May 30, 2020

Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki

Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki. Sebelnya kulit kaki saya kembali menembal, alias kena kapalan lagi πŸ™ . 3 hari lalu pas malam hari, saya merasa ko sakit ya kulit telapak kaki, padahal saya memakai sepatu yang biasa sehari-hari. Saya peganglah kulitnya, yaelah ternyata sudah kapalan lagi, sudah keras sekali kulitnya, pantas saja, saat saya berjalan terasa sakit.

Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki
Alat Amplas Parut Kaki. Credo Solingen Hornhautraspel Made in germany

Kalau saya keluhkan kepada suami tercinta, pasti saya diceramahi lagi karena saya sukanya beli sepatu yang murahan, dia bilang saya lebih sayang duit, ketimbang sayang kaki sendiri haha.

Kapalan dalam kamus kedokteran disebut kalus dimana area kulit menebal disebabkan gesekan maupun tekanan dari luar yang terjadi terus-menerus. Kapalan bisa timbul akibat penggunaan alas kaki yang tidak tepat, misal kekecilan, memakai high heels, jadi kulit tergesek dan tertekan.

Karena saya tidak punya batu apung, tidak tahu juga dimana di Jerman sini membeli batu apung, jadi saya pakai alat yang fungsinya seperti parutan πŸ˜€ . Ada 2 jenis alat parutnya, yang kasar dan halus. Ada pula dijual alat yang mirip silet, nah saya ko ngeri kalau pakai silet, jadi saya memutuskan membeli alat amplas parut kaki saja πŸ˜‰ .

Kapalan dalam bahasa Jerman disebut Hornhaut. Β Alat yang saya gunakan ini nama/merek CREDO Hornhaut-Flachraspel, harganya sekitar 6-7 euro (Rp.96.000-112.000), ada 2 parutannya, halus dan kasar. Saya beli alatnya di kaufland, waktu mau jemput Benjamin, sambil nunggu jam jemput, saya selalu main ke supermarket Kaufland πŸ˜€ ; di DM juga ada, mungkin ada pula di apotek deh.

Dulu sekali saya pernah gunakan gunting untuk membuang kulit kapalannya, saya gunting dan congkel kulitnya. Yaelah malah tidak bisa jalan selama 3 hari! gara-gara kebanyakan digunting kulitnya haha. Pakai alat CREDO ini enak, tidak membuat sakit, dan tidak membuat terlalu banyak kulit yang diparutnya, saya bisa cek sampai sehalus apa saya inginnya, lalu selesai deh proses menghilangkan kulit kapalannya.

Supaya kaki tidak sakit, sebenarnya supaya mempermudah proses marutnya sih, jadi sebaiknya setelah mandi, atau kalau saya rendam kaki diair hangat selama 30 menit, sambil maskeran dan internetan juga hehe, me time saat anak-anak dibawa bapaknya pergi πŸ™‚ .

Karena sudah lebih dari sekali kaki saya kena kapalan begini, tips untuk mencegah/memperlambat kaki tidak segera kena kapalan lagi ala emaknya Benjamin, antara lain:

  • Pakailah sepatu yang nyaman, sesuai ukuran kaki kita, jangan dipaksain karena lihat modelnya yang bagus, tapi kaki bagian depan tertekan. Nih misal kalau suka pakai high heels πŸ˜€ .
  • Pakai kaos kaki untuk menghindari gesekan/tekanan langsung kulit kaki ke sepatu.
  • Setelah mandi oleskan lotion khusus kaki, supaya terjaga kelembapannya. Kaki saya jenis yang cepat sekali kering, dan saya sering malas untuk pakai lotion, kecuali kalau sudah kapalan ya setelah dibuang kulit tebalnya, baru sadar rajin pakai lotion πŸ˜€ .
  • Rajin mengamplas kulit kaki, misalnya setelah mandi, sediakan waktu 2-3 menit, pakai alatnya khusus. Kalau tidak ada alat amplas, pakai batu apung bisa juga, fungsinya sama ko.
  • Kalau sudah kena kapalannya, bisa gunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilatΒ (tanya di apotek), namun hati-hati ya untuk penderita diabetes krim ini bisa saja mengiritasi dan menimbulkan infeksi, sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu.
  • Mengoleskan krim khusus penghilang/pencegah kapalan (bisa lihat videoku dibawah), isi lotionnya mengandung ekstrak bunga calendula. Calendula ekstrak termasuk membantu luka untuk menyembuhkan lebih cepat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

 

 

Video Cara Cepat dan Praktis Hilangkan Kapalan pada Kaki

 

Kalau kamu mempunyai penyakit diabetes, sebaiknya dikonsultasikan dahulu untuk penanganannya ya, jangan di tangani sendiri, misal pakai silet memotong bagian kulit yang tebalnya. Kalau pakai alat khusus seperti saya. Alat penghilang kapalan jangan dipinjamkan/dipakai orang lain, kuatirnya kulit terluka dan ybs ada penyakit, malah bisa tertular, amannya sih beli baru buat sendiri.

Kalau ada yang mau nambahin tipsnya, dengan senang hati saya akan masukkan ke pendapat kalian ke postinganku ini ya.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Bahan Alami

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

26 thoughts on “Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki

  1. Aduh, komen belum selesai diketik udah kepencet kirim.
    Saya ngga ada masalah kapalan di kaki, sih sekarang. Tapi dulu pernah kapalan saat ikut latihan karate nyeker. Setelah nggak katate lagi nggak kapalan deh heheh πŸ˜€
    Kalau suami malah problem kakinya seputar cantengaaan melulu… Oh ya tumitnga juga pecah-pecah sampai kalau retaknya dalam teraaa perih. Hiii kasian dia.

    Kalau mbak sayang kaki beli sepatu maha aja mbak, apalagi bapaknya anak-anak udab memberi ijin beli sepatu mahal hihi…

    1. Hai Jessmite, iya kalau ga pakai alas kaki bisa kapalan, trus waktu itu hilang sendiri kapalannya, atau kamu buang sendiri?. Cara mengobati kaki pecah pecah, rendam kaki dengan air garam, pakai air hangat ya. Rendam 30 menitan, lalu gosok perlahan kaki dengan batu apung, trus bilas deh πŸ˜‰ . Oh setelahnya pakai krem kaki πŸ˜€ . Sudah ada sepasang sepatu mahal kubeli, pakai duit sendiri lebih bangga haha πŸ˜€ ; kalau ga ada duit baru pakai duit suami πŸ˜‰ .

      1. Hilang dengan sendirinya mbak seiiring dengan saya tidak pernah latihan karate tanpa alas kaki lagi. Tapi selama ini saya kerja di yayasan yang membuat saya berjalan tanpa alas kaki di tempat belajar semi terbuka pun tidak membuat kaki saya kapalan. Oh ya ada obat khusus kapalan di Indonesia yaitu Kalusol mengandung asam salisilat juga. Makasih info merawat kaki pecah-pecahnya ya mbak, ntar saya sarankan ke suami. Kalau mengatasi cantengan tau ga mbak hehehe? Tapi dia ga mau dicabut kuku kakinya untuk diobati dokter xD syerem

        1. Jessmite kamu jalan tanpa alas kaki, tuh lantainya yg dari batu2 gitu ya?, pernh kuliat ada buat terapi bebatuan disusun rapih banget buat nyeker gitu. Emang klo dicabut kukunya ga disuntik dulu di dokter?. Klo numbuh kuku baru biasanya yg lama tertekan dan lepas sendiri deh. Untuk pengobatan cantengan dirumah sama spt kaki pecah, direndam air hnangat yg dikaish garam. Kalau cantengan ringan bisa kasih krim antibiotik contohnya krim Gentamisin dan Klindamisin, yang dioleskan pada daerah yang terinfeksi, klo sdh bengkak, ada nanah gitu lebih baik ke dokter, bakalan di bius lokal ko kalau mau dicabut kukunya.

          1. Iya jalan semenan aja nggak terlalu berbatu ada rumputnya dikit. Iya buat terapi refleksi mbak kalo pakai batu disusun malah menyehatkan tuh.

            Untuk cabut kuku cantengan emang dibius dulu secara lokal. Pernah dikasi salep antibiotik itu sih sama bu bidan. Tapi suami lebih rutin pakai betadine. Iya cantengannya dia udah nanahan dan bengkak ??

      1. Nggak mbak… Diperlakukan biasa aja mbak. Mandi disabuni, abis mandi kadang dikasi body lotion kadang juga diskip kalo buru-buru. Hihi… Ada sih batu apung di rumah tapi jarang dipakai karena males hahaha

  2. Aku dulu sering ngalamin mata ikan di telapak kaki.. kayaknya dulu keserimgan main basket gk pakai sepatu ( di lantai beton and terbuka )

  3. Duh sampe meringis pas baca dulu kamu menggunting dan mencongkel trus ga bisa jalan, jadi ngilu sendiri.
    Thanks tip nya, aku kurang memperhatikan kecantikan kaki, tumit ku kadang pecah pecah klo musim panas, tapi aku cuek aja. Eh btw dah musim panas, kaki ku belum pecah pecah hihihi

    1. Hai Yayang, aku sudah kapok pakai gunting buang kulit kapalannya, sakit banget pas jalan πŸ˜€ . Sama aku juga jarang memeperhatikan kaki kecuali kalau sudah sakit baru ddeh kapok πŸ˜€ . Baru awal musim panas nih, jangan2 puncaknya summer kaki malah bermasalah, ayooo kita merawat kaki yaa πŸ˜‰ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: