Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri

Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri. Hai sahabat blogger, ada yang perhatikan kah, kalau blog saya ini tidak lagi ada embel-embel wordpress.com nya πŸ˜€ . Tepatnya sejak per 15 Februari yang lalu.Β  Suami tercinta bilang tiap hari Valentine dia tidak akan kasih bunga atau hadiah lagi tapi akan perpanjang domain saya. Horeee!!.

Kilas balik dulu ya. Selama dua hari suami dan saya berkutat didepan komputer, pilih-pilih perusahaan terbaik untuk membeli domain dan hosting. Kami buka banyak sekali layanan yang menawarkan jasanya, baik di Indonesia maupun di Jerman. Di Indonesia banyak yang menawarkan domain dan hosting yang murah, tapi kapasitas nya tidak sesuai untuk saya yang rajin upload banyak sekali foto-foto dan video. Sedangkan di Jerman harganya bisa membuat kantong kering!. Ya walaupun jasa yang diberikan tentu saja sesuai dengan yang saya harapkan.

Fyi wordpress memberikan kapasitas 3.072 MB (untuk gratisan juga). Sejak tahun 2009 hingga saat ini saya sudah menggunakan 16% nya yakni 481,30 MB berisi 375 judul tulisan. Jadi saya masih mempunyai banyak space untuk tulisan-tulisan baru.

Setelah menimbang untung ruginya, saya mencoba membeli domain di toko wordpress. Prosesnya ternyata simple sekali. Tapi pembayarannya hanya bisa menggunakan kartu kredit atau paypal. Saya tidak mempunyai kartu kredit, paypal sayapun belum di verifikasi. Paypal hanya menerima kartu kredit dan debit card berlogo visa dan master card. Sedangkan debit card (Indonesia) saya tanpa logo tersebut :(. Suami mempunyai kartu kredit tapi yang prepaid, jadi harus diisi dulu baru bisa digunakan, dan dia mencoba, eh tidak diterima wordpress. Akhirnya suami tercintaku mau juga mendaftar ke paypal dan paypal menerima prepaid kartu kredit dia ;-).

 

Bingung memilih domain, ya begitulah kejadiannya. Selama hampir sebulan bolak balik mikir nama yang keren buat blog saya ini. Mau pakai nama sebenarnya ko malu ya :D. Kemudian saya cek domain yang saya ingin pakai melalui www.godaddy.com.Β  Saya ingin domain β€žpursuingmydream.comβ€œ, ternyata domain tersebut aktif alias sudah ada yang punya huhuhu orangnya tinggal di Amerika dan tiap tahun dia perpanjang domainnya, jadi mau nungguin sampai dia bosan juga buang waktu deh. Anehnya itu domain bukan blog loh, tidak jelas perusahaan atau pribadi.

Akhirnya saya tetap gunakan domain pursuingmydream tinggal tambah huruf β€œs” dibelakangnya. Bisa dong! ;-). Saya memutuskan memakai nama tersebut karena sejak tahun 2009 sudah menggunakan http://pursuingmydream.wordpress.com dan foto-foto saya di blog sudah banyak watermarknya dengan nama tersebut.

Informasi dan panduan detail cara upgrade domain melalui toko wordpress klik http://en.support.wordpress.com/domains

Biaya untuk upgrade domain di wordpress adalah 18 USD/pertahun. Riciannya 5 USD untuk pendaftaran domain dan 13 USD nya untuk hosting.

Dengan domain baru, maka Page Rank dan Alexa kembali ke posisi awal nol. Kalau sahabat blogger melihat PR saya diangka 2, itu masih dari blog dengan embel-embel wordpress.com, saya belum sempat mengubahnya. Dari beberapa tulisan yang saya baca dalam beberapa waktu google akan mengindeks domain baru kita lagi.

Saya memutuskan membeli domain, karena saya ngiri melihat blogger-blogger yang bisa menghasilkan uang dari blognya. Dengan blog gratisan (wordpress) kita tidak leluasa untuk pasang-pasang iklan. Sebenarnya yang sudah punya domain di wordpress pun tidak sembarangan bisa pasang-pasang iklan (kecuali wordpress.org). Kabar baiknya, baru-baru ini wordpress.com meliris wordadsΒ  jadi hanya yang punya domain bisa ikutan. Setelah mendaftar, tim wordpress mengecek apakah blog kita layak ikut WordAds. Salah satu yang dicek tentunya trafik blog kita.

Daripada muter-muter cerita, singkatnya: kalau blog kamu punya domain sendiri seperti punya saya ini hehehe http://pursuingmydreams.com kamu bisa daftar WordAds dan akan ada iklan di blogmu, dan kamu akan dapat duittt!. Uangnya (penghasilan) Β tiap bulan hanya ditransfer ke paypal.

Ada salah satu komentar yang saya baca di tulisan peluncuran WordAds, jadi orang ini sudah dua minggu daftar tapi belum mendapat konfirmasi juga. Sedangkan saya, dalam waktu sehari langsung dapat konfirmasi. β€œThanks for applying to WordAds for your WordPress.com site! You’re part of an exclusive group of sites that have been approved into the WordAds Beta.WordAds is now live on your site”. πŸ˜‰

Kalau kamu mau tahu kriteria blog seperti apa yang bisa diterima WordAds, bagaimana kamu mendapat pembayaran dan informasi lainnya klik disiniΒ  FAQ klikΒ disiniΒ  Β disini juga. Β Untuk mendaftar WordAds klik Β http://wordads.co/signupΒ Β 

 

So blogger, selamat Mencoba! ;).

 

Artikel Terkait:
β€’ Akhirnya Blogku Punya Domain Sendiri
β€’ Curhat Ngeblog Part II
β€’ My Blog Annual Report 2012
β€’ Rayakan Pencapaian Blog Anda
β€’ Trafik Blogku
β€’ Aturan Internetan di Jerman
β€’ Tips Mendapatkan Lebih Banyak Trafik Blog
β€’ Ngeblog dapat Duit Dengan WordAds

Advertisements

143 Comments

  1. tua
  2. ded
  3. Elskan
  4. Kucing Dolby
  5. ladeva
  6. yusrizal
  7. ardika
      • ardika
          • ardika
          • ardika
  8. ulfah
  9. zhanaz48
    • zhanaz48
  10. natasia_ayu
  11. ~Ra

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh
error: Content is protected !!
%d bloggers like this: