Bunga Begonia Tips Penanaman dan Perawatannya

loading...

Bunga Begonia Tips Penanaman dan Perawatannya. Saya suka bunga begonia karena teman berkebun di Nias Netty namanya suka sekali bunga ini. Ternyata bunga begonia ini banyak yang unik juga, misalnya yang pernah saya tanam Cascade Odorata pink kalau lihat sekilas seperti bunga plastik, karena nanam sendiri jadi yakin itu bunga beneran hehe 😀 . Makin unik bunganya semakin mahal bibit atau tanamannya, ya itu sih hukum dagang kali ya 🙂 .

Begonia cascade odorata

Begonia cascade odorata

 

Begonia bisa ditanam dari bentuk benih dan umbi (tuber), kalau yang bentuk benih (seed) saya belum pernah coba tanam karena membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai berbunga.

Saya baca wikihow dan calbegonias.com sedikitnya butuh 4 bulanan perawatan indoor nanam dari benih sampai tanaman bisa tanam di luar ruangan. Kalau kamu punya kesabaran tingkat tinggi silakan sesekali dicoba loh nanam begionia dari biji/benih ini panduannya Starting Tuberous Begonia Seeds .

Bibit Begonia XXL dobel flower. Baru kali ini lihat langsung umbinya yang besar begini

Bibit Begonia XXL dobel flower. Baru kali ini lihat langsung umbinya yang besar begini

 

Berikut ini saya ingin berbagi pengalaman saya menanam dan merawat bunga begonia yang bentuk umbi (tuber). Saya bukan ahli hanya seorang yang hobi berkebun yang kalau gagal akan mencoba lagi sampai melihat bibit yang saya tanam berhasil berbunga :mrgreen: .

Cara penanaman bibit (umbi) bunga Begonia:
• Tanam umbi di pot kecil dahulu, hal ini akan mempercepat tumbuhnya umbi, setelah tumbuh beberapa daun baru pindah ke pot besar.
• Karena umbi (tuberous) begonia sangat kering, saya selalu merendamnya terlebih dahulu selama 1-3 jam sebelum ditanam. Hal ini untuk merangsang pertumbuhan akar yang lebih cepat, kalau langsung ditanam umbinya lalu sering disiram (setiap hari) akan membuat busuk dan hancur umbinya.
• Lebih baik pilih umbi yang sudah muncul tunasnya supaya cepat tumbuh. Namun kalau kamu tidak ada pilihan dan umbinya sama sekali belum tumbuh sebaiknya tanam di pot kecil dulu jadi bisa dipantau pertumbuhannya.
Posisi menanam umbi begonia: lihat bagian yang cekung (hollow dip) nah bagian cekung itu menghadap keatas, dari cekungan tersebut akan tumbuh tunasnya.

Bentuk umbi bunga Begonia

Bentuk umbi bunga Begonia

 

Umbi begonia ditanam agak miring begini supaya air penyiraman tidak tertahan di umbi

Umbi begonia ditanam agak miring begini supaya air penyiraman tidak tertahan di umbi

 

Karena ada cekungannya kalau ditanam mendatar air akan tertahan dibagian tersebut, hal ini yang bisa membuat umbi menjadi busuk. Sebaiknya tanam umbi begonia dengan posisi agak sedikit miring lalu timbun tanah kira-kira 1 cm.

Video cara nanam bibit umbi Begonia

 

• Karena sudah direndam saat belum ditanam, biasanya saya tidak siram lagi sampai mulai terlihat pertumbuhan. Kalau yang sama sekali belum numbuh tunas, sproutnya biasanya dalam 2-4 minggu. Biasanya kalau cuaca sangat panas siram disekeliling umbi, jangan pas ditempat umbi ditanam.
• Jaga media tanam tetap lembab, jangan pula terlalu basah, jangan sampai ada air tergenang.

Begonia pendula Kuning sudah mulai tumbuh. Umbinya nanam miring ya Foto 1.06.2016

Begonia pendula Kuning sudah mulai tumbuh. Umbinya nanam miring ya Foto 1.06.2016

 

• Pot taruh tempat terang tidak kena matahari yang terik, matahari pagi dan sore bisa saja.
• Begonia butuh waktu agak lama untuk tumbuh sekitar 2-4 minggu.

Video Begonia Cascade

 

Cara Perawatan bunga begonia:
• Bunga begonia termasuk bunga musim panas
• Bunga akan mucul 12-20 minggu setelah penanaman.
• Tanaman ini sensitif terhadap sinar matahari jadi sebaiknya taruh ditempat teduh, misal dibawah pohon tinggi atau diantara pepohonan atau tanaman tinggi lainnya.
• Boleh dan baik kena matahari pagi dan sore, hindari kena matahari yang terik.
• Di negara 4 musim ditanam outdoor saat musim semi April – Mei, kalau mau nanam lebih awal bisa taruh dalam rumah dulu tanamannya.
• Tanam bibit/umbi lebih cepat maka kita akan cepat melihat bunganya. Bagi yang tinggal di negara 4 musim tanam 2 bulan lebih awal feb – maret saat spring baru taruh luar. Tanam lebih awal maka kita bisa menikmati lebih lama melihat bunga-bunganya bermekaran.

Begonia Cascade nanam dari umbinya

Begonia Cascade nanam dari umbinya

 

• Suka media tanam yang netral hingga asam.
• Drainase harus baik supaya tidak ada air yang tergenang.
• Buang daun dan bunga yang sudah layu/membusuk sehingga akan muncul yang barunya.
• Potong batang yang mulai lembek.
• Jangan sering kena air/hujan karena akan busuk.
• Dengan perawatan yang baik tanaman bisa bertahan 2-3 tahun, sedangkan umbinya bisa bertahan 4-5 tahun.
• Pemupukan seminggu sekali dengan NPK 20-20-20 kalau saya pakai pupuk cair untuk semua jenis bunga (pupuk universal) sepertinya perbandingan NPK nya lebih kecil. Pemupukan dimulai saat mulai tumbuh bunganya.

Video Bunga Begonia Cascade Odorata (pink wangi nih)

 

Perawatan begonia setelah berbunga:
• Bunga begonia tidak tahan dingin.
• Pada musim gugur, saat daunnya mulai menguning atau saat temperatur suhu luar semakin menurun, bawa begoniamu kedalam rumah untuk proses dormant (umbinya istirahat),
• begonia yang akan di dormant jangan disiram lagi, biarkan umbi kering dengan sendirinya, daunnya akan rontok sendiri.
• Angin-anginkan selama 5-7 hari, lalu umbinya bungkus koran simpan ditempat gelap.

Begonia ini bagus sekali bunganya berlapis-lapis. Saya beli jadi sudah bebrunga tinggal buang bunga layunya

Begonia ini bagus sekali bunganya berlapis-lapis. Saya beli jadi sudah bebrunga tinggal buang bunga layunya

 

Tanaman pendamping : caladium

 

Eda Nia komen mengenai nama bunga ini, jadi saya tambahin sekilas saja ya. Kesannya tidak bagus kann kalau dalam bahasa Indonesia ko bego sih, siapa yang bodoh? Haha. Padahal dalam bahasa lain biasa aja.

Charles Plumier botani Perancis yang menciptakan nama Begoniaceae untuk genus bunga ini. Charles memberikan penghormatan kepada mantan gubernur koloni Haiti, Michel Begon. Begon direkomendasikan Plumier ke Raja Louis XIV sebagai kolektor tanaman resmi. Charles berjanji ingin membuat nama Begon abadi dalam nama tanaman. (Sumber: Meaning of Begonias http://www.gardenguides.com/130702-meaning-begonias.html)

Edit 06.06.2016 nambahain asal nama Begonia.

 

Sumber :
http://www.wikihow.com/Care-for-a-Begonia
http://www.calbegonias.com/growing-begonias/

Advertisements

29 thoughts on “Bunga Begonia Tips Penanaman dan Perawatannya

  1. Cantik sekali Jeng Nella, saya penikmat begonia tapi pemalas memelihara. Selama dorman hanya disimpan ya Jeng biar tidak busuk. Trim Jeng Nella sharing nya.

  2. ohhh aku tau bunga ini, tapi selama ini ga tau namanya begonia :D.. jd sebenernya kalo tanaman itu mati, umbinya ttp hidup hanya dormant ya mbak?krn selama ini mikirnya kalo tumbuhan mati, ya udh berarti ga akan bisa numbuh lagi

  3. tadinya saya kira begonia tanaman berdaun saja da, tak berbunga. Ternyata bunganya cantik juga ya. Tapi namanya agak-agak gimana gitu ya, padahal saya yakin saya ga punya masalah apa-apa sama yang kasih nama tanaman ini hahaha

    • Hai eda Nia, yang cuma daun saja Begonia-Rex.
      kalau dalam bahasa Indonesia mah memang agak bgm gitu ko bego ya hahaha..
      Charles Plumier botani Perancis yang menciptakan nama Begoniaceae untuk genus ini, Charles memberikan penghormatan kepada mantan gubernur koloni Haiti, Michel Begon. Begon direkomendasikan Plumier ke Raja Louis XIV sebagai kolektor tanaman resmi.

  4. Cakep banget bunganya kak nel. Aku lagi pengen belajar nanam bunga nih. Bulan lalu panggil tukang kebun nanam rumput dan bunga taiwan dan apa deg namanya yg panjang2 kayak daun pandan trus bunganya warna kuning. Mau nambah tanaman tp blank banget

    • Hai Jo aku baru tahu namanya bunga taiwan langsung google ternyata bagus juga 😀 . Nama lengkapnya Taiwan Beauty (Cuphea hyssopifolia) merupakan tanaman semak. Kalau ditempat panas nanam bunga tropis deh spt hibiskus, mawar, gladiol dll

      Bisa lihat2 pinterest masukin kata kunci misal “terasse garden inspiration” atau “garden inspiration” gilee cakep-cakep banget taman orang loh hehe nih coba klik bisa ga garden inspiration

Leave a Reply