May 30, 2020

Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen. Bolu Apel Tenggelam dalam bahasa Jerman disebut versunkener apfelkuchen ini adalah salah satu variasi kue apel paling sederhana dan tercepat dibuatnya makanya saya suka resep ini ๐Ÿ™‚ . Pada resep ini potongan buah apelnya dibuat dibagian dalam bolu makanya disebut bolu apel tenggelam.

Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

Ada banyak variasi membuat kue atau bolu apel dan beberapa negara seperti Amerika, Inggris Belanda, Swedia dan negara lainnya punya ciri khasnya tersendiri, kalau tertarik silakan baca di wiki/Apple_pie.

Baca juga: Orang Jerman, etika dan kebiasaannya

Kue apel yang saya buat ini mudah dibuatnya, masukkan adonan bolu ke loyang lalu taruh susun rapi potongan apel, tuang lagi adonan untuk menutup buah apel, lalu taruh lagi potongan apel dan masukkan sisa adonan untuk menutup susunan apelnya.

Bahan yang dibutuhkan membuat Kue Apel Apfelkuchen ala Jerman:

300 gram Tepung terigu
1 sdt Baking soda
120 gram Mentega
ยฝ sdt Garam
1 EL Gula
1 telur
1 ยฝ cangkir Susu
6 Apel, besar dan asam
100 gram Gula
1 sdt Kayu manis
3 putih telur

 

Di resepnya disarankan pakai buah apel yang rasanya asam misal seperti Boskoop, kalau saya waktu buatnya tidak pakai apel yang asam. Berikut cara mengolah buah apel nya dulu:

  • Kupas apel, potong-potong dan masak sebentar dengan gula dan kayu manis, lalu saring.
  • Kocok putih telur sampai kaku dan aduk dengan apel sampai rata, lalu taruh di adonan bolu. Saya buat 2 lapis apelnya.

Cara pembuatant Bolu Apel Panggang Ala Jerman

  • Aduk dengan mixer campuran telur, gula dan mentega.
  • Masukkan susu ke adonan yang di mixer diaatas lalu masukkan tepung terigu, Baking soda dan garam, aduk sebentar dalam keadaan mixer mati (supaya tepung tidak beterbangan).
  • Setelah tepung tercampur dengan susu, baru nyalakan mixer aduk sampai adonan tercampur dengan baik.
  • Tuang sedikit adonan bolu ke Loyang lalu taruh susun potongan apel diatasnya, tuang adonan bolu lagi untuk menutupi apel, lalu taruh sisa potongan apel dan tuang sisa adonan bolu. Saya buat 2 lapis susunan apelnya.
  • Masukkan ke dalam oven, panggang selama 40 menit dengan api sedang (175 derajat c). Kita bisa cek bolu sudah matang atau belum dengan menusukkan tusuk gigi ke bagian tengah bolu, kalau tidak ada yang menempel pada tusuk gigi, berarti kue apel sudah matang dan bisa dikeluarkan dari oven.
  • Tips: bila suka manis, boleh tambah gula ke dalam adonan. Kalau mengikuti resep gulanya 100 gram, saya gunakan 150 sampai 200 gram gulanya kalau apelnya asam.

 

Video Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Memasak Bersama Anak

Apfelkuchen atau kue apel atau paling popular disebut Pai apel adalah pai buah yang isian utamanya adalah buah apel. Apfelkuchen adalah salah satu masakan Jerman yang mudah dibuat. Dalam beberapa kesempatan, biasanya pai apel (Apfelkuchen) disajikan dengan baluran krim kocok atau es krim di atasnya, atau kadang dengan keju cheddar.

Kue ini biasanya memakai lapisan pastri atas dan bawah, menjadikan kue pai ini pastry berkerak ganda. Kerak atas dapat berbentuk melingkar atau jajaran strip memanjang menyerupai anyaman jaring yang disebut lattice. Kue apel yang saya buat adalah yang paling sederhana yang saya lihat resepnya dari buku Lieblingsgerichte der Deutschen Makanan kesukaan orang Jerman terbitan yayasan die Brรผcke.

Demikianlah pengalaman saya Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen, semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini tertarik membuat bolu apel juga.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan temanmu lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih ๐Ÿ™‚ .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan masakan emak Benjamin berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Baca juga: Serunya Membuat Blueberry Cake Bersama Anak

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

โ†‘ Grab this Headline Animator

Sumber:

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

18 thoughts on “Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

  1. Ini salah satu kue yang kucoba pertama waktu di Jerman mba. Salah satu kue yang nggak bikin kaget rasanya buat yang masih asing sama kue dan roti2 Jerman imo.

    1. Hail El, sampai skrgpun aku masih belum terlalu banyak tahu roti/kue2 Jerman, seperti kemaren pas ke toko roti, agak kaget pas ada yg nunjuk beli cannabis brรถtchen, sampai dalam perjalanan pulang masih penasaran klo di Jerman ada roti ganja haha ..

  2. Akhirnya ada kolom komentarnya mbak, hahahaha.

    Dilihat dari tampilannya kayaknya enak banget ya mbak bolu apelnya, jadi laper belum sarapan ๐Ÿ˜€

      1. waahh. ada sub domain gitu ya mbak. Tapi kalau mbak nella pasti bisa fokus dan keren lah ya blognya. Diurus dengan baik ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

  3. Jadi ingat bazzar dari Die Bruecke. Apel semua :))

    Suka lihat kue-kue Jerman dan Austria yang buah-buahan tapi kalau suruh makan agak takut (maklum saya disuruh makan buah susah banget orangnya, bahkan anggur saja susah makan =_=)

    Anyway, nice try ๐Ÿ™‚ semangat terus.

    1. LOL jadi penasaran lihat bentuknya klo kuenya olahan apel semua ๐Ÿ™‚ . Waktu bazzar Natal di Jakarta pas saya beli buku dari Die Brรผcke selain olahan apel ada pula bolu wortel dan kue buah lainnya. Btw apa dari kecil Festadellaverena suka buah2an?. Anakku yg cowo juga susah makan sayur dan buah, dia hanya mau apel, trus jeruk akhirnya sebuรถan belakangan tetiba minta, gara2 liat sy dan adiknya tiap hari makan jeruk.

      1. Tidak semuanya apel tapi kebanyakan apel. Entah kenapa saya ada banyak problem kalau suruh menelan buah-buahan. Waktu kecil saya jarang makan buah (dimakan buah betulan bukan jus) padahal aku di Jakarta Utara dulu buah seabreg-abreg ๐Ÿ˜‚ sampai besar udah 27 tahun dan sudah kerja saja kadang Papa bawain buah2an kecil biar saya bisa makan ๐Ÿ˜‚ karena dari Papa kesayangan ya dimakan pelan-pelan walau susah.

        Jadi memang dari kecil harus diajarin makan apa saja, Tante. Kalau masih kecil masih agak mudah, yang sudah besar macam saya sama teman saya susah minta ampun sampai mantan atasan saya bingung saya ditawari buah-buahan kok kayak lama banget dan ujung-ujungnya tidak diambil.

        Soalnya teman saya banyak juga kasus begini, doyan sayur tapi benci buah dan sebaliknya. Untung masih doyan sayur ๐Ÿ˜‚

      2. Pernah juga dulu curhat di twitter kok rasanya susah menelan apfelstrudel sendirian (tak kirain apfeltstrudel isi apelnya kecil banget) eh mutual aku orang Jerman bilang apfelstrudel bukan buat satu orang ๐Ÿ˜‚ nih kayaknya saya dulu beli di resto Swiss M karena murah ya sikat aja taunya gede beneran. Ketelen sih tapi menghabiskannya butuh 2.5 jam.

    2. Festa kenapa postinganmu Christkindl-Markt 2019 ditutup komentarnya? hehe padahal sy mau komen, senang baca postingamu tentang christkindlmarkt di Jakarta. Tahun 2010 saya pernah mengunjungi christkindlmarkt sama calon suami dan 2 adikku. Disitulah saya beli buku resep yayasan di Brรผcke. Meriah banget bazaarnya, makanannya enak2, beli macam2 .. kapan2 klo liburan ke Indo pengen pas Desember biar bisa ke christkindlmarkt lagi ๐Ÿ˜‰ .

      1. Eh, tidak bisa komentar ya? Terima kasih atas pemberitahuannya nanti tak cek settingannya.

        Ada ya jaman 2010 bukunya? Tahun 2017 – sekarang tidak lihat bukunya. Kalau ada jadi ingin beli ๐Ÿ™‚

        Terima kasih sudah membaca yang post Christkindl itu. Baru sempat buka WP, masih banyak postingan soal makanan yang mau saya share soalnya.

        Best regards,

        Nana

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: