June 4, 2020

7 Fakta Menarik Winter di Jerman

7 Fakta Menarik Winter di Jerman. Niatnya postingan ini mau saya terbitkan selasa atau rabu lalu, namun berhubung saya sedang pindahan server blog, saya urungkan niatku. Ternyata saya tidak bisa buka blog selama seharian, untung aja kan tidak aja posting. Saya cek laporan google adsense ternyata blogku tetap bisa dibuka di beberapa tempat, mungkin di tanah air ya. Besoknya setelah blog bisa dibuka kembali, tahulah saya ternyata waktu blog tidak aktif itu masih dapat trafik separuh dari biasanya.

7 Fakta Menarik Winter di Jerman
Musim dingin di Jerman

Semoga tidak bosan ya kalau saya ngomongin salju atau musim dingin lagi hehe πŸ˜€ . Berikut ini adalah 7 Fakta Menarik Winter di Jerman:
1. Jangan mengharapkan salju kalau tinggalnya tidak di gunung es seperti Zugspitze atau tinggal di Schwarzwald (Black Forest). Zugspitze adalah titik tertinggi Jerman. Puncak ini adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Alpen yang membentang di perbatasan Jerman dan Austria. Salju kadang datang pas Natalan kadang juga Januari baru datang malah pernah winter ditempat saya sama sekali tidak turun salju. Pernah juga saljunya masih datang pas bulan April loh padahal kan sudah musim semi.

2. Kalau buat teh atau kopi terlau panas padahal saya ingin langsung minum, nah saya taruh beberapa menit di luar rumah tuh cepat sekali dinginnya, asal jangan lupa ngambil malah teh nya jadi beku kali haha πŸ˜† .

3. Bawah pintu dikasih luftstopper tΓΌr, alat ini untuk menghalangi angin masuk. Pernah beli alatnya yang diselipkan kebawah pintu lah malah pintu tidak bisa ditutup, sayang deh duit kebuang karena ujungnya sudah saya potong sepanjang pintu tetap tidak berfungsi, malah tuh alat dijadikan jembatan buat mobil-mobilan Benjamin. Kalau mau hemat kain/handuk tidak terpakai digulung memanjang taruh deh didepan pintunya.

4. Kulit kering sekali saat musim dingin. Harus rajin pakai body lotion supaya kelembapan kulit terjaga. Dulu kalau di Indonesia saya jarang sekali pakai body lotion ya biasa aja kulitnya tidak kering, namun di negara 4 musim ini, pas winter begini perlu pakai body lotion. Kita beberapa tahun terakhir pakai Hamamelis Salbe N. Kremnya bagus banget menjaga kelembapan jari-jari tangan.

Hamamelis Salbe N. Kremnya bagus banget menjaga kelembapan jari-jari tangan saat winter
Hamamelis Salbe N. Kremnya bagus banget menjaga kelembapan jari-jari tangan saat winter

 

Bibir juga kering, jangan sering membasahkan bibir dengan lidahmu ya, karena akan tambah kering, lebih baik pakai lip balm. Nanospray yang dibawain mamaku nih paling bermanfaat saat winter begini. Biasanya hanya wajah yang saya semprot nano, klo winter jari-jari dan lengan tangan juga saya semprot nano supaya tidak pecah-pecah kulitnya. Cuci piring harus pakai sarung tangan, kalau ga bakalan cepat kering kulit lalu pecah-pecah. Tahun lalu karena sering lupa pakai sarung tangan pas cuci piring, jari-jari robek sendiri kulitnya sampai kelihatan daging merah nya serem ah, perihnya setengah mampus πŸ˜₯ padahal jari-jari tangan kan paling sering kerja. Keluar rumah juga harus pakai sarung tangan, tahun lalu masih sering sok jago sok tahan dingin haha.

Baca juga: Yang Harus dilakukan Saat Cuaca Dingin

5. Bagi yang punya mobil setiap mau pergi harus membersihkan kacanya dulu karena es menghalangi penglihatan jarak jauh. Es nya dikerik dari kaca mobil dengan alat khusus. Istilah membersihkan kaca dari es Eis kratzen.

Membersihkan lapisan es di kaca mobil saat winter.
Membersihkan lapisan es di kaca mobil saat winter. Scraping ice car. Foto via dreamstime.com ROYALTY-FREE STOCK PHOTO

6. Membersihkan salju didepan rumah adalah tugas wajib pemilik rumah. Kalau tinggal di atas seperti flat (wohnung) tergantung surat kontrak rumah apakah tertera si penyewa rumah harus membersihkan salju atau tidak. Pemilik rumahku tinggal dibawah, dialah yg bertugas membersihkan salju di jalan setapak didepan jalanan rumah. Menggunakan penyerok salju untuk membersihkan saljunya, kalau jalanan licin ditaburkan garam khusus untuk salju.

Jalan setapak harus dibersihkan kira-kira lebar 1 meter, atau pas lebarnya untuk orang bawa tas belanja tenteng kanan kiri. Jalan ke tempat sampah juga harus dibebaskan dari salju oleh yang bertugas. Kalau pemilik rumah akan berlibur harus mendelegasikan tugas membersihkan salju depan rumah. Untuk jalan raya membersihkan salju adalah tugas pemerintah kota setempat (Winterdienst), jalanan akan dibersihkan bebas salju dari jam 8 pagi hingga 8 malam. (Di kota tertentu mungkin ada yg dari jam 7 – 20 ). Jalanan akan disapu atau diserok saljunya, lalu ditaburi garam.

7. Untuk mencairkan salju di jalanan dilakukan dengan menaburkan garam dapur atau urea. Penambahan garam dapur akan menyebabkan titik beku (titik lebur) air akan turun di bawah 0Β° C. Air murni akan membeku pada 0Β° C, sehingga bila suhu udara mencapai 0Β° C air hujan akan berubah menjadi -10Β° C, maka pada suhu -6Β° C air hujan berubah menjadi salju, dan salju yang ada di jalanan akan segera mencair bila di taburi garam dapur. Referensi (indonesiakutercinta.wordpress.com link tidak aktif lagi. kena suspend ). Kenapa saljunya tidak dikumpulkan untuk dibuang?. Lebih gampang menaburkan garam, maka salju akan mencair dengan sendirinya.

Video Salju lagi Jangan Bosan yaa

 

I love the look of Winter, but hate the temperature. -Unknown quotes

Emaknya Benjamin br. Silaen

Hi! I'm Nella a Bataknese. I currently live in Germany. However, I'm originally from Jakarta, Indonesia. I'm a full-time-stay-at-home-mom of two. I have a lot of passions for gardening.

View all posts by Emaknya Benjamin br. Silaen →

30 thoughts on “7 Fakta Menarik Winter di Jerman

  1. no 5 mbak, sengsara banget, nggak boleh mepet2 deh kalau pas winter terus ada janjian soalnya nanti mesti ngerok agak lama. tapi sebenarnya ada teknologi tambahan buat mobil bisa diset hidupin pemanasnya 30 menit atau berapa menit sebelum berangkat. jadi ya bisa tinggal berangkat.

    1. Hai Elly kalau suamiku pas salju gitu, dia turun tiap jam buat ngerok kaca mobil, sampai sebelum tidur terakhir ngeroknya haha.. mobil kita mobil tua El, kalau dinyalain pemanasnya mesin ga nyala bisa mogok haha πŸ˜€ .

  2. Kalau body lotion cream muka dan sarung tangan aku paling malas pakainya.. alhasil kerimg pakai banget.. kadang jari2 tersss kaku saat harus mendorong kereta bayi kalau lagi jalan-jalan pagi tapi tetap nggak suka pakai sarung tangan karena risih.. ?? alhasil Aaron juga nggak suka pakai sarung tangan, biasa ku akalin dengan lengan jaketnya menutupi tangannya ( lengan jaketnya kan panjang ), btw liat foto Benjamin.. ??? nggak kerasa ya sudah TK sekarang hahaha tiap liat post yng ada foto benjamin bayi, aku seolah-olah merasakan ikut bagian dalam perjalanan kak Nella.. haha

  3. Aduuhhhh mbak ngeri banget aku denger tangan pecah2 sampe keliatan dagingnya… pasti periiihhhh bangetttt…???
    Btw es yg nempel di mobil lumayan tuh mbak dibuatin es serut (tambah sirop Marj*an) ???
    .
    Aku udah prepare loh mbak ke Jerman pas winter sampe beli boots sama jaket segala eeehhhh taunya dokumen aku malah nginep di court untuk di cek kebenarannya…? ? ?
    .
    Oh iya hampir lupa Merry Christmas & Happy New Year ya Mbak…????

    1. Iya Ann perih banget, utnungnya tahun ini aku sudah rajin cuci piring pakai sarung tangan πŸ˜‰ .
      Hahaha iya ya ntar deh kamu cobain bikin es serutnya ya pas menetap di Jerman πŸ˜€ .
      Beli pakaian winter di Jerman aja Ann banyak diskonan hehe.. semoga cepat selesai ya pengecekan dokumennya.
      Selamat Natal dan Tahun baru juga buatmu Anna.

  4. wah… bikin kontrak rumah sampai sampai rinci memasukkan tugas bersih2 salju ya
    bagus itu jadi nggak tunggu2an ngerjainnya
    apalagi Nel tambahan yg dimasukkan di surat kontraknya

    1. Iya ga detail banget untuk tugas2 gitu di surat kontrak rumah. Tapi kalau ga tertera di kontraknya spt taruh tong sampah ke tepi jalan spy mudah di angkut, nah bakalan dikerjain yg punya rumah sih. Topik menarik nih kak ntar bakal kuliat isi kontrak rumahku deh, kali bisa dibikin cerita postingan blog πŸ˜‰ .

  5. akhirnya bisa baca artikelnya
    kemaren gak bisa masuk sama sekali

    dokter giginya adekku pernah pertukaran pelajar ke canada. pas winter emang gitu kak, kulit tangannya pecah-pecah juga

  6. Selamat Natal ya Jeng Nella dan keluarga, kiranya damai sejahtera Natal lahir dan menetap di hati setiap insan.
    syukurlah pernah mendapat sajian salju di blackforest di awal musim semi lalu.
    Salam hangat

    1. Hai Girindra, serverku lelet scorenya D . yang bagus score A – B . Biar sdh pakai theme premium klo server lelet bakalan ga ada perubahan, artikel2ku banyak yg ga di page one lagi. Di Hamburg berarti lebih hangat yaaa πŸ™‚ .

Comments are closed.

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: