cepat πŸ˜€ .

  • June 8, 2015 at 3:35 am
    Permalink

    Pinternya Ben. Yang masih belajar jalan sambil ngoceh – ngoceh lucu ya hihihi

    • June 8, 2015 at 4:50 pm
      Permalink

      Pas Ben ngoceh selalu kubilang ke bpknya, “itu bukan bhs indonesia ya, bhs bayi tuh, aku juga ga ngerti” haha.

      • June 9, 2015 at 5:50 am
        Permalink

        Haha, supaya ga ditanya artinya apa ya hahaa…

  • June 8, 2015 at 2:51 am
    Permalink

    sebentar lagi bakalan bisa lari nih πŸ˜€

  • June 8, 2015 at 2:04 am
    Permalink

    wow..abang kicik yang cakep udah bisa jalan…
    Foto yang bawa indom*e lucu banget…. πŸ™‚

    • June 8, 2015 at 4:48 pm
      Permalink

      Bukan hanya mie instan yg dibawa Ben. Kerupuk mentah, jeruk bahkan botol 500 ml penuh dibawa-bawa juga. Jalan2nya sdh goyang2 spt bebek πŸ˜€ .

      • June 9, 2015 at 3:44 am
        Permalink

        iya mama ben, saya liat videonya lucu jalannya… menggal menggol gitu,, semoga sehat trus ya ben… πŸ™‚

  • June 8, 2015 at 2:00 am
    Permalink

    Selamat lari-lari , Beeeen….Termasuk cepet jalan dia ya, Nel, padahal badannya juga gede kan ihihi siap siap ngejar deh kauu itu indomie aja udah diembat ahahaha.
    Gaoqi waktu kecil kalo kesel suka jedotin kepala ke lantai jugaaa, dulu aku kuatiiir eh pas cerita sama salah satu sahabatku dia cerita dia pas kecil kalo sebel ngejedotin kepalanya ke lantai, nah dia kan orangnya pinter ya jadi dia bilang “ah gapapa tuh, buktinya aku dulu suka jedotin kepala ke lantai, bisa begini,” . Aku bilang “Kalo gak kau jedotin kepalamu mungkin kau udah jadi Menteri keuangan hari ini” ihik.

    • June 8, 2015 at 4:46 pm
      Permalink

      Ndanggg tadi pagi pas dikomenmu, komputer dipencet Ben powernya, ya udah bubar deh internetan πŸ˜† .
      Badan Ben biasa aja ko ga gede. Hahaha iya itu hari sudah kukejar si Ben krn ngembat indomie, dr dapur trus lari ke kamar tidur utama.
      Wah berarti anak kecil sama ya modelnya pas kesel. Hahaha ya udah nanti kubiarin deh Ben klo jedotin kepala lagi, biar pinter πŸ˜€ .

  • June 8, 2015 at 1:14 am
    Permalink

    Anakku umur 9 bulan mulai merayap (cicak kali ya hahah)… berdiri dengan memegangi apapun

    • June 8, 2015 at 11:08 am
      Permalink

      Haha mungkin begitu mas gaya anak belajar jalan, mirip cicak πŸ˜€ . Samalah anakku merangkak/meryap juga awalnya, lalu berdiri pegang benda2 disekililingnya.

  • June 8, 2015 at 1:03 am
    Permalink

    Waah udah bisa jalan
    Cepet banget ben
    Gak perlu dititah jadinya y mba, enak

    • June 8, 2015 at 11:07 am
      Permalink

      Dari umur 3 bulan sudah dititah πŸ˜€ . Klo titah kitanya dibelakang sudah cepat si Ben jalan, klo yg titah nyamping ga mau jalan dia hehe.

      • June 8, 2015 at 1:15 pm
        Permalink

        Wah brarti teori kalo dititah lama jalannya gak berlaku dung mba πŸ™‚
        Si ben nurun sapa tuh mba cepet jalan

        • June 8, 2015 at 5:02 pm
          Permalink

          Wah aku malah baru denger tuh mba klo dititah jd lama jalan πŸ˜€ . Sama mamaku malah disuruh sering dititah spy cepat jalan.

          • June 8, 2015 at 5:22 pm
            Permalink

            Iya mba….katanya temenku jg sih πŸ™‚
            Katanya anaknya keasyikan ditemenin, jd males nyoba sendiri…

  • June 8, 2015 at 12:38 am
    Permalink

    Waaahhh.. Seru ya. Sehat terus ya Ben. Jelajahilah dunia dengan kaki kecilmu πŸ˜€

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: