Bunga unik Mirip Tandan Anggur

Bunga unik Mirip Tandan Anggur. Sahabat blogger, pernahkah kamu melihat tanaman hias yang mirip tandan buah anggur.?. Nama tanaman ini Muscari.

Muscari adalah genus dari tanaman berumbi (bulbous plants). Umumnya dikenal dengan nama Grape Hyacinth. Grape Hyacinth ini satu sub keluarga dengan hyacinth. Saya pernah membahas hyacinth klik disini. Bunga liar Muscari armeniacum grape hyacinths mulai dibudidayakan di Eropa sejak tahun 1871.

Saya memiliki dua jenis Grape Hyacinth: Muscari Armeniacum dan Muscari Aucheri „Ocean Magic“. Saya lebih jatuh hati dengan yang M. armeniacum karena warnanya lebih terang.

Saya menanam 40 bibit Muscari Armeniacum dan 15 Muscari Aucheri. Tanaman ini adalah bulb flower jadi bibitnya mirip bibit bunga tulip, hanya saja Grape Hyacinth ukurannya lebih kecil, dan penanamannya sama seperti tulip. Sama seperti tulip grape hyacinth adalah bunga musim semi.

Muscari Armeniacum

Bibit ukuran 6/7 cm
Tinggi 10-20 cm
Bunga berwarna ungu, biru (dengan pinggiran putih)
M. armeniacum tersebar luas di hutan dan padang rumput di Mediterania Timur, dari Yunani dan Turki. M. Armeniacum adalah salah satu spesies yang paling umum dibudidayakan dari Muscari.

Saya menanam bibitnya pada 9 September 2012 dan mulai berbunga 27 Januari 2013 jadi butuh waktu kira-kira 4 bulan, harus sabar menantinya ;-).

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: angiosperma
Clade: monokotil
Order: Asparagales
Keluarga: Asparagaceae
Subfamili: Scilloideae
Genus: Muscari
Species: M. Armeniacum

Grape Hyacinth M. Aucheri

Muscari Aucheri „Ocean Magic“
Bibit ukuran 8/+cm
Tinggi 10 cm
Bunga berwarna putih
Saya menanam bibitnya pada 15 Oktober 2012 dan mulai muncul bakal bunga 7 Februari 2013. Satu pot saya campur dengan bibit dafodil (Narcissus).

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: angiosperma
Clade: monokotil
Order: Asparagales
Keluarga: Asparagaceae
Subfamili: Scilloideae
Genus: Muscari
Species: M. Aucheri

Maaf tidak ada foto M. Aucheri lebih lanjut karena bunganya tidak seramai yang jenis Muscari Armeniacum saya jadi tidak terlalu menaruh perhatian.

Cara penanaman Grape Hyacinth :
• Di negara 4 musim, mulai ditanam di awal musim gugur
• Tanam bibitnya dengan kedalaman 3-4 cm
• Tanah harus mengandung kualitas yang baik campuran bahan organik
• Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh
• Jika daun dan bunganya mulai muncul siram air agak banyak
• Jangan ada air yang tergenang dipotnya, karena umbi akan busuk
• Budidaya (pengembangannya) melalui umbinya, semoga milik saya banyak anak umbinya. Oh ya menurut pacificbulbsociety kita bisa juga mendapatkan biji nya melalui bunganya yang telah kering. Jadi penasaran besok coba saya cek punya saya ;-).

Video Grape Hyacinth Muscari Armeniacum dari Bibit Hingga Berbunga.

Di Jerman namanya Traubenhyazinthen (trauben = anggur). Bunga ini disebut grape Hyacinth karena bentuk bunganya yang menyerupai tandan buah anggur yang terbalik. Namun nama botanicalnya adalah Muscari karena bau musky tanaman ini. (*musky smell) seperti apa sih? Saya tidak mengerti terjemahan Indonesianya hanya bau musky :D.

Kamera yang saya gunakan untuk memotret adalah kamera saku merek sony 4x optical zoom steadyshot dsc-w310.

„Sahabat blogger pernahkah kamu melihat Grape Hyacinth ini? Atau mungkin malah punya dirumah? Warna apa yang kamu punya?“.

Sumber: Wikipedia ; Pacificbulbsociety dan berbagai sumber lainnya.

 

Baca juga: Artikel Berkebunku lainnya

 

Berkebun-Pursuingmydreams on youtube:

Advertisements

56 Comments

  1. Yasmin
  2. Evi
  3. natasia_ayu
  4. ardika

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: