Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen. Bolu Apel Tenggelam dalam bahasa Jerman disebut versunkener apfelkuchen ini adalah salah satu variasi kue apel paling sederhana dan tercepat dibuatnya makanya saya suka resep ini 🙂 . Pada resep ini potongan buah apelnya dibuat dibagian dalam bolu makanya disebut bolu apel tenggelam.

Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Resep Apfelkuchen

Ada banyak variasi membuat kue atau bolu apel dan beberapa negara seperti Amerika, Inggris Belanda, Swedia dan negara lainnya punya ciri khasnya tersendiri, kalau tertarik silakan baca di wiki/Apple_pie.

Baca juga: Orang Jerman, etika dan kebiasaannya

Kue apel yang saya buat ini mudah dibuatnya, masukkan adonan bolu ke loyang lalu taruh susun rapi potongan apel, tuang lagi adonan untuk menutup buah apel, lalu taruh lagi potongan apel dan masukkan sisa adonan untuk menutup susunan apelnya.

Bahan yang dibutuhkan membuat Kue Apel Apfelkuchen ala Jerman:

300 gram Tepung terigu
1 sdt Baking soda
120 gram Mentega
½ sdt Garam
1 EL Gula
1 telur
1 ½ cangkir Susu
6 Apel, besar dan asam
100 gram Gula
1 sdt Kayu manis
3 putih telur

 

Di resepnya disarankan pakai buah apel yang rasanya asam misal seperti Boskoop, kalau saya waktu buatnya tidak pakai apel yang asam. Berikut cara mengolah buah apel nya dulu:

  • Kupas apel, potong-potong dan masak sebentar dengan gula dan kayu manis, lalu saring.
  • Kocok putih telur sampai kaku dan aduk dengan apel sampai rata, lalu taruh di adonan bolu. Saya buat 2 lapis apelnya.

Cara pembuatant Bolu Apel Panggang Ala Jerman

  • Aduk dengan mixer campuran telur, gula dan mentega.
  • Masukkan susu ke adonan yang di mixer diaatas lalu masukkan tepung terigu, Baking soda dan garam, aduk sebentar dalam keadaan mixer mati (supaya tepung tidak beterbangan).
  • Setelah tepung tercampur dengan susu, baru nyalakan mixer aduk sampai adonan tercampur dengan baik.
  • Tuang sedikit adonan bolu ke Loyang lalu taruh susun potongan apel diatasnya, tuang adonan bolu lagi untuk menutupi apel, lalu taruh sisa potongan apel dan tuang sisa adonan bolu. Saya buat 2 lapis susunan apelnya.
  • Masukkan ke dalam oven, panggang selama 40 menit dengan api sedang (175 derajat c). Kita bisa cek bolu sudah matang atau belum dengan menusukkan tusuk gigi ke bagian tengah bolu, kalau tidak ada yang menempel pada tusuk gigi, berarti kue apel sudah matang dan bisa dikeluarkan dari oven.
  • Tips: bila suka manis, boleh tambah gula ke dalam adonan. Kalau mengikuti resep gulanya 100 gram, saya gunakan 150 sampai 200 gram gulanya kalau apelnya asam.

 

Video Cara Membuat Bolu Apel Panggang Ala Jerman | Memasak Bersama Anak

Apfelkuchen atau kue apel atau paling popular disebut Pai apel adalah pai buah yang isian utamanya adalah buah apel. Apfelkuchen adalah salah satu masakan Jerman yang mudah dibuat. Dalam beberapa kesempatan, biasanya pai apel (Apfelkuchen) disajikan dengan baluran krim kocok atau es krim di atasnya, atau kadang dengan keju cheddar.

Kue ini biasanya memakai lapisan pastri atas dan bawah, menjadikan kue pai ini pastry berkerak ganda. Kerak atas dapat berbentuk melingkar atau jajaran strip memanjang menyerupai anyaman jaring yang disebut lattice. Kue apel yang saya buat adalah yang paling sederhana yang saya lihat resepnya dari buku Lieblingsgerichte der Deutschen Makanan kesukaan orang Jerman terbitan yayasan die Brücke.

Baca juga: Serunya Membuat Blueberry Cake Bersama Anak

 

PursuingMyDreams - Emaknya Benjamin

↑ Grab this Headline Animator

Sumber:

Advertisements

4 Comments

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: