Ampuhnya Bawang Merah sebagai Pupuk Penyubur Tanaman Anggrek

Ampuhnya Bawang Merah sebagai Pupuk Penyubur Tanaman Anggrek. Sudah 2 tahunan lebih saya merasakan manfaat pemberian poc bawang merah dan air cucian beras pada aneka anggrek yang kurawat. Kalau saya bikin video saat anggrek ku sedang berbunga, kerap kali ditanyain „dikasih pupuk apa mak Ben anggrek bulannya ko rajin berbunga?“, dan kalau lagi videoin anggrek yang sedang tidak berbunga pernah juga dikomentari „subur apa nya, daun semua“ haha atau komentar „mau siram anggrek atau pamer anggrek?“ haha..

Ampuhnya Bawang Merah sebagai Pupuk Penyubur Tanaman Anggrek.

Saya bukan Youtuber kemaren sore, jadi dapat komen apa juga „emangnya gue pikirin!“ haha saya suka berbagi pengalaman, syukur kalau pengalamanku berguna buat yang lain, namun kalau penonton/pembaca blogku lebih memilih pakai pupuk kimia untuk tanaman anggrek kalian ya silakan juga.

Anggrek bulan dan anggrek Paphiopedilum (anggrek selop) adalah 2 jenis anggrek yang mudah sekali dirawat dan mudah dibuat berbunganya. Tanpa pupuk macem-macem, tanpa pupuk kimia, dua jenis anggrek tersebut rajin berbunga di rumahku.

Tulisan Terkini

Tahukah kamu, bahwa sebenarnya anggrek itu tidak butuh pupuk bombastis haha, anggrek butuh sinar matahari, butuh air (saat kering), butuh sirkulasi udara yang baik yang mana tiap anggrek berbeda kebutuhannya, sedangkan pupuk hanya faktor terakhir bukan faktor utama yang membuat anggrek berbunga.

Sekarang kita ngomogin bawang merah dan air cucian beras untuk anggrek:

ZPT zat pengatur tumbuh

Umbi bawang merah mengandung perangsang tanaman alami atau zat pengatur tumbuh dikenal sebagai ZPT. Kandungan hormon pada bawang merah adalah auksin dan giberelin.

Auksin berfungsi untuk merangsang proses perkecambahan biji.

Giberelin berfungsi sebagai pengontrol pertumbuhan pada seluruh bagian tanaman, termasuk juga merangsang proses perkecambahan (memecah dormansi biji).

Setiap tanaman sebenarnya punya hormon pertumbuhan alami sendiri, namun dalam jumlah sedikit. Dalam kondisi tertentu, mungkin karena stres tidak mampu memproduksi hormon secara maksimal, makanya diperlukan hormon tambahan atau ZPT.

Baca juga: Manfaat Air Cucian Beras untuk Tanaman Anggrek

Pembuatan Larutan cair tumbuhkan akar, tunas dan daun.

  • 1 siung bawang merah
  • 400 cc air blender, saring.

Bisa ditambahkan bawang putih sebagai anti fungisida (anti jamur) dengan konsentrasi 50% dari konsentrasi bawang merah.

1BM +1/2 BP

Aplikasinya anggrek dibiarkan tanpa air selama 3 hari sampai 1 minggu (jangan disiram). Aplikasi semprot dengan kekuatan penuh khususnya pada batang bawah yang akan diharapkan tumbuh tunas, diseluruh bagian tanaman dan media 2 kali pada satu hari pagi dan sore.

Lanjut larutan 1 siung Bawang Merah (BM)

1 siung BM campur 600cc -1 ltr air, disaring. Selanjutnya pemberian air larutan bawang merah tanpa bawang putih di lakukan 1 kali setiap 2-3 kali seminggu, akan muncul tunas. Jika belum ulangi lagi.

Note:

Jika sudah tumbuh tunas, semprotan hindari langsung pada tunas dan pucuk daun muda selama 2-4 minggu dengan konsentrasi pekat, jika terkena akan kering gagal tumbuh. (untuk menghindari tutupi dengan benda lain atau jari kita). Sebaiknya semprot bagian tanaman dewasa dan media jika menginginkan tunas berakar semprot larutan 1 BM + 1 ltr dibagian bawah.

Karena anggrek saya banyak kalau saya biasanya bikin untuk 2x 5 L air, jadi disesuaikan jumlah bawangnya.

 

Video Air Cucian Beras dan Bawang Merah untuk Anggrek | Pupuk Organik Cair Anggrek

 

Air campuran yang disebut diatas tuh, saya gunakannya air cucian beras sedapat saya kumpulkan. Kalau dapat 2 L maka untuk jeringen 5 L sisanya air keran atau pakai air hujan (saat ada stok).

Saya membuat pupuk anggrek dari bawang merah ini kalau harga bawang merah lagi murah, ya sesekali manjain anggrek-anggrek ku dikasih pupuk yang jos gitu. Kalau bawang merah lagi mahal saya lebih memilih membuat pupuk anggrek dari rebusan kulit bawang merah dan bawang putih. Pupuk yang dibuat dari rebusan kulit bawang, efeknya tidak sekeras dari bawnagnya langsung. Cara pembuatan POC dari kulit bmbp disini http://bit.ly/38QDCBV – Pupuk kulit bawang merah Playlist

Buat yang suka anggrek yuk mari bergabung di Grup Berbagi Tips Perawatan Anggrek Indonesia.

 

Baca juga: Anggrek Dikerubungi Semut Ini 5 Cara Mengusir Semut Pada Tanaman Anggrek

Demikianlah pengalaman saya mengenai mengenai Ampuhnya Bawang Merah sebagai Pupuk Penyubur Tanaman Anggrek semoga kamu yang secara tidak sengaja mampir ke blog saya ini mendapat pencerahan yaa mengenai alternatif membuat pupuk anggrek sendiri.

Kalau tulisan saya ini berguna untukmu dan pencinta anggrek lainnya, silakan klik tombol share/berbagi dibawah postingan ini, terima kasih 🙂 .

Jangan lupa subscribe follow blog saya, supaya tidak ketinggalan postingan berkebun berikutnya, kolom berlangganan mengikuti blog ada dibagian kanan atas postingan.

Tertarik mengenai merawat anggrek lebih lanjut? silakan lihat – Bunga Anggrek Kebun Emaknya Benjamin Kumpulan Video. Saya berterima kasih kalau kalian subscribe juga ke saluran berkebun saya 🙂 .

Klik disini semua postingan blog tentang anggrek emak Benjamin

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: