Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki

Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki. Sebelnya kulit kaki saya kembali menembal, alias kena kapalan lagi πŸ™ . 3 hari lalu pas malam hari, saya merasa ko sakit ya kulit telapak kaki, padahal saya memakai sepatu yang biasa sehari-hari. Saya peganglah kulitnya, yaelah ternyata sudah kapalan lagi, sudah keras sekali kulitnya, pantas saja, saat saya berjalan terasa sakit.

Cara Praktis dan Cepat Hilangkan Kapalan pada Kaki

Alat Amplas Parut Kaki. Credo Solingen Hornhautraspel Made in germany

Kalau saya keluhkan kepada suami tercinta, pasti saya diceramahi lagi karena saya sukanya beli sepatu yang murahan, dia bilang saya lebih sayang duit, ketimbang sayang kaki sendiri haha.

Kapalan dalam kamus kedokteran disebut kalus dimana area kulit menebal disebabkan gesekan maupun tekanan dari luar yang terjadi terus-menerus. Kapalan bisa timbul akibat penggunaan alas kaki yang tidak tepat, misal kekecilan, memakai high heels, jadi kulit tergesek dan tertekan.

Karena saya tidak punya batu apung, tidak tahu juga dimana di Jerman sini membeli batu apung, jadi saya pakai alat yang fungsinya seperti parutan πŸ˜€ . Ada 2 jenis alat parutnya, yang kasar dan halus. Ada pula dijual alat yang mirip silet, nah saya ko ngeri kalau pakai silet, jadi saya memutuskan membeli alat amplas parut kaki saja πŸ˜‰ .

Kapalan dalam bahasa Jerman disebut Hornhaut. Β Alat yang saya gunakan ini nama/merek CREDO Hornhaut-Flachraspel, harganya sekitar 6-7 euro (Rp.96.000-112.000), ada 2 parutannya, halus dan kasar. Saya beli alatnya di kaufland, waktu mau jemput Benjamin, sambil nunggu jam jemput, saya selalu main ke supermarket Kaufland πŸ˜€ ; di DM juga ada, mungkin ada pula di apotek deh.

Dulu sekali saya pernah gunakan gunting untuk membuang kulit kapalannya, saya gunting dan congkel kulitnya. Yaelah malah tidak bisa jalan selama 3 hari! gara-gara kebanyakan digunting kulitnya haha. Pakai alat CREDO ini enak, tidak membuat sakit, dan tidak membuat terlalu banyak kulit yang diparutnya, saya bisa cek sampai sehalus apa saya inginnya, lalu selesai deh proses menghilangkan kulit kapalannya.

Supaya kaki tidak sakit, sebenarnya supaya mempermudah proses marutnya sih, jadi sebaiknya setelah mandi, atau kalau saya rendam kaki diair hangat selama 30 menit, sambil maskeran dan internetan juga hehe, me time saat anak-anak dibawa bapaknya pergi πŸ™‚ .

Karena sudah lebih dari sekali kaki saya kena kapalan begini, tips untuk mencegah/memperlambat kaki tidak segera kena kapalan lagi ala emaknya Benjamin, antara lain:

  • Pakailah sepatu yang nyaman, sesuai ukuran kaki kita, jangan dipaksain karena lihat modelnya yang bagus, tapi kaki bagian depan tertekan. Nih misal kalau suka pakai high heels πŸ˜€ .
  • Pakai kaos kaki untuk menghindari gesekan/tekanan langsung kulit kaki ke sepatu.
  • Setelah mandi oleskan lotion khusus kaki, supaya terjaga kelembapannya. Kaki saya jenis yang cepat sekali kering, dan saya sering malas untuk pakai lotion, kecuali kalau sudah kapalan ya setelah dibuang kulit tebalnya, baru sadar rajin pakai lotion πŸ˜€ .
  • Rajin mengamplas kulit kaki, misalnya setelah mandi, sediakan waktu 2-3 menit, pakai alatnya khusus. Kalau tidak ada alat amplas, pakai batu apung bisa juga, fungsinya sama ko.
  • Kalau sudah kena kapalannya, bisa gunakan salep atau krim yang mengandung asam salisilatΒ (tanya di apotek), namun hati-hati ya untuk penderita diabetes krim ini bisa saja mengiritasi dan menimbulkan infeksi, sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu.
  • Mengoleskan krim khusus penghilang/pencegah kapalan (bisa lihat videoku dibawah), isi lotionnya mengandung ekstrak bunga calendula. Calendula ekstrak termasuk membantu luka untuk menyembuhkan lebih cepat, mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

 

 

Video Cara Cepat dan Praktis Hilangkan Kapalan pada Kaki

 

Kalau kamu mempunyai penyakit diabetes, sebaiknya dikonsultasikan dahulu untuk penanganannya ya, jangan di tangani sendiri, misal pakai silet memotong bagian kulit yang tebalnya. Kalau pakai alat khusus seperti saya. Alat penghilang kapalan jangan dipinjamkan/dipakai orang lain, kuatirnya kulit terluka dan ybs ada penyakit, malah bisa tertular, amannya sih beli baru buat sendiri.

Kalau ada yang mau nambahin tipsnya, dengan senang hati saya akan masukkan ke pendapat kalian ke postinganku ini ya.

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

 

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih Dengan Bahan Alami

Advertisements
Advertisements

25 Comments

  1. Yos Adya June 20, 2018
  2. jessmite June 9, 2018
      • jessmite June 12, 2018
          • jessmite June 13, 2018
  3. jessmite June 9, 2018
      • jessmite June 12, 2018
          • jessmite June 13, 2018
  4. just A June 8, 2018
  5. Nandito Silaen June 6, 2018
  6. Arman June 5, 2018
  7. n1ngtyas June 5, 2018
  8. mayang koto June 5, 2018
  9. Yayang Neville June 5, 2018

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: