7 Fakta Menarik Winter di Jerman

Niatnya postingan ini mau saya terbitkan selasa atau rabu lalu, namun berhubung saya sedang pindahan server blog, saya urungkan niatku. Ternyata saya tidak bisa buka blog selama seharian, untung aja kan tidak aja posting. Saya cek laporan google adsense ternyata blogku tetap bisa dibuka di beberapa tempat, mungkin di tanah air ya. Besoknya setelah blog bisa dibuka kembali, tahulah saya ternyata waktu blog tidak aktif itu masih dapat trafik separuh dari biasanya.

7 Fakta Menarik Winter di Jerman

Musim dingin di Jerman

Semoga tidak bosan ya kalau saya ngomongin salju atau musim dingin lagi hehe πŸ˜€ . Berikut ini adalah 7 Fakta Menarik Winter di Jerman:
1. Jangan mengharapkan salju kalau tinggalnya tidak di gunung es seperti Zugspitze atau tinggal di Schwarzwald (Black Forest). Zugspitze adalah titik tertinggi Jerman. Puncak ini adalah bagian dari rangkaian Pegunungan Alpen yang membentang di perbatasan Jerman dan Austria. Salju kadang datang pas Natalan kadang juga Januari baru datang malah pernah winter ditempat saya sama sekali tidak turun salju. Pernah juga saljunya masih datang pas bulan April loh padahal kan sudah musim semi.

2. Kalau buat teh atau kopi terlau panas padahal saya ingin langsung minum, nah saya taruh beberapa menit di luar rumah tuh cepat sekali dinginnya, asal jangan lupa ngambil malah teh nya jadi beku kali haha πŸ˜† .

3. Bawah pintu dikasih luftstopper tΓΌr, alat ini untuk menghalangi angin masuk. Pernah beli alatnya yang diselipkan kebawah pintu lah malah pintu tidak bisa ditutup, sayang deh duit kebuang karena ujungnya sudah saya potong sepanjang pintu tetap tidak berfungsi, malah tuh alat dijadikan jembatan buat mobil-mobilan Benjamin. Kalau mau hemat kain/handuk tidak terpakai digulung memanjang taruh deh didepan pintunya.

4. Kulit kering sekali saat musim dingin. Harus rajin pakai body lotion supaya kelembapan kulit terjaga. Dulu kalau di Indonesia saya jarang sekali pakai body lotion ya biasa aja kulitnya tidak kering, namun di negara 4 musim ini, pas winter begini perlu pakai body lotion. Kita beberapa tahun terakhir pakai Hamamelis Salbe N. Kremnya bagus banget menjaga kelembapan jari-jari tangan.

Hamamelis Salbe N. Kremnya bagus banget menjaga kelembapan jari-jari tangan saat winter

 

Bibir juga kering, jangan sering membasahkan bibir dengan lidahmu ya, karena akan tambah kering, lebih baik pakai lip balm. Nanospray yang dibawain mamaku nih paling bermanfaat saat winter begini. Biasanya hanya wajah yang saya semprot nano, klo winter jari-jari dan lengan tangan juga saya semprot nano supaya tidak pecah-pecah kulitnya. Cuci piring harus pakai sarung tangan, kalau ga bakalan cepat kering kulit lalu pecah-pecah. Tahun lalu karena sering lupa pakai sarung tangan pas cuci piring, jari-jari robek sendiri kulitnya sampai kelihatan daging merah nya serem ah, perihnya setengah mampus πŸ˜₯ padahal jari-jari tangan kan paling sering kerja. Keluar rumah juga harus pakai sarung tangan, tahun lalu masih sering sok jago sok tahan dingin haha.

Baca juga: Yang Harus dilakukan Saat Cuaca Dingin

5. Bagi yang punya mobil setiap mau pergi harus membersihkan kacanya dulu karena es menghalangi penglihatan jarak jauh. Es nya dikerik dari kaca mobil dengan alat khusus. Istilah membersihkan kaca dari es Eis kratzen.

Membersihkan lapisan es di kaca mobil saat winter.

Membersihkan lapisan es di kaca mobil saat winter. Scraping ice car. Foto via dreamstime.com ROYALTY-FREE STOCK PHOTO

6. Membersihkan salju didepan rumah adalah tugas wajib pemilik rumah. Kalau tinggal di atas seperti flat (wohnung) tergantung surat kontrak rumah apakah tertera si penyewa rumah harus membersihkan salju atau tidak. Pemilik rumahku tinggal dibawah, dialah yg bertugas membersihkan salju di jalan setapak didepan jalanan rumah. Menggunakan penyerok salju untuk membersihkan saljunya, kalau jalanan licin ditaburkan garam khusus untuk salju.

Jalan setapak harus dibersihkan kira-kira lebar 1 meter, atau pas lebarnya untuk orang bawa tas belanja tenteng kanan kiri. Jalan ke tempat sampah juga harus dibebaskan dari salju oleh yang bertugas. Kalau pemilik rumah akan berlibur harus mendelegasikan tugas membersihkan salju depan rumah. Untuk jalan raya membersihkan salju adalah tugas pemerintah kota setempat (Winterdienst), jalanan akan dibersihkan bebas salju dari jam 8 pagi hingga 8 malam. (Di kota tertentu mungkin ada yg dari jam 7 – 20 ). Jalanan akan disapu atau diserok saljunya, lalu ditaburi garam.

7. Untuk mencairkan salju di jalanan dilakukan dengan menaburkan garam dapur atau urea. Penambahan garam dapur akan menyebabkan titik beku (titik lebur) air akan turun di bawah 0Β° C. Air murni akan membeku pada 0Β° C, sehingga bila suhu udara mencapai 0Β° C air hujan akan berubah menjadi -10Β° C, maka pada suhu -6Β° C air hujan berubah menjadi salju, dan salju yang ada di jalanan akan segera mencair bila di taburi garam dapur. Referensi (indonesiakutercinta.wordpress.com link tidak aktif lagi. kena suspend ). Kenapa saljunya tidak dikumpulkan untuk dibuang?. Lebih gampang menaburkan garam, maka salju akan mencair dengan sendirinya.

Video Salju lagi Jangan Bosan yaa

 

I love the look of Winter, but hate the temperature. -Unknown quotes

Advertisements
Advertisements

30 Comments

  1. Yos Adya January 20, 2018
  2. Lulu January 16, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 16, 2018
      • Lulu January 16, 2018
  3. Dee Rahma January 12, 2018
  4. ellykurnia January 9, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 9, 2018
  5. just A January 5, 2018
  6. Pypy January 4, 2018
  7. Indy Ummu Neisha Arfa January 3, 2018
  8. Anna January 1, 2018
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 3, 2018
  9. Monda December 30, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 3, 2018
  10. mayang koto December 28, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen January 3, 2018
      • mayang koto January 4, 2018
  11. Yosefin HΓΌbner December 27, 2017
  12. mayang koto December 27, 2017
  13. sozan December 26, 2017
  14. prih December 25, 2017
  15. girindra wiratni puspa December 24, 2017
    • Emaknya Benjamin br. Silaen December 24, 2017
      • emilia December 26, 2017
        • Emaknya Benjamin br. Silaen December 26, 2017

Leave a Reply

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: