Bunga unik Mirip Tandan Anggur

loading...

Bunga unik Mirip Tandan Anggur. Sahabat blogger, pernahkah kamu melihat tanaman hias yang mirip tandan buah anggur.?. Nama tanaman ini Muscari.

Muscari adalah genus dari tanaman berumbi (bulbous plants). Umumnya dikenal dengan nama Grape Hyacinth. Grape Hyacinth ini satu sub keluarga dengan hyacinth. Saya pernah membahas hyacinth klik disini. Bunga liar Muscari armeniacum grape hyacinths mulai dibudidayakan di Eropa sejak tahun 1871.

Saya memiliki dua jenis Grape Hyacinth: Muscari Armeniacum dan Muscari Aucheri „Ocean Magic“. Saya lebih jatuh hati dengan yang M. armeniacum karena warnanya lebih terang.

Saya menanam 40 bibit Muscari Armeniacum dan 15 Muscari Aucheri. Tanaman ini adalah bulb flower jadi bibitnya mirip bibit bunga tulip, hanya saja Grape Hyacinth ukurannya lebih kecil, dan penanamannya sama seperti tulip. Sama seperti tulip grape hyacinth adalah bunga musim semi.

Muscari Armeniacum

Bibit ukuran 6/7 cm
Tinggi 10-20 cm
Bunga berwarna ungu, biru (dengan pinggiran putih)
M. armeniacum tersebar luas di hutan dan padang rumput di Mediterania Timur, dari Yunani dan Turki. M. Armeniacum adalah salah satu spesies yang paling umum dibudidayakan dari Muscari.

Saya menanam bibitnya pada 9 September 2012 dan mulai berbunga 27 Januari 2013 jadi butuh waktu kira-kira 4 bulan, harus sabar menantinya ;-).

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: angiosperma
Clade: monokotil
Order: Asparagales
Keluarga: Asparagaceae
Subfamili: Scilloideae
Genus: Muscari
Species: M. Armeniacum

Grape Hyacinth M. Aucheri

Muscari Aucheri „Ocean Magic“
Bibit ukuran 8/+cm
Tinggi 10 cm
Bunga berwarna putih
Saya menanam bibitnya pada 15 Oktober 2012 dan mulai muncul bakal bunga 7 Februari 2013. Satu pot saya campur dengan bibit dafodil (Narcissus).

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: angiosperma
Clade: monokotil
Order: Asparagales
Keluarga: Asparagaceae
Subfamili: Scilloideae
Genus: Muscari
Species: M. Aucheri

Maaf tidak ada foto M. Aucheri lebih lanjut karena bunganya tidak seramai yang jenis Muscari Armeniacum saya jadi tidak terlalu menaruh perhatian.

Cara penanaman Grape Hyacinth :
• Di negara 4 musim, mulai ditanam di awal musim gugur
• Tanam bibitnya dengan kedalaman 3-4 cm
• Tanah harus mengandung kualitas yang baik campuran bahan organik
• Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh
• Jika daun dan bunganya mulai muncul siram air agak banyak
• Jangan ada air yang tergenang dipotnya, karena umbi akan busuk
• Budidaya (pengembangannya) melalui umbinya, semoga milik saya banyak anak umbinya. Oh ya menurut pacificbulbsociety kita bisa juga mendapatkan biji nya melalui bunganya yang telah kering. Jadi penasaran besok coba saya cek punya saya ;-).

Video Grape Hyacinth Muscari Armeniacum dari Bibit Hingga Berbunga.

Di Jerman namanya Traubenhyazinthen (trauben = anggur). Bunga ini disebut grape Hyacinth karena bentuk bunganya yang menyerupai tandan buah anggur yang terbalik. Namun nama botanicalnya adalah Muscari karena bau musky tanaman ini. (*musky smell) seperti apa sih? Saya tidak mengerti terjemahan Indonesianya hanya bau musky :D.

Kamera yang saya gunakan untuk memotret adalah kamera saku merek sony 4x optical zoom steadyshot dsc-w310.

„Sahabat blogger pernahkah kamu melihat Grape Hyacinth ini? Atau mungkin malah punya dirumah? Warna apa yang kamu punya?“.

Sumber: Wikipedia ; Pacificbulbsociety dan berbagai sumber lainnya.

 

Baca juga: Artikel Berkebunku lainnya

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

56 thoughts on “Bunga unik Mirip Tandan Anggur

  1. Alo mba, lg browsing grape hyacinth dan menu blog mba 🙂
    Mama saya dikirimin bibit ini dr Belanda lewat pos bersama dgn paket bingkisan lain. Yg lain isinya sampe tp yg bibit ini ga sampe2 melainkan Surat dari imigrasi sehubungan dgn adanya bibit ini 🙁 suruh ke sana bagian apa gitu, sampe ada Surat pemberitahuan yg kedua dari Kementerian Pertanian, yg intinya krn isi paket pos tsb ada bibit ini sdgkan ini merupakan komoditi Pertanian yg memerlukan tindakan Karantina , jd saya diminta dtg n lapor ke petugas Karantina dilengkapi dorky men sbb:
    1. Sertifikat Kesehatan Tumbuhan
    2. Surat izin pemasukan dari Kementerian Pertanian .

    Walah, ternyata baru dikirimin Aja ribetnya setengah mati gini… Setau mba apa bunga ini ga boleh ditanam Oleh org Umum kayak saya yg jelas2 kagak punya dokumen2 tsb di atas..?

    • Hai Yasmin, ribet ngurus suratnya. Klo toko besar mungkin ada yg mau ngasih sertifikat kesehatan, cuma pembelian min. Rp.1 juta trus sertifikatnya rp.500rb an. Kirimnya ke kota mana di Indo?.

    • Namanya grape hyacinth Niee, cantik ya :D. Ada teman2 blogger bilang mirip anggrek heheheh,
      menurut saya beda ahh, bunganya grape hyacinth mirip anggur lah sesuai namanya ;).

  2. cuma pernah lihat di foto Nel …, cantik ya

    aku pernah beli bibit yang kemasan produk luar negri tapi aku nggak berhasil nanamnya Nel, jadi sampai sekarang lebih suka dari anakan yang segar .., lebih cepat tumbuhnya

    • Bibit Bulbs flower diawalnya harus dirangsang (forced) suhu dingin yg ekstrim kak, jadi bibitnya taruh platik hitam, masukkin kulkas sampai kira2 seminggu, kalau mulai tumbuh baru tanam di pot. Kalau di negara 4 musim bibitnya mulai diawal musim gugur, jadi mulai dingin trus melewati winter. Jadi suhu dingin tsb adalah sinyal buat bibitnya tumbuh ;-). Anakan masksudnya sudah tumbuh ya kak?

  3. Kalau berbunga kok agak2 mirip lavender ya mba? 🙂

    url 4youblog.wordpress.com is no longer available.
    The authors have deleted this site. Update 29.01.2017

  4. Wah temanya baru nih. Tapi sepertinya memang kerenan yang ini. Pokoknya aku jadi penyimak dah, soalnya ga paham2 banget masalah bunga. cuma suka lihat foto2nya aja.

Comments are closed.